cover
Contact Name
Ahmad Sulaiman
Contact Email
ahmadsulaiman@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285859585202
Journal Mail Official
sportmu@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga
ISSN : 27161900     EISSN : 27756254     DOI : https://dx.doi.org/10.32528/sport-mu
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga managed by the Sports Education Study Program of the Teaching and Education Faculty and published by the Muhammadiyah University of Jember, eISSN: 2775-6254, pISSN: 2716-1900 this journal contains research and service articles related to sports education, sports science and physical health as well as recreational and traditional sports. This journal was first published in 2020. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education 2. Sport Coaching 3. Physical Activities 4. Sports Biomechanics 5. Sports Pedagogy 6. Sports Physiology 7. Sports Psychology 8. Traditional Sports 9. Sports Tourism
Articles 36 Documents
Pengaruh Media Bola Karet terhadap Kemampuan Dasar Shooting Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Bola Basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang Juni Indo; Dedy Putranto; Erick Prayogo Walton
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2021): SPORT-Mu: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.244 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v2i2.9045

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang kurang mampu dalam melakukan teknik dasar shooting, siswa sering mengeluh karena bola basket terlalu berat dan terlalu besar,  hasil pembelajaran shooting dalam permainan bola basket masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 61, dan belum adanya pemanfaatan media yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran shooting bola basket pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media bola karet terhadap kemampuan dasar shooting siswa kelas VIII pada pembelajaran bola basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode pre-experimental design. Dalam penelitian ini desain yang digunakan yaitu one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Pangkalpinang yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan teknik dasar shooting bola basket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan rumus uji-t antara tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh hasil yaitu nilai thitung 15,492, sedangkan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai ttabel 1,753. Ternyata nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (15,492 1,753), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya Ada pengaruh yang signifikan media bola karet terhadap kemampuan dasar shooting siswa kelas VIII pada pembelajaran bola basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang.
Pengaruh Latihan Dumbbell terhadap Hasil Lempar Cakram Gaya Menyamping Pada Siswa Ekstrakurikuler MTs Nurul Hidayah Dalil Naura Rasaty Ungu; Muhammad E.M. Simbolon; M. Rizkan Khadavi
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 2 (2020): SPORT-Mu JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.369 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v1i2.8838

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam melakukan dumbbell pada ekstrakulikuler lempar cakaram gaya menyamping yaitu peserta didik belum bisa melakukan dan menguasai lempar cakram gaya menyamping   secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dumbbell terhadap hasil lempar cakram gaya menyamping pada siswa ekstrakurikuler MTs Nurul Hidayah Dalil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang di gunakan yaiu one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler Mts Nurul Hidayah Dalil sebanyak 20 siswa sedangkan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 4 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data menggunakan uji hipotesis dilihat dari hasil thitung 3,556 ttabel 2,353 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh latihan dumbbell terhadap hasil lempar cakram gaya menyamping pada siswa ekstrakurikuler MTs Nurul Hidayah Dalil.
Pengembangan Pembelajaran Sepak Takraw Berbasis Blended Learning untuk Mahasiswa Prodi PJKR FKIP UNTAD Tesa Alex Suhendra; Didik Purwanto
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2022): SPORT-MU: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.634 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v3i2.8931

Abstract

The results of this study will produce a product development in the form of books, interactive multimedia and online learning. While the learning components that are carried out in this research are face to face, offline learning that uses studio 8 autoplay application which covers various learning materials, while for online learning using social media, namely google classroom. The results of the research that has been carried out by involving as many as 39 research samples and the results of product trials are: the criteria for product attractiveness are obtained by a percentage of 92.30%, the criteria for product clarity obtained a percentage of 90.06%, the criteria for product convenience obtained a percentage of 91.98%, criteria for effectiveness the product obtained a percentage of 91.45%. The average overall yield of the percentage is 91.59%. This criterion has fulfilled the feasibility, so that the product development of blended learning based sepak takraw courses is considered very valid, on the results of the percentage of the large group test the percentage results decrease compared to the percentage of the small group test of 2.02%, but this does not affect the criteria product validity (very valid) in accordance with the percentage criteria table of data processing results that with the results of 75.01%-100.00% included in the category of very valid and usable.
Keunggulan Variasi Intratask untuk Pembelajaran Dribble Basket Davi Sofyan
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2022): SPORT-MU: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.903 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v3i2.8751

