cover
Contact Name
Nanda Saputra
Contact Email
jurpenpeng@gmail.com
Phone
+6285277711539
Journal Mail Official
jurpenpeng@gmail.com
Editorial Address
Pedir Research Institute, Gampong Tijue, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Aceh, Indonsesia jurpenpeng@gmail.com
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : -     EISSN : 29642272     DOI : -
Core Subject : Education,
The Journal of Education and Teaching publishes research articles, case reports, and review articles covering the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. Global Issues in Education. Technical and Vocational Education. Language and Literature Education. Social Sciences Education. Education Management. Sports Science and Physical Education. Learning Models and Strategies Other Fields in Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Januari" : 8 Documents clear
EVALUATION IMPLEMENTATION CURRICULUM IN PRODUCTIVE SMK NEGERI 1 SAMARINDA Akhmad Ramli; Sudadi Sudadi; Achmad Ruslan Afendi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.611 KB)

Abstract

This study aimed to evaluate the general program implementation curriculum subjects productive trip business skills program in SMK Negeri 1 Samarinda. This study used a qualitative approach. Collecting data using (1) interviews, (2) observations (3) documentation, and (4) Questionnaires. Analysis of data using four components, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed (1) The evaluation of the program in the context of components that include requirements analysis, vision, mission, goals and curriculum schools of business expertise trip to the category of "Very Good. (2) The evaluation component inputs that include aspects of teachers and management, student management, infrastructure management, financial management and management education calendar. the category of "Very Good" (3) The results of the evaluation component of the learning process that includes planning, implementation of the process of learning, assessment, and monitoring of the learning process with the category of "Very Good". (4) The results of the evaluation component of output that includes the results of the theory of productive subjects of national examinations, the results of practical subjects and the results of national examinations productive work practices Industries and absorption graduates with the category of "very good"
PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI 1 BAMBAN BARITO TIMUR KALIMANTAN TENGAH Desti Desti
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.419 KB)

Abstract

The purpose of this research is to see the extent of teacher professionalism in education at SD Negeri Bamban, Central Kalimantan. The research method uses the interview method as qualitative research by transcribing the recording into factual solids, then coding, then creating themes through the entire interview transcript. The results of this study show that teacher professionalism in SD Negeri Bamban is still visible through personal competence, professionalism in teaching, and social competence.
PERKEMBANGAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ANAK Muhammad Syarif
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.501 KB)

Abstract

Kecerdasan merupakan kesempurnaan perkembangan akal budi, kecerdasan juga dikatakan sebagai kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan menuntut kemampuan pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan intelektual pada perkembangan anak, mengetahui kecerdasan emosional pada perkembangan anak dan kecerdasan spiritual pada perkembangan anak. Penelitian kepustakaan (library Research) ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dari data penelusuran dari berbagai referensi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) merupakan kemampuan manusia menyerap hal-hal yang sifatnya fenomenal faktual, data hitungan (matematika) atau kemampuan manusia untuk merespons alam semesta. Kecerdasan emosional (EQ) merupakan kemampuan manusia untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain, mengenali perasaan diri sendiri dan dalam berhubungan dengan orang lain, kemampuan untuk berempati dan simpati terhadap orang lain. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan kemampuan manusia untuk mengenal potensi fitrah dalam dirinya, kecerdasan tertinggi manusia yang digunakan untuk berhubungan dengan Tuhan. Dalam mengembangkan kecerdasan intelektual anak, biasanya dengan percepatan pembelajaran dan menanamkan minat baca dan tulis. Pengembangan kecerdasan emosi mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, apabila anak mampu mengontrol emosinya dengan cerdas. Dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dengan cara mempraktekkan dan mempelajari ibadah wajib dan ibadah sunnah dan berbagai kebaikan yang mengandung unsur ibadah secara umum. Untuk meningkatkan kecerdasan intelektual seorang anak dapat dilakukan melalui konsep pendidikan yang kuat. Semua faktor yang terkait dengan pendidikan harus dirancang dengan kekuatan. Untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak, dilakukan melalui konsep kasih sayang dan tazkiyah. Sedangkan konsep meningkatkan kecerdasan spiritual anak dilakukan melalui konsep birul walidain (berbakti kepada kedua orang tua).
ANALISIS NILAI KARAKTER PADA LAGU ANAK DALAM BUKU TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Servista Bukit; Ernawati Ernawati; Rini Ramadhani
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.063 KB)

