cover
Contact Name
Siska Narulita
Contact Email
siska.narulita@itbsemarang.ac.id
Phone
+6281228202122
Journal Mail Official
lppm@itbsemarang.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis Semarang Jl. Jenderal Sudirman No. 346, Kec. Gisikdrono, Kota Semarang Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains
ISSN : 29639433     EISSN : 29629373     DOI : https://doi.org/10.54066/jiesa.v1i1
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains (JIESA) merupakan jurnal penelitian untuk menampung hasil penelitian bagi seluruh dosen dan civitas akademika Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang maupun di luar Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, yang mencakup bidang ekonomi, bisnis, sains, dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika " : 10 Documents clear
Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy (Studi pada Dealer Motor Honda PT. Nusantara Sakti Bubaan Semarang) Yuli Widiyanti; Hesti Ristanto; Bambang Widjanarko Susilo
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.475 KB)

Abstract

Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menganalisis citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung pada PT. Nusantara Sakti Bubaan Semarang yang berjumlah 40 orang pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode sensus, yaitu mendata keseluruhan populasi yang ada. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 Inar Dara Shonata; Endang Dwi W; Mudjiyono Mudjiyono; Praditya Dwi Arumsari
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.386 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap harga saham di perusahaan manufaktur pada sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, sebanyak 12 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sesuai dengan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model penelitian ini dapat dilanjutkan dan layak untuk diteliti, hal ini berdasarkan dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,044. Berdasarkan uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel independen kurang dari 0,05 maka masing-masing variabel berpengaruh terhadap harga saham.
Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan di Provinsi Jawa Tengah Ning Alfiah; Hani Krisnawati; Endang Dwi W; Praditya Anisa Kusumawati
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.643 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha terhadap kinerja manajerial pada perusahaan jasa, dagang, dan industri. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban kuesioner pemilik atau manajer keuangan dan staf akuntansi perusahaan yang merupakan klien dari Kantor Konsultan Pajak Hartadi Umbaran yaitu sebanyak 35 perusahaan dengan beberapa klasifikasi usaha yang berada di provinsi Jawa Tengah. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pengetahuan akuntansi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja manajerial dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, sedangkan secara simultan pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,431 yang berarti sebesar 43,1% perubahan tingkat kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha.
Penentuan Harga Layanan Akses Internet dengan Metode Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing pada Warnet dan Game Online Wijaya Net Yulita Devi Anggraini; Sudarman Sudarman; Mudjiyono Mudjiyono; Aniqotunnafiah Aniqotunnafiah
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.763 KB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis penghitungan harga layanan akses internet dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing pada warnet Wijaya Net. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penentuan harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dan 2) mengetahui harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Penelitian ini adalah sebuah studi kasus, yaitu penelitian tentang objek tertentu kemudian mengambil kesimpulan berdasar analisis data yang terdapat pada objek yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menganalisis data dengan melakukan perbandingan antara teori-teori dengan data objektif yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat beberapa perbedaan dalam penentuan harga akses internet dengan metode yang diterapkan Wijaya Net dengan penentuan harga akses internet dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, 2) terdapat sedikit perbedaan (selisih) antara antara harga layanan akses internet menurut metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Selisih tersebut sebesar Rp. 216 karena Wijaya Net mempergunakan harga akses layanan yang didapatkan dari hasil survei kepada pesaing yaitu sebesar Rp. 1.500 sementara penghitungan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing menghasilkan harga akses internet sebesar Rp. 1.716. Sehingga seharusnya warnet Wijaya mempergunakan memakai perhitungan yang dibuat dengan teori cost plus pricing dengan pendekatan full costing karena terbukti lebih menguntungkan daripada harga yang dihitung dengan metode perusahaan.
Pengaruh Display Produk, Potongan Harga, dan Bonus Pack terhadap Pembelian Impulsif di Indomaret Miroto Semarang Yuli Rusmiyati; Endro Pramono; Ninik Dwi Atmini
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.055 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: 1) mengetahui pengaruh display produk yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 2) mengetahui pengaruh potongan harga yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 3) mengetahui pengaruh bonus pack yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Indomaret Miroto. Penelitian ini dilakukan secara sampling, dengan teknik incidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 75 data. Teknik analisa yang digunakan regresi linear berganda metode least square. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) display produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembelian impulsif, 2) potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulp pembelian impulsif, 3) bonus pack berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.
Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy (Studi pada Dealer Motor Honda PT. Nusantara Sakti Bubaan Semarang) Yuli Widiyanti; Hesti Ristanto; Bambang Widjanarko Susilo
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menganalisis citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung pada PT. Nusantara Sakti Bubaan Semarang yang berjumlah 40 orang pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode sensus, yaitu mendata keseluruhan populasi yang ada. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 Inar Dara Shonata; Endang Dwi W; Mudjiyono Mudjiyono; Praditya Dwi Arumsari
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap harga saham di perusahaan manufaktur pada sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, sebanyak 12 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sesuai dengan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model penelitian ini dapat dilanjutkan dan layak untuk diteliti, hal ini berdasarkan dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,044. Berdasarkan uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel independen kurang dari 0,05 maka masing-masing variabel berpengaruh terhadap harga saham.
Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan di Provinsi Jawa Tengah Ning Alfiah; Hani Krisnawati; Endang Dwi W; Praditya Anisa Kusumawati
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha terhadap kinerja manajerial pada perusahaan jasa, dagang, dan industri. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban kuesioner pemilik atau manajer keuangan dan staf akuntansi perusahaan yang merupakan klien dari Kantor Konsultan Pajak Hartadi Umbaran yaitu sebanyak 35 perusahaan dengan beberapa klasifikasi usaha yang berada di provinsi Jawa Tengah. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pengetahuan akuntansi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja manajerial dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, sedangkan secara simultan pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,431 yang berarti sebesar 43,1% perubahan tingkat kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan akuntansi dan kepribadian wirausaha.
Penentuan Harga Layanan Akses Internet dengan Metode Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing pada Warnet dan Game Online Wijaya Net Yulita Devi Anggraini; Sudarman Sudarman; Mudjiyono Mudjiyono; Aniqotunnafiah Aniqotunnafiah
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisis penghitungan harga layanan akses internet dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing pada warnet Wijaya Net. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penentuan harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dan 2) mengetahui harga layanan akses internet antara metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Penelitian ini adalah sebuah studi kasus, yaitu penelitian tentang objek tertentu kemudian mengambil kesimpulan berdasar analisis data yang terdapat pada objek yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menganalisis data dengan melakukan perbandingan antara teori-teori dengan data objektif yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat beberapa perbedaan dalam penentuan harga akses internet dengan metode yang diterapkan Wijaya Net dengan penentuan harga akses internet dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, 2) terdapat sedikit perbedaan (selisih) antara antara harga layanan akses internet menurut metode perusahaan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Selisih tersebut sebesar Rp. 216 karena Wijaya Net mempergunakan harga akses layanan yang didapatkan dari hasil survei kepada pesaing yaitu sebesar Rp. 1.500 sementara penghitungan dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing menghasilkan harga akses internet sebesar Rp. 1.716. Sehingga seharusnya warnet Wijaya mempergunakan memakai perhitungan yang dibuat dengan teori cost plus pricing dengan pendekatan full costing karena terbukti lebih menguntungkan daripada harga yang dihitung dengan metode perusahaan.
Pengaruh Display Produk, Potongan Harga, dan Bonus Pack terhadap Pembelian Impulsif di Indomaret Miroto Semarang Yuli Rusmiyati; Endro Pramono; Ninik Dwi Atmini
Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains Vol 1 No 2 (2020): JIESA: Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains: November 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: 1) mengetahui pengaruh display produk yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 2) mengetahui pengaruh potongan harga yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif, 3) mengetahui pengaruh bonus pack yang ada di Indomaret terhadap pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Indomaret Miroto. Penelitian ini dilakukan secara sampling, dengan teknik incidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 75 data. Teknik analisa yang digunakan regresi linear berganda metode least square. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) display produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembelian impulsif, 2) potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulp pembelian impulsif, 3) bonus pack berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10