cover
Contact Name
Ahmad Nubli Gadeng
Contact Email
nubliyuslian@gmail.com
Phone
+6285270000352
Journal Mail Official
nubliyuslian@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Gedung Lama FKIP, Lantai 2. Jl. Teuku Hasan Kreung Kalee, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415. email: jpgeosfer@gmail.com dan jurnalpendidikangeosfer@gmail.com
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Geosfer
ISSN : 25416936     EISSN : 28082834     DOI : https://doi.org/10.23701/jpg
Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, Sosial Budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer" : 5 Documents clear
Peranan Teknologi Informasi Berbasis Website dalam Upaya Pengembangan Kepariwisataan di Kota Banda Aceh Maulida Rahmi; Syamsul Bardi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.731 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan web dalam pengembangan pariwisata di Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil dari metode yang digunakan yaitu wawancara dengan beberapa pihak yang terkait dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh juga menyimpulkan bahwa website menjadi pilihan utama untuk promosi dan penyebaran informasi tentang kepariwisataan yang ada di kota Banda Aceh. Bukti lain yang bisa dijadikan acuan terhadap peranan teknologi informasi berbasis website terhadap pengembangan kepariwisataan di Kota Banda Aceh yaitu dengan melihat persentase jumlah wisatawan dan turis yang berkunjung Ke kota Banda Aceh sebelum dan sesudah diluncurkannya website sebagai media promosi dan penyebaran informasi. Pihak yang penulis wawancarai mengatakan: Kota Banda Aceh lebih dikenal secara luas di mata dunia setelah muncul berbagai website. Sehingga menyebabkan para wisatawan dan turis semakin penasaran dan tertarik untuk mengunjungi dan merasakan berbagai pariwisata yang ada di Kota Banda Aceh.
KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA Nur Atika; Hasmunir Hasmunir; Thamrin Kamaruddin
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.729 KB)

Abstract

Rumusan masalah ialah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Pendekantan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi.Populasinya adalah seluruh mahaiswa yang sedeng mengambil program praktik mengajar.Jumlah sampel sebanyak 34 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi.Teknik pengolahan data menggunakan teknik regresi linier berganda dan korelasi berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran dan perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU Lailisa Hanum; Thamrin Kamaruddin; Muhammad Okta Ridha Maulidian
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.255 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran team quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 dan VIII-3 SMP Negeri 11 Banda Aceh dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Purposive sampling yaitu memilih kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, yaitu pretest dan post-test. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung =2,88 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikansi 5% (uji satu pihak) dengan derajat kebebasan (dk = 20 + 19 – 2 = 37) sesuai dengan kriteria uji terima Ha jika thitung lebih besar dari ttabel. Sesuai dengan hasil yang diperoleh di atas maka thitung lebih besar dari ttabel hipotesis Ha diterima, ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH Mita Prancinitia; Abdul Wahab Abdi; Daska Azis
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.038 KB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan model problem based learning dalam mata pelajaran geografi siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh dengan total 69 siswa, sementara sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS1 sebanyak 24 siswa dan Kelas XI IPS2 sebanyak 24 siswa, jumlah keseluruhan sampel adalah 48 siswa. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada siswa. Pengolahan data mengunakan statistik parametrik uji t. Hasil pengolahan data didapatkan thitung=-0,65 dan ttabel=1,6.  Artinya thitung lebih kecil dari ttabel sehingga Ha ditolak. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran group investigation adalah sama dengan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning pada siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.
TINGKAT KECERDASAN SPASIAL SISWA SMPIT AL-AZHAR BANDA ACEH Islamiati Islamiati; Abdul Wahab Abdi; Mirza Desfandi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.166 KB)

Abstract

Kecerdasan spasial penting untuk dikembangkan guna melatih keterampilan dan sikap siswa dalam pengambilan keputusan yang efisien dalam bertindak ketika menghadapi permasalahan di lingkungan sekitarnya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan spasial siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei pada 50 siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh yang memiliki kecerdasan spasial pada kategori rendah yaitu sebesar 10% dengan frekuensi sebanyak 5 siswa, kategori sedang sebesar 74% dengan frekuensi 37 siswa, dan kategori tinggi sebesar 16% dengan frekuensi siswa berjumlah 8 siswa. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat kecerdasan spasial siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh termasuk dalam kategori sedang yakni berada di antara nilai 71–85 dengan rata-rata 78,26 dan persentase berjumlah 74%. Melalui hasil penelitian ini maka selanjut­nya diharapkan adanya metode-metode yang dapat meningkatkan kecerdasan spasial yang sesuai dengan perkembangan kognitif, psikomo­torik, dan juga afektif siswa. Guru dan keluarga juga merupakan pihak yang berperan penting dalam mengembangkan potensi anak, sehingga diharapkan dapat menunjang sistem belajar serta menyediakan fasilitas yang men­dukung peningkatan kecerdasan khususnya kecerdasan spasial.

Page 1 of 1 | Total Record : 5