cover
Contact Name
Desi Dwi Kristanto
Contact Email
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Phone
+6287814923466
Journal Mail Official
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Editorial Address
Universitas Pembangunan Jaya, Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Sawah Baru, Ciputat. Tangerang Selatan Banten 15413
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Desainpedia
ISSN : 28302966     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1
Journal of Product Design and Visual Communication Design department of Pembangunan Jaya University regularly publish articles biannual. We invite scholars, researchers, and academics to publish research results for three thematic special issues on Design, Lifestyle and Behaviour.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle " : 10 Documents clear
Pemanfaatan PVC Board pada Furnitur Sebagai Pendukung Suasana Perilaku dalam Pembuatan Diorama Bengkel Service Mobil Skala 1:18 Muhammad Nabil; Oskar Judianto; Putri Anggraeni Widyastuti
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.897 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.612

Abstract

Bengkel merupakan sebuah tempat yang dikhususkan untuk memperbaiki produk misalnya alat transportasi seperti mobil. Bengkel sangat dibutuhkan di era modern karena banyaknya penggunaan alat transportasi yang disebabkan oleh peningkatan mobilitas masyarakat. Bengkel umumnya memiliki desain yang khas dan berkarakter sehingga sangat menarik untuk sebagian orang sebagai contoh para pencinta model mobil atau die cast. Para pencinta die cast umumnya membuat bengkel dalam bentuk skala atau yang biasa dikenal sebagai diorama. Diorama bengkel ini difungsikan sebagai lingkungan dari die cast atau model miniatur mobil. Selain itu furnitur berskala yang umumnya berbahan PVC Board sangat dibutuhkan agar meningkatkan kesan realistis di dalamnya. Karena hal-hal tersebutlah Penulis ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan PVC board pada furnitur sebagai pendukung suasana dalam pembuatan diorama bengkel servis mobil skala 1:18. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi untuk memaparkan data-data seperti proses kerja, jenis peralatan, serta bahan baku yang berkaitan dengan proses produksi ini.
Perancangan User Interface Aplikasi “Impruv” Sebagai Akses Digital Layanan Kesehatan Mental Zachrani Septianingrum; Zita Nadia
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.578 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.637

Abstract

In Indonesia, the prevalence rate of mental emotional disorders is quite high. The Indonesian Ministry of Health stated that the number of people with mental disorders had increased by 6.5% during the 2020-2021 period. However, there are still many individuals who do not seek help for their mental health. Some of them do not know how to get access to adequate services. In addition, the rapid development of digital technology can be an important means of providing mental health services that are in line with the needs of the younger generation. The method used in this study is qualitative method. The purpose of this study is to design a mental health consultation application user interface that is in accordance with user needs so as to improve mental health services to be more effective and efficient. It is hoped that this application design can make it easier for the public to get access to mental health services.
Pemanfaatan Lighting Sebagai Pendukung Ambience dalam Rancangan Diorama SPBU Pertamina Skala 1:24 Virginia Theresya Sembiring
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.011 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.624

Abstract

Diorama merupakan sajian pemandangan dalam ukuran kecil yang dilengkapi dengan patung dan perincian lingkungan seperti aslinya serta dipadukan dengan latar yang berwarna alami, pola atau corak tiga dimensi suatu adegan atau pemandangan yang dihasilkan dengan menempatkan objek dan tokoh di depan latar belakang dengan perspektif yang sebenarnya sehingga dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Didalam diorama terdapat beberapa rangkaian yang dipergunakan untuk menyalakan sistem kelistrikan seperti lampu dan lain sebagainya. Banyak orang yang belum memahami jenis-jenis rangkaian luminasi lampu dan jenis lampu yang dipergunakan untuk membuat diorama. Maka penjelasan tentang Pemanfaatan Lighting Dalam Pembuatan Diorama SPBU Pertamina Skala 1:24 sangat diutamakan dalam hal ini.
Mitos dalam Film Gundala (Analisis Monomyth Joseph Campbell) Dicky Hidayat; Adinda Maharani Putri
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.508 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.645