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan intratask variation terhadap peningkatan hasil belajar dribble siswa. Intratask variation merupakan upaya guru memodifikasi aktivitas pembelajaran menjadi dua kelompok, membedakan kelompok yang keterampilan rendah dan kelompok keterampilan tinggi. Sehingga kelompok yang memiliki keterampilan tinggi menjadi lebih terampil, dan kelompok yang memiliki keterampilan rendah menjadi lebih bisa. Metode yang digunakan adalah eksperimen, peneliti menggunakan one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dribble zig-zag selama 30 detik yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan rubik penilaian dribble. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dari hasil tes awal melalui tes dribble bola basket haisl dari pretest menunjukkan angka 209 dan pada posttest menunjukkan angka 286. Menghasilkan rata-rata pretest 4,9762 dan posttest 6,8095. Dan mendapatkan hasil presentase 18,3%. Kesimpulan penelitian intratask variation dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket.
Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kegemukan Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) di TK Kartika VI-6 Bucen III Waena Tahun 2013 Lyri Anita; I Rai Ngardita; Maxsi Irmanto; Sarni Bella; Yohanis Mandosir; Samuel Piter Irab
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2021): SPORT-Mu JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.188 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v2i1.9040

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, usia 5-15 tahun merupakan usia yang cukup rentan untuk menderita kegemukan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genetik, asupan energi, asupan protein, aktivitas fisik, hubungan genetik, asupan energi, asupan protein, serta aktivitas fisik, dan faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian kegemukan pada anak TK di TK Kartika VI-6 Bucen III Waena. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional terhadap 50 anak TK Kartika VI-6 Bucen III. Data di uji dengan menggunakan teknik uji Chi Square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak TK yang mengalami kegemukan sebanyak 26 orang (52%), genetik dari orang tua positif sebanyak 40 orang (80%), asupan energi berlebih sebanyak 31 orang (62%), asupan protein berlebih sebanyak 42 orang (84%), aktivitas ringan sebanyak 25 orang (50%). Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan antara genetik (p-value=0,004), asupan energi (p-value=0,000), dan aktivitas fisik (p-value=0,011) dengan kejadian kegemukan pada anak TK, sedangkan hubungan antara asupan protein dengan kejadian kegemukan tidak menunjukkan adanya hubungan (p-value=0,132). Hasil uji regresi logistik ganda menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kejadian obesitas adalah asupan energi (OR = 38,357).
Perbandingan Kebugaran Jasmani Siswa Usia 13-15 Tahun Pada Daerah Pesisir Pantai dan Dataran Tinggi Amzad Faris Fida; Arya T Candra
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 01 (2020): SPORT-Mu JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.757 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v1i01.3053

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang melakukan aktifitas secara efisien tanpamengalami kelelahan yang berartidan masih memiliki cadangan energi yang dapat digunakan untuk menikmati waktu luang. Oleh karena itu kebugaran sangatlah penting untuk menunjang aktifitas seseorang.Perbedaan letak geografis tentunya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, karena aktifitas fisik yang mereka lakukan juga berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap tingkat kebugaran seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbandingan tingkat kebugaran jasmanisiswausia 13-15 tahun di daerah dataran tinggi dan pesisir pantai. Penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan survey. Hasil penelitian menunjukkan untuk data secara keseluruhan siswa (putra dan putri) di daerah dataran tinggi yaitu: terdapat 0 siswa (0%) yang masuk dalam kategori baik sekali , 7 siswa (28%) kategori baik, 15 siswa (60%) kategori sedang, 3 siswa (12%) kategori kurang, dan 0 siswa (0%) kategori kurang sekali. Untuk daerah Pesisir Pantai yaitu terdapat 0 siswa (0%) dalam kategori baik sekali, 6 siswa (24%) dalam kategori baik, 12 siswa (48%) dalam kategori sedang, 7 siswa (28%) dalam kaategori kurang, 0 siswa (0%) dalam kategori kurang sekali.
Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Menengah Pertama di SMP Negeri 3 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Fernanda Ria Asmara; Ari Wibowo Kurniawan
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2023): SPORT-MU: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.687 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v4i1.19158

