cover
Contact Name
Agung Racmadi
Contact Email
lppm@umitra.ac.id
Phone
+6281262639118
Journal Mail Official
jurnal@umitra.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JMB/about/editorialTeam
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB)
ISSN : -     EISSN : 2745892X     DOI : https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) adalah jurnal ilmu hukum yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Mitra Indonesia. Tujuan dari JMB untuk menyediakan akses terbuka penuh terhadap jurnal dan isinya sebagai bentuk dukungan terhadap pertukaran pengetahuan secara global dengan menjadikan hasil penelitian untuk dapat bebas diakses oleh publik. JMB terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Focus and Scope JMB adalah: Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan Manajemen Strategi Manajemen Akuntansi Manajemen Operasional Manajemen Perilaku Organisasi Pengetahuan Manajemen Analisis Keuangan Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Bisnis Ekonomi Bisnis Internasional E-Business Etika Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 01 (2022)" : 8 Documents clear
Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sinta Rahayu Rahayu; Sinta Mak’ibah; Vicky F Sanjaya; Prima Rini Metri
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.740

Abstract

AbstractThis study aims to examine the effect of viral marketing through the Instagram application on purchasing decisions. A case study from this research is a student of Islamic business management at UIN Raden Intan Lampung Class of 2019. This research is a quantitative research. The method used in this research is a questionnaire. The sample of this study amounted to 36 respondents. Statistical tests were carried out using PLS-based Structurel Equation Modeling. The validity test uses the factor loading value, while the reliability test uses Cronbach's alpha, Composite Reliability and Avarage Variance Extracted (AVE) values. From the proposed hypothesis, it has a positive but not significant effect. The conclusion of this study is that viral marketing has a positive but not significant effect on purchasing decisions. Keywords: viral marketing, purchasing decisions
Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Baju Thrift Di Shabira Store Kabupaten Tulang Bawang
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.745

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah gambar toko barang bekas dari Shabira Store Kabupaten Tulang Bawang. Metode yang digunakan adalah dengan instrumen kuisioner, sampel yang digunakan yaitu konsumen di Shabira Store Kabupaten Tulang Bawang berjumlah 66 responden. Uji statistik yang digunakan adalah Structural Equation Modeling berbasis PLS. Uji Validitas menggunakan Factor Loading selanjutnya Uji Reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’c Alpha, Composite Reliability dan Average Variance Extracted (AVE). Dengan demikian, semua hasil item indeks yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel, dengan demikian, hasil Uji Hipotesis menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-value (0.340 0.05), kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil P-value (0.000 0.05).Kata kunci: harga, kualitas produk, dan keputusan pembelian
ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MENILAI TINGKAT KESEHATAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PRIMKOPTAMA WIWAHANA DESA PASIRJAMBU KECAMATAN PASIRJAMBU KABUPATEN BANDUNG SELATAN Eka Sutisna; Edi Suhara; Ratih Ayu Sekarningsih
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.768

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Primkoptama Wiwahana Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Selatan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan rasio keuangan koperasi selama 3 tahun yang diperoleh dari laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam Primkoptama Wiwahana Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung SelatanHasil analisis data mengenai tingkat kesehatan koperasi diperoleh bahwa berdasarkan tingkat Liquiditas dan Solvabilitas Koperasi Simpan Pinjam Primkoptama Wiwahana Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Selatan cukup baik, karena koperasi mampu memenuhi seluruh kewajibannya baik jangka panjang maupun jangka pendek, sedangkan jika dilihat dari tingkat aktivitas dan kemampuan memperoleh laba (profitabilitas) maka Koperasi Simpan Pinjam Primkoptama Wiwahana Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Selatan dapat dikatakan kurang sehat, karena pihak manajemen belum mampu mengelola dana yang ada dengan baik sehingga laba yang diharapkan kecil
Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory anggun fadila; Alika Fadiya Haya; Hero Desyantama
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.741