Abstract

Adaptasi dari media komik ke film telah banyak dilakukan. Khususnya komik Gundala telah dua kali mengalami adaptasi, yaitu pada tahun 1981 dengan sutradara Lilik Sudjio dan pada tahun 2019 dengan sutradara Joko Anwar. Fenomena ini menunjukan bahwa kisah superhero lokal yang diangkat dari komik karya komikus Harya Suraminata atau Hasmi ini memiliki struktur narasi yang senantiasa memikat hati penggemarnya dari generasi ke generasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana struktur narasi film Gundala karya Joko Anwar, sehingga diketahui keberadaan mitos yang bekerja dibalik struktur narasi film tersebut.Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan naratif. Data-data didapat melalui observasi terhadap obyek penelitian dan studi literatur. Data-data dianalisis menggunakan Teori Monomyth dari Joseph Campbell, dilakukan dengan tahapan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Gundala menerapkan 15 dari 17 tahapan monomyth. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan monomyth pada film Gundala ini dipergunakan untuk memperkuat atribut sosok Gundala sebagai seorang “Hero”, sekaligus melanggengkan mitos tentang monomyth itu sendiri.
Pemanfaatan Color Branding dalam Cetak Digital Tiga Dimensi Miniatur Konser KISS Band Skala 1:27 Rusnandar Setyawan; Oskar Judianto; Putri Anggraeni Widyastuti; Matthew Rama Ralisky Wijaya
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.962 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.625

Abstract

Color Branding dalam KISS Band dapat memberikan sebuah identitas visual untuk mendukung karakter band dan sebagai positioning pembeda dengan band lainnya dengan itu diharapkan lebih mudah diingat oleh penikmat musik secara visual dan mendukung eksistensi band di kancah musik pada saat sekarang band tanpa merek atau brand menjadi pengaruh besar dalam kemajuan sebuah band. Dalam proses perancangan miniatur konser KISS Band dengan skala 1:27 diperlukan alat cetak digital tiga dimensi. Teknik ini mempermudah proses perancangan karena efisien dan memiliki akurasi dimensi hingga menghasilkan visual yang lebih baik. Perkembangan teknologi model tiga dimensi berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini, salah satunya adalah 3D Printing. Salah satu manfaat dari 3D printing adalah replikasi yang berguna untuk menduplikasi suatu objek. Hasil akhir pada perancangan memperkenalkan kegunaan 3D Printer pada dunia perindustrian dan penggunaan resin sebagai bahan dasar pembuatan 3D printing dan dapat menjadi referensi bagi para desainer untuk mencoba membuat hal-hal baru menggunakan teknologi 3D printing.
Perancangan Komik Interaktif untuk Memberikan Pemahaman Tentang Acute Stress Disorder di Lingkungan Keluarga Caecilia Dewi Ayuwandira; Ratno Suprapto
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.213 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.646

Abstract

Abstract: Stress dapat menyerang semua orang tanpa mengenal usia. Maka tak heran juga jika sekarang ini banyak remaja yang mengalami stres. Ketika stres menjadi berlebihan, atau kronis, hal ini dapat merusak kesejahteraan serta kesehatan fisik dan mental pada anak. Tujuan dari kajian ini adalah untuk meneliti penyakit acute stress disorder yang terjadi akibat kurangnya menghargai pendapat pada lingkungan keluarga. Kajian ini untuk mendapatkan persepsi anak remaja dan orang tua tentang pentingnya menghargai pendapat untuk menghindari terjadinya penyakit acute stress disorder pada anak remaja. Dengan menggunakan metode komik interaktif, tujuan spesifik penelitian ini adalah untuk: memberikan pembelajaran terhadap tekanan mental akibat tekanan dari lingkup keluarga; membuat media yang memudahkan penjelasan terkait penyakit tekanan mental yang terjadi akibat tekanan yang di berikan di lingkungan keluarga; dan menentukan komik interaktif apa yang cocok untuk memudahkan pembaca mengerti isi dari buku. Survei kuesioner dilakukan pada anak remaja dan orang tua.Kata Kunci: Tekanan Mental, Komik interaksi, Ilustrasi.
Desain Troli Pembawa Jemuran sebagai Sarana Pembantu bagi Lansia Andrea Valerie Litania
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.805 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.640

