cover
Contact Name
Ramadhan Arifin
Contact Email
jtamjpok@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jtamjpok@gmail.com
Editorial Address
Jalan Taruna Praja Banjarbaru Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Stabilitas
ISSN : -     EISSN : 27234282     DOI : https://doi.org/10.20527/mpj.v4i2
Core Subject : Health, Education,
Dasar falsafah STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah keseimbangan antara Psikomotor, Kognitif, dan Afektif
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021" : 10 Documents clear
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR GERAK MANIPULATIF MENENDANG DAN MENGGIRING PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 MARTAPURA I Gusti Kadek Agus Indrawan; Edwin Wahyu Dirgantoro; Abdul Hamid
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.909

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Martapura. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar (picture and picture). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilakukan dalam dua kali pertemuan observasi. Sempel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Martapura. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Hasil analisis data dilihat dari hasil belajar pada pertemuan observasi akhir. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pertemuan awal (observasi awal) dapat mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi. Pada observasi akhir peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan standar nilai KKM 75 berjumlah 30 orang dengan persentase 88,24% dan yang tidak mencapai standar nilai KKM berjumlah 4 orang dengan persentase 11,76%. Berdasarkan hasil analisis data diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penggunaan media gambar pada proses pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring dapat membantu dan meningkatkan kemampuan psikomotor dalam koordinasi gerak yang baik serta motivasi peserta didik pada kelas X di SMAN 1 Martapura dalam belajar. Dengan penggunaan media pembelajaran berupa media gambar pada proses pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring di SMAN 1 Martapura dapat dinyatakan efektiv.
MINAT SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 2 MARTAPURA Muhammad Firdaus; Nurdiansyah Nurdiansyah; Sunarno Basuki
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.910

Abstract

Penelitian bertujuan agar mengetahui, minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, di SMP Negeri 2 Martapura, Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner, Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Martapura yang berjumlah 548 orang dan untuk populasi kelas VIII berjumlah 174 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Martapura berjumlah 90 orang menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner (daftar soal/pertanyaan) Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Martapura tergolong tinggi.
PARTISIPASI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL HADANG KELAS III DI SDN CINDAI ALUS MARTAPURA 1 Fikri Ramadhani; AR. Shadiqin; Lazuardy Akbar Fauzan
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi setiap peserta didik, dalam megikuti kegiatan pembelajaran permainan tradisional hadang. Sampel atau subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas III Cindai Alus Martapura 1. Pengambilan Sampel menggunakan Sampling Purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, jadi dalam penelitian ini setiap populasi berjumlah 92. Dari jumlah tersebut diambil 48 peserta didik laki-laki untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Data yang terkumpul selama penelitian adalah data berupa angket di analisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian : Pada indikator keikutsertaan berada pada kategori sangat tinggi 0%, kategori tinggi 10% atau 5 peserta didik, kategori sedang 80% dengan 38 peserta didik, kategori rendah 10% dengan 5 peserta didik dan sangat rendah 0%. Kemudian pada indikator Keterlibatan sangat tinggi 0%,kategori tinggi 6% dengan 3 peserta didik, kategori sedang 88% dengan 42 peserta didik, kategori rendah 6% dengan 3 peserta didik dan sangat rendah 0%. Pada indikator Kemauan kategori sangat tinggi 0%, kategori tinggi 17% dengan 8 peserta didik, kategori sedang 71% dengan 34 peserta didik, kategori rendah 12% dengan 6 peserta didik, dan kategori sangat rendah 0%. Dari 3 indikator tersebut didapat data generalasi dominan pada kategori “Sedang” 83%.
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V A SDN 1 GUNTUNG MANGGIS Haybi Septiani; Edwin Wahyu Dirgantoro; Abdul Hamid
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.912

