cover
Contact Name
Muhammad Arief Muttaqien
Contact Email
Jurnal.ejoin@gmail.com
Phone
+6287864420394
Journal Mail Official
Jurnal.ejoin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Praya-Mantang KM.07 Aik Mual, Lombok Tengah - NTB 83511 Email: jurnal.ejoin@gmail.com or ejoin@nusantaraglobal.ac.id
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 29855322     EISSN : 29855322     DOI : 10.55681
EJOIN is a journal that is a scientific forum for community service with e-ISSN: 2985-5322, and managed by LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global. Publish articles on community service activities in the fields of education, social, human resource development, health, appropriate technology, and health. EJOIN journal starting in 2023 publish every month a year, can be downloaded for free, read, and distributed as references for the next article. Paper is submitted online by registering first on this website or can be sent via email to jurnal.ejoin@gmail.com. Download the Template here and the Author Guideline here and submit the article along with the statement letter.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI KONSEP SPA TERAPI KESEHATAN DAN KECANTIKAN UNTUK MENJAGA KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DESA Oce Wiriawan; Sapto Wibowo; Nur Ahmad Arief; Arifah Kaharina
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.533 KB)

Abstract

Pergerakan individu dalam melakukan olahraga misal pergi ke gym atau ke pusat kebugaran sangat disarankan, bahkan melakukan aktivtias secara mandiri di luar rumah juga sangat disarankan. Padahal aktivitas olahraga sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya dalam mempertahankan imunitas tubuh sehingga dapat menjaga tubuh untuk terinveksi virus. Hal terbaik mempertahankan dan meningkatkan sistem imun dengan berolahraga secara teratur. Olahraga dimaksud adalah olahraga dengan menggunakan intensitas moderat yaitu 65% - 75% bagi pemula atau mengkombinasikan latihan dengan intensitas tinggi pada orang yang sudah terbiasa berolahraga. Selain itu olahraga yang dilakukan harus menarik dan tidak membuat bosan karena tubuh harus memproduksi hormone endorphin yang menyebabkan perasaan gembira agar sistem imun semakin kuat. Tujuan PKM ini berawal dari permasalahan yang di analisis situasi yang dilakukan Tim, Ibu-ibu PKK warga masyarakat Desa Randegan RT 04, RW 01 Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo., diperoleh data bahwa banyaknya mereka ibu-ibu warga masyarakat yang mengeluh kurangnya pemahaman atas kebugaran jasmani dan perawatan kehatan setelah pandemic. Sehingga dibutuhkan pendampingan untuk menjaga kebugaran jasmani dengan SPA Terapi Kesehatan dan Kecantikan selama masa transisi dari pandemic ke endemic. Permasalahan yang lain adalah sulitnya mereka menjaga kebugaran jasmani karena tidak ada pendampingan.. Adapun hasil dari tim PKM Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mempunyai gagasan untuk mengatasi masalah yaitu berdiskusi dengan mencari solusi dengan cara memberikan informasi dan pelatihan tentang Kesehatan dan kebugaran jasmani dengan disertai pendampingan dan praktek SPA Terapi Kesehatan dan Kecantikan. Setelah itu mereka warga masyarakat akan memperagakan hasil pelatihan. Dari hasil Praktek SPA Terapi Kesehatan dan Kecantikan untuk menjaga kebugaran jasmani ibu-ibu PKK warga masyarakat Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo akan di evaluasi hasilnya.
MODEL TRANSFER PESAN CSR (CORPARATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PERTAMINA KEPADA MASYARAKAT Wahyu Ziaulhaq
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.874 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model transfer pesan CSR (Corparate Social Responsibility) Pertamina pada masyarakat. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada pembaca bahwa CSR memiliki hubungan harmonis dengan masyarakat sekitar.  Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan wawancara lalu kemudian data yang telah diperoleh dilakukan analisis mendalam secara ilmiah Hasil penelitian ini adalah: Pertama, komunikasi CSR Pertamina kepada tokoh agama guna mengidentifikasi ritual kegiatan keagamaan masyarakat. Kedua, Komunikasi CSR Pertamina kepada Lembaga Pendidikan formal guna turut aktif dalam pengembangan sumber daya manusia yang mumpuni. Ketiga, komunikasi kemitraan CSR Pertamina kepada pengusaha kecil menengah guna memperkuat kualitas ekonomi masyarakat. Keempat, komunikasi kemitraan CSR Pertamina kepada peternak budidaya ikan lele terkait distribusi hasil panen perairan, semua rangkaian kegiatan dilakukan secara persuasif dan humanis.
UPAYA PENEMUAN DINI PENYAKIT KOMORBID COVID-19 DI DESA PAKRAMAN ADAT CANGKUP DESA PESAGI, PENEBEL, TABANAN I Nyoman Jirna; IGA Ayu Putu Swastini; I Gede Sudarmanto
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.64 KB)

