cover
Contact Name
Laksono Budiarto
Contact Email
laksono.budiarto@um.ac.id
Phone
+62895384660796
Journal Mail Official
jmipap.journal@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang Jl. Semarang no 5 Malang Jawa Timur 65115
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP)
ISSN : -     EISSN : 27980634     DOI : https://doi.org/10.17977/um067
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) is a publication that focuses on education, particularly in the areas of mathematics and natural sciences. The journal publishes articles, research papers, and other relevant manuscripts related to the teaching and learning of these subjects. It provides a platform for educators, researchers, and scholars to share their ideas, insights, and innovative teaching methods that can enhance the teaching and learning experience of students in mathematics and natural sciences. JMIPAP aims to contribute to the improvement of the quality of education in these fields by providing a space for the exchange of knowledge and ideas among its readers and contributors.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7 (2021)" : 9 Documents clear
Pengembangan multimedia powerpoint berbasis problem solving untuk siswa kelas X MIA SMA Agustin Fatmawati; Sentot Kusairi; Sutopo Sutopo
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.798 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p502–516

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan multimedia powerpoint berbasis problem solving pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA dan mengetahui kelayakan produk yang dibuat. Langkah-langkah pada penelitian ini yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa nilai rata-rata validasi produk oleh ahli adalah 3,33, nilai rata-rata validasi soal dan pembahasan dari ranah materi secara keseluruhan 3,77 dan dari ranah konstruksi secara keseluruhan sebesar 3,50. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba pemakaian ke siswa didapatkan hasil multimedia powerpoint berbasis problem solving dapat membuat siswa membuat lebih bersemangat dan lebih mudah memahami materi suhu dan kalor. Siswa tidak menemukan kendala yang berarti dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian ini layak. Produk selanjutnya siap untuk diujikan skala luas
Pengembangan instrumen diagnostik three-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi fluida statis pada siswa kelas X MIA Anisa Matinu Saifullah; Wartono Wartono; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.685 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p517–525

Abstract

Peneliti melakukan penelitian pengembangan dan penggunaan instrumen diagnostik three–tier dengan tujuan untuk megidentifikasi miskonsepsi yang dimiliki siswa pada materi fluida statis. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 MAN 3 Malang. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen diagnostik three–tier berjumlah 24 butir soal dengan 4 alternatif jawaban, 4 alternatif alasan pemilihan jawaban, dan keyakinan jawaban (yakin / tidak yakin) dengan 3 rentang tingkat keyakinan. Seluruh butir soal dinyatakan layak pada ranah materi, konstruksi, bahasa, dan kemampuan identifikasi miskonsepsi menurut penilaian ahli dengan nilai rata-rata diatas 3,26. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi dan bahkan tidak memiliki konsepsi pada materi fluida statis masih cukup besar. Beberapa jenis miskonsepsi yang ditemukan diantaranya, siswa beranggapan bahwa (1) luas bejana mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis, (2) gaya yang diberikan pada fluida akan diteruskan ke segala arah sama besar, (3) gaya Archimedes dipengaruhi kedalaman benda dalam fluida. The researcher do research about development and application of  three-tier diagnostic instrument to identify misconceptions within static fluid material. This research is due to research and development. The subject of the research is the student of 10th grade of mathematics and science 4 MAN 3 Malang. The instrument is three-tier diagnostic instrument that consist of 24 questions with 4 alternative answers, 4 alternative reasons, and the sureness of every answer (sure/not sure) with three different levels. The material, construction, language, and misconception identificational ability on every question are valid according to experts judgement with average score over 3,26. Identification's result shows that many students still get in misconception on understanding the static fluid material, even some of them don't understand at all. Sort of misconception's types that found are student belief that (1) area of the container has an effect on hydrostatic pressure, (2) force given to the fluid will be transferred in all direction propotionally, (3) Archimedes's force is influenced by the depth of object on fluid.
Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X Debby Kusuma Wardhani; Winarto Winarto; Lia Yuliati
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.054 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p526–531

