cover
Contact Name
Opan Arifudin
Contact Email
admin@ojs-steialamar.org
Phone
+6285717166597
Journal Mail Official
admin@ojs-steialamar.org
Editorial Address
Jl. Ottista Gg. Saluyu Rt.33. RW.11 Kel. Sukamelang, Kec. Subang, Kab. Subang, Provinsi Jawa Barat, 41251
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI)
ISSN : -     EISSN : 2962990X     DOI : https://doi.org/10.57171/jesi
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), published by Study Program of Sharia Economics STEI Al-Amar Subang, West Java, Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic business ethics, Islamic banking, Islamic insurance, Islamic economic thoughts, Islamic human resource management, Islamic microfinance, Islamic development economics, Islamic monetary economics, Islamic fiscal economics, Islamic capital market, and other relevant themes. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) is a peer-reviewed journal published twice a year on March and September. The editor accepts the manuscript with provisions according to the guidelines for the author.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Maret" : 8 Documents clear
STRATEGI MENINGKATKAN MINAT DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK SEPATU DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Dian Yuliana; Dikri Abdal Haq; Juhadi Juhadi
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.444 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.56

Abstract

Memberikan kepuasan pada konsumen merupakan upaya setiap pengusaha merebut hati konsumen. Dampak kepuasan konsumen terhadap setiap produk berbeda-beda setiap perusahaan, tergantung sejauh mana kebutuhan konsumen. Karena konsumen merasa puas tergantung dari setiap kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait strategi peningkatan minat dan kepuasan konsumen terhadap produk sepatu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa starategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat dan kepuasan pelanggan yaitu dengan melalui sikap yang baik, seperti kejujuran dan dapat dipercaya, sehingga dapat meningkatkan minat dan kepuasan terhadap produk yang dihasilkan sehingga menciptakan produk berkualitas, juga memiliki komunikasi dua arah dengan pelanggan untuk membangun kepercayaan dan loyalitas untuk mempertahankan pelanggan.
KONSEP EKONOMI ISLAM DALAM PEMBANGUNAN SUMBERDAYA INSANI TERHADAP EKONOMI BANGSA Jana Wiharja; Rizqi Ramdani; Ridla Mutiah
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.035 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.62

Abstract

Islam merupakan sebuah sistem kehidupan yang universal, terpadu serta menyeluruh yang sudah menciptakan tatanan kehidupan manusia yang sangat sempurna. Sebagai way of life, Islam mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan, mulai dari hal yang sangat sederhana sampai dengan hal yang paling kompleks, juga dengan kebijakan ekonomi, pendidikan, budaya, dll. Selain itu, penelitian ini menjelaskan bagaimana ekonomi islam dapat mempengaruhi terhadap pembangunan ekonomi negara, Khususnya di Indonesia yang memiliki basis muslim terbesar di Asia. Nama kajian ini merupakan konsep ekonomi islam dalam pembangunan ekonomi bangsa, bentuk rumusan masalah yang dihadapi dalam kajian adalah 1) konsep dasar ekonomi islam, merupakan sebuah rumusan dari 2) konsep pembangunan ekonomi. Peneliti bertujuan mengkaji dan mempresentasikan sifat dari rumusan masalah. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analisis, dimana penulis mencari sumber-sumber untuk pengamatan langsung terhadap objek penelitian sesuai dengan volume tulisan dan teori yang didukung penulis berdasarkan volume pembahasan. Pada kajian ini peneliti berdasarkan hasil pembahasan yang di buat, dapat disimpulkan bahwa konsep ekonomi islam dalam ekonomi nasional sangat penting untuk diterapkan pada permasalahan, tentang kemiskinan, pengangguran, dan kesetaraan di suatu negara.
ANALISIS PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI DAN PENGENDALIAN KUALITAS DALAM SUDUT PANDANG ISLAM PADA PT PIRANTI TEKNIK INDONESIA Teguh Nada Firmansyah; Topik Rohman; Ade Albayan
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.146 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.63

Abstract

Perusahaan PT. Piranti Teknik Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi wiring harnes yang berupaya untuk meningkatkan sistem manajemen dan kualitas produksi secara tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengelolaan proses produksi dan pengendalian kualitas dalam sudut pandang islam pada PT. Piranti Teknik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan membuat produk yang berkualitas maka semakin puas juga customer. Serta pengiriman yang tepat waktu juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan customer, maka dari itu perusahaan PT Piranti Teknik Indonesia harus menjaga kualitas dan pengiriman cepat agar terlihat keprofesionalan perusahaan terhadap apa yang mereka produksi. Sehingga proses produksi PT. Piranti Teknik Indonesia mengoptimalkan peran sumber daya manusia.
PERAN STRATEGI MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA RUMAH MAKAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Bagus Nurmaulana Iskandar; Deni Nurahman; Destriyani Nur Hasanah; Efan Rahmat Maulana; Fenny Damayanti Rusmana
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.279 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.64

Abstract

Peran strategi penjualan menjadi tolak ukur berkembangnya suatu bisnis. Kondisi pasar yang semakin komplek medorong para pengusaha untuk menerapkan strategi pemasarannya dengan baik. Dengan penerapan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran, dapat menarik minat beli terhadap produk dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing dalam peningkatan penjualan terhadap usaha rumah makan dalam perspektif syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa strategi marketing yang dapat diterapkan dalam peningkatan penjualan adalah dengan menggunakan metode mix marketing. Selain itu, targetihg dan segmenting juga menjadi poin yang harus diperhatikan dalam strategi penjualan. Targeting dan segmenting yang tepat dapat menjangkau calon konsumen yang lebih banyak.
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM Alis Warosatul Hasanah; Wawan Kurniawan
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.912 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.65

