cover
Contact Name
Lona Noviani
Contact Email
lona@unbaja.ac.id
Phone
+6282142076267
Journal Mail Official
manajemenretail@unbaja.ac.id
Editorial Address
Jl. Syekh Moh. Nawawi Albantani Kp. Boru Kecamatan Curug Serang - Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Retail
ISSN : 27762122     EISSN : 2790626     DOI : https://doi.org/10.47080
Core Subject : Economy, Science,
JUMERITA –BAJA (Jurnal Manajemen Retail - Banten Jaya ) UNBAJA Prodi Manajemen Retail merupakan publikasi ilmiah yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, pengembangan, kajian, dan pemikiran di bidang Ekonomi, Manajemen Bisnis . Terbit pertama kali tahun 2021 yakni : Volume 1 NO 30 Maret 2021 dengan masa terbit dua kali dalam setahun Pada bulan Maret dan September. Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal ini telah melalui proses evaluasi dan penyuntingan oleh Dewan Redaksi, Mitra Bestari dan Anggota Staf Editorial. Jurnal ini terbuka untuk umum, praktisi, peneliti, dan pemerhati masalah ekonomi dan Bisnis.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL" : 8 Documents clear
ANALISIS KOMPETENSI TENAGA PENJUAL DAN PERIKLANAN TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA SERTA DAMPAKNYA PADA KESETIAN PELANGGAN TOYOTA Inda - Gumilang
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.345 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2236

Abstract

The purpose of this research is to find the influence of sales competence and advertising to purchase decision toyota agya and efect on customer loyalty (Study case at PT. PLAZA TOYOTA, Tendean, Pemuda, Kyai Tapa, Green Garden and Gading Serpong Branch). This research data collection use the quesioner spreed to responden. Population in this research is TOYOTA customer in PT. PLAZA TOYOTA area Jakarta).Sampling method used in this research is non-probability sampling, with purposive sampling technique. The number of samples in this study was 265 respondents. Instrument calibration is performed to test grain validity and reliability coefficient. The model used in this research is the model of causality or influence relationship. The hypothesis used in this research is to use the technique of Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study conclude that sales competence variables have an influence on purchasing decisions of 4.92, while the value of advertising affects the purchase decision of 9.44. It can be concluded that the value of advertising is more influential on sales competence. Then, the value of sales competence to loyal customers of 0.03 and the value of advertising to loyal customers of 0.62. It can be concluded that the two variables have no significant effect on loyal customers toyota. While purchasing decisions have an effect on loyal customers of 2.60. When viewed in its entirety, which has the most influence on loyal customers is the purchase decision. Based on the results of this study can be concluded that in improving purchasing decisions required sales and advertising competence is good and interesting, and purchasing decisions were influenced by the number of loyal customers
TINJAUAN MODEL INKUBATOR BISNIS RINTISAN ( BISNIS START UP ) UNTUK MAHASISWA Sukarta Tata Atmaja
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.75 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2251

Abstract

Inkubasi Bisnis merupakan tuntutan dari the new economy global, yang terjadi karena adanya perubahan yang cepat dan signifikan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan digitalisasi; adanya deregulasi dan globalisasi. Setiap Inkubator Bisnis harus memiliki kemampuan dalam perencanaan strategis bagi perusahaan pemula dan memiliki koneksi dengan sumber daya ekonomi dan komunitas bisnis yang berhubungan dengan informasi dan konsultasi bisnis. Peran Inkubator Bisnis sangat strategis dalam menumbuh kembangkan UKM Inovatif, karena melalui Inkubator calon-calon wirausaha baru berbasis IPTEK dapat ditingkatkan kapasitas dan kinerja usahanya.
MENURUNKAN INTENTION TO QUIT KARYAWAN MILENIAL MELALUI MODERASI COWORKER DAN ORGANIZATIONAL SUPPORT M.Derry Emil Salim
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.374 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2252

