cover
Contact Name
Timotius Bagus Dimas Kurniawan
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
Dimas@jurnal.universitasmbojobima.ac.id
Editorial Address
Jl. Pierre Tendean Kel. Mande, Kec. Mpunda, Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 84119
Location
Kab. bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Mbojo Bima
ISSN : 20851804     EISSN : 29867444     DOI : 10.59050
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Administrasi Negara memuat artikel/hasil penelitian yang berkenaan dengan kajian bidang Ilmu Administrasi Negara. Kebijakan Manajemen Publik, Kepemimpinan, Pemberdayaan Masyarakat Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik. pelayanan publik. kajian administrasi negara
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara" : 7 Documents clear
ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT DRIVE THRU SAPE BIMA Zia Ulhak; Firdaus Firdaus
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.01 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencegahan terhadap patologi birokrasi pada dinas-dinas yang ada didaerah khususnya pada Kantor Samsat Kota Bima yang menjadi obyek pada penelitian. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaksi yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh didasarkan pada standar pelayanan publik yang ditetapkan dalam aturan untuk melihat dan menganalisis sejauhmana efktif dan efesiensi kegiatan Samsat Drive Thru yang dilaksanakan. Adapun standarnya, yaitu: 1) Prosedur pelayanan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan SOP yang ditetapkan. 2) waktu pelayanan bisa dipangkas dan cepat mengingat prosesnya yang sederhana. 3) Biaya/tarif pelayanan sesuai dengan notice yang tertera karena tidak memakai prantara 4)Produk layanan Hasil pelayanan yang akan diterima sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 5) Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggara pelayanan publik hanya masih terdpat beberapa kelemahan. 6) Kompetensi petugas pemberi layanan. Kompetensi pemberi layanan pada dasarnya memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan prilaku sesuai sandar yang dibutuhkan.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK USAHA JAJANAN TRADISIONAL KAROTO SAHE DI DESA SORO KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU Firman Firman; Nurfarhati Nurfarhati; Sahrul Sahrul; Ika Mulyati
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.319 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.63

Abstract

Tujuan ; Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk Usaha Jajanan Tradisional Karoto Sahe Di Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Metode: Jenis penelitian yaitu diskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan (observasi) wawancara (interviuw), dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah : keempat para pelaku usaha jajanan tradisional Karoto Sahe. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif, Hasil dan diskusi : bahwa Strategi Pemasaran Produk Usaha Jajanan Tradisional Karoto Sahe Di Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, terdiri dari beberapa strategi yaitu strategi produk,strategi harga, strategi promosi dan strategi tempat.
PROFESIONALISME PERANGKAT DESA DALAM PENERAPAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DESA MONTA BARU KECAMATAN LAMBU KABUPATEN BIMA Ahmad Yani; Suraya Suraya; Muhamadong Muhamadong
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.211 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan prinsip profesionalisme Perangkat Desa dalam meningkatkan kinerja perangkat Desa di Desa Monta Baru Kecamatan. Lambu Kabupaten Bima. Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, 2) Untuk mengetahui penerapan alokasi dana desa (ADD) Desa Monta baru Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, Metode Peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (questioner). Penentuan sampel menggunakan tehnik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 64 orang dari populasi sebanyak 645 orang. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang didahului dengan penyajian tabel frekuensi. Pembahasan, profesionalisme kerja perangkat Desa Monta Baru dalam meningkatkan akses pelayanan publik dinilai baik. Pengelolaan alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Monta Baru Kecamatan Lambu Kabupaten Bima secara normatif dan admistratif sudah baik. Namun, secara substansi ada beberapa hal yang harus diperbaiki yaitu partisipasi masyarakat pada tahap perencanaan, pengawasan, pertanggungjawaban, dan transparansi yang belum maksimal karena masyarakat tidak banyak mengetahui akan adanya kegiatan tersebut.
LEGENDA TAQBE BANGKOLO PADA MASYARAKAT DESA JIA KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (SMTA): KAJIAN RESEPSI SASTRA. Kasman Kasman; Arif Satriadin
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.574 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.69

