cover
Contact Name
Joko Slamet
Contact Email
joko.slamet2801@gmail.com
Phone
+6281232929717
Journal Mail Official
admin@pgriprovinsijawatimur.org
Editorial Address
Jl. A. Yani 6 – 8 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
ISSN : 2963315X     EISSN : 29633133     DOI : -
Core Subject : Education,
P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. Frequency Journal is 3 issues per year (April, August and December). P-SEMART Journal is a journal which is managed by PGRI Provinsi Jawa Timur. It publishes the results of literature studies as well as research results in the scope of education in general and specific areas. The study cover education and learning in primary level (five areas of elementary school namely mathematics, Indonesian language, science, social studies, and civics and additional fields such as English in basic education includes the study of local content studied in the scope of basic education), secondary education, post-secondary level , and higher level, English Language Education, Assessment, Linguistics, English Literatures, Sociolinguistics, Research & Development as well as its area in its implementations.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal" : 8 Documents clear
Pengembangan Media Politemasi (Monopoli Tematik 3 Dimensi) pada Tema 7 Subtema 1 Kelas 5 Sekolah Dasar Bella Eka Saputri
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.819 KB)

Abstract

Keaktifan siswa adalah suatu proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kognitif, afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Penelitian ini didasari oleh guru pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, pemberian contoh dan media yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media POLITEMASI terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Developmet menurut Borg and Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, observasi, tes hasil belajar dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji coba dan analisis keefektifan media pembelajaran. Dari proses validasi oleh validasi ahli media memperoleh presentase 92,9% dengan kriteria sangat baik dan validasi materi sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik sehingga media POLITEMASI dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil observasi aktifitas siswa sebesar 90,5% dengan kriteria tinggi. Hasil pre test dan post test dengan presentase nilai pre test sebesar 55,5% dan nilai post test sebesar 88,8%. Presentase kenaikan media POLITEMASI tersebut yaitu sebesar 33,3%. Hasil respon siswa mencapai presentase 84,4% dan masuk dalam kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media POLITEMASI (Monopoli Tematik 3 Dimensi) layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media POLITEMASI (Monopoli Tematik 3 Dimensi) layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Subtema Energi Alternatif untuk Melatih Keterampilan Berpikir Siswa Friska Damayanti
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.681 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas III SD Negeri Kemiri. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga kemampuan berpikir siswa masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan suatu media pembelajaran Explosion Box yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Box untuk melatih keterampilan berpikir siswa dan menilai kelayakan media pembelajaran tersebut agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD. Penelitian ini menggunakan penelitian (research and development) dari Sugiyono yang melalui tujuh tahap antara lain: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di rumah peneliti pada siswa kelas III SD dengan total responden sejumlah 12 siswa, 6 siswa kelas eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar 89%. dan penilaian aspek kelayakan media sebesar 90%. Nilai keefektifan media pembelajaran sebesar 79,8%. Sedangkan, nilai respon guru sebesar 92,8%, dan nilai respon siswa sebesar 96%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box layak digunakan dalam pembelajaran di SD.
Pengembangan Modul Stiker untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Irvina Dwi Anggraeni
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.814 KB)

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu proses internal yang bisa dilakukan oleh individu secara sadar dan melalui beberapa tahapan dalam memproses suatu informasi guna memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, dengan melatih kemampuan berpikir krtis maka siswa akan dapat berpikir secara logis atau ilmiah terkait masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul stiker yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Developmet yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji pemakaian produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), respon siswa. Dengan prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaa, dan tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 14 Maret sampai 9 April 2020 dengan subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas V SDN Gamping 2 sebanyak 11 siswa yang terbagi menjadi tahap uji coba dan uji pemakaian. Dari proses validasi oleh ahli modul dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 4,21 dengan kategori sangat valid dan dinyatakan layak untuk dijadikan bahan ajar. Keefektifan modul dinilai dari hasil belajar dan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran menggunkan modul stiker. Hasil belajar siswa sebesar 80% sampai 83,33% sehingga perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 25% sampai 65% dan keaktifan siswa sebesar 80,46% sampai 82,07%. Sementara respon siswa terhadap modul stiker mencapai 96,67% dengan kategori sangat positif.
Pengaruh Metode NHT dengan Pendekatan Saintifik pada Subtema Hidup Bersih dan Sehat di Rumah terhadap Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Yayak Efi Bidari; Galuh Kartika Dewi; Endang Wahju Andjariani
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.598 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas II Sekolah Dasar. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga hasil dan keaktifan belajar masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menggunakan metode NHT dan pendekatan Saintifik yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini mencoba meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat. Penelitian eksperimen ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y. Yang dimana X adalah kualitas alat dan Y adalah Kualitas yang dihasilkan. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan sistem BDR (Belajar Dari Rumah) yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar presentase 4,3 dengan kategori sangat valid yang artinya sudah layak untuk digunakan, dan penilaian keaktifan belajar siswa kelas kontrol presentase sebesar 76,6 yang memiliki kategori baik sedangkan penilaian keaktifan belajar siswa kelas eksperimen presentase sebesar 98,3 yang memiliki kategori sangat baik. Penilaian hasil wawancara pada siswa memperoleh presentase sebesar 0,95 yang memiliki kategori sangat baik. Nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 64,50 dengan standart deviasi adalah 5,368 sedangkan untuk nilai tes akhir (posttest) adalah 87,75 dengan standart deviasi adalah 7,967. Perbedaan nilai rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa kelas II SD meningkat sebesar 23,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dan berpengaruh sangat baik
The Use of Comic Strips to Tech Reading Narrative Text to the Ninth Grade Students of MTs. Al Abror Putri Ika samsulia
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.492 KB)

