cover
Contact Name
Try Wahyu Purnomo
Contact Email
twahyu@unimed.ac.id
Phone
+628995998102
Journal Mail Official
paedagogi@unimed.ac.id
Editorial Address
Faculty of Education, Universitas Negeri Medan 72 Building 2nd Floor, Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, North Sumatera –Indonesia, 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
ISSN : 20859880     EISSN : 24077445     DOI : https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2
Core Subject : Education,
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of educational science.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023" : 18 Documents clear
LKPD Inovatif Berbasis Anyflip Sebagai Stimulus Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Nurmayani Nurmayani; Maria Magdalena Marpaung
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.45003

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifitas LKPD menggunakan anyflip. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060836 Danau Singkarak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Berdasarkan uji keefektifan LKPD menggunakan anyflip yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan LKPD berbasis anyflip siswa mendapat nilai rata-rata 53,25 meningkat menjadi 81,81. Dari penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik menggunakan anyflip ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar Taskya Vira Syahputri; Lala Jeita Ananda; Dody F. Pandimun Ambarita
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.46355

Abstract

Penyebab rendahnya nilai siswa SDN 064958 Medan Area yaitu guru sering sekali menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran dan pendekatan yang dapat diajarkan yaitu LKPD yang berorientasi pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan pada LKPD Berorientasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Tema 6 Subtema 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest  dan posttest. Subjek penelitian ini yaitu 18 siswa kelas IV SDN 064958 Medan Area. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi awal, wawancara, pretest dan posttest, penilaian guru, dan respon siswa. Hasil penelitian ini adalah 95% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 96,67% hasil uji validasi ahli desain dengan kategori sangat layak, dan 93,33% hasil dari uji praktikalitas. Keefektifan LKPD berdasarkan dari meningkatnya hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan LKPD berorientasi pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Canva dengan hanya menggunakan LKPD dengan mengambil soal-soal yang ada di buku tematik 6 subtema 1 di kelas IV SDN 064958 Medan Area.
Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas Agnes Novitasari Waruwu; Amelia Rahmadhanty; Anjani Hutagalung; Indri Purnama Sari; Zumayrani Almsy
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.44757

Abstract

Guru sebagai pendidik memiliki tuntutan besar dan harus menguasai berbagai kompetensi atau keterampilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Diantara sekian hal tersebut adalah kompetensi paedagogik. Kompetensi paedagogic didasarkan kepada 8 keterampilan dasar mengajar dan diantaranya yakni keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya kentara berkualitas karena dapat mempengaruhi tingkat partisipasi dan perhatian peserta didik dalam keaktifan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelusuran lebih dalam terhadap keterampilan bertanya yang diperlu diperhatikan, dikuasai serta diimplementasikan secara tepat oleh seluruh pendidikan maupun calon pendidik. Proses memperdalam informasi terjadi keterampilan bertanya dilakukan melalui studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber dan telaah terhadap berbagai sumber baik dari jurnal, buku, dokumen atau akar informasi lainnya yang relevan serta berhubungan dengan kajian keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya secara absolud penting dikuasai oleh pendidikan karena dapat membangun pembelajaran yang menyenangkan, efektif, serta membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kualitas pertanyaan yang dikemukakan berhubungan terhadap kualitas jawaban serta menggali tingkat persepsi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan ini berkedudukan sebagai keterampilan pondasi guna mengembangkan keterampilan lainnya.
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar Panji Rizalul Fatah; Andi Ali Kisai; Nurkholis Nurkholis; Erna Labudasari
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.46168

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal pembelajaran sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL), mengetahui proses pembelajaran, dan mengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV A SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi awal hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) persentase kentuntasan belajarnya sebesar 37% (Kurang Baik). Proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk persentase aktivitas guru selama pembelajaran pada siklus I sudah mencapai 85,86% (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 96,73% (Baik Sekali). Sedangkan persentase aktivitas siswa selama proses pembelajan pada siklus I sudah mencapai 82,60% (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 94,56% (Baik Sekali). Selanjutnya hasil pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh persentase pada siklus I sudah mencapai 41% (Kurang baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% (Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV A SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan sudah tercapai.
Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik Sabela Amelia; Grace Della Sitanggang; Rosanti M Siregar; Silvia Sartika Br. Ginting; Michael Hendro Tua Siahaan
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.44580

