cover
Contact Name
Yosia Dian Purnama Windrayadi
Contact Email
dianyosia@gmail.com
Phone
+6285217664694
Journal Mail Official
oportunitasunirow@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Oportunitas
ISSN : -     EISSN : 27215954     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas" : 7 Documents clear
PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN KSPPS BMT SURYA RAHARJA PUSAT KAB. TUBAN anisatu sa'dyah; Muhammad Yusuf
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.325 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kompensasi dan komunikasi dalam organisasi berpengaruh terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian adalah karyawan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban yang berjumlah 257 kemudian diambil sampel sejumlah 39 karyawan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengujian beberapa cara yaitu uji intrumen (validitas dan reabilitas), uji prasarat yang terdiri dari (normalitas dan linearitas), uji hipotesis (regresi linear berganda, uji T, uji F, dan determinasi) dengan bantuan SPSS v.25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan komunikasi organisasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan pada KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban dengan pengaruh 47% yang merupakan kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen. Variabel kompensasi memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam mempengaruhi loyalitas karyawan dilihat dari nilai Standardized Coefficients Beta pada variabel kompensasi X1 = 0,402 (β) > variabel komunikasi organisasi X2 = 0,368 (β). Pimpinan KSPPS BMT Surya Raharja Pusat Kab. Tuban harus perlu memperhatikan faktor kompensasi dan komunikasi organisasi untuk kelancaran dan tercapainya tujuan lingkup organisasi. kompensasi, komunikasi, loyalitas
STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Ig Farm Di Paciran Lamongan) Diki Setiawan; Candra Aeni
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.361 KB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia usaha. Pada kondisi seperti sekarang yaitu negara Indonesia terdampak pandemic Covi-19, sebuah pemasaran merupakan factor pendorong untuk mempertahankan sebuah usaha sehingga perusahaan tidak mengalami gulung tikar ketika mengalami dapak pandemi Covid-19 dimana seluruh dunia mengalami pembatasan sosial bahkan sampai mengentikan sesorang untuk bekerja. Ilmu pengetahuan dalam dunia pemasaran sangat penting bagi seluruh perusahaan, ketika dihadapkan pada suatu maalah seperti pandemi Civid-19, menurunya pendapatan masyarakat, menurunya pendapatan perusahaan, menurunya minat beli konsumen terhadap suatu produk sehingga mengakibatkan perusahaan menyerah untuk melakukan proses produksi salah satu cara menghadapi dunia pasar yang tidak menentu pada waktu pandemi Covid-19 maka dilakukan penelitian. penelitian ini dilakukan untuk meneskripsikan strategi pemasaran dan bagaimana mempertahankan penjualan produk lele sehat dan juga lele krispy integrated growth farm paciran lamongan dan bagaimana perencanaan strategi pemasaran dalam upaya mempertahankan kan penjualan produk pada integrated growth farm paciran lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini melalui metode kualitatif deskriptif dengan melakukan survey secara langsung untuk mencari informasi serta bukti untuk memperjelas permasalahan yang terjadi pada perencanaan strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui interview, observasi dan dokumentasi. Teknik alalisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikanya atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil dari analisis sebuah strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar dan bauran pemasaran menunjukan adanya hasil baik bahkan dapat peningkatan penjualan dari bulan ke bulan dan dapat digunakan sebagai strategi pemasaran dalam masa krisis seperti pandemic covid-19 maupun pada saat normal kedepan.
KAJIAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PENAMBANG BATU KAPUR DI DESA LERANWETAN KECAMATAN PALANG Moch. Miftchul Huda; Yosia Dian Purnama Windrayadi
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.936 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat penambang batu kapur di Desa Leranwetan Kecamatan Palang. Sebelum masyarakat beralih pekerjaan menjadi penambang batu kapur, masyarakat mayoritas bekerja menjadi buruh tani. Dari peralihan pekerjaan tersebut tentunya kondisi social ekonomi masyarakat mengalami peningkatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan dari wawancara langsung kepada narasumber. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen yang diperoleh dari pemerintah desa dan dokumen lainnya serta dokumentasi foto tentang pertambangan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menjadi penambang batu kapur kondisi ekonomi masyarakat masih rendah, pendapatan mereka sedikit, kesejahteraan belum meningkat dan kondisi tempat tinggal mereka juga masih kecil dan memadai. Selain itu untuk membiayai pendidikan keluarga juga masih mengalami kesusahan. Kemudian dalam hal kondisi sosial, karena kondisi ekonomi masih rendah, maka mempengaruhi kondisi social masyarakat, mereka masih belum leluasa ketika berhubungan social dengan masyarakat ataupun dengan keluarga yang sekiranya secara ekonomi diatasnya, mereka juga masih jarang mengikuti kegiatan kelompok sosial. Selain itu mereka juga tidak memperdulikan prestise sosial. Kemudian setelah beralihnya pekerjaan masyarakat menjadi penambang batu kapur maka kondisi social ekonomi mereka mengalami peningkatan. Dalam hal kondisi ekonomi, pendapatan mereka mengalami peningkatan, sehingga kesejahteraannya juga meningkat. Selain itu kondisi tempat tinggal masyarakat juga sudah lebih besar dan lebih layak lagi, dan saat ini untuk membiayai pendidikan keluarga juga sudah lebih mudah. Seiring dengan meningkatnya kondisi ekonomi masyarakat, maka kondisi social masyarakat juga meningkat.
VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEARNING START WITH A QUESTION Shofiana Nur Latifah; Henny Sri Astuty
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.954 KB)

