cover
Contact Name
Zidnal Falah
Contact Email
cerdikapublikasiindonesia@gmail.com
Phone
+6285322218207
Journal Mail Official
cerdikapublikasiindonesia@gmail.com
Editorial Address
Greendland Sendang Residence Blok H.1 Sendang, Kec. Sumber, Kab. Cirebon , Cirebon, Provinsi Jawa Barat, 45611
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia
ISSN : 27746291     EISSN : 27746534     DOI : 10.36418
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Publikasi Indonesia. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial, sains dan ilmu kesehatan. Artikel yang dipublikasikan adalah artikel hasil penelitian, kajian atau kajian ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 483 Documents
Kebijakan Kriminal dalam Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi Abdullah Abdullah; Royyan Hafizi
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): CERDIKA: Jurnal Ilmiah Indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4203.583 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i1.6

Abstract

Peran hukum sebagai pengayom tercermin melalai fungsi hukum sebagai sarana pengendalian sosial (social control), perubahan sosial (social engineering) dan hukum sebagai sarana integrative. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis formulasi kebijkan pemeriintah dalam penanganan prilaku tindak pidana korupsi. Jenis penelitian merupkan kajian penelitian normatif atau menggunakan pendekatan doctrinal dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan formulasi hukum pidana khususnya mengenai formulasi tindak pidana korupsi saat ini, memiliki sejumlah kelemahan yang mendasar a) kebijakan hukum pidana dalam hal tindak pidana korupsi yang berlaku saat ini, tindak mencantumkan kualifikasi delik apakah sebagai “pelanggaran” atau “kejahatan”. b) kebijakan Hukum pidana dalam hal tindak pidana korupsi saat ini tidak memberikan pengertian atau batasan-batasan yuridis mengenai “permufakatan jahat”, c) kebijakan hukum pidana dalam hal pemberantasan tidak pidana korupsi, masih tersebar di beberapa perundang-undangan dan menggunakan sanksi berdasarkan undang-undang yang berbeda.
Implementasi Kebijakan Program Gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Stbm) Pilar 1 Dalam Pengendalian Lingkungan Masyarakat di Indonesia Arsiana Abidin
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.171 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.7

Abstract

Keadaan geografis Indonesia Yang terdiri dari Pulau Pulau menyebabkan Indonesia memiliki Garis Pantai yang sangat banyak. Jika dikaitkan dengan kondisi sanitasi yang ada di wilayah pesisir ini sangat berbanding lurus dengan kondisi sanitasi yang buruk khususnya perilaku Buang Air Besar yang masih dilakukan di sembarang tempat. Tidak saja daerah pesisir pantai, daerah pegunungan,bantaran sungai dan perkotaan di Indonesia juga mengalami permasalahn yang sama yaitu masih banyak ditemukan masyarakatnya yang berperilaku masih Buang Air Besar di Sembarang Tempat. Data Nasional yang kami per tanggal 25 September 2020, masih terdapat 8.179.602 KK atau sekitar 20,59 % yang belum memiliki Jamban dan masih berperilaku BABs dan terdapat 5.717.746 atau sekitar 8,75% belum memiliki jamban tapi sudah berperilaku tidak BABs atau masuk dalam Kategori sharing (numpang). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji factor faktor yang mempengaruhi keputusan warga berperilaku BABs, mengkaji opsi teknologi sanitasi, mengkaji sumber pembiayaan pengadaan jamban, dan mengkaji kelayakan jamban di Indonesia. Tahapan umum proses studi ini meliputi Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara dan pengamatan, yang dipadukan dengan literature,analisa data,dan implementasi. Kemudian akan direncanakan pemilihan tipe jamban sehat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat dapat membangun jamban sehat.
Behavior of Following Health Protocols (Keeping Distance, Washing Hands and Wearing Masks) as a Form of State Defense in the Era of COVID-19 Hanna Wijaya; Slamet Tri Wahyudi; Yohanes Firmansyah
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4207.59 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i3.9

