cover
Contact Name
Nur Agus Salim
Contact Email
aguss2unmul@gmail.com
Phone
+628125310733
Journal Mail Official
jpkpm@uwgm.ac.id
Editorial Address
Jl. Wahid Hasyim 2 No.28, Sempaja Sel., Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM)
ISSN : -     EISSN : 27980162     DOI : 10.24903
JPKPM multi discipline research articles including: 1. Education 2. Economy 3. Social and Politic 4. Public Healthy 5. Agriculture 6. Law
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 121 Documents
WORKSHOP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DI SMP PGRI I SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Nur Agus Salim
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.112 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.722

Abstract

Tujuan dalam kegiatan ini adalah peserta workshop mendapat tambahan wawasan ilmu pengetahuan tentang model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan Peserta workshop dapat menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.Metodeyang diterapkan dalam kegiatan iniadalahpemberian materidan praktiklangsung.Dalamworkshopiniakandiberikanbeberapa kegiatanyang meliputipenyajianmateri,danpraktik beberapametode pembelajaran aktif olehpeserta.Workshop ini memberikan beberapa materi yang terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemberian materi tentang implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
SOSIALISASI PHBS DENGAN PEMBAGIAN PANCURAN AIR DAN SABUN CUCI TANGAN KEPADA WARGA RT.09 KELURAHAN LEMPAKE KOTA SAMARINDA Siska Oktaviani; Miftahul Jannah
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.693 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.723

Abstract

Hasil observasi pada salah satu RT di Kelurahan Lempake yaitu RT. 09 didapatkan informasi bahwa fasilitas untuk mencuci tangan masih jarang ditemui di tempat-tempat keramaian di RT tersebut, kemudian masih ada warga yang tidak memakai masker ketika berinteraksi dengan warga lain serta kurang sadarnya warga sekitar mengenai pola hidup bersih dan sehat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai PHBS dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 kepada warga RT. 09 Kelurahan Lempake. Metode yang dilakukan pada sosialisasi ini melalui penyampaian materi mengenai protokol kesehatan dan PHBS dengan membagikan video edukasi cuci tangan melalui grup WhatsAppwarga serta pembagian pancuran air dan sabun cuci tangan. Kegiatan sosialisasi PHBS dengan pembagian pancuran air dan sabun cuci tangan kepada warga di lingkungan RT. 09 mendapat dukungan yang positif, baik dari ketua RT. 09 maupun warga sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk mengedukasi warga bahwa dengan mencuci tangan dengan sabun dengan langkah-langkah yang benar maka warga sudah berpartisipasi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
SOSIALISASI PEMELAJARAN KOLABORASI ORANG TUA SISWA DENGAN GURU DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 004 SAMARINDA UTARA TAHUN 2021 Afdal; Yustika
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.646 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.724

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemelajaran kolaborasi orang tua siswa dengan guru di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas IIIA di SDN 004 Samarinda Utara agar pelaksanaan pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.Kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SDN 004 Samarinda Utara Keluraha Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kalimantan Timur secara umum berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan dalam programkan. Kesimpulan dari pelaksanaan program pengabdian ini yaitu kerjasama antara guru dan orang tua siswa perlu ditingkatkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengirim tugas ke siswa, orang tua siswa yang belum mengerti tentang pembelajaran online hendaknya konfirmasi ke guru kelas, dan perlunya pengawasan orang tua siswa dalam mendampingi anaknya belajar daring.
PENGUATAN PENDIDIKAN BERKARAKTER MELALUI TAYANGAN ANIMASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 023 SAMARINDA Ratna Khairunnisa; Gamar Al Haddar; Nur Agus Salim
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.141 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.725

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan pendidikan karakter pada anak SD melalui tayangan film animasi “Adit Sopo Jarwo”. Beberapa materi yang diberikan terkait dengan upaya penguatan pendidikan karakter anak SD khususnya pada SDN 023 Samarinda. Pentingnya tayangan yang layak ditonton oleh anak SD sehingga dapat menjadi pendamping pembelajaran yang positif dan menyenangkan. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi. Dalam kegiatan sosialisasi terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi penyajian materi, diskusi dengan siswa dan refleksi. Penyajian materi yakni dengan menayangkan animasi Adit Sopo Jarwo dan menjelaskan pendidikan karakter yang terkandung di dalam tayangan tersebut Adapun metode Pengambilan data yang dilakukan dalam pengabdian yakni dengan memberikan angket dan wawancara langsung dengan siswa seputar film adit sopo jarwo.Setelah mengikuti sosialisasi ini siswa dapat : (1) mengetahui pendidikan karakter yang ada dalam film animasi Adit Sopo Jarwo antara lain: tentang keberanian, pantang menyerah, semangat, optimis, mandiri, tanggung jawab, peduli dengan sesama, meminta maaf dan memberikan maaf.(2) mengetahui tayangan mana yang layak dan tidak layak untuk ditonton.
PENINGKATAN SOFTSKILL ICT GURU MELALUI PEMBUATAN ANIMASI BAGI GURU SEKOLAH DASAR Muhammad Ikhsan
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1535.268 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.727