Abstract

Tujuan dikembangkan penelitian yaitu melakukan validasi pengembangan modul pembelajaran ekonomi bisnis dengan pendekatan Learning Start With A Question, agar siswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan menganut model Borg & Gall yang memiliki sepuluh tahapan . Adanya wabah pandemic covid-19 mengakibatkan kendala uji coba di sekolah, sehingga hanya sampai 4 tahap yaitu; Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Produk, Modul yang telah di Produksi. Validasi terhadap modul yang telah dihasilkan menggunakan instrument lembar validasi dengan skala Likert. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 4 pakar/ahli meliputi pakar/ahli materi, bahasa, media, serta pendidikan pengajaran. Data validitas dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli materi sebesar 92,18 % dengan kriteria sangat valid, validasi aspek bahasa sebesar 75% dengan kriteria valid, validasi dari ahli media sebesar 89,06 % dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli pendidikan/media pembelajaran sebesar 82,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan peneliti berupa modul pembelajaran dengan Pendekatan Learning Start With A Question pada materi Badan Usaha ini layak digunakan.
PENGARUH KERJA PART TIME DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN Silvina Alvinnaja; Suwarno Suwarno
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.115 KB)

Abstract

Mahasiswa pekerja paruh waktu mayoritas ada diberbagai Negara, termasuk di Negara kita sendiri. Hal tersebut dilakukan oleh beberapa mahasiswa agar biaya pendidikan terpenuhi, itulah motivasi yang membuat mahasiswa berinisiatif dengan bekerja paruh waktu namun tetap memprioritaskan nilai prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja part-time dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Dalam penelitian ini penulis mengunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 72 mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Data penelitian ini bersumber dari data primer yang dikumpulkan melalui observasi. Sementara untuk data sekunder didapatkan melalui buku-buku dan situs internet yang memiliki relevansi kuat dengan objek penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, mengisi kuisioner/angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan diatas, setelah dianalisis hasil Uji regresi linier berganda menunjukkan lebih besar dari 6,105 > 1,99495. Lalu signifikan Motivasi Belajar () 0,000 < 0,05. Selanjutnya nilai sebesar 0,704.
VALIDITAS PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI MA AL-HIDAYAH JENU Sylvi Nimas Aghytia; Dumiyati Dumiyati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.361 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa Modul pembelajaran Ekonomi khususnya materi Akuntansi Perusahaan Jasa dengan pendekatan Group Investigation agar memudahkan serta mengaktifkan siswa dalam berdiskusi saat mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall. Model ini mempunyai 10 tahap pengembangan. Mengingat keterbatasan waktu dan dana serta terkendalanya proses belajar mengajar karena adanya covid-19 yang ada di Indonesia ini, maka langkahnya disederhanakan menjadi empat langkah pengembangan yaitu Tahap pengumpulan data, Tahap Perencanan, Tahap Pengembangan Produk, Modul yang telah diproduksi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data deskriptif. Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh empat Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi media, validasi penelitian pendidikan media pembelajaran, dan validasi bahasa. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi Ahli Materi adalah 90% dinyatakan sangat valid. Ahli media sebesar 90% dinyatakan sangat valid. Ahli Penelitian Pendidikan Pengajaran sebesar 78.4% dinyatakan valid. dan ahli Bahasa sebesar 70% dinyatakan valid. Mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut Ridwan (2011). Hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk modul pembelajaran ekonomi dengan pendekatan GI materi Akuntansi Perusahaan Jasa adalah layak digunakan untuk pembelajaran/penelitian selanjutnya.
STRATEGI PEMASARAN MINUMAN SEHAT WEDANG ASEM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA TALUN KECAMATAN MONTONG waliska indrawati; Arif Unwanullah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 1 No 02 (2020): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.576 KB)

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keunggulan di Sumber Daya Alam (SDA) baik dari hasil lautnya dan pertanian yang dimanfaatkan sebagai pengembangan ekonomi kreatif. Salah satu potensi tanaman asem terbanyak di Kabupaten Tuban itu sendiri adalah salah satunya di Desa Talun Kec. Montong yang dijadikan Minuman sehat Wedang Asem yang pertama kali dikelola oleh Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban saat melaksanakan tugas KKN, yang dimana minuman tersebut sampai saat ini masih dikelola oleh Masyarakat Desa Talun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dari peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat melalui usaha Minuman Sehat Wedang Asem dan dampak dari strategi pemasaran Minuman Sehat Wedang Asem. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Marketting Mix sebagai strategi Pemasaran Minuman Wedang Asem Di Desa Talun Kecamatan Montong selain untuk meningkatkan nilai jual minuman asem penulis juga berharap dengan menggunakan strategis Marketing Mix ini bisa meninggkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Talun untuk melakukan proses penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknk pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penggumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil strategi pemasaran Minuman Sehat Wedang Asem Desa Talun Kecamatan Montong yang dilakukan oleh BUM Desa Talun dan Ibu PKK masih kurang maksimal sehingga perlu ditingkatkan kembali mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan tujuh komponen yang sudah dijelaskan dalam teori Marketting Mix yang dapat diterapkan adapun beberapa dampak positif dan negatif setelah adanya produksi Minuman Sehat Wedang asem ini dijalankan

Page 1 of 1 | Total Record : 7