cover
Contact Name
Oskah Dakhi
Contact Email
jurnaleducativo@gmail.com
Phone
+6281386656981
Journal Mail Official
educativo@marospub.com
Editorial Address
Jln. Desa Botohilitano No. 207, Kec. Luahagundre Maniamolo, Kab. Nias Selatan, Sumut, 22865
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Educativo: Jurnal Pendidikan
ISSN : 28298004     EISSN : 28296222     DOI : https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1
Core Subject : Education,
Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication and information technology, at various levels of education and how to deliver learning. It provides an academic platform for teachers, lecturers, and researchers to contribute innovative work in the field. Educativo: Jurnal Pendidikan covers all the educational research at the level of primary, secondary, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on educational advancements and establishing new collaborations in these areas. Original research papers, state-of-the-art reviews are invited for publication in all areas of Education. Topics of Interest include, but are not limited to, the following: - Education - Learning Analysis - Teacher Evaluation - Business Education - Religious Education - Counseling Education - Multimedia in Education - Course Management Systems - Mobile Computing in Education - Education Policy and Leadership - Education Management Systems - Collaborative & Interactive Learning - Games and Simulations in Education - Curriculum, Research, and Development - Global Issues in Education and Research - Integrating Technology Into the Curriculum - Professional Development for Teachers in ICT - Learning/Teaching Methodologies and Assessment - Student Selection Criteria in Interdisciplinary Studies - Pedagogy Enhancement with E-Learning Web-based Tools for Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan" : 35 Documents clear
Implementasi Dukungan Kebijakan Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Literasi Kesehatan Untuk Penanganan Covid-19 Indra Retmana
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.219 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.93

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara dengan salah satu kepala sekolah dasar di Banyumas. Peneliti mengumpulkan informasi literasi kesehatan melalui jurnal ilmiah, peraturan, dan buku teks yang terakreditasi dan bereputasi baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran literasi kesehatan perlu dilakukan dan ditingkatkan baik dalam pembelajaran online maupun tatap muka dalam mengurangi bahaya Covid-19. Kebijakan sekolah dalam mendukung keterlibatan peningkatan literasi kesehatan dalam pola hidup sehat sangat berarti. Kebijakan sekolah dalam mendukung literasi kesehatan dibagi menjadi tiga, yaitu kebijakan pendukung berupa peraturan, kebijakan terkait sarana dan prasarana, dan kebijakan terkait pendanaan dan sumber daya.
Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Ahmad Din Harefa; Sadiana Lase; Yulisman Zega
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.366 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan hubungan antara kecemasan matematika peserta didik dan kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar yang akan di capai. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif deskriptif dengan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, tes kemampuan literasi matematika dan angket kecemasan matematika. Banyak populasi pada penelitian ini yaitu 215 dengan banyak sampel yaitu 67 orang yang di ambil menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pada hipotesis pertama nilai zhitung (13,2) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah hasil belajar begitu pula sebaliknya. Pada hipotesis kedua, nilai zhitung (14,3) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi kemampuan literasi matematika maka semakin tinggi hasil belajar begitu pula sebaliknya. Pada hipotesis ketiga, nilai zhitung (12,2) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah kemampuan literasi. Dan pada hipotesis keempat, nilai Fhitung (32,14) > ztabel (3,138), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima dengan besar koefisien determinasi (r^2) = 0,5011. Kedua variabel bebas bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel terikat dengan persentase 50,11%.
Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Putrawan Hulu; Amin Otoni Harefa; Ratna Natalia Mendrofa
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.858 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian bermaksud (1). untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, dan (2). untuk mengetahui bagaimana cara model pembelajaran inkuiri meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penilitian ini dilakukan dengan cara mendatangi perpustakaan (Perpustakaan Kota dan Universitas Nias), mencari jurnal melalui sinta, google scholar dan garuda yang membahas tentang model pembelajaran inkuiri. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yaitu: organize, synthensize, dan identify. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan: (1). model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan (2). model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui langkah-langkah dalam model pembelajaran tersebut, di mana pembelajaran ini siswa di dorong untuk menemukan sendiri masalah dan memberikan jawaban dari masalah tersebut.
Peranan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pasca Pembelajaran Daring Suci Mulia Putri; Alfi Rahmi
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.84 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pembelajaran daring di Jorong Bulaan Kamba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu berusaha untuk menguraikan, membuat deskripsi dan gambaran secara akurat tentang bagaimana peranan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pembelajaran daring. Informan kunci adalah orang tua dan informan pendukungnya adalah anak di Jorong Bulaan Kamba. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa orang tua di Jorong Bulaan Kamba telah memenuhi semua perannya dalam meningkatkan motivasi belajar anak, yaitu : 1). Orang tua sebagai pendidik dalam keluarga berperan sebagai pemelihara, pendidik, pembina, dan pelatih, 2). Orang tua sebagai fasilitator yaitu sebagai penyedia sarana dan prasarana, 3). Orang tua sebagai motivator, yaitu orang tua memberikan dukungan, penghargaan, hukuman dan juga membantu mengatasi kesulitan belajar anak, 4). Orang tua sebagai director yaitu membantu dan membimbing anak dalam pelajaran. Dari uraian di atas dapat dikemukakan bahwa keluarga di Jorong Bulaan Kamba telah memenuhi perannya dalam meningkatkan motivasi belajar anak.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja Fitri Afrita; Fadhilla Yusri
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.802 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan atau orang yang bertindak sebagai pemberi informasi dalam penelitian ini adalah Remaja dan orang tua di Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang. Pengumpulan data dengan teknik observasidan wawancara, kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya lemahnya pemahaman remaja terhadap nilai-nilai agama dan tidak ada kesadaran dalam menjalankan kewajiban sebagai umat islam, sehingga para remaja sering meninggalkan kewajiban ibadah shalat, serta lemahnya pertahanan diri remaja sehingga tidak berani menolak ajakan teman yang mengajak melakukan perbuatan yang tidak baik. Sementara faktor eksternal yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu faktor lingkungan rumah tangga dan faktor lingkungan masyarakat sekitar dimana remaja tinggal. Masyarakat yang kurang peduli dan kurang peka menjadi salah satu faktor penyebab kenakalan remaja. Untuk faktor lingkugan sekolah tidak terlalu mempengaruhi kenakalan remaja di Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat.
Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Lina Marliza; Ahmadi Boerhan; Salmi Wati
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.62 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.104

