cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2023): Maret" : 7 Documents clear
Analisis Keterlambatan Penyandaran Kapal Tanker di Terminal Khusus Pertamina TBBM DONGGALA Sukirno; suyuti
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.687

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi pada saat penyandaran kapal di terminal khusus PERTAMINA TBBM Donggala dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang terjadi pada saat penyandaran kapal di terminal khusus PERTAMINA TBBM Donggala. Peneltian ini dilaksanakan di PT. PERTAMINA TBBM Donggala, selama 12 bulan yaitu Bulan Agustus 2020 sampai dengan Bulan Agustus 2021. Sumber data yang diperoleh melalui metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisa pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan proses penyandaran kapal tanker di terminal khusus PERTAMINA TBBM Donggala masih mengalami keterlambatan. Ada beberapa faktor penyebab keterlambatan antara lain jetty atau dermaga rusak parah akibat gempa dan tsunami 2018 silam, kapasitas jetty hanya 1 sehingga harus mengantri, cuaca yang tidak memungkinkan untuk proses sandar, kapasitas tanki darat yang lebih kecil, dan tidak bisanya melaksanakan proses sandar pada malam hari.
Analisis Pelaksanaan Olah Gerak Pada Saat Memasuki Alur Pelayaran Sempit di MT. Marlin 8 Rosnani; Novianty Palayukan
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.688

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan faktor yang menimbulkan terganggunya olah gerak pada saat di alur sempit yang tidak bisa dilupakan selama melakukan olah gerak. Penelitian ini dilaksanakan di kapal MT. MARLIN 8 milik perusahan PT. PATRIA NUSA SEGARA pada tanggal 08 September 2020 sampai dengan 10 Juli 2021. Sumber data yang diperoleh langsung melalui observasi dan keputusan seperti manual book dan buku yang berkaitan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya pemahaman awak kapal mengenai prosedur olah gerak diatas kapal dan aturan apa yang digunakan dialur pelayaran sempit, juga kepatuhan dan keselamatan terhadap prosedur keamanan harus terus diutamakan dalam pelayaran di alur pelayaran sempit.
Pengaruh Kedisiplinan Masinis Jaga Terhadap Kelancaran Operasi Kamar Mesin Di Kapal MV. DUTA 2 Tasdik Tona; Hedrian Feri Maulana
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.689

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab kurang disiplinnya masisis jaga terhadap kelancaran operasi kamar mesin. Penelitian ini dilakukan di kapal MV. Duta 2 selama 9 bulan lebih 2 hari. Sumber data yang yang diperoleh yaitu langsung dari lokasi penelitian, di antaranya dengan menggunakan metode lapangan dan observasi langsung terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa penyebab turunnya disiplin masinis jaga terhadap kelancaran operasi kamar mesin di kapal di MV. Duta 2 ialah karena rendahnya kedisiplinan masinis jaga yang disebabkan kurangnya istirahat teratur, gaji dan tanggung jawab tidak seimbang.
Analisis Menurunnya Produksi Air Tawar Pada Fresh Water Generator Di Kapal MT. Gloria Sentosa Mahadir Sirman; Syahrisal
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.690

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis menurunnya produksi air tawar pada fresh water generator di atas kapal MT. GLORIA SENTOSA. Peneliti melakukan penelitian di kapal Motor Tanker. GLORIA SENTOSA. Kapal tersebut milik perusahaan PT. HAYUMI SEIKO MARU. Selama 12 bulan yaitu pada tanggal 25 Juli 2020 hingga 25 Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan metode observasi serta dengan cara metode kepustakaan seperti dokumen, buku pedoman, buku-buku yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian ditemukan adanya penyempitan aliran pada nozzle injektor dan adanya endapan padat seperti kerak yang menempel di plat evaporator dan kondensor dapat mengurangi panas dalam tabung evaporator dan mengurangi jumlah air laut yang masuk ke evaporator.
Optimalisasi Kesiapan Penggunaan Alat-Alat Pemadam Kebakaran Tetap Di KM Bukit Siguntang Eva Susanti; Citra Kurnia Dewi
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.692

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara mengoptimalkan kesiapan penggunaan alat pemadam kebakaran tetap (fixed fire extinguisher) agar bisa berfungsi dengan baik guna menangani bahaya kebakaran di KM Bukit Siguntang. Tipe peneIitian ini menggunakan metode deskriptif kuaIitatif. PeneIitian ini diIaksanakan di KM Bukit Siguntang yakni pada tanggaI 11 September 2021 sampai setelah 18 Juni 2022 (09 buIan 07 hari). Surnber data yang diperoIeh adaIah data primer yang diperoIeh Iangsung dari tempat peneIitian setelah cara pengarnatan dan wawancara Iangsung setelah para staff di KM Bukit Siguntang, serta Iiteratur-Iiteratur yang berkaitan dengan artikel ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurangnya upaya untuk mengoptimalkan kesiapan dalam penggunaan alat alat pemadam kebakaran tetap dalam pencegahan terjadinya kebakaran di kapal disebabkan oleh kurangnya perawatan dan pengecekan secara rutin alat pemadam kebakaran.
Penanganan Dan Pengaturan Muatan Pada Palka Cargo Reefer MV. JU LONG 1 Nurwahidah; Haerani Asri
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.693

Abstract

Reefer ship merupakan kapal pengangkut muatan cargo yang memiliki ruang memuat dengan fasilitas refrigerasi yang berbeda diantara jenis kapal lainnya. Kapal ini sangat sesuai dengan kondisi yang ada dengan ketersedian reefer ship yang dilengkapi direct cooling system sebagai sistem pendingin muatan. MV Ju Long I mengangkut muatan beku ikan tuna dalam palka cargo reefer yang menjadi komoditi unggulan pada masyarakat China daratan dan wilayah sekitarnya. Sehingga penanganannya membutuhkan keahlian dalam menjaga kualitas muatan beku tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan dalam mengetahui penanganan muatan beku dan dingin dan kendala-kendalanya pada saat cargo handling. Sebagai penelitian kualitatif, maka hasil observasi terhadap perilaku ABK MV Ju Long I dan tenaga kerja bongkar muat, kemudian wawancara terhadap Perwira memberikan gambaran bahwa masih terdapat muatan beku yang mengalami kerusakan akibat ketidakseimbangan dan pembagian muatan secara sistematik pada beban muatan dingin sehingga terjadi susunan yang runtuh yang mengakibatkan muatan/ikan tuna mengalami kerusakan dan keterlambatan operasional kapal.
Pengaruh Kerja Turbocharge Terhadap Tenaga Main Engine di Kapal KM. Mutiara Barat Muh. Jafar; Hasiah
JURNAL VENUS Vol 11 No 1 (2023): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48192/vns.v11i1.694

Abstract

Turbocharge merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi menghasilkan udara bertekanan lebih dari 1 atmosfer yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran dalam silinder. Pada mesin Diesel turbocharge digerakan denga memanfaatkan energy panas hasil dari gas buang hasil pembakaran di dalam silinder. PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak optimaInya kerja Turbocharge dan berapa besar penurunan tenaga pada main engine. Sumber data diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung (observasi) maupun metode kepustakaan berupa dokumen kapal dan juga buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di atas kapal motor mutiara barat milik PT. Atosim Lampung Pelayaran pada bulan september 2020 sampai dengan juli 2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya jelaga atau karbon pada turbin blade pada maupun kotornya saringan udara yang terdapat diblower turbocharge mempengaruhi kinerja dari turbocharge sehingga mengakibatkan menurunya tenaga pada main engine.

Page 1 of 1 | Total Record : 7