cover
Contact Name
Sudirman
Contact Email
sudirmansiddiq@gmail.com
Phone
+6287864239600
Journal Mail Official
lppm.uniqhba@gmail.com
Editorial Address
Jl. Turmuzi Badaruddin, Bagu, Praya, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83371
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Tirai Edukasi
ISSN : -     EISSN : 2654721X     DOI : https://doi.org/10.37824/tirai.v5i2.2022
Core Subject : Education,
Jurnal Tirai Edukasi diterbitkan oleh LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu (UNIQHBA) pada tahun 2018. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan yang membahas kasus-kasis mutakhir di bidang pendidikan baik kasus yang menjadi isu di tingat nasional maupun internasional. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2" : 5 Documents clear
Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Mansur; Muzakir; Suandi
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.635 KB) | DOI: 10.37824/tirai.v5i2.2022.380

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan. Peneliti melihat fenomena dilapangan, ada beberapa permasalah yang di angkat dalam penelitian ini diantaranya adalah 1. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran jarang bertanya maupun mengemukakan atau mengkomunikasikan pendapatnya karena terbiasa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. (2). Saat pembentukan kelompok, sebagian peserta didik hanya ingin berkelompok dengan teman dekatnya saja sehingga pada saat dikelompokkan dengan teman yang lain banyak kekacauandan keributan di kelas. (3). Karakter tanggung jawab yang dimiliki peserta didik cenderung kurang, hal ini terlihat pada saat berkelompok siswa sering tidak mengerjakan tugas atau jika diberikan tugas di dalam kelompok hanya beberapa siswa yang mengerjakan. (4). guru hanya menggunakan metode ceramah dan menulis sehingga siswa cendrung bosen dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel ini menggunakan tehnik jenis probabilitiy sampling, Penelitian ini untuk pengumpulan data menggunakan test, dokumentasi, observasi.. Penelitian ini menggunakan instrumen pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 20 siswa, untuk menganalisis data menggunakan analisis ANAVA satu jalur yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari uji hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik didapatkan hasil nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai rhitung 0,778 > 0,226 rtabel, maka H0 ditolak Ha diterima yang artinya ada efektivitas pendekatan saintifik dalam menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Qamarul huda bagu. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini bahwa ada perbedaan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pendekatan saintifik di bandingkandengan motode tradisional, maka dari itu disarankan bagi Orang Tua, Guru, agar lebih memperhatikan lagi perkembangan efektivitas belajar anak dengan memberikan contoh yang baik.
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sepuluh Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MA Sirajul Huda Tahun Ajaran 2021-2022 Robi Rozali; Muzakir; Suandi
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.547 KB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu faktor yang mendukung keberhasilan belajar. Berpikir kritis juga dipandang sebagai suatu keyakinan yang kuat dan hati-hati dengan maksud untuk mengontraskan sistem berpikir seseorang yang tidak efektif atau tanpa melibatkan pemikiran yang komprehensif. Dalam pembelajaran guru memiliki peranan strategis dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, sehingga dalam proses pengembangan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Exspos Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumntasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data menggunakan  perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah berupaya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Upaya-upaya guru tersebut dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut: 1. Penggunaan metode pembelajaran yang dimana metode pembelajaran yang pernah digunakan adalah metode saintifik meskipun guru sering juga dalam menggunakan metode ceramah. Selain menggunakan metode pembelajaran, ibu Jumati selaku guru ekonomi di kelas sepuluh juga menggunakan metode diskusi dan diskusi kelompok dalam pembelajaran. 2. Selain menggunakan metode pembelajaran, ibu Jumati juga pernah menggunakan media pembelajaran yang dimana media pembelajaran yang digunakan adalah LKS dan juga media power point. 3. Instrument pembelajaran yang digunakan adalah tentang pengangguran, dimana siswa terlihat aktif dalam proses pemblejaran tersebut.
Analisis Kebutuhan Modal Kerja Terhadap Peningkatan Ekonomi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Dusun Gunung Komak Desa Setiling Endi Irawan; Refrendi Haeri; Yohana
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.733 KB)

Abstract

Secara umum modal kerja merupakan faktor penting bagi perusahaan, setiap perusahaan harus mempunyai modal kerja yang cukup untuk kelansungan kegiatan oprasional yang di gunakan untuk membeli bahan baku, membayar upah kariawan membayar hutang dan pembayaran lainnya. adapun UMKM adalah unit usaha froduktif yang berdiri sendiri, yang di lakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan modal kerja pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dusun gunung komak desa setiling. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadan sekarang, atau merupakan keadaan di masa yang akan datang. Penelitian lapangan di lakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan yang berkenaan dengan kebutuhan modal kerja pada usaha mikro kecil dan menengah  (UMKM) di dusun gunung komak desa setiling dan tehnik yang di gunakan adalah tehnik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya ini menunjukkan bahwa modal kerja tambahan yang di butuhkan oleh Toko Alena sebesar Rp.76.545.000, Toko ibu Nia sebesar Rp.18.600.000, Toko ibu Yuni sebesar Rp.30.625.000, dan Toko mebel sebesar Rp.67.360.000.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Dan STAD (Student Team-Achievement) Pada Pembelajaran IPA (Fisika) ditinjau Dari Sikap Ilmiah Nora Listantia; Baiq Dina Hardianti; Temi Ainul Safitri
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.693 KB) | DOI: 10.37824/tirai.v5i2.2022.415

Abstract

Tujuan pendidikan sains yaitu menghantarkan siswa pada penguasaan konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua perlakuan, yang melibatkan dua kelompok eksperimen. Kelompok pertama diberikan pembelajaran dengan GI sedangkan kelompok yang kedua diberikan pembelajaran dengan STAD. Sebelum pembelajaran, dilakukan pengumpulan sikap ilmiah siswa. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok diberikan tes prestasi belajar. Setelah itu dilakukan analisa data untuk mengetahui tujuan pembelajaran yang telah disusun. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA yang terbagi menjadi 6 kelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu (1) Tes Prestasi Belajar (2) Angket sikap ilmiah. Hasil analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan diperoleh fakta bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe GI dan STAD terhadap prestasi belajar.. Dari nilai rata-ratanya menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai sikap ilmiah rendah. Interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah dan tidak terjadi interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Kompleksitas Sasak dalam Novel Jejak Samalas Karya Samsul Kamar Randa Anggarista; Nurul Husna
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2022): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 5 No 2
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.23 KB) | DOI: 10.37824/tirai.v5i2.2022.429

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan perspektif antropologi sastra. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kompleksitas Suku Sasak dalam novel Jejak Samalas karya Samsul Kamar. Data dalam penelitian ini berupa teks yang mengacu pada rumusan masalah tentang kompleksitas Suku Sasak. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer berupa novel Jejak Samalas karya Samsul Kamar yang diterbitkan oleh Alinea Media Pustaka pada tahun 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data dilalui dengan tahapan identifikasi, klasifikasi, interpretasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas masyarakat Suku Sasak yang terefleksi dalam novel Jejak Samalas yaitu pertama, kompleksitas tokoh yang berhubungan dengan sistem sosial, berupa tradisi merariq, stratifikasi sosial, dan penysunan awig-awig sebagai pedoman hidup. Kedua, kompleksitas tokoh yang berhubungan dengan sistem kesenian berupa peresean dan teater rudat. Ketiga, kompleksitas tokoh yang berhubungan dengan religi berupa mitos yaitu kepercayaan terhadap makhluk yang dianggap memiliki kekuatan, seperti selaq.

Page 1 of 1 | Total Record : 5