Abstract

Kebugaran jasmani siswa menjadi masalah tersendiri dalam dunia pendidikan hal ini dikarenakan banyaknya siswa pada zaman sekarang yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negeri 3 Bangorejo. Pada penelitian ini menggunakan rancangan metode survei bentuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling sehingga subjek penelitian berjumlah 135 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes TKJI yang diberikan pada subjek penelitian di SMP Negeri 3 Bangorejo Banyuwangi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif Kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini merupakan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negeri 3 bangorejo memiliki tingkat kebugaran jasmani 71% siswa memiliki kategori kebugaran jasmani sedang. Kata kunci: kebugaran jasmani; pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Abstract Physical fitness of students is a separate problem in the world of education, this is because many students today have low physical fitness. The purpose of this study was to determine the physical fitness of grade 7 and 8 students at SMP Negeri 3 Bangorejo. In this study, a survey method design was used in the form of quantitative descriptive research using a research instrument in the form of a test. Sampling was done by total sampling technique so that the research subjects totaled 135 students. The research instrument used the TKJI test given to research subjects at SMP Negeri 3 Bangorejo Banyuwangi. Then the data obtained were analyzed using descriptive quantitative analysis techniques. The results in this study were the level of physical fitness of grade 7 and 8 students at SMP Negeri 3 Bangorejo having a physical fitness level of 71% of students belonging to the moderate physical fitness category. Keywords: physical fitness; physical education health and sports.
Kontribusi Power Otot Tungkai, Fleksibilitas Punggung dan Power Otot Lengan Terhadap Ketepatan Spike dalam Permainan Bolavoli Universitas Siliwangi Tasikmalaya Ucu Muhammad Afif
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2022): SPORT-Mu: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.423 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v3i1.9139

Abstract

Spike merupakan teknik bola voli yang tidak sulit dilakukan oleh Anggota UKM Bola Voli Universitas Siliwangi, dilihat dari setiap bermain bola voli selalu melakukan spike dengan cepat dan tepat. Sehingga faktor pendukung untuk melakukan spike merupakan variabel yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kontribusi power otot tungkai, fleksibilitas punggung, dan power otot lengan terhadap ketepatan spike dalam permainan bola voli pada UKM Bola Voli Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian pada UKM Bola Voli Universitas Siliwangi Tasikmalaya sebanyak 20 orang yang semuanya ditentukan sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji statistik, ternyata secara empirik terdapat hubungan yang berarti antara power otot tungkai, fleksibilitas punggung, dan power otot lengan terhadap ketepatan spike dalam permainan bola voli pada UKM Bola Voli Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan kepada berbagai pihak yang terkait dengan bidang keolahragaan, khususnya dengan cabang olahraga bola voli, bahwa untuk menghasilkan ketepatan spike yang efektif diutamakan melatih power otot tungkai, fleksibilitas punggung, dan power otot lengan sehingga ketiga komponen tersebut saling berhubungan.
Tingkat Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Melalui Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Kris Maulana; Aang Rohyana; Defri Mulyana
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2021): SPORT-Mu: JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.078 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v2i2.9047

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya virus COVID-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran penjas dilakukan secara online sehingga berdampak terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di MTs Negeri 11 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan statistik deskriptif ke dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di MTs Negeri 11 Cirebon adalah cukup dengan 40 siswa atau 53,33%. Tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di Mts Negeri 11 Cirebon yang berkategori sangat tinggi 7 siswa atau 9,33%, tinggi 5 siswa atau 6,66%, cukup 40 siswa atau 53,33%, kurang 22 siswa atau 29,33%, sangat kurang 1 siswa atau 1,33%.
Penggunaan Metode Suara Sebagai Pembelajaran Jasmani Pada Anak Tunanetra Surya Agung Prasetyo; Wahyu Eko Widiyanto
SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 1, No 2 (2020): SPORT-Mu JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.11 KB) | DOI: 10.32528/sport-mu.v1i2.8855

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap anak di indonesia tidak terkecuali  anak-anak yang mengalami disabilitas, mereka memilik hak yang sama atas pendidikan tersebut. Keterbatasan yang dialami kadang menghambat mereka untuk bersosialisisasi layaknya anak normal lainnya. Untuk itu selaku pendidik harus perduli dengan keterbatasan tersebut. Seorang pendidik harus mampu memfasilitasi siswa-siswa yang mengalami disabilitas tersebut untuk menggali potensi-potensi yang dimilik. Dalam aktivitas gerak khususnya bagi tunanetra harus di buat bentuk-bentuk aktivitas yang mampu membuat mereka aktif secara jasmani yang diharapkan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi siswa penyandang disabilitas tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan beberapa model permainan khsususnya bagi penyandang tunanetra. Peneliti menggunakan beberapa tahapan dalam pengembangan ini sesuai dengan teori yang sudah ada.

Page 1 of 4 | Total Record : 36