Abstract

COVID-19 has become one of the problems that attacks all elements of national and state life. The effects of the COVID-19 Pandemic are not only related to health, but also attack the social aspects and resilience of a country. It is not surprising that the COVID-19 Pandemic can be classified as a non-military threat to a nation. This paper discusses the role of society through attitudes towards State defense such as Following Health Protocols (Keeping Distance, Washing Hands and Wearing Masks) as a Form of State Defense in the Era of COVID-19. This research is a literature review study that discusses social issues using 3 types of approaches, namely the statute approach, conceptual approach, and case approach. The results of this study reveal that we need to adjust to new behaviors in order to be healthier, safer, and more compliant. We need to use all tools available to motivate citizens. The role of the community in breaking the chain of transmission of the disease COVID-19 (risk of contracting and transmission) must be carried out by implementing a number of health protocols. The conclusion of this study is that COVID-19 has become a very big problem for all countries, forcing the security of the state. The main thing the community can do to combat a disease is with the Following Health Protocols such as Keeping Distance, Washing Hands and Wearing Masks.
Analisis Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kepulauan Tanimbar Dritza Anna Kormpaulun; Mekitekson Melayaman
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.663 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk patologi birokrasi dan upaya mengatasi patologi birokrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kepustakaan. Adapun hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, dalam Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Tanimbar bahwa; (1) pelayanan yang bersifat diskriminatif, menunjukkan sikap bahwa kepedulian dimana sebahagian warga sudah puas akan kesamaan dan tidak ada pilih kasih dalam hal pelayanan yang diterima akan tetapi tentunya masih ada yang harus diperbaiki dalam meningkatkan kualitas pelayanan. (2) Daya tanggap (responsivitas) aparat terhadap berbagai keluhan yang dialami oleh pengguna layanan, bahkan terkesan segala kritik dan saran yang diarahkan kepada para aparat hanya direspon dengan bahasa-bahasa diplomatis (3) Pengurusan E-KTP dan KK masih berbelit-belit, tetapi anggapan itu ditepis oleh pihak Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Tanimabr disebabkan karena masyarakat tidak mengetahui prosedur dan tata cara pengurusan E-KTP dan KK. Selain itu ada beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatasi patologi birokrasi dalam pelayanan administrasi kependudukan adalah (1) mengatasi diskriminasi dalam pelayanan. (2) memberi respon (daya tanggap). (3) penyederhanaan prosedur pelayanan yang transparan. (4) mencegah praktek maladministrasi.
Evaluasi Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar Andini Aqmarani; Ina Magdalena; Nisa Ayudhiya
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.69 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap evaluasi yang dilakukan oleh guru di SDN Wanakerta II, Sindang Jaya, Tangerang, Banten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mewawancarai beberapa guru di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran dikelas akan berdampak kepada peningkatan kemampuan guru, sebab guru yang kompeten adalah guru mampu untuk mengelola kelas dan mengevaluasi siswa secara individu maupun kelompok. Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Wanakerta II akan memberikan evaluasi setelah mengulang pembelajaran yang telah dipelajari dan setelah itu para guru menjelaskan pembelajaran yang akan di pelajari dengan menggunakan media observasi untuk siswa agar siswa mencari tahu sendiri dan setelah itu baru guru akan menjelaskan.
Analisis Pengembangan Minat dan Bakat Siswa pada Siswa Sekolah Dasar Chico Aciakatura; Ina Magdalena; Anida Zahranisa; Nur Latipatun Zahro
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.968 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.15

Abstract

Anak berbakat adalah mereka yang didefinisikan oleh orang-orang professional mampu mencapai prestasi yang tinggi karena memiliki kemampuan-kemampuan luar biasa.Mereka menonjol secara konsisten dalam salah satu atau beberapa bidang.Meliputi bidang intelektual umum, bidang kreativitas, bidang seni/kinetik, dan bidang psikososial/kepemimpinan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan minat bakat siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan pemahaman untuk membuat strategi sebagai guru kelas dalam proses belajar mengajar agar bisa memberikan materi pembelajaran ke dalam minat bakat siswa, memberikan arahan untuk minat dan bakat, memberikan apresiasi kepada siswa dalam pengarahan minat dan bakat, membangun komunikasi yang baik supaya siswa bisa lebih mengekspor diri lagi, memberikan metode pembelajaran dalam program bantuan seperti media yang tepat, bahkan bila perlu guru lebih meningkatkan potensi diri agar dalam proses belajar bisa lebih baik.
Analisis Kebutuhan Proses Instruksional Di SDN Kapuk 10 Petang Salma Ramadhanty; Ina Magdalena; Putri Salsabila; Siti Ajzahro
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.512 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.16

