cover
Contact Name
Opan Arifudin
Contact Email
admin@ojs-steialamar.org
Phone
+6285717166597
Journal Mail Official
admin@ojs-steialamar.org
Editorial Address
Jl. Ottista Gg. Saluyu Rt.33. RW.11 Kel. Sukamelang, Kec. Subang, Kab. Subang, Provinsi Jawa Barat, 41251
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI)
ISSN : -     EISSN : 2962990X     DOI : https://doi.org/10.57171/jesi
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), published by Study Program of Sharia Economics STEI Al-Amar Subang, West Java, Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic business ethics, Islamic banking, Islamic insurance, Islamic economic thoughts, Islamic human resource management, Islamic microfinance, Islamic development economics, Islamic monetary economics, Islamic fiscal economics, Islamic capital market, and other relevant themes. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) is a peer-reviewed journal published twice a year on March and September. The editor accepts the manuscript with provisions according to the guidelines for the author.
Articles 13 Documents
ANALISIS PELAYANAN KONSUMEN PERSPEKTIF SYARIAH DAN PENEREPAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH JASMINE Aang Manarul Rojak
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 1 No. 1 (2022): September
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.954 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v1i1.7

Abstract

Usaha mikro,kecil dan menengah UMKM mempunyai peran yang cukup besar dalam pertumbuhan pembangunan ekonomi nasional. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju dan modern, dunia memasuki era globalisasi yang salah satunya ditandai dengan adanya persaingan bebas yang setiap perusahaan atau pelaku bisnis saling bersaing satu sama lain untuk memperluas segmentasi pasar. Namun hingga kini pemanfaatan media sosial dan teknologi pada pelayanan kepuasan konsumen masih belum dirasakan sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait analisis pelayanan konsumen perspektif syariah dan penerapan media sosial pada usaha mikro kecil dan menengah Jasmine. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media sosial pada UKM memberikan manfaat di antaranya sebagai sarana kontak personal dengan konsumen, bermanfaat sebagai sarana promosi/advertising, mendata kebutuhan konsumen, menyampaikan respon ke konsumen dan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Di samping itu, media sosial juga bermanfaat sebagai forum diskusi online, memantau pelanggan secara online, survei pelanggan, mendata kebutuhan penyalur, mendata kebutuhan pemasok serta untuk menampilkan galeri produk.
STRATEGI PENINGKATAN MINAT DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KERAJINAN UKIR KAYU DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Divia Falika Amanda
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 1 No. 1 (2022): September
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.698 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v1i1.8

Abstract

Strategi kepuasan konsumen menyebabkan para pesaing harus berusaha keras dan melakukan biaya yang tinggi dalam usaha merebut konsumen suatu perusahaan. Dampak kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan pembelian ulang berbeda-beda setiap perusahaan. Karena konsumen puas belum berarti mereka puas, akan tetapi konsumen yang puas akan cenderung menjadi konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait strategi peningkatan minat dan kepuasan konsumen terhadap kerajinan ukir kayu dalam perspektif syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan minat dan kepuasan konsumen yaitu dengan cara yakni memiliki attitude yang baik seperti jujur dan Amanah, Meningkatkan kualitas produk, memiliki komunikasi dua arah dengan konsumen, aktif meminta kritik dan sara, menggunakan strategi marketing yang unik dan menarik. Jika seseorang bekerja sesuai dengan kemampuannya maka akan melahirkan hal-hal yang optimal. Melayani dengan sepenuh hati, tidak mengabaikan perintah serta aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah SWT merupakan pelayanan yang Islami.
MANAJEMEN PEMASARAN UMKM JASMINE DALAM MEMPRODUKSI VARIAN HANDMADE DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Nurul Fauziah
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 1 No. 1 (2022): September
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.429 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v1i1.9

Abstract

UMKM juga menghadapi banyak permasalahan diantaranya terbatasnya modal kerja, rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia, dan kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan lain yang dihadapi UMKM yaitu keterkaitan dengan kurang jelasnya prospek usaha dan perencanaan, dan belum mantapnya visi dan misinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait manajemen pemasaran umkm jasmine dalam memproduksi varian handmade dalam perspektif syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi secara luas dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Hal tersebut mendorong pengusaha UMKM jasmine untuk terus berupaya meningkatkan daya saing dengan membuat varian produk seperti tas jam tangan, sandal dan dompet yang berkualitas dan fashionable (kekinian). Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana banyak UMKM terancam keberlangsungannya. Untuk tetap bertahan dan menarik lebih banyak konsumen Jasmine terus melakukan inovasi dalam manajemen produksi dan promosi dengan tetap menjaga kualitas produk.
PENGEMBANGAN JARINGAN USAHA DALAM PERSPEKTIF SYARIAH PADA UMKM KRIYA KAYU UNTUK MENEMBUS PASAR EKSPOR Melinda Nur Fauziah
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 1 No. 1 (2022): September
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.489 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v1i1.10