Abstract

Di era digital saat ini teknik viral marketing adalah pilihan yang tepat dalam berbisnis online maupun offline, apalagi di dukung dengan metode pemasaran yang sangat beragam sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) viral marketing terhadap minat beli konsumen, (2) Kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu Analisis yang digunakan menggunakan metode pengisian kuesioner oleh pelanggan di Richeese Factory Bandar Lampung. Tipe penelitian yang digunakan menilai gambaran dengan pengaruh antar variabel dan jumlah sampel sebanyak 56 responden . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Richeese factory. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah richees factory harus lebih meningkatkan inovasi dan membuka cabang lebih banyak seingga akan memberikan dampak atau manfaat positif yang lebih bagi konsumen untuk lebih tahu produk yang dimiliki Richeese Factory.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BALAI DESA WILAYAH TRIMULIA LAMPUNG BARAT Rini Loliyani; Rina Loliyana; Nety Kumalasari
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.793

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of partial and simultaneous leadership variables, education and training on the performance of employees in the Central Region trimulia lampung barat. Populasi in this study are employees in the Central Region trimulia lampung barat with a sample of 46 respondents. Sampling technique using Saturated sampling method. Data collection techniques used were questionnaires, documentation and interviews. Instrument test instrument of this study is the test of validity and reliability test, while for testing the hypothesis using f test and t test. Researchers also use multiple linear regression analysis to analyze data and reinforced by the classical assumption test that is test of normalistas, multikolinearitas, heterokedastisitas and autokorelasi. The result of data analysis shows that leadership, education and training variables have a significant positive effect both simultaneously and partially on the performance of employees in River trimulia lampung barat. Keywords: leadership, Education, Training and Performance
Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Dusun Gunung Batu, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung Meli Agustina; Vicky F Sanjaya; Hasbullah Hasbullah
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.761

Abstract

ABSTRACKProduct innovation and promotion is one indicator to measure the success and success of managing a business. Because product innovation and promotion are variables that are believed to be able to improve marketing performance, especially for micro, small and medium enterprises (MSMEs). The purpose of this study was to directly examine the product innovation and promotion variables on marketing performance to employees or owners of MSMEs. The number of samples included in this study was 34 and Smart PLS 3 was used as an analytical tool. The results of this study indicate that product innovation and promotion have a positive and significant effect on marketing performance.Keywords: Product Innovation and Promotion on Marketing Performance
Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Pelanggan di Kule’a Coffee di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung zulfanil Azizah; Asrofi Huda Hanafi; Vicky F Sanjaya
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.739

Abstract

Semakin berkembangnya jaman maka akan semakin berkembang pula usaha menengah modern terutama dibidang kuliner. Manusia memiliki beban kerja yang sangat besar sehingga membutuhkan banyak waktu untuk bersantai, coffe shop menjadi salah satu pilihan utama para pekerja ataupun anak muda untuk bersantai dan menikmati hidangan serta coffe untuk menghilangkan stres. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui gambaran serta pengaruh store atmosphere terhadap minat beli pelanggan. Analisis yang digunakan menggunakan metode pengisian Quisioner oleh pelanggan di coffee shop kule’a café yang beralamatkan di jalan endro suratmin Bandar Lampung. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dan verikatif untuk menilai gambaran dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pada pelanggan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Bandar Lampung Anastasya Ayu Saputri; Desi Ambarwati; Vicky F Sanjaya
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 3, No 01 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v3i01.764

Abstract

Perkembangan dalam dunia bisnis khususnya bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa salah satunya JT express. Dengan adanya fenomena bisnis saat ini yang sangat mendorong kegiatan jasa pengiriman barang adalah toko online (online shop). Tujuan utama dari perusahaan jasa itu sendiri adalah memberikan pelayanan yang baikdan maksimal sesuai dengan harapan pelanggan guna membangun kepuasan pelanggan, sehingga jasa pengiriman barang tersebut memiliki hubungan baik dengan pelanggan dimana dalam hal ini pelanggan memberikan kepercayaan kepada perusahaan jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Analisis yang digunakan menggunakan metode pengisian kuesioner oleh pelanggan jt express cabang bandar Lampung.Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dan variatif untuk menilai gambaran dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8