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah struktur dan resepsi masyarakat terhadap legenda Taqbe Bangkolo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, teknik wawancara, teknik mencatat, teknik rekaman, dan teknik dokumen. Bentuk analisis yaitu interpretasi data. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber sumber atau data. Hasil temuan penelitian ini yaitu; (1) struktur legenda Taqbe Bangkolo memperlihatkan adanya struktur luar atau permukaan yang terdiri dari enam belas episode, yang merupakan ciri-ciri empiris dari relasi-relasi cerita itu sendiri, sementara struktur dalam atau batin yaitu unsur-unsur yang tidak selalu tampak pada sisi empiris yaitu kisah Ncuhi Jia meminta pertolongan Tuhan dan kisah kesulitan Ncuhi Jia menentukan arah; (2) resepsi masyarakat terhadap legenda Taqbe Bangkolo terdapat resepsi aktif yaitu seluruh masyarakat desa Jia tidak ada satu pun yang berani mengkonsumsi ikan Bangkolo; (3) fungsi legenda Taqbe Bangkolo terdiri dari sistem proyeksi, sebagai alat pendidikan, sebagai hiburan, dan sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektif; (4) implementasi legenda Taqbe Bangkolo melalui pembelajaran sastra di SMA.
KINERJA KEPALA DESA DALAM MERESPON ASPIRASI MASYARAKAT DI DESA PEKAT KECAMATAN PEKAT KABUPATEN DOMPU Sri Asmiatiningsih; Sita Komariah; Nike Ardiansyah
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.053 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.70

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kepala desa dalam merespon aspirasi masyarakat di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan untuk mengetahui respon kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat di desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat di tinjau dari segi; Produktivitas, Kualitas Pelayan, Responsibilitas, dan Akuntabilitas, Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dinilai sudah Cukup Baik, Respon Kepala Desa Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat Di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu ditinjau dari segi; Aspirasi Melalui Musrenbang, Aspirasi oleh BPD, Dan Penyerapan Aspirasi Langsung Oleh Kepala Desa dinilai Cukup Baik.
STRATEGI KEBUDAYAAN DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI PADA BIROKRASI PEMERINTAHAN KOTA BIMA Tauhid Tauhid; Mukhlis Ishaka
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.744 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.71

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini informan kunci dipilih secara purposif dan diseleksi melalui teknik snowball. Tehnik pengumpulan data yaitu : wawancara berstruktur, tehnik observasi dan tehnik dokumentasi serta tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Strategi Kebuda yaan Dalam Pemberantasan Korupsi Pada Birokrasi Pemerintahan Kota Bima mencakup : pertama; Masifnya korupsi ditengarai telah menjadikan fakta korupsi sebagai fakta kebudayaan. 2) internalisasi pendidikan; 3) komitmen bersama dalam ikatan kelompok. Strategi kebudayaan yang dimaksud tersebut menginisiasikan dua hal kegiatan, yakni:1) teknologi-sasi kebudayaan atau strategi memaksa; 2) rekayasa kebu-dayaan atau strategi mendorong.
ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOTA BIMA SEBAGAI KOTA TEPIAN AIR (WATER FRONT CITY) Syamsuddin Syamsuddin; Junaidin Junaidin
Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol. 17 No. 1 (2020): Juni: Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Universitas Mbojo Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.89 KB) | DOI: 10.59050/jian.v17i1.75

Abstract

Pengembangan waterfront city adalah suatu usaha penataan dan pengembangan bagian atau kawasan kota yang skala kegiatan dan fungsi yang ada sangat beragam dengan intensitas tinggi sebagai kegiatan perkotaan baik untuk fungsi perumahan, pelabuhan dan perdagangan komersial dan industri hingga kawasan wisata. Pengembangan waterfront city di Kota Bima, akan mempunyai dampak positif terhadap masyarakat sekitar pengembangan. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat : Pemerintah Kota Bima sebagai bahan dasar penyusunan pedoman teknis penataan kawasan. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian teknik analisa data dengan menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik spesifik yang dimiliki Kota Bima dalam mendukung kebijakan pengembangan kota tepian air, baik kondisi fisiografi wilayah maupun aspek lainnya. Dasar kebijakan pengembangan adalah tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bima sesuai dengan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bima. Bima mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai Kota Tepian Air (Water front City), baik untuk kawasan wisata dengan dukungan berbagai objek wisata kota yang indah, seperti kawasan Amahami, Pantai Lawata, view Pulau Nisa yang mempesona, kawasan pintu gerbang Kota Bima dan Oi Ni’u serta ditambah dengan keberadaan berbagai taman rekreasi yang dibangun pemerintah seperti, taman Amahami dan Gerbang Kota. Kawasan pengembangan juga dilengkapi dengan berbagai layanan publik. Sedangkan hambatan dan permasalahan yang dihadapi saat ini yang teridentifikasi adalah daya dukung terhadap kawasan yang dikembangkan, perencanaan pengembangan kawasan yang tidak didukung oleh basis perencanaan yang matang sehingga pembangunan dikawasan pengembangan water front city selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Permasalahan dan hambatan lain adalah penataan pedagang kaki lima yang tidak tertata, sampah yang menumpuk sepanjang pantai, pengelolaan parkir yang belum baik dan terkesan liar, pengembangan dan pemeliharaan kawasan yang tidak melibatkan masyarakat sekitar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7