Abstract

Dalam perkembangan suatu unit usaha dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor eksternal maupun faktor internal. Masalah mendasar yang dihadapi oleh UMKM Evan Art Gallery dalam rangka pengembangan UMKM yang berdaya saing adalah yaitu lemahnya jaringan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengembangan jaringan usaha dalam perspektif syariah pada UMKM kriya kayu untuk menembus pasar ekspor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah strategis dan upaya dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi pasar ekspor, pada UMKM Evan Art Gallery adalah membangun jaringan usaha (networking) dalam menghadapi ekonomi globalisasi melalui meningkatkan kerjasama antara UKM, perusahaan besar, dan aliansi untuk memperkuat jaringan dalam menghadapi persaingan globalisasi, termasuk memenuhi kuota barang (jumlah pesanan), meningkatkan mutu produk, meningkatkan keunggulan kompetitif dan melakukan inovasi. Perlu adanya dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi terkait dan pengusaha agar dapat memenangkan persaingan pasar global. Jaringan bisnis dalam domain Teknologi Informasi akan mendukung UMKM dalam menjalankan bisnis UMKM dan akan berkembang lebih pesat karena memperluas jaringan.
PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI DAN PENGENDALIAN MUTU DALAM PERSPEKTIF SYARIAH UMKM JASMINE Ulfa Maharani
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 1 No. 1 (2022): September
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.141 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v1i1.11

Abstract

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi yang mampu bertahan dalam struktur ekonomi di Indonesia pada masa Pandemi covid yang mengakibatkan kerugian pada berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengelolaan proses produksi dan pengendalian mutu dalam perspektif syariah UMKM Jasmine. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Setiap perusahaan diharapkan menghasilkan produk yang berkualitas dan aman di konsumsi oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan proses produksi mulai dari penanganan bahan baku sampai ke penanganan produk akhir sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditentukan di Indonesia. UMKM jasmine berkiprah di dunia home industri yang sudah dirintis sejak tahun 2019 lalu. UMKM jasmine mengelola bisnis pembuatan Tas Cantik dengan Brand Jasmine Leather. Jasmine Leather ini dibuat dari kanvas yang dikombinasi dengan kulit, tapi mengutamakan kualitas, sehingga tidak sekedar membuat tas tetapi merupakan karya cipta asli Subang. Ditengah pandemi Covid-19 ini bukan menjadi penghalang untuk terus berproduksi. Produk Jasmine dipasarkan lewat online dengan memanfaatkan akun instagram.
STRATEGI MENINGKATKAN MINAT DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK SEPATU DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Dian Yuliana; Dikri Abdal Haq; Juhadi Juhadi
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.444 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.56

Abstract

Memberikan kepuasan pada konsumen merupakan upaya setiap pengusaha merebut hati konsumen. Dampak kepuasan konsumen terhadap setiap produk berbeda-beda setiap perusahaan, tergantung sejauh mana kebutuhan konsumen. Karena konsumen merasa puas tergantung dari setiap kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait strategi peningkatan minat dan kepuasan konsumen terhadap produk sepatu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa starategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat dan kepuasan pelanggan yaitu dengan melalui sikap yang baik, seperti kejujuran dan dapat dipercaya, sehingga dapat meningkatkan minat dan kepuasan terhadap produk yang dihasilkan sehingga menciptakan produk berkualitas, juga memiliki komunikasi dua arah dengan pelanggan untuk membangun kepercayaan dan loyalitas untuk mempertahankan pelanggan.
KONSEP EKONOMI ISLAM DALAM PEMBANGUNAN SUMBERDAYA INSANI TERHADAP EKONOMI BANGSA Jana Wiharja; Rizqi Ramdani; Ridla Mutiah
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.035 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.62