Abstract

Abstract—Elder population will experience plentiful of obstacles that will affect their everyday activities, align with their aging and decliningphysical form. Daily physical activities that can be repetitive will force muscles and joints to work harderand with the absence of helpful appliances, elder population are more likely to be susceptible insustaining injury and raise safety concerns. When doing a repetitive and daily physical activity that require massive force, it is better to have a useful and supporting apparatus to help elder population ease their activity and ensure their safety, which can help to reduce the possibility of sustaining injury. This research was initiated as a mean to develop an apparatus to help elder population to perform their daily activities. The methods applied in this research to fulfil the objectives of this research are by identifying the activities that cause physical restraints, and thus creating a solution that adhere to the needs of safely performing their daily physical activities. The outcome attained from this research is to innovate a new apparatus that helps the elder population to transfer their laundry from the first floor to the second floor, and further ensuring their safety. Abstrak—Manusia yang memiliki usia sudah lanjut akan mengalami berbagai kerentanan yang akan memberikan efek terhadap aktivitas keseharian mereka, karenapenurunan fungsi tubuh seiring bertambahnya usia. Aktivitas-aktivitas fisik yang harus dilakukan sehari-hari bisa memberikan kesulitan bila dilakukan secara berulang dan dilakukan dengan sarana yang tidak mendukung, yang dapat menyebabkan cedera. Bila aktivitas fisik yang dilakukan membutuhkan kekuatan otot maupun persendian secara berlebih, dan didukung dengan sarana pembantu yang dapat mendukung keselamatan lansia, maka kemungkinan cedera akan berkurang. Penelitian ini dilakukan untuk mengadakan sebuah sarana yang diharapkan untuk membantu lansia dalam melakukan kegiatan fisik sehari-hari. Metode yang digunakan terhadap aktualisasi dari penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi aktivitas yang dapat memberikan kesulitan secara fisik, dan membuat sarana yang dapat memudahkan aktivitas fisik tersebut. Hasil yang telah dicapai adalah sarana membantu membawa beban jemuran yang dapat membantu perpindahan dari lantai satu ke dua, dan mengedepankan keselamatan dari lansia. Kata Kunci: Keselamatan lansia, aktivitas sehari-hari, membawa jemuran, dan perpindahan barang saat menggunakan tangga. 
Prototipe Desain Ultralight Walking Bag Bagi Lansia Bella Elvaretta
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.732 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.602

Abstract

Secara normal, seseorang yang berada pada keadaan usia lanjut (60 tahun keatas) akan mengalami penurunan berbagai organ atau sistem tubuh, baik dari segi anatomi maupun fungsional. Dalam kemampuan visual, lansia mengalami kemunduran dalam hal ketajaman dan luas pandangan. Lansia umumnya memiliki penglihatan yang kurang peka ketika melihat dalam kondisi minim cahaya. Lansia juga mengalami penurunan fungsi sistem motorik (otot dan rangka), antara lain berkurangnya kemampuan mobilitas dan kontrol fisik, serta sering terjadi getaran otot (tremor) sehingga menyebabkan banyak lansia yang kesulitan berjalan. Penelitian ini dibuat untuk menyelesaikan masalah keterbatasan yang di alami lansia agar dapat membantu aktivitas lansia dengan keterbatasannya. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini diawali dengan observasi masalah yang dialami oleh lansia, identifikasi aktivitas lansia ketika menggunakan tongkat dan senter secara bersamaan dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan, serta  dalam  tahap  akhirnya adalah menentukan produk seperti apa yang bisa membantu memudahkan lansia berjalan dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Hasil  akhir yang diperoleh adalah  membuat  rancangan  produk  tas dengan fitur  lampu  yang  ergonomis  dan dapat digunakan di semua jenis tongkat bantu jalan sehingga memudahkan lansia berjalan dengan aman dalam kondisi minim cahaya.
Perancangan Desain Signage Setu Babakan Devara Adhitapoetra; Damar Rangga Putra; Muhammad Iqbal
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.193 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.650

