cover
Contact Name
Suci Ramadhani Hasan
Contact Email
jdw.sv@ung.ac.id
Phone
+6281943792158
Journal Mail Official
jdw.sv@ung.ac.id
Editorial Address
Jln. Drs. Achmad Nadjamuddin No 35 (Eks. Jln Raden Saleh) Kel. Limba U2, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jurnal Darmawisata
ISSN : 28095944     EISSN : 27988201     DOI : https://doi.org/10.56190/jdw.v2i1
Jurnal Darmawisata sebagai salah satu upaya dalam memberikan sumbangan dari dunia akademis kepada sektor pariwisata, mencakup aspek perencanaan, penataan, pengelolaan, pelayanan dan dampak yang ditimbulkannya yang dikaji berdasarkan teori-teori klasik, modern maupun postmodern, dalam kajian geografi pariwisata, ekowisata, pariwisata alternative, pariwisata petualangan, wisata spiritual, pariwisata perdesaan, pariwisata perkotaan, dll.Terbit pertama kali pada tahun 2021 dengan frekuensi dua kali setahun pada bulan Mei dan November dan terbit secara cetak dan online.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
ANALISA POTENSI WISATA PADA DESA WISATA SUMBER SARI, KECAMATAN LOA KULU, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Muhammad Fauzan Noor; Dini Zulfiani Zulfiani
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DARMAWISATA (NOVEMBER)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.059 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i1.1

Abstract

Desa Sumber Sari merupakan Desa Wisata yang telah dikukuhkan menjadi desa yang mandiri oleh Bupati Kutai Kartanegara pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi-potensi wisata yang ada dan bisa dikembangkan di desa ini. Metode pengumpulan data yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah dengan data sekunder dan juga primer, serta melaksanakan wawancara dengan Pengelola yakni Kelompok Sadar Wisata, Pemerintahan Desa serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wisata Taman Arum, Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, selama kurang lebih 3 bulan. Dari hasil identifikasi di lapangan bahwa terdapat potensi pertanian, perikanan, peternakan, sejarah, kesenian, serta kuliner dan beberapa pelaksanan event tetap yakni perayaan ulang tahun desa. aktivitas Wisata yang dapat dilakukan di Desa ini yaitu hiking di Gunung Bukit Biru. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam Upaya pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu permasalahan yang kerap ditemui adalah sumber daya manusia yang ada dapat mempengaruhi pengelolaan desa serta faktor alam yang menghambat dan mempengaruhi waktu dalam pelaksanaan panen. Kelompok Sadar Wisata sangat berperan dalam mengembangkan desa wisata Sumber sari ini untuk menjadi destinasi wisata andalan.
PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI RUMAH MAKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI KOTA GORONTALO Rendy Wijaya; Putri Ayu Arifin Pola; Yumanraya Noho
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DARMAWISATA (NOVEMBER)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.86 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i1.2

Abstract

Kondisi indonesia sekarang ini sedang tidak stabil dikala pemerintah sedang berupaya untuk mengoptimalkan perekonomian di indonesia dengan adanya pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. Metode penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di rumah makan pada saat pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo khususnya di Rumah Makan Roemah Marly, dimana perubahan tersebut pada intensitas konsumen untuk melakukan pembelian lebih dominan dilakukan secara online. Pada tahun 2020 sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara online secara intens, namun untuk tahun 2021 pembelian secara online mulai berkurang dan mulai bisa untuk makan ditempat. Pembelian secara online memberikan dampak positif dan juga negatif konsumen, sehingga pemilihan dan preferensi konsumen akan pembelian online cukup beragam dan kontinuitas pemesana konsumen pada Roemah Marly juga bergantung pada bagaimana promo dari jasa penyedia kurir layanan antar makanan pemesanan secara online.
OPTIMALISASI EXPERIENTIAL MARKETING DI MAQNA HOTEL PADA MASA PANDEMI COVID – 19 Poppy Arnold Kadir; Dea Ramadhanningsih; Rendy Wijaya
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DARMAWISATA (NOVEMBER)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.582 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i1.3

