Articles
56 Documents
Search results for
, issue
"Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023"
:
56 Documents
clear
PEMBUATAN KARYA LIFE INTEREST PHOTO DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ANIMATED PHOTO
Fikri Nabil Hibatullah;
Soni Sadono;
Teddy Ageng Maulana
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Human interest photography merupakan sebuah pemotretan yang menggambarkan kehidupan seseorang atau orang-orang dengan suasana yang menunjukkan interaksi, emosi atau juga situasi yang membuat orang-orang yang melihatnya merasakan simpati. kegiatan human interest ini dapat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, karena human interest merupakan gambaran dari kehidupan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar, baik di daerah pedalaman maupun di daerah kota. Animated photo merupakan teknik pengeditan foto yang merubah suatu foto biasa menjadi sebuah video yang berdurasi sekitar 2-5 detik. Dengan cara membuat objek-objek dan juga background pada foto tersebut bergerak menggunakan teknik yang identik dengan apa yang digunakan pada sebuah animasi, dimana objek atau gambar figure dibuat seolah-olah mereka bergerak. Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah foto menjadi lebih hidup dan juga mengikuti perkembangan zaman saat ini yang mana orang-orang dominan lebih tertarik terhadap video dibandingkan dengan sebuah foto biasa. Selama penulis membuat karya tugas akhir ini, penulis mendapatkan ilmu baru tentang editing style parallax effect, animasi dan juga lebih mengetahui kehidupan kalangan bawah di tengah seperti apa. Penulis setuju dengan masukan dosen penguji dan juga pembimbing tentang bagaimana beberapa foto karya yang saya ambil masih kekurangan dalam segi pencahayaannya.Kata Kunci : human interest photography, animated photo, seni digital, kesan
VISUALISASI WAJAH PADA HEWAN MELALUI PROSES PORTRAIT FOTOGRAFI
Siti Annisa Febriyanti;
Didit Endriawan;
Adrian Permana Zen
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Hewan merupakan salah satu makhluk hidup dimuka bumi yang dapat hidup didarat, air dan udara. Dimana hewan memiliki beraneka ragam jenis, ukuran dan bentuk. Hewan memiliki daya gerak, cepat merespon pada suatu rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, dan membutuhkan asupan makanan. Hewan hampir sama seperti manusia pada umumnya dapat menunjukkan tingkah laku dan juga berbagai ekspresi dari wajahnya secara natural. Ekspresi adalah suatu pengungkapan perasaan, tujuan tertentu serta berupa gabungan dari berbagai isyarat. Masing – masing isyarat mempunyai arti yang dapat menyampaikan suatu pesan verbal. Menurut Carole Wade dan Carol Tavris mengemukakan bahwa suatu gerakan tubuh yang umumnya digunakan pada tahapan komunikasi disebut juga sebagai ekspresi. Ekspresi wajah merupakan salah satu media komunikasi yang dapat menyampaikan suatu emosi. Ekspresi wajah digunakan sebagai penyampaian suatu pesan kepada orang lain. Ekspresi wajah juga dapat terjadi pada spesies hewan lainnya. Dalam suatu karya portrait fotografi biasanya hanya menangkap suatu ekspresi wajah pada manusia. Namun pada hewan juga dapat menampilkan berbagai macam keunikan ekspresi wajah yang tak kalah indah dengan manusia melalui sebuah proses pengambilan portrait fotografi. Maka dari itu penulis membuat karya tugas akhir yang berjudul
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS MOTION GRAPHIC "BAHAYA SOSIAL MEDIA"
Nadhif Jasir Ariq;
Donny Trihanondo;
Dyah Ayu Wiwid Sintowoko
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Banyak orang yang menyalahgunakan media sosial, seperti menyebarkan berita atau informasi bohong atau disebut dengan berita hoax, memberikan komentar yang bersifat negatif di media sosial dan juga merekam dan menyebarkan video yang mengakibatkan keributan, menjatuhkan (memfitnah) orang di media sosial. Iklan layanan masyarakat berbasis motion graphic adalah salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada khalayak umum. Penulis ingin membuat sebuah karya besar dalam bentuk video Iklan Layanan Masyarakat berbasis motion graphic dengan mengangkat permasalahan dampak negatif dari media sosial dengan menyampaikan informasi dan edukasi. Metode penelitian yang mendukung pembuatan karya ini adalah dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif, yaitu dengan berbagai penelitian menurut kejadian dengan berdasarkan hasil wawancara, observasi, serta yang dapat diungkapkan melalui bahan-bahan dokumenter. Tujuannya adalah merancang video iklan layanan masyarakat berbasis motion graphic yang menarik dan memberikan informasi yang baik dan benar tentang bahaya media sosial tersebut. Saran untuk ke depannya dari pembuatan karya ini adalah video iklan layanan masyarakat berbasis motion graphic ini bisa dinilai efektif sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada penyalahgunaan media sosial saat ini.Kata Kunci: Bahaya Media Sosial, Iklan Layanan Masyarakat, Berita Hoax, Komentar Negatif,  Menyebarkan Video Bohong, Motion Graphic
VISUALISASI BENTUK BAYANGAN UNTUK MENGETAHUI IMAJINASI MANUSIA MELALUI SENI INSTALASI DAN PERFORMANS ART
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Bayangan adalah sebuah bentuk pantulan dari cahaya pada benda atau objek. Jika cahaya mengenai sebuah benda atau objek, maka dapat membentuk pantulan berupa bayang – bayang. Suatu objek atau benda akan membentuk bayangan yang lebih besar dari aslinya apabila mendekati cahaya Setiap orang yang bernyawa dan setiap benda pasti memiliki sebuah bayangan yang terlihat. Kebiasaan penulis melihat sebuah bayangan suatu benda atau melihat bayangan yang merepresentasikan bentuk bayangan tersebut memiliki bentuk lain dari objek. Penulis ingin mengetahui bagaimana kepekaan manusia terhadap bayangan yang ada disekitarnya dan bagaimana manusia dapat berimajinasi dengan sebuah bayangan. Penulis membuat sebuah karya dengan membuat bayangan bersama dengan orang – orang yang melihat karyanya dengan kreatifitas penulis. Menciptakan sebuah ruangan yang memiliki tinggi dan lebar sesuai dengan ukuran manusia untuk membuat bayangan, dengan meletakkan cahaya didalam ruangan akan menampakkan bentuk bayangan yang dibuat oleh audien. Ruangan tersebut dibuat dengan warna putih sehingga menghasilkan bayangan tampak lebih jelas. Hasil dari karya ini berupa instalasi yang memiliki ruang untuk membuat sebuah bentuk bayangan yang di buat dengan aturan seni performans art.  Kata Kunci: bayangan, imajinasi, seni instalasi.
ANALISIS PERBANDINGAN NASKAH DAN STRATEGI HUMOR SITUASI KOMEDI "TETANGGA MASA GITU" DENGAN SITUASI KOMEDI "FRIENDS"
Raden Ajeng Aszhaafira Farrassayu Haniif;
Didit Endriawan;
Sigit Kusumanugraha
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Situasi komedi adalah program komedi dengan pemilihan latar, cerita,pembuatan dialog, dan aktor disesuaikan dengan situasi lingkungan sehari-hari yangdiperlukan teknik-teknik khusus agar unsur komedi dapat disampaikan dengan sukses danmaksimal. Menganalisis dan membandingkan sitkom
PROSES PENCIPTAAN KARYA FILM PENDEK INTROVERT DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK 5C CINEMATOGRAPHY
Muhammad Refi Fahreza;
Donny Trihanondo;
Adrian Permana Zen
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantung satu dengan yang lainnya. Namun, pada prosesnya ada beberapa manusia yang sulit untuk bersosialisasi, terutama dalam bentuk interaksi. Salah satu aspek utama yang mempengaruhi perihal tersebut merupakan sebab manusia mempunyai berbagai jenis tipe kepribadian . Carl Gustav Jung memaparkan bahwa manusia digolongkan ke dalam 2 tipe kepribadian, yaitu Extrovert dan Introvert.   Kepribadian extrovert dicirikan dengan perilaku mudah untuk bergaul. Dan kepribadian introvert dapat dicirikan dengan lemah dalam penyesuaian sosial dengan lingkungan yang baru. (Carl Gustav Jung, 1971). Berdasarkan fenomena tersebut, penulis menjadi tertarik untuk membuat sebuah karya film pendek yang bercerita tentang bagaimana seseorang yang memiliki ciri kepribadian introvert sulit untuk memulai suatu obrolan dengan orang baru di lingkungan sosial. Medium film dirasa tepat untuk mengimplementasikan fenonema tersebut. Penulis memfokuskan pada penggunaan teknik milik Joseph V. Mascelli yaitu 5C Cinematography (Camera Angle, Continuity, Cutting, Composition dan Close Up) yang akan penulis terapkan pada penciptaan karya film pendek Introvert, dan untuk menghasilkan visual yang indah dipandang film ini akan menggunakan mood/tone warna yang sesuai dengan cerita di dalam film tersebut.Kata kunci: introvert, film pendek, 5C cinematography.
