cover
Contact Name
Latif Anshori Kurniawan
Contact Email
latif@upgris.ac.id
Phone
+628386063355
Journal Mail Official
sasindo@upgris.ac.id
Editorial Address
Kampus 4 Universitas PGRI Semarang Program Studi PBSI, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Jl. Gajah Raya No.40 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Lontar Media Press
ISSN : 23374098     EISSN : 26146959     DOI : https://doi.org/10.26877/sasindo
Core Subject : Education,
Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra Indonesia Ilmu Bahasa (Linguistik) Semantik Sintaksis Analisis Wacana Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pragmatik Sosiolinguistik Psikolinguistik Linguistik Kognitif Gaya Bahasa (Stilistika) Kajian Sastra Indonesia Folklore Indonesia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Sasindo" : 10 Documents clear
KEEFEKTIFAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK GARUDA NUSANTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Nur Hayati
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6822

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode think pair share dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas x smk garuda nusantara tahun pelajaran 2019/2020. Metode ini menggunakan metode kuantitatif, metode ini digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk data dari keefektifan metode think pair share dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas x smk garuda nusantara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen, dalam penyajiannya meliputi langkah penelitian, nilai tertinggi, nilai terendah, tabel distribusi frekuensi dan grafis histrogram. Data kemampuan menulis teks anekdot denganm data kelas eksperimen dan kelas control, kemudian uji persyaratan data kemampuan menulis teks anekdot meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Aulia Shery Choriah
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6813

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan d nilai pendidikan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan psikologi kepribadian (Id, Ego, Super Ego) tokoh utama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, yang berupa deskripsi narasi bukan angka-angka. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif yaitu data yang bersifat deskriptif sehingga data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan beberapa nilai pendidikan di dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa, antara lain terdapat 52 nilai pendidikan ketuhanan, 26 nilai pendidikan moral, 33 nilai pendidikan sosial, 37 nilai pendidikan budaya, tokoh utama Hanum dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais terdapat 22 wujud kepribadian.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA ANTOLOGI CERPEN PERIHAL KEMATIAN YANG DIPERMAINKAN OLEH CERPEN PILIHAN KIAS 2017—2019 Inuk Pratiwi
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6818

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam antologi cerita pendek Perihal Kematian yang Dipermainkan oleh cerpen pilihan KIAS 2017- 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis pada antologi cerpen Perihal Kematian yang Dipermainkanmenunjukkan terdapat 8 cerita pendek yang memiliki nilai pendidikan, yaitu nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan adat istiadat/tradisi budaya.
DIKSI DAN CITRAAN DALAM LIRIK LAGU ALBUM “MONOKROM” KARYA TULUS SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI SMA Eny Yuandika Perdana Ningrum
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6814

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan diksi yang terdapat dalam lirik lagu album “Monokrom”, mendeskripsikan citraan yang terdapat dalam lirik lagu album “Monokrom”, mendeskripsikan pembelajaran apresiasi puisi di SMA menggunakan diksi dan citraan lirik lagu album “Monokrom”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan teknik kualitatif deskriptif. Teknik pemgumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian ditemukan penggunaan diksi dan citraan dalam lirik lagu album “Monokrom” karya Tulus terdiri dari 34 diksi meliputi kata konkret, kata abstrak, denotasi, konotasi, kata umum, kata khusus, antonim, homonim, hiponim, hipernim, sinonim, dan 13 citraan meliputi citraan gerak, penglihatan, perabaan, citraan penciuman dan pendengaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran apresiasi puisi di SMA tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE(TTW) BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2019/2020 Muhammad Zaki Mubarok
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6819

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbasis media gambar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII A sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara acak berdasarkan kelas atau kelompok yang sudah ada disekolah. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data normalitas dan homogenitas sebagai uji hipotesis.Perhitungan uji hipotesis didapatkan nilai ????h???????????????????? sebesar 6,7193 setelah itu dibandingkan dengan nilai ???????????????????????? ,???????????????????????? dengan rumus n1-1 = 30-1= 29 dk= 29, taraf signifikan 1% diperoleh ???????????????????????? 2,462 karena ????h???????????????????? >???????????????????????? yaitu 6,7193 > 2,462 maka hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat dikatakan sangat efektif, bahkan dapat dikatakan sangat signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model Think Talk Write (TTW) sangat efektif dalam pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2019/2020.Saran yang penulis sampaikan kepada pendidik agar dapat menggunakan model Think Talk Write (TTW) sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks puisi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Saran kepada peserta didik yaitu perbanyak berlatih menulis teks puisi.
NILAI MORAL DALAM DONGENG BERGAMBAR “SI KANCIL YANG CERDIK” KARYA GIBRAN AR-RASYID SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN FABEL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP Estri Novari Ristra Sukma Puteri
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6815