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis. Adapun Penelitian yang digunakan adalah ex post facto korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas V A yang mana kelas V terdiri dari 2 rombongan belajar yang ada di SDN 1 Guntung Manggis. Jumlah sampel dalam penelitian ini 28 peserta didik. “Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket untuk memperoleh data variabel kebiasaan belajar dan studi dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi belajar”. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kualitas kebiasaan belajar peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis adalah sangat baik. Rerata prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diperoleh adalah 89,5. Hasil prestasi belajar yang diperoleh adalah sangat baik. Tidak adanya korelasi yang cukup kuat antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mata pelajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis. Hal ini berarti apabila kebiasaan belajar PJOK baik/kurang maka tidak akan berpengaruh terhadap prestasi belajar.
ANALISIS KESESUAIAN CARA GURU MENGAJAR PJOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA Muhammad Anton Hidayat; Sarmidi Sarmidi; Sofyan Sofyan
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.913

Abstract

Tujuan yang diambil ialah agar dapat memperoleh presentase kesesuaian cara mengajar yang dilaksanakan oleh guru PJOK di SD Negeri se Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Penelitian yang dilakukan dengan subyek guru pendidikan jasmani. Metodenya yang dipakai ialah dengan pendekatan secara kualitatif. Penelitian kualitatif ini merupakan masalah data dan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung dengan memakai analisis. Nilai ini akan berbentuk angket. Hasil yang didapat dari hal ini ialah data lembar observasi (angket) yang di isi oleh guru pendidikan jasmani secara langsung berdasarkan RPP dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan guru penjas. Populasinya ialah guru penjas di SD Negeri Sidorejo 1, SD Negeri Sidorejo 2 dan SD Negeri Tamban Muara 1. Analisis yang dipakai ialah dengan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Maka dengan itu deskriptif kualitatif ini merupakan penilaian dari sebuah penganalisisan yang terjadi dilapangan dan untuk deskriptif kuantitatif yaitu suatu perbandingan hasil pengamatan yang ada terjadi dilapangan. Jadi untuk hasil keseluruhan dapat peneliti ketahui bahwa kesesuaian cara guru mengajar PJOK di tiga SD Negeri di Kecamatan Tamban Kabupaten barito Kuala adalah >85%- <100%.
PERENCANAAN EVALUASI SUMATIF ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA KELAS VIISEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MARTAPURA Solid Dirgantara Gultom; Rahmadi Rahmadi; Abdul Hamid
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.914

Abstract

Perencanaaan evaluasi sumatif dalam aspek kognitif yang dibuat guru mata pelajaran pendidikan jasmani bertujuan untuk mempermudah guru mata pelajaran pendididikan jasmani olahraga dan kesehatan agar dapat melihat sejauh mana murid memahami materi yang diajarkan. Mengingat betapa pentingnya hasil dari penilaian sumatif yang dilakukan guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan sabagai data berupa dokumen yang bisa menjadi gambaran serta tolak ukur untuk guru, murid, wali murid, dan sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bisa diperoleh kesimpulan bahwa penilaian sumatif yang di lakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam aspek kognitif pada sekolah menengah pertama kelas VII di Martapura belum sepenuhnya karena terkendala oleh waktu dan wabah covid-19/corona.
INDEX PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI ASPEK KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DI KOTA BANJARBARU TAHUN 2019 M. Rifki Aprianur; Tri Irianto; Perdinanto Perdinanto
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kebugaran jasmani masyarakat sebagai gambar pembangunan keolaharagaan pada Kota Banjarbaru. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan test kebugaran jasmani berupa Multistage Fitnes Test (MFT). Metode penelitian ini kuantitatif. Digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarbaru diambil dari 3 Kecamatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, dan Landasan Ulin. Sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 100 individu yang dibagi kelompok per-umur yaitu, anak-anak, remaja, dan dewasa pria dan wanita. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Indeks kebugaran jasmani olahraga kecamatan Landasan Ulin 0.414 lebih tinggi daripada 2 kecamatan lainnya. Kecamatan Banjarbaru Utara dengan nilai 0,408 dan kecamatan Banjarbaru Selatan sebesar 0,314. Dari nilai indeks kebugaran jasmani ketiga kecamatan inilah kemudian dihitung dan didapatlah nilai Indeks pembangunan olahraga pada aspek kebugaran jasmani Kota Banjarbaru adalah 0.379. Nilai indeks ini termasuk kategori rendah karena indeksnya berada diantara nilai 0,000-0,499.
ANALISIS GAYA MENGAJAR MENURUT MUSKA MOSSTON TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MARTAPURA Muhammad Ari Maulana; Muhammad Mulhim; Sofyan Sofyan
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.916

