cover
Contact Name
Ibnu Imam Al Ayyubi
Contact Email
ibnuimam996@gmail.com
Phone
+6222-86861757
Journal Mail Official
lppmstaidaf22@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Cihampelas No.12, RT.04/RW.02, Cihampelas, Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40767
Location
Kab. bandung barat,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Al Burhan
ISSN : 27972674     EISSN : 28302486     DOI : 10.58988
Jurnal Al Burhan Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Adapun tujuan penerbitan Jurnal Al Burhan adalah 1) Sebagai sarana sosialisasi dan publikasi hasil penelitian yang dilakukan Dosen/ Mahasiswa; 2) Menumbuhkan budaya literasi di lingkungan kampus; 3) Sebagai sarana pendukung akreditasi kampus ; 4) sebagai dokumentasi ilmu dan inovasi yang menunjang budaya ilmiah; serta 5) berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di lingkungan internal kampus dan umumnya mendukung perkembangan keilmuan di Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022)" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN SKI : (Studi Kasus menggunakan metode survei di MA Nurul Iman Sindangkerta Bandung Barat) Ayu Puji Rahayu
Jurnal Al Burhan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.326 KB) | DOI: 10.58988/jab.v2i1.9

Abstract

This study aimed to determine and analyze the effect of online learning during the covid-19 pandemic on learning outcomes in the Islamic Cultural History subject at MA Nurul Iman Sindangkerta West Bandung. The research method used is a quantitative research method using surveys. The sampling technique used is the Krejcie sampling technique, with 40 respondents. While the data collection tool is an instrument in the form of a questionnaire. The data analysis technique used the help of SPSS version 25. Based on the results of data analysis, it was concluded that there was a significant influence of online learning during the covid-19 pandemic on learning outcomes in Islamic Cultural History subjects. The significant value evidences this in the coefficient table of 0.000. These results show the value of sig. less than alpha value = 0.05 or sig value 0.000 < = 0.05. This implies that Ho is rejected and Ha is accepted. So from the analysis of data processing, it can be concluded that there is a significant influence between online learning during the covid-19 pandemic on learning outcomes in Islamic Cultural History subjects at MA Nurul Iman Sindangkerta West Bandung students.
METODE STORY TELLING KISAH QUR’ANI UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ Mohammad Sabarudin
Jurnal Al Burhan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.476 KB) | DOI: 10.58988/jab.v2i1.10

Abstract

Pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negeri kita. Krisis tersebut antara lain berupa pergaulan bebas, marangknya bullying, narkotika, porno aksi dan pornografi, sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Penerapan metode story telling kisah Qur’ani bisa dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang sangat baik digunakan dalam pendidikan Islam, khususnya dalam pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan,penerapan, evaluasi serta implikasi terhadap perkembangan pembelajaran aqidah akhlak untuk pendidikan karakter.Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif analitik yang termasuk kedalam metodologi kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka.
PENDIDIKAN KEIMANAN SEBAGAI BASIS KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI Saepulloh Saepulloh
Jurnal Al Burhan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.698 KB) | DOI: 10.58988/jab.v2i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap arti penting keimanan dalam pendidikan sebagai basis kecerdasan sosial peserta didik meskipun tidak dapat diukur secara konkret melalui data kualitatif. Ranah afeksi ini menjadi tolok ukur keberhasilan proses pendidikan dalam Islam sebagaimana tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu menelaah pokok masalah melalui literatur-literatur yang berkaitan dengan fokus masalah tersebut sehingga ditemukan simpulan sebagai berikut: Pertama, manusia diciptakan oleh Allah Swt terlahir sebagai pribadi yang membawa potensi kecerdasan sosial. Multi dimensi kecerdasan sosial yang dianugerahkan Allah Swt kepada manusia tidak lain bertujuan agar mampu mengemban tugasnya sebagai khalifah dan mengabadikan dirinya secara total kepada Allah Swt dalam wujud keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt; Kedua, Pendidikan keimanan menjadi hal yang penting dan utama diberikan kepada peserta didik, dengan cara: memperkenalkan nama Allah Swt dan Rasul-Nya; memberikan gambaran tentang siapa pencipta alam raya ini melalui kisah-kisah teladan; memperkenalkan ke-Maha-Agungan Allah Swt; dapat memberi sekaligus manjadi contoh bagi anak-anak baik dalam beribadah maupun bermuamalah; menghargai kemampuan yang dimiliki oleh anak; memposisikan mereka bukan sebagai objek namun sebagai mitra belajar; dan memberikan apresiasi yang positif atas segala kelebihan yang dimiliki oleh peserta didik.
KETERCAPAIAN STANDAR PROSES DALAM AKREDITASI TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMP DARUL FALAH BANDUNG BARAT Murharyana Murharyana
Jurnal Al Burhan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.559 KB) | DOI: 10.58988/jab.v2i1.14