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan nilai moral dalam buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik karya Gibran Ar-Rasyid dan bagaimana pemanfaatan nilai moral dalam buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik Karya Gibran Ar-Rasyid sebagai muatan pembelajaran fabel untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi pustaka. Studi dokumentasi pustaka dilakukan terhadap dokumen yang berupa arsip-arsip yang berkaitan dengan nilai moral dan teks fabel.Hasil penelitian ini ditemukan sejumlah 75 data. Berdasarkan hasil data tersebut, maka buku Dongeng Bergambar Si Kancil Yang Cerdik karya Gibran Ar-Rasyid dapat dimanfaatkan sebagai muatan pembelajaran fabel untuk peserta didik kelas VII SMP. Khususnya untuk menerapkan penilaian aspek sikap dan perilaku.
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BAHASA IKLAN INSTAGRAM IKILHO COMPANY INDONESIA Nanik Setyawati; Eva Ardiana Indrariani; Siswanto Siswanto; Latif Anshori Kurniawan
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6820

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bentuk bahasa iklan Ikilho Company Indonesia dalam media sosial Instagram. Berdasarkan hasil penelitian strategi komunikasi dalam bahasa iklan instagram Ikilho Company Indonesia dapat disimpulkan sebagai berikut. Wujud pilihan variasi tunggal bahasa ditemukan dalam tuturan iklan instagram Ikilho Company Indonesia, yang terjadi ketika pada sebuah peristiwa tutur tersebut menggunakan satu bahasa saja dan tidak diselipi oleh bahasa daerah lain ataupun dialek. Selain itu, terdapat pula wujud alih kode dan campur kode dalam Iklan Instagram. Wujud alih kode dapat terjadi ketika dalam sebuah tuturan ada perubahan bahasa. Wujud campur kode terjadi ketika dalam sebuah tuturan diselipi oleh bahasa ataupun dialek dari bahasa daerah lain. Pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan instagram dipengaruhi oleh beberapa faktor sosial. Faktor-faktor tersebut antara lain ialah; (1) situasi tutur dan (2) penutur.
PENERAPAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA AJI SAKA DAN ASAL MULA HURUF JAWA CERITA RAKYAT NUSANTARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Muhammad Haniful Islam Nuruzzamani
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6816

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur intrisnik cerita Aji Saka dan asal Mula huruf Jawa, 2) mendiskripsikan penerapan media peta konsep dalam pembelajaran menemukan unsur intrisnik cerita Aji Saka dan asal Mula huruf Jawa. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan media peta konsep yang dibuat oleh peserta didik, lalu dipresentasikan oleh kelompok lalu dinilai berdasarkan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Hasilnya peserta didik lebih baik dalam menerima materi yang diberikan guru serta bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, serta dengan adanya media peta konsep peserta didik lebih termotivasi dalam belajar.
POLA INTERAKSI DAN IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI GRUP WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X TKRO 1 SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Neneng Kurniasih
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6821

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola interaksi, implikatur percakapan, dan frekuensi kemunculannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp pada Masa Pandemi Covid-19 kelas X TKRO 1 SMK Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan ekstralingual dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan, yaitu teknik HBS, teknik HBB, dan teknik HBSP. Berdasarkan hasil identifikasi data, analisis pola interaksi dan implikatur percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Grup WhatsApp ditemukan bahwa frekuensi kemunculan terbanyak, yakni pola interaksi satu arah sebanyak 56,25% dan pelanggaran prinsip kesantunan pada bidal keperkenanan sebanyak 18,75%.
STRUKTUR FISIK PUISI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK TRANSMISI TELEKOMUNIKASI SMKN 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Inayah Isnaini Faizah
Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2020): Sasindo
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sasindo.v8i2.6817

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan hasil analisis struktur fisik puisi karya peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi SMKN 5 Semarang tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yaitu struktur fisik puisi siswa sedangkan sumber datanya dari teks puisi siswa. Teknik pengumpulan data berupa kepustakaan, studi dokumentasi, dan analisis. Teknik penyajian hasil analisis data secara kualitataif/paparan deskripsi.Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa puisi siswa menggunakan tipografi rata tengah dan kiri; diksibermakna denotatif/konotataif;terdapat imaji penglihatan, pendengaran, gerak, perabaan, penciuman, dan pencecapan;bermajas asonansi, hiperbola, aliterasi, personifikasi, metafora, simile, anafora, tautologi, antisipasi, elipsis, erotetis, perifrasis, antitesis, eufemisme, hipalase, pleonasme, litotes, mesodiplosis, simploke, satire, epitet, paradoks, metonimia, dan sarkasme; pengkonkretan imaji berupa lambang/simbol dan utrance;berirama asonansi, awal, aliterasi, terbuka, tertutup, bersilang, tak sempurna, patah, rangkai, merdeka, kembar, sempurna, berpeluk, mutlak, dan tengah.Saran, diharapkan guru memberikan pengajaran penulisan kepada siswa yang sesuai dengan pedoman penulisan puisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10