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan softskill guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam pembuatan materi ajar menggunakan powerpoint. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan guru dalam pembelajaran online selama masa pandemic covid-19, sehingga dibutuhkan kemampuan dalam melaksanakan, merancang kegiatan pembelajaran digital berbasis teknologi informasi. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode demonstrasi dan project bahan ajar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terdapat peningkatan kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran digital dilihat dari karya yang diciptakan oleh guru berupa animasi menggunakan powerpoint. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan Pelatihan ini memberikan beberapa materi yang mendukung pembelajaran berbasis digital atau online dengan memberikan pengetahuan pemanfaatan powerpoint untuk animasi sehingga menjadi bahan belajar yang interaktif
PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE GAME “ SPELLING BEE” PADA SISWA KELAS VIII MTSN 7 KOTA PADANG Dwi Megista Putri; Rasmita; Dian Christina
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.393 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.742

Abstract

Kegiatan ini diusulkan dengan pertimbangan bahwa pada umumnya siswa pemula cenderung menyukai kegiatan belajar dengan tindakan dan gerakan yang berbeda. Masalah lainnya yang ditemui ialah siswa biasanya mudah bosan dengan aktifitas pemebelajaran setelah10 menit dan menyebabkan rentang perhatian pendek dan kurangnya daya ingat. Berdasarkan permasalahan diatas, maka tim pengabdianmasyarakat ingin memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dengan metode yang menarik dan tentunya disukai oleh siswa yaitu Spelling Bee. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai umpan balik dari tindakan analisis kebutuhan yang telah dilakukan oleh tim pengabdi terhadap siswa MTSN 7 kota Padang. Diharapkan setelah kegiatan ini terlaksana, siswa mampu mengetahui bakat dan minat belajar di sekolahakan kebutuhan bahasa Inggris yang mana bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.
DIGITALISASI PENYELENGGARAAN PAUD Mahkamah Brantasari
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.769 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.743

Abstract

Pada masa periode globalisasi 4.0 yang mengarah pada perkembangan teknologi dan informasi, memiliki dampak yang sangat besar bagi masyarakat untuk merubah perilaku yang bersifat manual kearah digital, keadaan penggunaan digital dalam kehidupan manusia sehari-hari di Revolusi Industri 4.0 terus mengalami peningkatan. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan dengan mengadakan webinar, dan penulis sebagai salah satu narasumber pada webinar nasional tersebut yang diadakan oleh prodi PG PAUD UWGM Samarinda. Digitalisasi penyelenggaraan Paud, merupakan salah satu bentuk metode layanan yang harus segera dilaksanakan dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna jasa Paud, agar mudah mengakses dan mendapatkan informasi seputar kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Paud yang bersangkutan. Kegiatan yang dapat dilakukan lembaga paud dalam penyelenggaraan yang digitalisasi sangat banyak misalnya saja dalam penggunaan website, Lembaga memanfaatkan website yang di buat untuk sarana promosi dengan mengupload kegiatan-kegiatan yang dibuat dan telah dilakukan sehingga dengan sendirinya aktivitas dapat di ketahui oleh masyarakat secara luas, kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan tentu saja dapat meningkatkan prestasi dan prestise lembaga atau sekolah itu sendiri
MENDIDIK ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL DAN MASA PANDEMI COVID-19 Hanita Hanita
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.877 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i1.755

