cover
Contact Name
Yoto
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6282227778940
Journal Mail Official
Amik@jurnal.itbsemarang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 346 Semarang Jawa Tengah Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi
ISSN : 29856264     EISSN : 29857651     DOI : 10.54066
Core Subject : Economy, Science,
Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi, namun tidak terbatas pada topik berikut : Ekonomi , Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi.
Articles 89 Documents
PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN PATI Pebryan Indra Yudha; Noni Setyorini; Ratih Hesty Utami P
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.543 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian menggunakan 104 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dimana proses pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan google from kepada masyarakat ber KTP Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu uji statistik IBM SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 0,827 < ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,410 > 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,708 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kewajiban moral berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,541 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Sosialisasi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai thitung 3,573 > ttabel 1,983 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.
Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return Investasi, Persepsi Risiko, Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Melalui Aplikasi Online Pada Generasi Z Sri Rahayuningsih; Dyah Rini Prihastuty; Kamilatur Ro’fati
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.394 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i2.105

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh dari pelatihan pasar modal, return investasi, persepsi risiko, dan literasi keuangan terhadap minat investasi generasi z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan alat pengumpul data Kuesioner, dengan populasi generasi z pada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pelatihan pasar modal (X1) terhadap minat investasi generasi z, adanya pengaruh return investasi (X2) terhadap minat investasi genereasi z, tidak ditemukannya pengaruh persepsi risiko (X3) terhadap minat investasi generasi z, dan terdapat pengaruh literasi keuangan (X4) terhadap minat investasi generasi z. Tetapi jika diujikan secara Simultan semua Variabel berpengaruh secara Signifikan.
Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kualitas SDM Terhadap Kinerja Karyawan Nona Ratu Syifa Putri; Nafiza Kayla Sabina; Tazkiyyah Nururrohmah
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.005 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.117

Abstract

Budaya organisasi beserta kualitas SDM memiliki hubungan terhadap kinerja karyawan yang mana artinya, jika budaya organisasi beserta kualitas SDM secara bersamaan dikembangkan maka, akan meningkatkan kinerja dari karyawan tersebut. Semakin baik penerapan kualitas SDM yang dilakukan, maka akan membuat kinerja karyawan semakin baik juga. Begitupun sebaliknya, jika penerapan kualitas SDM yang dilakukan kurang baik, maka akan membuat kinerja karyawan semakin kurang. Hal ini tentu sejalan dengan teori-teori yang telah tersebar dan menjadi kepercayaan umum yakni apabila kualitas SDM suatu organisasi/perusahaan baik, tentu kinerjanya pun baik sehingga akan membuat perusahaan/organisasi dengan cepat mencapai tujuannya. Oleh karena itu, penulis dan tim memutuskan untuk membahas lebih lanjut mengenai hubungan Budaya organisasi beserta kualitas SDM terhadap kinerja karyawan yang dapat dinilai melalui beberapa indikator umum yang akan di bahas artikel ini.
Pengaruh Sikap Keuangan, Pengendalian Diri, Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja Yohanis Lotong Ta’dung; Marinus Ronal; Erna Karangan
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1699.421 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sikap keuangan, pengendalian diri, perilaku keuangan terhadap literasi keuangan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis dan sumber data adalah data primer yang bersumber dari kosioner yang berasal dari responden yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah mahasiswa angkatan 2019-2021. Pegambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Proportionate Stratified random sampling dengan rumus slovin sebanyak 92 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji T dan uji F dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antar variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel Sikap Keuangan (X), Pengendalian Diri (X) dan Perilaku Keuangan (X) memiliki pengaruh terhadap Literasi Keuangan (Y). berdasarkan uji F menunjukkan nilai f hitung adalah 18.438 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung18.438 > F tabel 2.71. Dapat disimpulkan bahwa variabel independen X, X, dan X secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, E-MONEY, GAYA HIDUP DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA Grace Sriati Mengga; Mince Batara; Evi Rimpung
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1231.116 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh literasi keuangan, e-money, gaya hidup dan kontrol diri terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Toraja Indonesia. Populasi penelitian terdiri dari 446 mahasiswa aktif program manajemen Fakultas Ekonomi angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel probabilistik menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan 82 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda pada program SPSS 25. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa literasi keuangan dan e-money tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, sedangkan gaya hidup dan kontrol diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sedangkan Literasi Keuangan, e-money, Gaya hidup dan kontrol diri bekerja sama untuk mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa.
PENGARUH LIABILITAS JANGKA PENDEK DAN LIABILITAS JANGKA PANJANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT ASTRA AGRO LESTARI TBK Grace Sriati Mengga; Althon K Pongtuluran; Jekson Samaa
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.68 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.152

Abstract

Pengaruh liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang terhadap profitabilitas pada PT Astra Agro Lestari Tbk. Perusahaan biasanya lebih mengutamakan menggunakan hutang dibanding ekuitas sebagai sumber dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang terhadap profitabilitas pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Astra Agro Lestari. Metode penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan bahwa hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan melalui uji simultan ditemukan bahwa hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang berpengaruh bersama-sama terhadap profitabilitas pada PT. Astra Agro Lestari Tbk.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Indihome Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Telkom Witel Magelang Ira Irmawati; Budi Rahardjo
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1124.439 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.162