Abstract

Maqna Hotel Gorontalo merupakan salah satu properti Prasanthi Hotels and Resorts. Prasanthi Hotels and Resorts merupakan jaringan operator hotel xviokal yang mengangkat potensi budaya Indonesia, namun pada awal tahun 2020 WHO sudah menetapkan wabah Covid-19 sebagai pandemik global. Beberapa sektor kehidupan di indonesia terpengaruh oleh adanya Covid-19 ini, seperti sektor ekonomi, pendidikan, sosial dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna Hotel by Prasanthi dalam mengoptimalkan experiential marketing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang menjadi faktor penggerak sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna hotel by prasanthi dan Bagaimana strategi hotel Maqna mengoptimalkan experience para tamu yang pernah menginap. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/questioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teori yang saya gunakan yaitu teori dari Bernd H. Schmitt, 1999,buku tersebut menceritakan tentang Experiential Marketing (How to Get Customers to sense, feel, think, act, and relate to Your Company and Brands). Adapun permasalahan dilapangan yang sering terjadi seperti Ac rusak, tamu yang mendapatkan kamar yang tidak memiliki jendela, lift rusak,pelayanan kurang responsive, dan kurangnya penataan karawo sebagai budaya Gorontalo. Yang saya temukan dilapangan yaitu banyaknya keluhan terhadap prodak dan pelayanan yang diberikan oleh Hotel Maqna kepada pelanggan. Dan kesimpulan yang saya tarik dari permasalahan diatas bahwa sebagian pengunjung menyatakan sangat setuju dari aspek Relate.
PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH TRAVELOKA SEBAGAI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) DI GRAND Q HOTEL GORONTALO Dwirahayu Rauf; Asminar Mokodongan; Lisna Bantulu
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DARMAWISATA (NOVEMBER)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.721 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i1.4

Abstract

Dalam perkembangannya di dunia perhotelan, Hotel Grand Q Gorontalo melakukan sebuah program strategi promosi sebagai sarana komunikasi yang paling utama untuk konsumen agar penjualan yang telah direncanakan oleh Hotel Grand Q Gorontalo dapat berlangsung dengan lancar dalam penjualan kamar. Berkembangnya teknologi dan informasi membuat perusahaan harus siap dengan penjualan online. Demikian juga dengan Hotel Grand Q Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen yang lebih memilih traveloka sebagai OTA di hotel Grand Q Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Mengapa konsumen lebih memilih Traveloka sebagai situs pemesanan kamar di hotel Grand Q Gorontalo dan Manakah jenis Atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian aplikasi traveloka pada konsumen yang pernah menginap di Grand Q Hotel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa atribut produk ( Merek, Desain Produk, Kualitas Produk dan Harga) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian voucher hotel melalui aplikasi traveloka di Hotel Grand Q. Atribut yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada voucher traveloka yaitu kualitas produk dengan kontribusi atau pilihan jawaban ya 78 responden.
IDENTIFIKASI POTENSI WISATA PADA DESA BATUAH, KECAMATAN LOA JANAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Muhammad Fauzan Noor; Dini Zulfiani; Gratia Marchellina Sadung
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DARMAWISATA (NOVEMBER)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1046.177 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i1.5

Abstract

Batuah merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur tepatnya berada ditengah jalan poros Samarinda – Balikpapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasikan potensi wisata yang ada pada 9 dusun di Desa Batuah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, wawancara kepada kepala desa Batuah beserta jajarannya, Pengelola BUMDES serta pengurus kelompok Dasa Wisma, serta melakukan observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa potensi Desa Batuah mencakup alam, budaya, dan buatan. Untuk alam antara lain Tabuan Agro Techno Park (danau, hutan, sawah). Sedangkan Mappadendang dan Paduppa sebagai daya tarik budayanya. Dewi Belai, Taman Dasawisma, Taman Emastri, Kebun Buah Naga, serta olahan pangan oleh para ibu yang tergabung dalam kelompok dasa wisma yang ada pada sembilan dusun yang masing masing memiliki atraksi dan daya tarik tersendiri. Potensi yang diprioritaskan dan akan dikembangkan ada desa wisata Benua Elai yang dikenal dengan singkatan Dewi Belai. Semua daya tarik yang ada dituangkan dan dikemas kedalam bentuk brosur paket wisata yang siap untuk dipromosikan.
DAYA TARIK WISATA KOTA SERIBU KLENTENG (KOTA SINGKAWANG) DI MASA PANDEMI COVID-19 Stephanie Rosanto; Verryka Chainarta
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL DARMAWISATA (MEI)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.749 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i2.6