Abstract

The importance of character building for elementary school students encourages teachers to innovate in realizing character education. The focus of this research is to analyze the character values ​​contained in children's songs. As one of the teacher's efforts to shape the character of elementary school students through habituation. This research method uses a qualitative descriptive approach to achieve research focus. The object of this research is a children's song with the title: nenek moyangku, mars hidup sehat, and bintang kecil. Each research object was analyzed to find the character values ​​contained in the song implicitly to be conveyed to children. With the hope that conveying character values ​​in children's songs on a regular basis can provide an understanding of what is good and what is not good for elementary school students to do. The analysis of the research results shows that the character values ​​obtained include: honesty, hard work, responsibility, self-confidence, independence, cooperation, caring, mutual cooperation, and nationalism.
INSTRUMEN TES SEBAGAI ALAT EVALUASI Eka Mayasari
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya, hasil belajar siswa memerlukan sebuah evaluasi sebagai bentuk alat atau metode yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Tes hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal dan perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Dalam menganalisis soal yang diperlukan adalah kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan kelompok tengah dibiarkan. Penganalisisan terhadap butir-butir item tes hasil belajar dapat dilakukan dari tiga segi, yaitu: (1) dari segi derajat kesukaran itemnya, (2) dari segi daya pembeda itemnya, (3) dari segi fungsi distraktornya. Angka indeks kesukaran besarnya antara 0,00-1,00 artinya, angka indeks kesukaran itu paling rendah adalah 0,00 dan tinggi adalah 1,00 atau satu. Sebagaimana indeks kesukaran, indeks diskriminasi ini berkisar antara 0,00 sampai dengan 1,00. Dalam indeks diskriminasi tanda negatif digunakan jika suatu soal terbalik menunjukkan kualitas testee, yaitu anak pandai disebut bodoh dan anak bodoh disebut pandai. Distraktor dinyatakan telah dapat menjalankan fungsinya dengan baik apabila distraktor tersebut sekurang-kurangnya sudah dipilih oleh 5% dari seluruh peserta tes.
POLA PENGASUHAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM Nurainiah Nurainiah
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengasuhan anak merupakan cara yang dipilih oleh orang tua dalam mendidik, membimbing, mengasuh, membina, mengarahkan, memberi perlindungan, mengurus makan, minum, pakaian, tempat tinggal dan memastikan keberhasilan tumbuh-kembangnya sampai anak beranjak dewasa. Pada usia anak 0-6 tahun, pengasuhan meliputi kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, yaitu kebutuhan berkenaan dengan tumbuh kembang fisik biologis atau asuh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengasuhan anak dalam perspektif Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan. Teknik pengumpulan data peneliti gunakan melalui studi pustaka, yaitu dengan cara mengumpulkan beberapa tulisan dari jurnal dan buku yang ada kaitannya dengan masalah pola asuh anak. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik analisis konten. Dalam teknik analisis konten dilakukan terhadap buku, jurnal dan literature lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola pengasuhan anak secara umum terdiri dari empat macam, yaitu pola pengasuhan otoriter, pola pengasuhan demokratis, pola pengasuhan permisif dan pola pengasuhan penelantar. Sedangkan pola asuh dalam perspektif Islam terdiri dari pola asuh bersifat keteladanan, pola asuh bersifat nasehat, pola asuh bersifat perhatian dan pengawasan, pola asuh bersifat adat kebiasaan dan pola asuh bersifat moral anak; (2) faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan adalah budaya setempat, ideologi yang berkembang dalam diri orang tua, letak geografis norma etis, orientasi religious, status ekonomi, bakat dan kemampuan orang tua serta gaya hidup.
اكتشاف الأخطاء فى نطق الحروف الهجائية Teuku Sanwil
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penlitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah, Untuk mengetahui kesalahan dalam pengucapan huruf hijaiyah pada siswa MIN Bambi dan Untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar huruf hijaiyah di Sekolah MIN Bambi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitaian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data peneliti melakukan observasi, wawancara, pretest, posttest, dan test siklus I sampai dengan test siklus 4 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah mampu untuk melafalkan huruf hijaiyah, sebagian siswa sulit mengucpkan huruf (ع، غ، س، ش) dan sebagian siswa sulit mengucapkan huruf (ث، ح، خ) dan mteode penyajian, pembahasan dan penyajiannya, termasuk pelaksanaannya, sesuai dengan kondisi dan keadaan sekitar dalam suasana pendidikan Guru tidak menggunakan berbagai sarana pendidikan kecuali buku pelajaran, papan tulis dan komputer.
PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN MUHADATSAH Miswarul Abdi Azizi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Januari
Publisher : Pedir Research Institut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Method is the way that must be taken to achieve a goal. So that the two important things contained in a method are how to do something and the plan for implementation. The better the method used, the more effective the achievement of goals. To determine in advance whether a method can be called good, a benchmark is needed that comes from several factors. The main determining factor is the goal to be achieved. By having a general understanding of the nature of the various methods, a teacher will more easily determine which method is most suitable for the situation and teaching conditions he wants to apply. The direct method uses more activities in learning. This method places more emphasis on listening and speaking, then emphasizes the accuracy of pronunciation and grammar, communication skills are developed by discussing questions and answers in class, and what is more interesting is that the learning uses demonstrations such as visual aids. There are also many interesting ways to teach this method, such as games based on this method.

Page 1 of 1 | Total Record : 8