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan agenda khusus untuk menata ulang pemerintahan yang di dasarkkan pada asumsi yang tidak benar, karena sebagian besar pelayanan publik saat ini di sediakan dalam kondisi di bawah standar oleh pejabat yang korup dan pejabat yang berada di puncak hierarki politik. Penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan pelayanan publik yang di berikan oleh kantor Desa curug Agung dari perspektif islam, Adapun metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Menurut hasil peneliti, ada beberapa indikator kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Curug Agung dalam persepektif islam, termasuk indikator kehandalan dalam pelayanan keagamaan. Masyarakat merasa cukup puas dengan informasi yang di berikan dalam konteks harapan yang realistis terhadap perlunya penanganan setiap keluhan masyarakat. Kualitas pelayanan publik yang di berikan oleh kantor Desa curug Agung sesuai dengan prinsip-prinsip islam adalah pelayanan publik yang ramah dan cepat klepada masyarakat. Kemauan masyarakat merupakan kunci dalam meningkatkan kmualitas pelayanan publik di kantor Desa Curug Agung dalam persepektif islam.
STRATEGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Iyan Sugiana; Ica Gisa Wulandari; Ridla Mutiah; Kiki Samsudin
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.885 KB) | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.68

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah merupakan usaha yang dimiliki perorangan ataupun badan usaha. UMKM merupakan salah satu mata pencaharian ekonomi masyarakat yang dimana bisa membuat kehidupan dan ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat. Sejak adanya wabah covid-19 ini kegiatan UMKM menjadi buruk dan mengakibatkan menurunnya perekonomian masyarakat baik ekonomi nasional maupun ekonomi global. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pelaku atau badan usaha UMKM untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya dimasa pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa strategi dan upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan dan menjaga kestabilan usaha disaat terjadi pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriftif yang dimana dalam pengambilan datanya dengan cara pendekatan atau wawancara terhadap subjek penelitian serta sebagian data diambil dari beberapa sumber lain seperti artikel, jurnal, dan internet. Hasil penelitian ditemukan bahwa usaha mikro kecil dan menengah sangat berkontribusi besar terhadap pelaku usaha dan menurut ekonomi islam dapat menciptakan sebuah kebaikan dikarenakan dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan yang bisa membantu banyak orang yang sedang kesulitan mencari pekerjaan disaat pandemi covid-19 melanda.
PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI DAN PENGENDALIAN MUTU WIRING HARNESS DALAM PANDANGAN SYARIAH Alan Walansari; Juhadi Juhadi; Syahreza Muslim
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.69

Abstract

PT Piranti adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dalam bidang elektrik tepatnya memproduksi wiring harness untuk kendaraan bermotor. PT. Piranti memproduksi produk wiring harness yang dimana membutuhkan material seperti wire, connector, Tape, Rubber Seal, dan material pendukung yaitu ripet. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi logika fuzzy mamdani untuk penentuan jumlah produksi wiring harness berdasarkan data jumlah ketersediaan yang pernah terjadi dan mengembangkan sistem dengan pemanfaatan logika fuzzy mamdani yang mampu menentukan jumlah produksi wiring harness berdasarkan data jumlah ketersediaan yang pernah terjadi pada PT piranti. Metode iyang idigunakan ipada ipenelitian iini iadalah ianalisis deskriptif ikualitatif, sedangkan iteknik ipengumpulan idata idilakukan imelalui iwawancara, idan iobservasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa logika fuzzy yaitu metode tsukamoto, mamdani, dan sugeno membantu dalam menentukan perencanaan jumlah produksi wiring harness. Serta guna untuk membantu penentuan jumlah produksi pada customer yang belum mampu menentukan jumlah order wiring harness pada bulan depannya yag berada pada PT. Piranti.
PENERAPAN HYBRID LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA (QUALITY OF WORK LIFE) DALAM PERSPEKTIF SYARIAH Wina Paul
Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI) Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : STEI Al-Amar Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jesi.v2i1.76

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kinerja pegawai, tingkat kemajuan teknologi yang semakin canggih, tingkat stress pegawai yang mulai mengkhawatirkan, dan perubahan pola kerja pada masa pandemic covid-19. Perkembangan dan perubahan tersebut membawa corak yang dan perubahan yang sangat dramatis dan banyak mempengaruhi pola kerja pegawai. Oleh karena itu mulai muncul sistem kerja hybrid leadership yang dirancang guna meningkatkan sikap para pegawai atau karyawan meningkatkan sikap kerjanya terhadap pekerjaannya. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil analisa dari penelitian ini menunjukkan bahwa hybrid leadership bisa menjadi pola kerja baru dimana pegawai bisa bekerja secara fleksibel, dimana pun dan kapan pun tidak terbatas oleh ruang dan waktu, selain itu pegawai bisa lebih menikmati pekerjaannya karena tingkat stress yang dimulai saat akan melakukan pekerjaan akan berkurang, dimana pegawai tidak perlu dihadapkan pada suatu kemacetan selama perjalanan berangkat ke kantor, cost biaya kerja pun akan terminimalisir selain itu pola kerja hybrid leadership ini bisa membantu problem pemerintah yaitu kemacetan dan penghematan bahan bakar minyak. Selain itu pegawai bisa lebih menikmati hidupnya, quality time dengan keluarga pun menjadi lebih banyak, sehingga pendidikan anak oleh keluarga akan lebih terjamin dan meningkat kualitasnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8