cover
Contact Name
RIDWAN
Contact Email
ridwanr320@gmail.com
Phone
+6282340340330
Journal Mail Official
jurnaljpils@gmail.com
Editorial Address
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No.1` Pagesangan Kota Mataram NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
ISSN : 28092856     EISSN : 2809042X     DOI : https://doi.org/10.31764/jpils.v1i1.5701
Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi dan Konservasi Media Informasi;
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2, No. 1 (2022): April" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN PENERAPAN SISTEM AUTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS DI PERPUSTAKAAN SMKN 1 MATARAM Ridwan Ridwan; Iskandar Iskandar; Widiastuti Furbani
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.851 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i2.10741

Abstract

 Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang mampu menyediakan buku/koleksi untuk menunjang materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Kiranya belum ada kesadaran yang tinggi bahwa perpustakaan sekolah merupakan sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang ikut berperan dalam mencapai kualitas pendidikan umumnya sekolah di Kota Mataram dan khusunya pada perpustakaan SMKN 1 Mataram. Melihat kondisi tersebut, maka Tim Pengabdian memadang perlu diselenggarakan sebuah program memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan tentang Pengembangan Manajemen  dan Penerapan Sistem Automasi Perpustakaan di Perpustakaan SMKN 1 Mataram. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah/penyuluhan, metode dialogis, dan metode pelatihan. Adapun hasil yang didapat dalam pengabdia ini yaitu; 1) Otomasi perpustakaan di Perpustakaan Perpustakaan SMKN 1 Mataram sudah berjalan dengan baik’ 2) Otomasi perpustakaan tersebut menggunakan sistem open source; 3) Pengelolaan koleksi dan layanan perpustakaan dilakukan melalui sistem tersebut; dan
PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA BERBASIS WISATA DI DESA PAGUTAN, KECAMATAN BATUKLIANG, LOMBOK TENGAH Rohana Rohana; Ridwan Ridwan; Hirma Susilawati; Nurul Fikriati Ayu Hapsari
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.686 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i2.6928

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yberupa pelatihan perpustakaan desa berbasis wisata di desa Pagutan Kecamatan batukliang Lombok Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola perpustakaan desa dan staf perpustakaan lainnya yang mengikuti pelatihan ini. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktikum. Metode ceramah bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai pentingnya pengelolaan perpustakaan dalam konteks ini perpustakaan berbasis wisata. Metode praktikum bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta setelah diberi materi dan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam pengelolaan perpustakaan.Adapun hasil dari pelatihan ini adalah pertama, perpustakaan desa Pagutan yang diberi nama “Kartini” sudah memiliki gedung perpustakaan berbasis wisata yang berada di tengah wisata kolam Kelandur yang berada di dusun Lendang Gocek namun masih belum maksimal dalam hal pengelolaan ruangan, koleksi yang rekreatif, dan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi ilmu perpustakaan. Kedua, setelah pelatihan pengelolaan perpustakaan berbasis wisata ini selesai dilakukan para peserta semakin paham akan pentingnya perpustakaan yang menyenangkan. Ketiga, peserta mampu mengevaluasi diri dan perpustakaan akan kekurangan dan kelebihan perpustakaan tempat peserta mengabdi baik dari gedung, sarana dan prasarana, koleksi, pengolahan, dan sumber daya manusia yang dimiliki.
PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN 15 WOJA KABUPATEN DOMPU Siti Nirwana
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.10680

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diseleggarakan oleh Kemdikbud merupakan  suatu kegiatan program yang diluncurkan oleh pemerintah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan untuk memberikan sebuah solusi untuk tiap-tiap UPTD Sekolah dasar yang sedang terdampak Pandemi. Hasil pelaksanaan mengajar siswa SD Negeri 15 Woja berjalan dengan baik, pada saat melakukan pembelajaran di kelas baik siswa kelas 1 maupun kelas 6 menunjukkan sikap antusias dan semangat belajar. Kegiatan administrasi yang dilakukan yaitu sesuai dengan arahan dari guru dan untuk penerapan adaptasi teknologi juga mendapat dukungan dari guru dengan baik.Program Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan yang ketiga yang ditugaskan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Mahasiswa Kampus Mengajar 3 juga memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah. Hasil dari program Kampus Mengajar 3 ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman diluar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta menigkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
PENDAMPINGAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 TERARA
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.17112

Abstract

Perpustakaan sebagai sumber informasi memegang peran penting dalam pembangunan di era globalisasi saat ini dan merupakan sarana penunjang dalam pendidikan formal maupun nonformal. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu tersusunnya sistem pengelolaan bahan pustaka yang baik dan benar pada kedua sekolah mitra dan tersusunnya buku panduan pengelolaan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan untuk melakukan peningkatan sistem pengelolaan perpustakaan khususnya di Perpustakaan SMA Negeri 1 Terara. Maka perlu dilakukan penguluran tangan ke lapangan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di perpustakaan Sekolah. Metode pelaksanaan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pendampingan pengelolaan perpustakaan ini memberikan hasil berupa tersusunnya sistem pengelolaan bahan pustaka pada kedua sekolah mitra dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil dalam mencapai tujuan. Manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan ini yaitu terjadi penguatan gerakan literasi sekolah.
PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 4 MATARAM Iskandar Iskandar; Halimatun Sa’adiah; Rizki Fauzi S. Beleng
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.17188

Abstract

The development of information technology has an influence on students' reading interest. On the one hand IT provides access to abundant reading so that students can easily find information through the reading they need. On the other hand IT has an influence on students' lack of interest in reading because they are more interested in menus or features provided such as social media and games. Therefore, it is important for the library to increase reading interest, especially in the Library of SMA Negeri 4 Mataram. So it is necessary to carry out active participation in the field as a form of community service carried out in the school library. The purpose of this service is to provide an understanding of the importance of increasing students' interest in reading. The method used in this service is to design activity plans, socialize the importance of reading interest, socialize reading service programs in libraries, information retrieval training through OPAC, and conduct coaching or mentoring of students' reading interest. The results carried out in this service are First, the socialization of the importance of interest in reading and the reading service program in the library received a positive response as seen from the high enthusiasm of students. Second, training in searching for information or library materials through OPAC has an effect on student independence in obtaining the required reading material so that students can search for themselves in OPAC. Third, fostering or assisting students' reading interest through one hour of reading at school accompanied by lecturers, librarians and class teachers has a significant influence on students' reading interest at SMAN 4 Mataram. The assisted students are increasingly diligent in reading and are attracted to the library during free hours.

Page 1 of 1 | Total Record : 5