Abstract

Perkembangan zaman memberikan pengaruh terhadap peningkatan kebutuhan manusia dalam berbagai aspek, salah satunya kebutuhan manusia pada bidang teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perusahaan industri pada upaya pemenuhan kebutuhan pelanggan, agar perusahaan lebih unggul dengan pesaing dan menguasai pasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan produk IndiHome PT.Telkom Witel Magelang. Kuantitatif metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan memanfaatkan data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada responden konsumen produk IndiHome PT.Telkom Witel Magelang. Sampel yang digunakan adalah 100 responden berdasarkan purposive sampling metode. Metode analisis data yaitu statistik deskriptif, koefisien determinasi, koefisien korelasi, uji signifikan F, dan uji signifikan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasilnya berimplikasi pada upaya PT.Telkom Witel Magelang meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan bagi produk yang ditawarkan.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-oleh Khas Jambi) Muhammad Novaldi; Arsa Arsa; Anzu Elvia Zahara
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.595 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.165

Abstract

This study aims to determine the influence of product quality and promotion on the decision to purchase at MSMEs by Pak Dj Khas Jambi. As the goal is to find out the quality of products and promotion of the decision to purchase by Mr. Dj Typical Jambi. The research method used in this study uses descriptive quantitative methods and the data analysis method uses t-test, f-test, R Square test, Multiple Linear Regression. The sample in this study were 85 respondents who were taken from some of the people in the city of Jambi. The results of this study indicate that product quality (X1) has a significant influence on purchasing decisions. Promotion (X2) is also very significant on purchasing decisions. Based on the F Test the of Product Quality (X1) and Promotion (X2) simultaneously have the same on Purchase Decisions (Y).
Diversifikasi Olahan Susu Kambing Menjadi Permen Susu Pada Masyarakat Dusun Krajan Handoyo Mashud; Ananda Lofena.B; Dhona Harum.K; Fega Widianto; Feti Dwi.O; Fitria Nur.A; Inti Al Muzdalifah; Kurota A’yunin; Muhammad Affa.A; M. Imam Hafidz.A; Mukhlis Abdul.A; Nur Aisah.G; Nur Rohim; Qarina Qurrati A.A.
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1403.178 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.166

Abstract

Desa Surojoyo merupakan Salah satu desa yang Sebagian mata pencaharian masyarakatnya adalah memiliki peternakan kambing. Jenis kambing yang dimiliki oleh peternak kebanyakan adalah kambing Sapera, yaitu persilangan kambing jenis Sanen dengan kambing peranakan Etawa. Kambing Sapera dipilih karena merupakan jenis Kambing perah unggul yang memiliki Produktifitas dan kualitas susu yang baik dibandingkan jenis kambing lainnya. Tidak adanya Freezer atau lemari pendingin dari para peternak, menjadikan hasil dari susu Sapera yang telah diperah harus segera dijual supaya tidak basi. Mereka biasanya menjual hasil susu perahan kepada pengepul hanya dalam bentuk susu murni. Hal inilah yang membuat kami melakukan penelitian dengan mengangkat tema Pengolahan Susu Kambing Sapera Menjadi Permen Susu. Dengan tujuan memberikan wawasan dan inspirasi terkait pengolahan susu Sapera. Inspirasi susu kambing Sapera yang diolah menjadi permen susu ini menjadi solusi permasalahan dari beberapa ibu rumah tangga dalam mengisi waktu luang.
Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Roti Tawar Menggunakan Variabel Costing Dalam Penetapan Harga Jual Siska Ariyanti; Wiri Wirastuti; Risnawati Risnawati
Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2023): MARET : JURNAL RISET EKONOMI DAN AKUNTANSI
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.982 KB) | DOI: 10.54066/jrea-itb.v1i1.167

Abstract

Kegiatan dalam proses produksi merupakan kegiatan mengelolah bahan baku menjadi barang jadi atau jasa yang siap untuk dijual dan dipakai. Oleh karena itu, dalam proses produksi roti tawar diperlukan perhitungan yang tepat mengenai biaya produksi yaitu penentuan harga produksi, dan penetapan harga jualnya. Roti tawar pada BNS Bakery adalah jenis roti yang banyak diminati oleh pelanggan dan memiliki tingkat penjualan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan proses produksi agar mendapatkan harga jual yang tepat dengan menggunakan metode variabel costing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan pengumpulan data selama periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode variabel costing didapatkan harga pokok produksi sebesar Rp 11.397 dan untuk penetapan harga jual produksi sebesar Rp 17.095. Dengan perbandingan harga yang ditetapkan oleh BNS Bakery sebesar Rp. 19.500, maka selisih yang didapatkan sebesar Rp 2.405. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga jual yang ditetapkan oleh BNS Bakery lebih tinggi dari perhitungan berdasarkan variabel costing.