Abstract

Berbagai tempat wisata di Indonesia ditutup akibat terkena dampak pandemi COVID-19 ini dan menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia berkurang secara drastis. Setelah diberlakukannya New Normal, tempat-tempat wisata tersebut dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Berkurangnya jumlah wisatawan juga terjadi pada Kota Singkawang yang berada di 145 km Utara Kota Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang lebih sering dikenal dengan nama Kota Seribu Klenteng ini menawarkan keunikan lokasi dan sosial-budaya sebagai salah satu Daya Tarik Wisata (DTW) wisatawan lokal maupun mancanegara. Akulturasi sosial budaya Kota Singkawang terkenal sangatlah kental dengan sikap saling menghormati satu sama lain. Kota ini dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia peringkat pertama di tahun 2018 dan peringkat kedua di tahun 2020 menurut riset dari Setara Institute. Julukan Kota Seribu Klenteng bagi Kota Singkawang memanglah tepat karena berlandaskan oleh 700 lebih tempat ibadah umat Buddha dan Konghucu, lebih dikenal dengan sebutan klenteng, yang juga dijadikan sebagai warisan bersejarah bagi sosial budaya Indonesia. Metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan analisa data. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi Kota Singkawang di masa pandemi COVID-19 yang telah menurunkan minat kunjung wisatawan dan tetap menjadikan kota ini sebagai penyumbang devisa daerah.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MENGINAP DI HOiTEL SANTIKA PADA MASA PANDEMI Sofiani Sofiani; Dessy Natalia; Paulina Paulina
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL DARMAWISATA (MEI)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.083 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i2.7

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai dampak, terutama bagi sektor pariwisata dan industri perhotelan. Santika Indonesia Hotels & Resorts menutup sebagian besar unit hotelnya akibat Pandemi Covid-19. Agar bisnisnya dapat tetap berjalan, hotel harus menyesuaikan operasionalnya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Era normal baru ini menimbulkan adanya perubahan perilaku masyarakat, termasuk dalam hal berwisata. Penting bagi pihak manajemen hotel untuk mempelajari perilaku calon tamunya yang dapat mempengaruhi keputusan menginapnya. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat membantu mengetahui faktor pengaruh keputusan menginap di Hotel Santika pada masa pandemi. Teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behaviour (Ajzen, 1991) terdapat tiga jenis pertimbangan yang mempengaruhi perilaku manusia, yaitu siikap, norima subjektif dan kontroil periilaku yang dipersepisikan. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa ketiga faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap tamu. Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa secara simultan, ketiganya berpengaruh secara signifikian terhadap keputusan menginap. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui bahwa sumbangan pengaruh terhadap keputusan menginap dari ketiga faktor tersebut yaitu sebesar 73%. Manajemen Hotel Santika diharapkan dapat lebih meningkatkan sosialisasi terkait penerapan Protokol Kesehatan, membuat program-program tertentu yang dapat menciptakan pengalaman positif, menjaga agar ulasan hotel tetap positif, dan membuat berbagai tawaran menarik yang disesuaikan dengan kemampuan target pasar.
PENGEMBANGAN POTENSI TRADITIONAL MEDICAL TOURISM DI DESA CIMANDE KABUPATEN BOGOR Ika Suryono Djunaid; Mikhael Mikhael
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL DARMAWISATA (MEI)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.305 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i2.8

Abstract

Medical Tourism adalah perjalanan wisata dengan tujuan pengobatan atau pemulihan kesehatan. Hal ini di perkuatan pula oleh pernyataan dari Gill dan Singh (2012:3) yang menyatakan bahwa medical tourism adalah perjalanan dari tempat tinggal seseorang ke tujuan lainnya untuk melakukan kegiatan yang menjaga, meningkatkan, dan mengobati kesehatan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengkaji berapa besar potensi medical tourism di Desa Cimande Kabupaten Bogor, 2) menyusun strategi pengembangan medical tourism di Desa Cimande Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jumlah situasi sosial yang diteliti adalah keseluruhan obyek medical tourism yang terdapat di Desa Cimande. Data yang dianalisis, meliputi 4 unsur yaitu : pihak yang terlibat (penyelenggara medical tourism), tempat/destinasi (pemerintah setempat), manfaat yang dicari (wisatawan medical tourism) dan sumber (penyelenggara pengobatan patah tulang). Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengobatan patah tulang Cimande dikabupaten Bogor dalam hal pengobatan patah tulang memiliki potensi sebagai medical tourism hal ini dikarenakan 15 dari 21 unsur yang ada sudah terpenuhi sebagai medical tourism, dilihat dari tujuannya wisatawan yang datang ke desa Cimande kabupaten Bogor memang untuk kebutuhan pengobatan patah tulang, namun hal yang belum terpenuhi dari hasil wawancara kepada narasumber dilihat kembali dari segi fasilitas serta dukungan dari pemerintah yang masih belum ada dan terpenuhi. Berdasarkan permasalahn tersebut disusun strategi pengembangan yang difokuskan pada pembangunan sarana dan prasarana Kemudian untuk itu di sarankan untuk mendorong destinasi desa Cimande sebagai desa potensi medical tourism perlu adanya agensi dari Tour and Travel dan juga agensi kesehatan yang merekomendasikan lokasi penyembuhan desa Cimande kemudian perlu adanya asuransi kesehatan agar memastikan kegiatan pengobatan tradisional ini benar-benar terjamin secara kualitas untuk pembagunan pariwisata medical tourism yang berkelanjutan.
PERKEMBANGAN KEDAI KOPI & MOCKTAIL MENJADI PELUANG USAHA UNTUK KALANGAN MUDA DI KOTA GORONTALO Meilinda Lestari Modjo; Krishna Anugrah; Putri Femirawaty Ahmad
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL DARMAWISATA (MEI)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.572 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i2.9