Abstract

The students are hoped for understand the narrative text, but many students still find the difficulties in reaching the goal. Students face several problems when they read narrative text. Mostly, the students find the difficulty in orientation the text. This research aims to teach reading the ninth grade students’ narrative text in MTs Al Abror. The research was conducted in Class IX A. This study was an action research in the class. It was conducted in two meetings. The steps of the research were survey, planning, action and observation, and reflection. The subjects of the research were 17 students of IX A class. The data collected were in the form of qualitative data. The qualitative data were gained from observation. The result of the research showed that the Comic Strips can use to teach narrative reading comprehension. In order to be successful in teaching reading a narrative text to junior high school students, teacher is suggested to be able to create an interesting and effective way. In writing this paper, the researcher expects the teacher to motivate the students in reading process by using comic strips in MTs Al-Abror. It is suggestions to the teacher to use this media for the students to initiate them to read more in this fun way.
Gerunds Found on the Scripts of “Thor” Movie Alfira Akhlaqul Karimah
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.14 KB)

Abstract

This research was aimed to analyze functions of the gerund found on the main character in the subtitle of “Thor” movie. Gerund is defined as the verb –ing functioning as a noun. This research was a kind of descriptive qualitative research viewed from the form of data. The main character of Thor movie, Thor Odinson, was the subject of this study. The instruments of this research were the researcher herself and the observation field note. All subtitle of Thor movie was the source of the data in this study. The data were the phrase (s) or sentence (s) containing the gerunds. In this research, there are some steps of data analysis namely: classification, description, and making conclusion. The researcher found three functions of gerund. Those functions were (1) gerund as subject consisting of 1 datum, (2) gerund as direct object consisting 11 data, and (3) gerund as subjective complement containing 23 data. It means that the researcher did not find a function of gerund called gerund as the object of preposition.
The Use of Teams Games Tournament (TGT) in Teaching Reading Narrative Text at Eleventh Grade Students at MA. Nurul Huda Sedati Muhammad Ulil Aydiy
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.688 KB)

Abstract

This research is focused on the use of Team Games Tournament (TGT) in learning to read Narrative text in eleventh grade. This research was conducted using qualitative descriptive methods. Eleventh grade science at MA Nurul Huda is the subject of this study. The data in this study were checklist data, student questionnaires, and videos of the TGT learning process. All activities during reading learning using the TGT method are the source of data in this study. The results showed that learning to read narrative texts using the Teams Games Tournament (TGT) learning method can be done in eleventh grade. In addition, student responses to the use of the TGT method in learning to read narrative texts have many positive impacts for students, reinforced by the results of the questionnaire which showed 83% of students gave positive responses and 13% of students gave negative responses. The researcher gave some suggestions to 1) the English teacher to improvise the TGT learning model such as group discussions, 2) students to apply their understanding in the learning process.
The Implementation of Video in Teaching Writing Procedure Text to the Tenth Grade Students at SMK Wijaya Sukodono Mochammad Miftakhul Afandi
P-SEMART JOURNAL Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal
Publisher : PGRI Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.974 KB)

Abstract

Writing is one of the abilities that is very important for students, because by writing students can convey the contents of their minds in written form, and by using video as a medium. Students find it easier to express their ideas. This research is focused to describe the application of using video media in writing procedure texts and to describe the responses of students writing procedure texts using video media. This research is a descriptive qualitative research. The tenth grade of SMK Wijaya Sukodono is the subject of this study. The data in this study are checklist and questionnaire data and documentation during the learning process. All activities during the procedure text learning using video media are the source of data in this study. The results showed that learning to write tech procedures using video media can be done in the tenth grade of Wijaya Sukodono. In addition, student responses to the use of video media have many positive impacts for students, reinforced by the results of the questionnaire which showed 73% of students gave positive responses and 27% of students gave negative responses. Based on the results, the researcher found that video as a media could be applied in teaching writing very well especially teaching writing procedure texts. The researcher concludes that the video is suitable to be applied in teaching writing procedure texts for tenth grade students of SMK Wijaya Sukodono.

Page 1 of 1 | Total Record : 8