Abstract

Strategi utama pembangunan kesehatan antara lain adalah menggerakan dan memberdayakan masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pelayanan laboratorium kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan masyarakat sebagai penegak diagnose suatu penyakit. Desa Pakraman Adat Cangkup memiliki kegiatan keagamaan cukup tinggi, Dalam kegiatan keagamaan tersebut menyiapkan konsumsi tingggi kadar lemak dan karbohidrat. Hasil survei awal terhadap 30 sasaran didapatkan data konsumsi lemak tinggi 21 orang (70%), konsumsi karbohidrat tinggi 24 orang (80%),  konsumsi minuman beralkohol 9 orang (30%) ,  perokok 15 orang (50%),  pengetahuan kurang 24 orang (80%) . Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pemeriksaan kolesterol, gula darah, tekanan darah sebagai upaya penemuan dini penyakit komorbid covid-19. Proses selanjutnya di lakukan pembinaan prajuru desa pakraman adat cangkup sebagai penyuluh, serta mengevaluasi tingkat pengetahuan masyarakat sebelum sesudah penyuluhan, Ada peningkatan pengetahuan baik dari 100 sasaran   sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu 20 %.  Hasil pemeriksaan kolesterol tinggi 15 orang (15%), Glukosa Tinggi 5 orang (5%), tekanan darah tinggi 25 orang (25%). Hasil pembinaan 10 orang prajuru desa pakraman ada peningkatan kemampuan sebagai penyuluh yaitu 8 orang (80%) menjadi 10 orang (100%). Penyuluh yang terbentuk dari prajuru (petugas) desa pakraman melaksanakan pembinaan berkelanjutan kepada masyarakat desa pakraman dan instansi terkait (puskesmas) melakukan pendampingn dan pengawasan.
PENGOLAHAN AIR BERSIH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DASAWISMA MELATI II BODEH AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA Ary Sutrischastini; Yenni Kurnia Gusti
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.734 KB)

Abstract

Di Dusun Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman belum ada jaringan PDAM, sehingga masyarakat dalam mengkonsumsi air bersih dengan memanfaatkan air sumur. Keadaan air sumur yang kurang jernih dan bahkan kalau dipergunakan untuk membuat minum teh akan terlihat di atasnya seperti ada minyak. Ini membuat selera untuk minum jadi berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat yang mampu di Dasawisma Melati II Bodeh Ambarketawang biasanya membeli minuman kemasan, tetapi bagi masyarakat yang kurang mampu mereka mengambil air dengan menimba atau meminta di tetangga yang airnya dianggap lebih jernih atau layak konsumsi. Kegiatan PKM berupa pemberian penyuluhan tentang bagaimana mengolah air bersih dengan water treatment, diharapkan anggota Dasawisma Melati II akan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengolah air bersih. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan rutin Dasawisma Melati II Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman. Program PKM ini diharapkan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi anggota Dasawisma Melati II pada khususnya dan warga Bodeh pada umumnya dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Dasawisma II karena dapat menghemat tenaga dan biaya untuk mendapatkan air bersih serta dana yang sebelumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan minum dapat dialihkan untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Pada akhirnya kegiatan PKM ini diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
BUILD A SERVICE EXCELLENCE CULTURE OF PLEASURE TO CUSTOMERS Tanti Widia Nurdiani; R. M. Mahrus Alie
EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Januari 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.39 KB)

Abstract

Customer service is an important aspect for most businesses in retaining customers, maintaining high revenues and acquiring new customers. The purpose of this study is to examine the aspects that need to be built in superior cultural services to customers. The theories used are customer-oriented culture, staff management and customer retention. In this qualitative research, descriptive analytic method is used to collect data and analyse and interpret the results. The findings show which aspects and dimensions of service quality are significant in building a vision of total service quality, different country cultures. Customer trust affects repurchase intentions and word of mouth promotion. The more trust a customer has in a company, the more likely he is to recommend it to others.

Page 1 of 1 | Total Record : 5