Abstract

Peluang usaha kedai kopi dan mocktail saat ini mejadi salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup baik. Produk yang ditawarkan oleh kedai-kedai kopi dan mocktail saat ini banyak menarik minat, sehingga pasar yang dimiliki bukan hanya oleh kalangan tertentu saja akan tetapi juga di minati oleh semua kalangan. Pembeli minuman kedai-kedai tersebut berasal dari kalangan pelajar hingga pekerja kantoran. Seperti kota lainnya kedai-kedai minuman ini juga tumbuh di Kota Gorontalo dengan cukup pesat terutama dikawasan tertentu di Kota Gorontalo. Kota Gorontalo sebagai pusat perekonomian di Provinsi Gorontalo dan juga terdapat beberapa Universitas yang besar yang letaknya tidak berjauhan antara satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa usaha kedai kopi dan mocktail termasuk usaha mikro kecil dan menengah yang mana tidak memerlukan modal besar dalam membuatnya dan tidak diperlukan perijinan seperti usaha lain berskala besar. Hal ini menjadi minat pengusaha dalam bidang kedai minuman untuk berwirausaha, sehingga terus tumbuh dan berkembang. Kesimpulan yang didapat bahwa sebagian besar konsumen yang merupakan pencinta dan penikmat minuman kopi & mocktail adalah yang berusia muda antara 15 – 45 tahun, baik berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa maupun sebagai perkerja/karyawan, sehingga konsumen diusia ini menjadi target pasar utama dari jenis usaha kecil ini. Konsumen pada rentang usia ini merupakan konsumen yang aktif, dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi serta memiliki gaya hidup modern mengikuti trend masa kini, dan ketergantungan mereka pada produk minuman-minuman seperti ini pun cukup tinggi.
EFEKTIFITAS PENGELOLAAN TERNAK LEBAH MADU DALAM PELAKSANAAN EDUWISATA DI DESA NGARGORETNO KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH Rendy Wijaya; R. Sondjana Ali Suganda; Syaeful Muslim
Jurnal Darmawisata Vol. 1 No. 2 (2022): JURNAL DARMAWISATA (MEI)
Publisher : Program Vokasi Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.923 KB) | DOI: 10.56190/jdw.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui tata kelola ternak lebah madu di Segoro Madu Desa Ngargoretno dan Mengetahui jenis dan kondisi peralatan untuk meningkatkan produksi lebah dan madu di Segoro Madu Desa Ngargoretno serta Mengetahui diversifikasi produk lebah madu di Segoro Madu Desa Ngargoretno. Penelitian kualitatif ini memberikan gambaran dan merangkum berbagai keadaan atau situasi yang terjadi dengan para peternak lebah madu di .Desa Ngargoretno sebagai obyek penelitian. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian yaitu perlu adanya penyuluhan mengenai cara penataan kelola yang lebih efektif seperti pembelian koloni lebah, Memberikan pengarahan kepada petani lebah di Desa Ngargoretno mengenai penggunaan fasilitas untuk menambah produksi madu dengan cara integrasi tanaman kopi, kotak jebak dan penanganan stup lebah dan dukungan dinas pariwisata Bersama pemerintah daerah untuk mengembangkan produk di Desa Ngargoretno mengenai pembangunan museum lebah dan galeri lebah.

Page 1 of 3 | Total Record : 24