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat persentase penggunaan gaya mengajar Muska Mosston terhadap bagaimana hasil penilaian peserta didik dalam pembelajaran. Subjek yang dilibatkan pada penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Martapura. Peneliti menggunakan metode survei dan kuesioner, observasi, serta dokumentasi pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang datanya diolah menggunakan program spreadsheet (Microsoft Excel). Berdasarkan hasil yang di dapat pada sampel penelitian yaitu kelas X IPS 1, X MIPA 1, dan X Bahasa di SMA Negeri 1 Martapura maka peneliti menyimpulkan persentase gaya mengajar menurut Muska Mosston yang digunakan oleh guru tertinggi pada gaya komando dan gaya latihan. Hasil belajar pendidikan jasmani pada peserta didik dengan guru yang menggunakan gaya mengajar komando adalah lebih dari setengah jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas di anggap tuntas dan hasil belajar pendidikan jasmani pada peserta didik dengan guru yang menggunakan gaya mengajar latihan adalah lebih dari tiga perempat dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas di anggap tuntas. Secara keseluruhan, hasil yang didapat pada penelitian menyatakan bahwa gaya mengajar yang guru pendidikan jasmani kelas X gunakan masih kurang variative dan diharapkan kedepannya guru dapat menggunakan gaya mengajar yang bervariasi dan meningkatkan keaktifan peserta didik saat pembelajaran.
KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PRESTASI DI SMA NEGERI KABUPATEN BANJAR Muhammad Tirta Shalihin; Said Abdillah; Lazuardy Akbar Fauzan
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang digunakan dalam pembelajaran dan prestasi di SMA Negeri Kabupaten Banjar. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu peneliti sebagai instrumen. Data didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik, Guru Olahraga, Wakasek dan Kepala Sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Banjar. Hasil penelitian menyatakan ketersediaan sarana dan prasaran di SMA Negeri sekabupaten Banjar sudah dapat dikatakan cukup ideal dan penggunaannya pun sudah sesuai. Hanya saja untuk prestasi, dua sekolah yang diteliti sudah dinyatakan memiliki prestasi yang bagus di bidang olahraga, tapi ada satu yang masih belum memiliki prestasi karena merupakan sekolah baru.
HUBUNGAN KEKUATAN OTOT PERUT TERHADAP KEMAMPUAN SPIKE PADA PEMAIN BOLA VOLI SMPN 20 SELUMA Akmiko Septo; Supriyanto Supriyanto; Tito Parta Wibowo
MULTILATERAL PJKR JPOK Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Nomor 2, Juni 2021
Publisher : Progran Studi Pendidikan Jasmani JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/mpj.v2i2.918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kekuatan otot perut dengan kemampuan spike pada pemain bola voli SMPN 20 Seluma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain bola voli SMPN 20 Seluma yang berjumlah 14 orang. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa menunjukkan bahwa antara kekuatan otot perut dengan kemampuan spike terdapat koefisien korelasi (r) sebesar 0,680 dengan signifikansi 0,007. Hal tersebut berarti bahwa ada korelasi kekuatan otot perut dengan kemampuan spike dengan tingkat hubungan kuat, dan korelasi tersebut signifikan karena p < 0,05 (0,007 < 0,05). Kesimpulannya adalah ada hubungan antara kekuatan otot perut dengan kemampuan spike pada pemain bola voli SMPN 20 Seluma

Page 1 of 1 | Total Record : 10