Abstract

Orang tua dituntut untuk bisa memahami perkembangan teknologi agar dapat membimbing dan membina anak dalam menggunakan dan memakai media digital. Agar anak tidak terpengaruhi hal-hal yang negatif akibat penggunaan media digital yang berlebihan. Sama halnya dalam masa pandemi covid-19 saat ini. Upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 semua aktifitas dilakukan di rumah salah satunya adalah pelaksanaan belajar dan pembelajaran. kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ingin memberikan informasi dan pengetahuan terkait bagaimana mendidik anak di era digital dan masa pandemi covid-19. Dan menganlisis bagaima permasalahan dan pemahaman bagi para peserta kegiaatan terkait cara mendidik anak di era digital dan masa pandemi covid-19. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan informasi dan solusi terkait fenomena yang terjadi di masyarakat terutama dalam pendidikan anak usia dini . Sasaran pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para orang tua, mahasiswa, pendidik anak usia dini dan masyarakat umum baik di kota Samarinda maupun di luar kota Samarinda. Pelaksanaan aplikasi Zoom dan survei menggunakan google form. Berdasarkan hasil survei kepada para peserta webinar penggunaan media digital yang bisa digunakan oleh anak usia dini adalah handphone dan leptop. Dalam peran orang tua dalam mendampigi anak selama menggunakan fasilitas media digital untuk kategori memberikan arahan dalam menggunakan fasilitas digital 30%, mengatur waktu dalam menggunakan fasilitas digital 40% , mengatur peminjaman fasilitas digital sesuai dengan keperluan 15%, memilih dan mensetting program aplikasi yang positif 20%, mendampigi anak saat menggunakan faslitas digital 30%, menggatur penggunaan fasilitas digital secara bijaksana 20% dan menelusiri kegiatan anak di dunia maya 20 %. Dan di tambah masa pendemi covid-19 dimana media digital menjadi satu-satunya sarana yang dapat memberikan solusi untuk tetap terlaksananya kegiatan pembelajaran, hal ini menjadi alasan bagi orang tua untuk dapat mendidik dan membimbing anak sebagai antisipasi dampak negative bagi anak dalam penggunaan media digital. Adapun yang dapat dilakukan adalah membuat kesepakatan kepada pasangan, anak, orang tua dan mertua berkaitan kebijakan penggunaan mendia digital.Sebelum memberikan media digital ke anak orang tua terlebih dahulu melakukan diskusi kepada anak tentang kebutuhan dalam menggunakan media digital, bagaimana mempertanggungjawabkan dalam menggunakan media digital, serta mendiskusikan resiko yang terajadi saat menggunakan media digital.Orang tua memberikan alternatif lain dengan menyediakan alat dan kegatan permainan yang mengasah keaktifan tubuh dan pikiran Buat anak selalu sibuk dengan tanggung jawab, baik tanggung jawab teradap keperluan diri sendiri atau membantu pekerjaan di rumah. Orang tua melakukan pencegahan dan kontrol dengan memproteksi aplikasi-aplikasi yang digunakan, agar anak tidak membuka situs-situs yang tidak mendidik. Dalam keberhasilan proses mendidik anak selama era digital dan masa pendemi covid-19 ini menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah lembaga sekolah, guru dan orang tua.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN PERUMAHAN PUSPITA BENGKURING RT. 027 SAMARINDA AHMAD YANI
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.24 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i2.785

Abstract

Di Kota Samarinda sampah merupakan suatu masalah karena jumlah penduduk yang cukup banyak. Peran rumah tangga dalam pengelolaan sampah sangat penting, sebagai upaya mengurangi kapasitas timbunan sampah di Kota Samarinda. Untuk itu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu diskusi bersama warga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dengan cara berperan aktif dan berkesinambungan dalam pengelolaan sampah terutama di lingkungan terdekat di lingkungan Rukun Tetangga (RT). Khayalak sasaran yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah masyarakat RT 027 Perumahan Puspita Bengkuring, kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara. Dari Hasil diskusi bersama warga, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda No. 2 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah, diskusi berjalan lancar ditemukan permasalahan yaitu, masih banyak masyarakat yang tidak mengelola dan tidak memanfaatkan sampah rumah tangganya, belum adanya sistem pengelolaan sampah secara meyeluruh di lingkungan RT 027. Dari diskusi yang telah dilakukan memberikan keterbukaan wawasan bagi warga untuk mengelola sampah dengan baik sesuai dengan undang – undang, salah satu cara untuk mengurangi timbunan sampah, usaha yang akan dilakukan warga yaitu akan ada petugas pengumpul sampah warga yang didanai oleh iuran warga, akan dibentuk bank sampah dan akan diadakan kerja bakti berkala setiap bulan untuk menjaga kebersihan lingkungan RT 027.
LOMBA MEMBUAT CERITA ANAK SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU Ika Apriati Widya Puteri
Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.719 KB) | DOI: 10.24903/jpkpm.v1i2.812

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Kemampuan menulis cerita dapat menjadi salah satu cara guru untuk mengembangkan materi pelajaran secara kreatif, terutama untuk guru yang menggeluti dunia pendidikan anak usia dini. Metode bercerita adalah salah satu cara menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran dan merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK. Proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru di PAUD/TK saat ini belum cukup maksimal dalam hal kreativitas mengembangkan materi pelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih seputar bernyanyi, belajar mengenal huruf dan angka yang kurang memadukan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sekaligus. Guru pun masih banyak yang mengalami masalah dalam menulis dan membuat cerita dengan benar. Untuk itulah, lomba membuat cerita anak dapat menjadi salah satu cara guru untuk mengembangkan kompetensi profesional, khususnya dalam hal mengembangkan materi pelajaran yang diampu dengan kreatif. Lomba dilaksanakan selama 2 hari. Cerita yang dikirimkan peserta cukup sesuai untuk anak usia dini. Durasi cerita tidak panjang dan mengambil tema dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa peserta menggunakan tokoh utama hewan untuk mempermudah anak memahami cerita. Nilai moral yang diselipkan dalam cerita pun cukup sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak usia dini.

Page 1 of 13 | Total Record : 121