Abstract

Mutu pendidikan sebuah lembaga pendidikan dapat terlihat dalam kelengkapan  Instrumen akreditasi  BAN SM pada standar proses yang terdiri dari 21 indikator, isi dari standar proses tersebut berbicara tentang peningkatan proses belajar mengajar dan pembelajaran. Pelaksanaannya untuk mengukur seberapa besar ketercapaian dari proses belajar mengajar dan kesiapan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran.  Melalui pendekatan penelitian kualitatif deskriftif dan pengolahan sumber data baik primer dan sekunder, yang kemudian diinterpretasikan dari pencapaian dokumen atau indikator standar proses. Hasil yang didapati dari  akreditasi SMP Darul Falah Bandung Barat yang terfokus pada standar proses adalah Pertama Standart proses lebih terkait dengan keefektifan, efisiensi dan kreatifitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan pembelajaran, karena hal itu tersebut menjadi penentu mutu sebuah pendidikan.  Kualitas guru untuk menjadi seorang pendidik yang profesional dalam segala bidang pada standar proses ini akan terdeteksi seberapa besar kemampuan mereka dalam menyiapkan segala sesuatuanya untuk terjun langsung mentransfer keilmuan, sikap dan bimbingaan. Kedua, peran serta dan dukungan antara sekolah dengan guru dalam mefasilitasi sarana prasarana pembelajaran menjadi penentu keberhasilan proses belajra mengajar. Ketiga, dibutuhkannya kemampuan guru dalam melakukan pengamatan sisi budaya dan lingkungan peserta didik sebagai landasan penyesuaian metode dan materi belajar. Keempat,hasil penilaian  standar proses di SMP Darul Falah secara signifikan sudah tercapai, akan tetapi masih ada kekurangan-kekurangan diantara kurangnya kreatifitas guru dan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan memperhatikan karaktersitik siswa.
BERKENALAN DENGAN TASAWUF AL-GAZALI Asep Rifqi Fuad; Abdul Mun'im Amaly
Jurnal Al Burhan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.905 KB) | DOI: 10.58988/jab.v2i1.15

Abstract

The teachings of Sufism are contradictory teachings until now because many say that it is the teachings of Sufism that push us towards jumud. This paper aims to describe the actual teachings of Sufism in the view of Imam Gazali. This study uses a konsep analisis method by reviewing and analyzing the sources of books, turats, and scientific journals on Sufism, which the researchers then provide an interpretation of the data that has been. This study concludes that there are three core teachings of Islam, namely Islam, Iman, and Ihsan. From "Islam" "Science of Fiqh" was developed (Islamic Law), from "Faith" was developed "Science of Kalam" or "Science of Tawheed", and from "Ihsan" was developed, "Science of Sufism" was born. Imam Gazali is an encyclopedic Sufism figure, in the sense that he mastered various kinds of knowledge, especially Fiqh (including politics), U?ul Fiqh, Kalam, and Philosophy (including logic), but it turns out that the sciences that he views are very important and can satisfy spiritually. that, it turns out to only produce confusion in the spiritual. Then he from all knowledge and all facilities and high honor began to study Sufism, and it turns out that in Sufism al-Gazali found spiritual satisfaction. The essence of al-Gazali's Sufism teachings is an effort without the main teachings of religion, namely Islam, Faith, and Ihsan in the sense of without the Science of Fiqh, Science of Kalam, and Science of Sufism, and the essence of these three statements is Muhâlafat al-Nafs (Controlling Lust). The strategy for al-Gazali in achieving worldly and hereafter happiness is Mu?âlafat al-Nafs. He wrote this thesis in the book Ihya 'Ul?m al-Din.

Page 1 of 1 | Total Record : 5