Abstract

Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif dicapai apabila proses belajar menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia membuat pembelajaran menyenangkan karena multimedia dilengkapi unsur gambar, teks, animasi dan suara. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran fisika yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata yang menggunakan 3 langkah pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis multimedia Swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi kalor layak digunakan untuk siswa SMA kelas X. Media pembelajaran ini layak dengan nilai rata-rata kelayakan media sebesar 86,31 persen dan rata-rata kelayakan materi sebesar 82,71 persen.
Penerapan discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang Aluk Khofidatul Amsiyah; Dwi Haryoto; Wartono Wartono
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.029 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p532–538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan Discovery Learning; (2) peningkatan keterampilan proses siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang; (3) peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas X-7 SMA Diponegoro Tumpang. Data dianalisis dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 75.4 persen dan pada siklus II yaitu 90.05 persen dengan peningkatan sebesar 14.65 persen. Keterampilan proses pada siklus I yaitu 59.9 dan pada siklus II yaitu 77.5 dengan peningkatan sebesar 17.6. Prestasi belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebelum tindakan yaitu 66.34, pada siklus I yaitu 66.45 dengan peningkatan sebesar 0.11, dan pada siklus II yaitu 79.23 dengan peningkatan sebesar 12.78. Persentase ketuntasan belajar sebelum tindakan 25 persen, pada siklus I 51.61 persen dengan peningkatan sebesar 26.61 persen. pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 76.92 persen dengan peningkatan sebesar 25.31 persen.
Pengaruh project based learning Terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM Alimah Nuryanti; Lia Yuliati; Agus Suyudi
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.776 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p539–547

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM. Jenis penelitian quasi experimental design dengan teknik post-test only design. Instrumen pengukuran terdiri dari 10 soal uraian dan rubrik keterlaksanaan pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan Project Based Learning lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning. Hipotesis diuji dengan uji t dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan Project Based Learning dan Problem Based Learning. Hasil Uji Scheffe menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan Project Based Learning lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning.
Studi tentang penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X di SMAN 4 Malang Dheka Januarifin; Lia Yuliati; Sumarjono Sumarjono
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.525 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p552–563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek dan implementasi penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X SMAN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Data proses penilaian sikap, proses penilaian proyek, proses penilaian produk, nilai sikap, nilai tugas proyek dan nilai produk dianalisis secara kuantitatif. Data hasil wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa pada ranah afektif mengalami penurunan pada pertemuan kedua dan mengalami kenaikan pada pertemuan ketiga dan keempat. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor berupa kemampuan menghasilkan produk, dapat menyusun laporan proyek, membangun sendiri pengetahuan dan dapat menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.
Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu Debora Febbivoyna; Sumarjono Sumarjono; Bambang Tahan Sungkowo
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.957 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p564–569

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar fisika. Model pembelajaran Discovery Learning termasuk level pertama dari Levels of Inquiry merupakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif menemukan konsep fisika serta mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Melalui model pembelajaran Discovery Learning, siswa mampu menguasai konsep fisika dan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 3,06, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan cara konvensional adalah 2,77. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan secara konvensional. 2) Model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu.
Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri I Lawang pokok bahasan suhu dan kalor Desi Darma Wulan; Sutarman Sutarman; Bambang Tahan Sungkowo
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.824 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p570–577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri I Lawang tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik puposive sampling, sehingga diperoleh sampel, yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas ekperimen dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis terhadap penguasaan konsep fisika siswa diperoleh nilai thitung sama dengan 2,256 dan 1,997 (t66; 0,05). Karena nilai thitung sama dengan 2,256 lebih besar dari 1,997 (t66; 0,05) , maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Analisis penguasaan konsep pada sub-materi fluida statis, siswa kelas XI SMAN 1 Lawang Tahun 2017/2018 Bayu Aji Kurniawan; sentot Kusairi; Parno Parno; Agus Suyudi
Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) Vol. 1 No. 7 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.445 KB) | DOI: 10.17977/um067v1i7p578–586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa kelas XI SMAN 1 Lawang pada sub-materi fluida statis. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan instrumen tes. Dalam penelitian ini akan dilakukan sampel berjumlah 72 siswa kelas XI SMAN 1 Lawang tahun 2017-2018. Siswa akan diberi soal tes fluida statis sebanyak 14 butir soal pilihan ganda beralasan dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Skor rerata tes sebesar 43,3 pada skala 0-100, dengan persentase kebenaran sebesar 47 persen. Disaranakan siswa diberi lebih banyak praktikum serta pemahaman konsep fluida statis agar penguasaan pada materi ini menjadi lebih baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9