cover
Contact Name
Lukman Nurhakim
Contact Email
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Phone
+6285161018819
Journal Mail Official
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Tanjung Mentawa, Kel. Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV. Adiba Aisha Amira
ISSN : -     EISSN : 29853885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of mathematics, mathematics education and Natural Sciences in school and education institutions. The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Mathematics in school and educational institutions Mathematics learning material and ethnomathematics in mathematics learning material. Mathematics education in school and educational institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Mathemarics Learning, Mathematics Skill, Ethnomathemarics and Other Mathematics Learning Analysis. Natural Sciences in school and education institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Natural Sciences Learning, Natural Sciences Skill and Other Natural Sciences Learning Analysis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret" : 5 Documents clear
Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Geometri Dan Solusinya Di Sekolah Non Formal Nadya Febriani Meldi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.242 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII. Hasil ulangan harian kelas VII pada materi phytagoras diperolah hasil 63% siswa yang mencapai KKM dan 37% belum mencapai KKM. Walaupun persentasi yang mencapai KKM lebih tinggi dari yang tidak mencapai KKM, jika dilihat dari nilai rata-ratanya diperoleh 73.2 melampaui nilai standar KKM dan bahkan ada satu siswi yang mendapat nilai sempurna yaitu 100, namun sangat jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan siswi yang tidak tuntas dengan nilai terendah 35. Secara keseluruhan dari 10 siswa pada materi koordinat diperoleh 3 miskonsepsi, pada materi persamaan garis lurus diperoleh 1 miskonsepsi, pada materi phytagoras terdapat 3 miskonsepsi, pada materi lingkaran terkhusus pada hubungan sudut pusat dan sudut keliling diperoleh 2 miskonsepsi dan pada materi bangun ruang diperoleh 1 miskonsepsi. Setelah ditelaah lebih lanjut dirumuskan bahwa miskonsepsi yang terjadi merupakan sebab akibat dari kebiasaan yang hanya menjadi penghapal rumus saja tanpa memaknainya.
Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar Abd. Rauf BT; Juandi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1291.824 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan comic math dengan pendekatan etnomatematika permainan tradisional engklak pada materi bangun datar yang valid, praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan comic math dengan tingkat kevalidan sebesar 93,33% dengan kriteria sangat layak hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 88% dengan kriteria layak.
Analisis Miskonsepsi Geometri Pada Siswa Kelas Viii Di SMP Negeri 1 Anjongan Rohmah Pila Khoriyani; Lukman Nurhakim
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2259.612 KB)

Abstract

Peringkat PISA Indonesia untuk kategori matematika pada tahun 2018 berada pada urutan 73 dari 79 negara. Kemudian Indonesia berada pada urutan 44 dari 49 negara pada TIMSS tahun 2015, dan Indonesia tidak berpartisipasi untuk TIMSS terbaru pada tahun 2019. Pada materi koordinat kartesius diperoleh rata-rata nilai 29 siswa sebesar 67,5 dari skor maksimal 100. Jika dilihat dari KKM yang ditetapkan sebesar 76, maka rata-rata nilai ini masih berada di bawah ketuntasan klasikal. Ditemukan bahwa Miskonsepsi yang ditemukan pada jawaban siswa pada masing-masing soal terjadi satu miskonsepsi, yaitu pada materi koordinat kartesius, persamaan garis lurus, lingkaran dan bangun ruang. Sedangkan pada materi teorema phytagoras tidak ditemukan adanya miskonsepsi, penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dikarenakan pembelajaran yang berlangsung seringkali hanya berupa hafalan rumus, dan rendahnya kemampuan spasial siswa dan untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi perlu dikuasainya materi prasyarat, hindari pembelajaran yang berupa hafalan serta berikan pengalaman belajar siswa untuk membangun konsep dengan utuh melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Efektifitas Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Nur'aisyah
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1411.007 KB)

Abstract

Hasil survei yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sambas bahwa sebagian besar siswa bisa memahami soal dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai siswa yang didapat. Jenis penelitian yang akan dilakukan yaitu penelitian kualitatif melalui kajian pustaka dengan cara menganalisis isi sesuai dengan variabel yang ada pada penelitian ini. Saat memberikan tugas kepada peserta didik harus memperhatikan fase Pemberian Tugas , dalam fase ini guru harus Memperhatikan tujuan yang akan dicapai, Jenis tugas harus jelas dan sesuai dengan materi, Tugas harus sesuai dengan kemampuan peserta didik, Memberikan petunjuk untuk mengerjakan tugas, dan Waktu yang diberikan cukup, fase Pelaksaan Tugas, dalam fase ini disarankan Guru memberikan bimbingan atau pengawasan, Guru memberikan motivasi untuk mengerjakan tugas, Tugas dikerjakan sendiri oleh siswa, Guru menjelaskan & memberikan contoh akan tugas yang diberikan, dan Guru mencatat skor yang diperoleh siswa, dan fase mempertanggungjawabkan tugas, hal yang harus dilakukan pada fase ini yaitu Peserta didik mengumpulkan laporan berupa lisan atau tertulis, Terdapat tanya jawab/ diskusi, dan Guru memberikan peniaian pada hasil pekerjaan peserta didik.
ANALISIS PENGARUH PH DALAM SINTESIS KRISTAL KALSIUM TARTRAT TETRAHIDRAT (CaC4H4O6.4H2O) DARI LIMBAH SEKAM PADI DENGAN METODE GEL METASILIKAT Andi Nur Fadilah; Mimin Septiani
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kandungan silika (SiO2) sebesar 94,4-97,30% pada abu sekam padi dapat disintesis menghasilkan Natrium Silikat. Natrium silikat selanjutnya dimanfaatkan dalam sintesis Kristal Kalsium Tartrat Tetrahidrat (CaC4H4O6.4H2O) atau Kristal CaTT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH dan menentukan pH optimum dari gel metasilikat dalam mensintesis kristal CaTT dari limbah sekam padi. Variasi pH yang digunakan diantaranya 3,0 ; 3,5 ; 4,0 ; 4,5 ; 5,0 dan 5,5. Natrium silikat selanjutnya disintesis menjadi gel metasilikat dengan penambahan asam tartrat dan larutan supernatan CaCl2 lalu didiamkan selama 7 x 24 jam. Kristal CaTT berhasil disintesis pada pH optimum gel 4,5 dengan bobot sebanyak 0,2811 gram dan menghasilkan kristal berwarna putih dengan panjang maksimal 6,5 mm. Maka dalam 25 gram sekam padi, kristal CaTT dapat dihasilkan sebesar 93,70% yaitu dengan bobot sebanyak 23,425 gram kristal. Hasil karakterisasi membuktikan bahwa kristal hasil sintesis adalah Kristal Kalsium Tartrat Tetrahidrat (CaC4H4O6.4H2O) dengan sistem kristal ortorombik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5