Abstract

Tujuan yang nantinya akan dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 2) Mengukur hasil belajar peserta didik dengan menggunakan reward, 3) Mengetahui hasil sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar awal siswa kelas VII MTsS Al-Hidayah Lubuk Bonta untuk materi Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi Alam semesta menunjukan sebanyak 10 siswa yang tuntas atau jika diparsentasekan sebanyak 50% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dengan parsentase sebanyak 50% dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 67, 45 untuk siklus pertama. Dengan nilai tertinggi berjumlah 2 orang yang mendapatkan nilai 89. Sementara untuk siswa yang mendapatkan nilai dibawah 50 yaitu sebanyak 2 orang. Dan untuk siklus kedua yakni 20 siswa, diperoleh sebanyak 17 siswa yang tuntas atau jika diparsentasekan sebanyak 85% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan parsentase sebanyak 15% dengan rata-rata yang didapatkan yaitu rata-rata yang diperoleh dan ketuntasan 81 . Dengan nilai tertinggi berjumlah empat orang dengan mendapatkan nilai diatas 90. Untuk siswa yang mendapatkan nilai dibawah 50 berjumlah 0 siswa. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dalam penggunaan reward dan punishment. Dan hasil belajar peserta didik dalam bab Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi Alam semesta dikelas VII MTsS Al-Hidayah Lubuk Bonta.
Efektivitas Penggunaan Buku Gefa (Gerakan Furudul Ainiyah) Dalam Meningkatkan Ibadah Siswa Arisa Maisyarah; Iswantir Iswantir; Susi Lindawati; Ermita Ermita; Eli Elvita
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.424 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.105