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dalam proses kegiatan pembelajaran di SDN KAPUK 10 PETANG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah kami lakukan yaitu menyatakan bahwa hal-hal yang paling dibutuhkan dalam proses kegiatan pembelajaran adalah bahan ajar, media, dan model pembelajaran. Jika salah satu dari hal tersebut tidak memenuhi kebutuhan maka proses kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar.
Cara Menciptakan Gaya Belajar Yang Efektif Kepada Siswa SD Selama Daring Rizkia Dwi Lestari; Ina Magdalena; Nurhalisa; Emaliah Samhatul Ulyah
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.801 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru dalam menciptakan gaya belajar yang efektif kepada siswa Sekolah Dasar di masa Pandemi covid-19. Dimana dalam proses mengajar, para pendidik dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang materi yang diajarkan, dan juga menguasai berbagai metode dalam penyampaian agar apa yang disampaikan dapat dimengerti dan mudah dipahami oleh anak didik. Ada pula pembelajaran tematik yaitu sebuah pembelajaran yang dikemas ke dalam bentuk tema yang melibatkan beberapa pelajaran. Tematik selama daring disajikan dalam satu media yang terpadu untuk menarik perhatian siswa agar tidak bosan belajar. Tidak ada aplikasi khusus untuk membuat media itu tampil menjadi sebuah ilusi yang menarik. Hanya ada gambar dan suara di dalam tema yang di sajikan untuk pembelajaran tematik tersebut. Di masa pandemi orang tua pasti sangat berperan besar untuk mengawasi anak. Maka dari itu komunikasi guru dan orang tua pun harus selalu berjalan selama kegiatan belajar mengajar.
Impelementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Sekolah Dasar Putri Salsabilla Sulistiyani; Ina Magdalena; Serly Anggraeni; Nurjamilah Selvia
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.467 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini betujuan mendeskripsikan proses dan hasil implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengetahui sumber-sumber belajar apa saja yang tepat untuk mencapai hasil pembelajaran dan faktor yang dapat mempengaruhi implementasi RPP disekolah dasar SDN Kramat 1. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter sangat diperlukan sejalan dengan beranekaragam corak perkembangan media pembelajaran serta sumber belajar disekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran. Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk merancangnya, agar rencana pembelajaran yang disusun benar-benar dapat memenuhi harapan dan tujuan pembelajaran, perlunya perencanaan pembelajaran dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. Dalam perbaikan pembelajaran diasumsikan bahwa: Perbaikan kualitas pembelajaran; ini haruslah diawali dengan perbaikan desain pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan titik awal dari upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Dalam kondisi yang ditata dengan baik strategi yang direncanakan akan memberikan peluang dicapainya hasil pembelajaran. Disinilah peran guru mendesain pembelajaran secara terencana sehingga dapat mempermudah melakukan kegiatan pembelajaran. Jika ini dilakukan dengan baik maka sasaran akhir adalah memudahkan belajar siswa dapat tercapai.
Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Siswa Sekolah Dasar Negeri Pasanggrahan II Melia Gita Andreani; Febrika Damaiyanti; Ina Magdalena
Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.807 KB) | DOI: 10.59141/cerdika.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang efektifitas pembelajaran jarak jauh di SDN Pasanggrahan II. Metode yang di gunakan yaitu menggunakan penilitian kuantitatif yang dilakukan untuk menggali, memahami, dan menggambarkan suatu objek penelitian secara deskriptif. Hasil dari teknik pengumpulan data menggunakan pertanyaan. Hal ini bisa dilihat dari angket yang kami ajukan kepada narasumber. Hasil dari pertanyaan yang di ajukan kepada narasumber hampir semuanya mendukung dan menilai pembelajaran jarak jauh sangat efektif bagi semua siswa.

Page 1 of 49 | Total Record : 483


Filter by Year

2021 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 03 (2024): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 4 No. 4 (2024): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 4 No. 2 (2024): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 4 No. 1 (2024): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 12 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 11 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 10 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 09 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 08 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 7 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 6 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 5 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 4 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 12 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 11 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 10 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 9 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 8 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 7 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 6 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 5 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 4 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 3 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 12 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 11 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 10 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia Vol. 1 No. 9 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 8 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 7 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia Vol. 1 No. 6 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia Vol. 1 No. 5 (2021): CERDIKA: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 4 (2021): Cerdika : Jurnal ilmiah Indonesia Vol. 1 No. 3 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Cerdika: Jurnal Ilmiah indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): CERDIKA: Jurnal Ilmiah Indonesia More Issue