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Library Research yang  digunakan untuk memperoleh informasi teoritis sehingga peneliti memiliki landasan teori yang kuatuntuk hasil ilmiah. Informasi deskriptif diperoleh berdasarkan pendapat beberapa ahli dan dikorelasikan dengan hasil penelitian sebelumnya tentang penggunaan ice breaking. Informasi untuk penelitian ini dipeoleh dari buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian penulis. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui hubungan ice breaking terhadap pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ice breaking dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar siswa, hubungan siswa dengan guru kelas atau wali kelas lebih mudah dan hangat. Dalam melakukan tugasnya seorang guru dapat menarik perhatian siswa karena adanya minat dalam belajar. Ice breaking tidak hanya meningkat minat siswa dalam pembelajaran, tetapi juga dapat menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan tidak kaku, membosankan atau pasif. Siswa lebih aktif dalam memecahkan kebekuan yang tentunya membutuhkan lebih banyak aktivitas siswa, sehingga siswa juga terbawa dalam tahap pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak menjadi membosankan dan menjemukan. Keakraban antara siswa dengan siswa dan antara siwa dengan guru terjalin melalui ice breaking yang diterapkan oleh guru. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ice breaking  memiliki efek positif dan juga secara tidak langsung dapat membantu guru dan mendukungnya dalam melaksanakan tugas pengelolaan kelasnya dalam pembelajaran tematik.
Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Aplikasi Youtube Pada Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Sorta Simanjuntak; Vania Valletta Priono; Masta Marselina Sembiring; Dila Handayani
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.45478

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam penerapan aplikasi youtube pada kegiatan belajar mengajar di SD. ST. Antonius VI – Medan T.A 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru SD. ST. Antonius VI – Medan yang berjumlah 19 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mengalami berbagai kesulitan saat menerapkan aplikasi youtube pada kegiatan belajar mengajar yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam memahami berbagai fitur dalam aplikasi youtube seperti mengunduh, mengunggah dan mengedit video. Guru juga kurang mengenal beberapa fitur youtube seperti berlangganan dan siaran langsung karena fitur-fitur tersebut kurang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, dalam pemanfaatan video dari youtube, guru merasa kesulitan dalam menyesuaikan konten video dengan materi pembelajaran, akses internet yang belum merata di seluruh ruangan kelas dan sikap siswa dalam menerima pembelajaran saat penerapan aplikasi youtube menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi guru karena tidak semua siswa dapat memperhatikannya dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya kemampuan guru dalam mengontrol kelas dengan baik agar tercapainya pembelajaran yang efektif.
Bahan Ajar Flipbook Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Sekolah Dasar Eli Santia; Nurmayani Nurmayani
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.46101

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053996 Pelawi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan validasi desain, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Berdasarkan uji keefektifan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning siswa mendapat nilai rata-rata 55,20 meningkat menjadi 84. Dari penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Tanjung Morawa Suri Handayani Damanik; Cristina Limbong
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.45335

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana rancangan dalam pembelajaran sains; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan   guru; di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran sains telah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang seharusnya yaitu perencanaan yang berlandaskan kurikulum 2013, dengan adanya (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Demikian pula dengan hasil pelaksanaan pembelajaran sains yang diterapkan, tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di TK Negeri  Pembina Tanjung Morawa  sudah terlaksana dengan baik,  terlihat pada hasil yang ditemukan pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat, sesuai dengan pedoman, ditemukan bahwa pelaksanaan dilakukan dengan berdasakan; Sebelum Kegiatan Pembelajaran, Saat Kegiatan Pembukaan/Kegiatan Sebelum Pembelajaran, Saat Kegiatan Inti/Saat Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Istirahat dan Waktu Makan Minum, dan Kegiatan Penutup. Pada pelaksanaanya juga guru menerapkan pembelajaran sains dalam: 1) pengamatan (observing), 2) membandingkan (comparing), 3) mengklasifikasikan (classifying), 4) mengukur (meansuring), dan 5) mengkomunikasikan (communicating) yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sains anak usia dini
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Sebagai Stimulus Positif Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar Husna Parluhutan Tambunan; Friska Natalia Samosir; Yusra Nasution; Erlinda Simanungkalit
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.46042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 3 dan 4 Kelas V SD Negeri 106857 Ampera, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin T. A 2022/2023.Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 106857 Ampera yang berjumlah 19 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 19 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes hasil belajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan   dan . Dari data tersebut dapat diketahui bahwa , yaitu . Hal ini berarti Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106857 Ampera, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin T.A 2022/2023.
Implementasi Pembelajaran Tematik Model Cooperative Script sebagai Solusi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Naeklan Simbolon; Putra Irawan Nasution
Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) Vol 9, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/paedagogi.v9i1.44846

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desaign one group Pretest Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Dari analisis data Pretest yang dilakukan ditemukan bahwa 5 siswa tuntas dengan persentase 20,8% dan 19 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 79,2% dan untuk nilai rata-rata hasil belajar Pretest adalah 49,80 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 15. Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dan diberi Posttest dengan soal yang sama seperti soal Pretest ditemukan bahwa nilai Posttest siswa dengan kategori tuntas 22 siswa dengan persentase 91,7% dan 2 siswa dengan kategori tidak tuntas dengan persentase 8,3%, dan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada Posttest adalah 77,70 dengan nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 30. Hasil pengujian hipotesis dilakukan uji Paired Sample Test dengan program SPSS 20 diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0,000 <0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo.

Page 1 of 2 | Total Record : 18