Abstract

Islam merupakan sebuah sistem kehidupan yang universal, terpadu serta menyeluruh yang sudah menciptakan tatanan kehidupan manusia yang sangat sempurna. Sebagai way of life, Islam mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan, mulai dari hal yang sangat sederhana sampai dengan hal yang paling kompleks, juga dengan kebijakan ekonomi, pendidikan, budaya, dll. Selain itu, penelitian ini menjelaskan bagaimana ekonomi islam dapat mempengaruhi terhadap pembangunan ekonomi negara, Khususnya di Indonesia yang memiliki basis muslim terbesar di Asia. Nama kajian ini merupakan konsep ekonomi islam dalam pembangunan ekonomi bangsa, bentuk rumusan masalah yang dihadapi dalam kajian adalah 1) konsep dasar ekonomi islam, merupakan sebuah rumusan dari 2) konsep pembangunan ekonomi. Peneliti bertujuan mengkaji dan mempresentasikan sifat dari rumusan masalah. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analisis, dimana penulis mencari sumber-sumber untuk pengamatan langsung terhadap objek penelitian sesuai dengan volume tulisan dan teori yang didukung penulis berdasarkan volume pembahasan. Pada kajian ini peneliti berdasarkan hasil pembahasan yang di buat, dapat disimpulkan bahwa konsep ekonomi islam dalam ekonomi nasional sangat penting untuk diterapkan pada permasalahan, tentang kemiskinan, pengangguran, dan kesetaraan di suatu negara.
ANALISIS PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI DAN PENGENDALIAN KUALITAS DALAM SUDUT PANDANG ISLAM PADA PT PIRANTI TEKNIK INDONESIA Teguh Nada Firmansyah; Topik Rohman; Ade Albayan
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.146 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.63

Abstract

Perusahaan PT. Piranti Teknik Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi wiring harnes yang berupaya untuk meningkatkan sistem manajemen dan kualitas produksi secara tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengelolaan proses produksi dan pengendalian kualitas dalam sudut pandang islam pada PT. Piranti Teknik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan membuat produk yang berkualitas maka semakin puas juga customer. Serta pengiriman yang tepat waktu juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan customer, maka dari itu perusahaan PT Piranti Teknik Indonesia harus menjaga kualitas dan pengiriman cepat agar terlihat keprofesionalan perusahaan terhadap apa yang mereka produksi. Sehingga proses produksi PT. Piranti Teknik Indonesia mengoptimalkan peran sumber daya manusia.
PERAN STRATEGI MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA RUMAH MAKAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Bagus Nurmaulana Iskandar; Deni Nurahman; Destriyani Nur Hasanah; Efan Rahmat Maulana; Fenny Damayanti Rusmana
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.279 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.64

Abstract

Peran strategi penjualan menjadi tolak ukur berkembangnya suatu bisnis. Kondisi pasar yang semakin komplek medorong para pengusaha untuk menerapkan strategi pemasarannya dengan baik. Dengan penerapan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran, dapat menarik minat beli terhadap produk dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing dalam peningkatan penjualan terhadap usaha rumah makan dalam perspektif syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa strategi marketing yang dapat diterapkan dalam peningkatan penjualan adalah dengan menggunakan metode mix marketing. Selain itu, targetihg dan segmenting juga menjadi poin yang harus diperhatikan dalam strategi penjualan. Targeting dan segmenting yang tepat dapat menjangkau calon konsumen yang lebih banyak.
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM Alis Warosatul Hasanah; Wawan Kurniawan
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.912 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.65

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan agenda khusus untuk menata ulang pemerintahan yang di dasarkkan pada asumsi yang tidak benar, karena sebagian besar pelayanan publik saat ini di sediakan dalam kondisi di bawah standar oleh pejabat yang korup dan pejabat yang berada di puncak hierarki politik. Penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan pelayanan publik yang di berikan oleh kantor Desa curug Agung dari perspektif islam, Adapun metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Menurut hasil peneliti, ada beberapa indikator kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Curug Agung dalam persepektif islam, termasuk indikator kehandalan dalam pelayanan keagamaan. Masyarakat merasa cukup puas dengan informasi yang di berikan dalam konteks harapan yang realistis terhadap perlunya penanganan setiap keluhan masyarakat. Kualitas pelayanan publik yang di berikan oleh kantor Desa curug Agung sesuai dengan prinsip-prinsip islam adalah pelayanan publik yang ramah dan cepat klepada masyarakat. Kemauan masyarakat merupakan kunci dalam meningkatkan kmualitas pelayanan publik di kantor Desa Curug Agung dalam persepektif islam.

Page 1 of 2 | Total Record : 13