Abstract

Setu Babakan merupakan cagar budaya Betawi dan merupakan salah satu perkampungan Betawi asli yang berlokasi di Jagakarsa. Tempat ini memiliki berbagai fasilitas seperti museum Betawi, Replika Perkampungan Betawi dan Area Kuliner Betawi. Tetapi dari banyaknya fasilitas serta luasnya area Setu Babakan terdapat permasalahan berupa kurangnya penanda arah yang tersebar dengan baik pada seluruh area luar ruangan Setu Babakan. Maka dari itu penulis memilih untuk membuat perancangan desain signage Setu Babakan. Metode penelitian yang akan digunakan pada perancangan ini adalah menggunakan pengumpulan data melalui partisipasi, observasi, wawancara dan studi komparasi. Perancangan desain signage Setu Babakan hanya berfokus pada jenis signage Identification, Directional, Regulatory & Prohibitory, Orientation dan Interpretive dengan harapan desain signage ini jika suatu saat nanti diimplementasikan akan dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan fasilitas atau kegiatan yang mereka inginkan ketika berkunjung ke Setu Babakan.
Desain Portable Hanger Penjemur Pakaian Untuk Manula Kamila Salsabila
Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour Vol 1, No 2 (2022): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.778 KB) | DOI: 10.36262/dpj.v1i2.627

Abstract

Abstract — The more people get older, the more health complaints they feel in their activities, such as on tiptoe, which is caused by a type of arthritis, namely gout. The pain is usually felt in the joints, such as the big toe and elbow. One of the activities of the elderly in the household that can be disturbed by the disease is drying clothes. With a clothesline area that is narrow, then the hanging technique can be used to minimize the use of too much area. In the process of hanging clothes for drying, elderlies are required to stand on tiptoe and stretch out their arms to reach the height of the clothesline repeatedly. This study was designed to provide facilities so that elderlies with a narrow clothesline can dry their clothes without having to stand on tiptoe and stretch out their arms many times. The method used in the implementation of this research begins with field observations, interviews, identification of activities carried out during drying clothes, so as to find the design solutions needed for the problems of the elderly in drying. The results obtained are a portable clothesline hanger design that can be raised and lowered according to needs that are in accordance with ergonomic principles. Abstrak — Semakin bertambahnya usia, semakin banyak keluhan kesehatan yang dirasakan dalam beraktivitas, seperti dalam menjinjitkan kaki yang dikarenakan oleh jenis radang sendi (arthritis) yaitu asam urat. Rasa sakit yang dirasakan biasanya terdapat pada bagian persendian, seperti jempol kaki dan siku. Aktivitas manula dalam rumah tangga yang dapat terganggu oleh penyakit tersebut salah satunya adalah menjemur pakaian. Dengan area jemuran yang sempit, maka teknik menggantung dapat digunakan untuk meminimalisir penggunaan area yang terlalu banyak. Dalam proses menggantungkan pakaian untuk dijemur, manula diharuskan untuk menjinjit dan melentangkan tangan agar mencapai tinggi tali jemuran secara berulang-ulang. Penelitian ini dibuat untuk menyediakan fasilitas agar manula dengan area jemuran yang sempit dapat menjemur pakaian tanpa harus menjinjit dan melentangkan tangan berkali-kali. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini diawali dengan observasi lapangan, wawancara, identifikasi aktivitas yang dilakukan selama menjemur pakaian, sehingga menemukan solusi desain yang diperlukan untuk permasalahan manula dalam menjemur. Hasil yang diperoleh adalah desain hanger jemuran pakaian portable yang dapat dinaik turunkan sesuai kebutuhan yang telah sesuai dengan prinsip ergonomi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10