Abstract

Keinginan karyawan keluar dari pekerjaannya merupakan permasalahan serius yang kini banyak dihadapi oleh perusahaan startup di Indonesia. Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana pengaruh abusive supervision dan psychological distress terhadap intention to quit dengan coworker support dan organizational support sebagai pemoderasi pada karyawan milenial di perusahaan startup Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel diambil sebanyak 196 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan model SEM-PLS yang dilakukan melalui uji model pengukuran, uji model struktural dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa abusive supervision dan psychological distress berpengaruh positif terhadap intention to quit. Dalam penelitian ini coworker support memberikan efek moderasi yang memperkuat abusive supervision terhadap intention to quit, dan memperlemah psychological distress terhadap intention to quit. Bertolak belakang dengan organizational support yang terbukti memberikan efek moderasi yang memperlemah pengaruh abusive supervision terhadap intention to quit, namun memperkuat pengaruh psychological distress terhadap intention to quit.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN SHOPEE MELALUI HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN UTILITARIAN VALUE SEBAGAI INTERVENING Lona Noviani; Achmad Rifai
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.595 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas website terhadap pembelian impulsive dengan memasukan dua variabel intervening hedonic shopping motivation dan utilitarian value. Penelitian ini menggunakan metode kuantiatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian diambil sebanyak 119 orang dengan teknik stratified random sampling. Adapun analisis data menggunakan metode SEM-PLS dengan tahapan uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Kualitas website terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive; 2) Kualitas website terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping motivation; 3) Kualitas website terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap utilitarian value; 4) Hedonic shopping motivation tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsive; dan 5) Utilitarian value memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive. Dari penelitian ini diketahui ada sebesar 48,7% pembelian impulsive yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model.
STRATEGI PSTRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK CORAK ASLI BANTENEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK CORAK ASLI BANTEN Rizal zulkarnain
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.796 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2254

Abstract

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah Banten, di sana banyak terdapat UMKM yang didirikan, salah satunya pada bidang usaha kerajinan Batik Corak Asli Banten. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Batik Corak Asli Banten dalam mengembangkan usahanya? dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Batik Corak Asli Banten dalam mengembangkan usahanya. Diharapkan penelitian ini memiliki manfaat secara toeritis dan praktis yang akan membantu dalam menerapakan strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsif, yang mana teknik penentuan tempat menggunakan metode purposive area, dalam hal ini penelitian yang menggunakan purposive sampling dalam Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah kota Cilegon Banten, di sana banyak terdapat UMKM yang didirikan dan melakukan penggalian data. Setelah data peroleh peneliti menganalisis data dengan melakukan Data Reduction, Data Display, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran 4P dapat memberikan perkembangan dalam usaha yang di jalankan oleh UMKM Batik Corak Asli Banten.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA Ratih Intania Nabella
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.038 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Mayoritas karyawan di beberapa organisasi dihadapkan dengan tantangan dalam kinerja mereka di tempat kerja. Hal ini diduga dengan rendahnya motivasi yang berasal dari atasan sehingga membuat karyawan merasa tidak puas dan berkinerja buruk dalam pekerjaannya. Ini menyiratkan bahwa karyawan yang termotivasi dan puas dalam pekerjaannya akan memiliki kinerja yang baik. Hal tersebut mengharuskan manager lebih memperhatikan dan memberikan motivasi kepada para karyawan agar mereka memiliki kepuasan kerja yang tinggi, sehingga kinerja akan meningkat.
UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN MERCHANT ANCHOR DALAM MENGGUNAKAN MESIN EDC Asih Kurnianingsih
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.435 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2256

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin modern, membuat tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan jasa produk perbankan semakin meningkat. Diperlukan kualitas produk dan customer relationship management dalam rangka meningkatkan keputusan konsumen menggunakan produk perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan customer relationship management secara parsial dan simultan terhadap keputusan merchant anchor Bank XYZ dalam menggunakan mesin EDC. Objek penelitian adalah merchant anchor Bank XYZ. Populasi penelitian berjumlah 100 merchant dimana sampel diambil sebanyak 78 responden. Tahapan analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang diolah melalui program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ. Secara parsial customer relationship management berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ. Secara simultan kualitas produk dan customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI ERA DIGITAL PADA PEKERJA GENERASI MILENIAL Urika Urika
Jurnal Manajemen Retail Vol 2 No 02 (2022): JURNAL MANAJEMEN RETAIL
Publisher : LP3M Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.478 KB) | DOI: 10.47080/jumerita.v2i02.2257

Abstract

Pada saat ini proses digitalisasi dalam manajemen sumber daya manusia adalah suatu keniscyaan karena hal ini dapat membantu perusahaan memodernisasi fungsi SDM dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. disaat yang sama, dibutuhkan pula perubahan gaya kerja dan perubahan kebutuhan SDM terutama pasca pandemi dimana terjadinya banyak perubahan serta pergeseran cara kerja SDM dari manual ke digital dari bekerja di kantor menjadi Work From Home (WFH) . Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pengembangan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi di era digital pada pekerja milenial. Peneliti juga mengeksplorasi strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kompetensi SDM di Era Digital, serta menganalisis dampaknya terhadap kompetensi dan peran SDM generasi Milenial.

Page 1 of 1 | Total Record : 8