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan buku Gefa (Gerakan Furudul Ainiyah) dalam meningkatkan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keefektifan penggunaaan buku GEFA dalam meningkatkan ibadah siswa dimana penelitian ini dilakukan di MTsN 1 kota Payakumbuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dimana dengan langsung melihat bagaimana keadaan yang terjadi diapangan. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verification. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa penggunaan buku GEFA sangat efektif untuk meningkatkan ibadah siswa di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Terlihat bahwa ibadah siswa semakin meningkat disetiap bulannya. Diperlukan juga kerjasama antara guru dan orang tua, bukan hanya guru disekolah yang memantau ibadah siswa tetapi orang tua juga harus memantau ibadah anaknya dirumah. Dengan adanya kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua maka anak akan terbiasa dalam mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pengaruh Perilaku Overprotective Orangtua Terhadap Interaksi Sosial Remaja Hirdayani Sagala; Linda Yarni
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.305 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.106

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar ditemukannya fenomena yang ada di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumatra Barat yang menunjukkan bahwasanya perilaku overprotective orangtua yang dapat menghambat perkembangan interaksi sosial remaja akhir, di mana semestinya remaja akhir berinteraksi atau berhubungan antar individu dengan individu lainnya, atau individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja akhir di Nagari Maninjau dan untuk mengetahui besarnya pengaruh overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja akhir di Nagari Maninjau. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini 35 remaja akhir, pengambilan sampel penelitian berdasarkan total sampling dan jumlah sampelnya 35 remaja akhir. Dikumpulkan menggunakan instrumen skala likert, kemudian alat di analisis menggunakan uji Statistik dengan bantuan SPSS 24. Hasil uji statistik yang telah dilakukan melalui SPSS yaitu terdapat pengaruh prilaku overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja di Nagari Maninjau. Prilaku overprotective orangtua berpengaruh terhadap interaksi sosial remaja akhir di Nagari maninjau hal ini dibuktikan dengan uji korelasi menggunakan SPSS 24 menunjukkan bahwa pada hasil penghitungan dapat diketahui bahwa rhitung 0,859 < rtabel 0.333 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasional antara variabel X dan variabel Y yaitu antara Prilaku Overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja. Overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja akhir di Nagari maninjau berpengaruh sebesar 73% hal ini dibuktikan dengan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kontribusi perilaku overprotective orangtua terhadap interaksi sosial remaja sebesar 73,8% dan 26,2% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian.
Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa Nila Sari; Januar Januar; Anizar Anizar
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.112 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.107

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran akhidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di MTsS Ainul Yaqin Batagak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Tujuannya adalah untuk menjadikan siswa disiplin dalam segi pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Akhidah Akhlak. Tidak hanya itu siswa juga dituntut untuk mentaatai atauran, Sehingga dengan begitu terciptalah siswa yang disiplin, berilmu, dan berakhlakul karimah. Teknik penggumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan: pertama, pengertian kedisiplinan, tujuan kedisiplinan, maca-macam kedisiplinan dan pembelajaran akidah akhlak. Kedua implementasi pembelajaran akhidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa dengan cara: (1). guru memberikan pengarahan kepada siswa tentang pentingnya menegakkan kedisiplinana, (2). guru memberikan teladan bagi siswa dalam berakhlak baik, (3). guru memberikan nasehat kepada siswa untuk berakhlak baik, dan (4). guru memberikan sansi bagi siswa yang melanggar kedisiplinan.
Analizing The English Teacher Talk In Efl Classroom Interaction Khoniatun Nisa Siregar; Lely Lismay
Educativo: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan
Publisher : PT. Marosk Zada Cemerlang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.944 KB) | DOI: 10.56248/educativo.v2i1.108

Abstract

The study used qualitative research design. The purpose of this study was to identify and explore information about teachers' conversation in classroom interaction at SMAN 1 Banuhampu. The key informant of this research is the 11th grade English teacher at SMAN 1 Banuhampu. Furthermore, the supporting informants are the 11th grade students of SMAN 1 Banuhampu. To collect data, observation and interview were used. Based on the findings, the research questions are answered. First, what are the formal features of teachers' speech? The formal features of teachers' speech in class 11 of SMAN 1 Banuhampu are that teachers have slow speaking speed, long pauses, frequent pauses, exaggerated pronunciation, simplified pronunciation, basic vocabulary, slow level of subordination, declarative statements that are often repeated, and often independent. Furthermore, the functional features of teacher speaking in class 11 of SMAN 1 Banuhampu are that the teacher speaks the most in class I, the teacher uses teacher speech in asking questions, and the teacher also uses teacher speech in giving feedback.  

Page 1 of 4 | Total Record : 35