cover
Contact Name
Nurul Akmal
Contact Email
nurulakmal@iainlhokseumawe.ac.id
Phone
+6285277227281
Journal Mail Official
jurnalarriyadhiyyat@iainlhokseumawe.ac.id
Editorial Address
https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/arriyadhiyyat/about/editorialTeam
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27742865     EISSN : 27758990     DOI : 10.47766/arriyadhiyyat.v3i1
Core Subject : Education,
This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The scopes of this journal include the following topic areas: 1. Algebra; 2. Analysis; 3. Applied mathematics; 4. Curriculum Development; 5. Educational Technology; 6. Geometry; 7. Instructions media; 8. Mathematics Teaching and Learning; 9. Statistics; 10. Teacher Education; 11. The curriculum; 12. Teacher education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika" : 6 Documents clear
Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe Tuti Alawiyah
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.281 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.149

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan masih banyaknya siswa yang masih memperoleh nilai dibawah kkm. Oleh karena itu maka penerapan alat peraga tangan menjadi salah satu alternatif yang diupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri d kelas X IPA 3 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan Penerapan Alat Peraga Tangan Pada Materi Trigonometri Di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Penerapan Alat Peraga Tangan untuk meningkatkan Minat belajar siswa Pada Materi Trigonometri Di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan rancangan penelitian model Hopkins yang diawali dengan tindakan pendahuluan kemudian dilanjutkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angketIndonesia.
Analisis Soal – Soal Tipe HOTS Tingkat SMP untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Inge Putri R Lisya; Mutia Fonna; Yeni Listiana
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.853 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.159

Abstract

Kemampuan penalaran matematika siswa adalah kemampuan seseorang berpikir logis dengan menggunakan logika untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Kemampuan penalaran dapat dikatakan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari matematika. Siswa dapat dikatakan mampu menggunakan penalaran matematisnya dengan baik, apabila siswa tersebut mampu menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, serta dapat menjelaskan gagasan dari pernyataan matematika. Siswa dapat mendukung kemampuan penalaran matematisnya dengan menyelesaikan soal dengan kategori tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang dan juga melibatkan proses bernalar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat ditunjukkan ketika seseorang menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya ke dalam konteks yang baru atau cara yang lebih kompleks, seperti mentranfer apa yang pernah dipelajari sebelumnya ke konteks yang baru tersebut. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui hasil analisis soal-soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang dapat mendukung kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kualitatif dan untuk jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif jenis analisis isi atau dokemen. Hasil analisis dari 40 soal Ujian Madrasah (UM) ditemukan 9 soal yang termasuk ke dalam kategori soal dengan tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal-soal yang termasuk ke dalam kategori tipe HOTS tersebut juga merupakan soal yang dapat mendukung kemampuan penalaran matematis siswa.
Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Safrina Nisa; Nur Anwar; Al Husaini M. Daud
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.483 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.178

Abstract

Kebiasaan pembelajaran yang terlalu didominasi aktivitas guru tanpa keikutsertaan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor penyebab kurang menariknya pembelajaran matematika sehingga kemampuan berpikir kreatif dan kritis matematika siswa yang diharapkan tidak meningkat dan kegiatan pembelajaran pun dirasakan kurang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat menuntun siswa berpikir kreatif dan kritis dalam mengkontruksikan ide-idenya melalui berbagai model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut adalah model pembelajaran (PBL) Problem Based Learning. Berdasarkan hal tersebut dapat dilakukan penelitian tentang pembelajaran materi perbandingan dengan menyelesaikan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran PBL pada siswa kleas VII SMP Muhammadiyah 6 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 22 orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut : penelitian ini berhasil apabila ≥80% siswa memperoleh nilai KKM ≥75 dan kegiatn pembelajaran guru dan siswa berdasarkan hasil observasi berada pada kategori “baik”. Secara keseluruhan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran PBL menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami perubahan yaitu dari hasil akhir siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu 90%, hasil ini lebih besar dari persentase yang diperoleh pada hasil akhir siklus I yaitu sebesar 59%, dan persentase siklus ke II tersebut lebih besar dari standart ketuntasan yang ditetapkan. Begitu pula dengan hasil observasi siklus II terhadap kegiatan peneliti mencapai 85%, hasil ini lebih besar dari persentase yang diperoleh peneliti pada siklus I yaitu sebesar 75%. Karena persentase yang diperoleh lebih besar dari pada standar yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Lhokseumawe.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia Nur Azmi; Rosdiana
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.582 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Meurah Mulia dan pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan diperoleh = 4,2 dan = 1,6794 menunjukkan , sehingga tolak dan terima yang membuktikan bahwa ”Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia Musnaini; Khairiani; Nurul Akmal
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.521 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.183

Abstract

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar. Sebagaimana banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, kurangnya partisipasi aktivitas siswa dan dominannya aktivitas guru, sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dibutuhkan suatu model yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematis serta menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar melalui Strategi pembelajaran kreati-produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Yang menjadi sampel adaah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontol, pemilihan sampel digunakan dengan teknik random sampling class. Adapun teknik memperoleh data, peneliti melakukan tes. Berdasarkan teknik analisis data uji t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,5, sehingga diperoleh dengan derajat kebebasan (dk)= (n1 + n2 – 2 ) = 32 + 36 – 2 =66 menunjukkan bahwa. thitung ttabel, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,676 dan ttabel =1,671, sehingga 1,676 1,671; maka tolak Ho sehingga hipotesis yang dirumuskan ini menyatakan “Ada pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.
Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp Negeri 1 Syamtalira Bayu Rauzatul Narita; Abdul Kadir; Nur Anwar
Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education State Islamic Institute of Lhokseumawe, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.894 KB) | DOI: 10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.184

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-6 SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Pengambilan sampel dilakukan secara simple rendom sampling, sehingga terpilih kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperiment Design, desain penelitian yang digunakan yaitu desain Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji-t. Berdasarkan uji kesamaan satu pihak, pihak kanan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 40 diperoleh thitung = 2,238 dan ttabel = 1,684. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 , yaitu thitung > ttabel dan diperoleh hasil 2,238 > 1,684; dengan demikian ada peningkatan sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pemahaman konsep siswa SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu pada materi geometri dengan penerapan etnomatematika kerajinan Aceh lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 6