PENGGAMBARAN DISTOPIA DALAM SENI INTERAKTIF
Erik Montela;
Iqbal Prabawa Wiguna;
Cucu Retno Yuningsih
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Perkembangan teknologi dalam 100 tahun begitu banyak perubahan di dunia, teknolog yang membuat prilaku manusia semakin berubah, manusia lebih dipermudah oleh teknologi dari hal kecil salah satunya berkomunikasi jarak jauh di zaman sekarang lebih dipermudah dibandingkan 100 tahun yang lalu. Namun teknologi tidak sepenuhnya baik bagi umat manusia tetapi banyak masalah – masalah baru yang muncul, yang sangat terasa yaitu perubahan iklim begitu cepat salah satu penyebabnya teknologi itu sendiri yang menyebabkan polusi seperti mobil dan penggunaan listrik yang begitu besar banyak alam menjadi korban untuk kebutuhan teknologi. Suhu perkotaan semakin hari semakin terasa panas dan polusi semakin parah, banyaknya bangunan tinggi yang menggunakan kaca dan kendaraan yang masih banyak menggunakan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan membuat polusi semakin parah. Melihat di zaman sekarang polusi sudah terasa parah dan suhu udara semakin parah, tidak terbayang dalam 100 tahun kedepan akan menjadi seperti apa dunia kalau tidak ada penemuan teknologi yang benar – benar ramah lingkungan. Walaupun sekarang banyak penemuan baru dengan energi yang terbarukan akan tetapi belum benar – benar 100% ramah lingkungan. Kata-kata Kunci : masa depan, distopia, teknologi, kerusakan lingkungan, seni interaktif
MENTAL ILLNESS DEPRESI DENGAN JUDUL KARYA MENTALLY UNSTABLE PADA PERFORMANCE ART
Geby Ayu Belinda;
Donny Trihanondo;
Dyah Ayu Wiwid Sintowoko
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Seni Rupa memiliki banyak sekali kategori – kategori salah satu nya yaitu seniPerformance Art yang penulis angkat sebagai Tugas Akhir ini. Seiring perkembanganjaman tentunya berdampak juga terhadap perkembangan dan kemajuan Seni Rupa dalamsegala aspek, semakin banyak bermunculan seniman – seniman Performance Art yangkarya nya hebat - hebat hingga mendapat banyak penghargaan. Beberapa seniman –seniman yang karya nya pernah tampil di luar negeri bahkan mendapat penghargaanyaitu, Melati Suryodarmo, FX Harsono, dan masih banyak lagi. Karya tugas akhir iniberjudul Mental Illness Depresi Dengan Judul Karya Mentally Unstable Pada PerformanceArt, penulis ingin menceritakan tentang keresahan dan depresi yang terjadi pada individu,karena rasa trauma di masa lalu dari kecil hingga dewasa, salah satu penyebabnya bisadari anak yang broken home, bullying, dan masih banyak lagi. Karya Tugas AkhirPerformance Art ini sengaja penulis pilih setelah banyak pertimbangan dan referensi yangdi dapatkan, salah satu nya dari tugas yang pernah penulis buat di mata kuliahPerformance Art di semester 6.Kata Kunci: mental illness, performance art, broken home
VISUALISASI LIRIK LAGU DARI BAND FSTVLST BERJUDUL ORANG-ORANG DI KERUMUNAN DALAM KARYA FOTOGRAFI EKSPRESI
Muhammad Ashiil Rizki Athaullah;
Adrian Permana Zen;
Ranti Rachmawanti
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tugas akhir ini Merespon mengenai fungsi fotografi yang sudah bukan sekedaralat dokumentasi, melainkan bisa digunakan sebagai medium untuk bereskpresi sepertilayaknya seni musik. Salah satunya penyampaian pesan mengenai permasalahankelompok di masyarakat yang ada di lagu berjudul Orang-orang Di Kerumunan karya bandFSTVLST. Penulis menyampaikan pesan lagu Orang-orang Di Kerumunan melalui karyafotografi ekspresi menggunakan teknik Still Life Photography. Proses penciptaan karyadilakukan dengan mencari makna kata dari bait lirik menggunakan analisis semantik.Kemudian makna yang sudah didapatkan akan divisualisasikan melalui karya fotografiekspresi. Karya fotografi ini digunakan sebagai bentuk refleksi masyarakat mengenaipesan nilai kedamaian dan kehangatan dapat ditumbuhkan kembali.Kata Kunci: Visualisasi, Orang-orang Di Kerumunan, Semantik, Still Life Photography,Fotografi
EKSPERIMENTAL FOTOGRAFI MODEL BAJU ADAT MINANG KABAU DENGAN PROYEKSI LCD PROYEKTOR
Ambya Fakhrurrozi Shidiq;
Iqbal Prabawa Wiguna;
Adrian Permana Zen
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023
Publisher : Telkom University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Karya fotografi ini merupakan karya fotografi model menggunakan baju adat minang kabau yang bersifat eksperimental dengan menggunakan cahaya utama dari sinar LCD Proyektor. Cahaya yang digunakan pada LCD Proyektor merupakan cahaya yang terpilih dari komputer lalu ditembakkan dengan LCD Proyektor kearah model. Pemotretan dilakukan pada studio indoor agar dapat menimbulkan tekstur khusus terhadap model. Konsep dari gambar-gambar yang di pancarkan ke model bertema modern warna-warni yang dapat menjadikan image baju adat saat ini terlihat mengikuti perkembangan zaman. Karya ini dibuat dengan menampilkan visualisasi pakaian adat sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Selain itu karya fotografi ini juga dapat mempermudah remaja untuk menyerap informasi mengenai pakaian adat di Indonesia.  Kata Kunci: baju adat; fotografi model; LCD proyektor.