cover
Contact Name
Hairudin
Contact Email
lppm@umitra.ac.id
Phone
+6281262639118
Journal Mail Official
lppm@umitra.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/bej/about/editorialTeam
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)
ISSN : -     EISSN : 27458547     DOI : https://doi.org/10.57084/bej.v4i1
Core Subject : Economy,
Focus and Scope Focus dan Scope Jurnal : Finance Management (Manajemen Keuangan) Operation Management (Manajemen Operasi) Human Resource and Knowledge Management (Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pengetahuan) Marketing Management (Manajemen Pemasaran) Strategic Management (Manajemen Strategis) Management Information System (Sistem Informasi Manajemen) corporate governance (Tata kelola perusahaan) Production and operations management (Manajemen produksi dan operasi) Consumer behavior (Perilaku konsumen) service marketing (pemasaran layanan) Management accounting (Akuntansi manajemen) business planning (Perencanaan bisnis) Tax (Pajak) Behavioral aspects in business (Aspek perilaku dalam bisnis) Small business business management (Manajemen bisnis usaha kecil) Retail trade (Perdagangan ritel) small and medium micro business economics (Ekonomi umkm) Trade in goods and services (Perdagangan barang dan jasa) Management risk (Manajemen Resiko) Indonesia stock exchange (Bursa Efek Indonesia) Fintech Business model (Model Bisnis) Entrepreneurship (Kewirausahaan) E-Bisnis Fundamental Ecosystem Business (Bisnis Ekosistem) Innovation management (Manajemen inovasi)
Articles 61 Documents
Pengaruh Pemberian Kredit terhadap Laba pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. Kantor Cabang Bandar Lampung Riki Renaldo; Diana Lestari
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v1i1.327

Abstract

Lending is the backbone of banking activities. And if we look at the bank's income side, we will find that the bank's biggest income is from income by giving credit. Lending will generate income, and income will increase profits. This study aims to determine how the influence of lending to earnings at PT Bank National Savings Pension Tbk Bandar Lampung Branch Office. In this study lending as an independent variable and profit as the dependent variable, and carried out for the period 2011 to 2013. The method used is descriptive analysis with a quantitative approach. The analysis used is quantitative and qualitative. Based on the analysis and discussion using SPSS, it is known that the magnitude of the effect of giving credit to earnings amounted to 95,896. Simultaneously lending has a significant effect on earnings at PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Bandar Lampung Branch Office. Furthermore, partially 95,896 is greater than 2.63, then credit extension has a significant effect on profits at PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Bandar Lampung Branch Office.
Penetapan Harga Jual Produk Terhadap Volume Penjualan Pada CV Vulkanindo Mitra Abadi Leonard Adrie Manafe
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v3i1.671

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penetapan harga jual produk terhadap volume penjualan CV. Vulkanindo Mitra abadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan bersifat kualitatif. Wawancara dilakukan tepat pada bagian yang terkait langsung dalam proses penetapan harga jual yakni general manager. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara pengamatan langsung ke lapangan terhadap objek yang diteliti. Teknik analisa kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa CV Vulkanindo Mitra Abadi menetapkan harga jual menggunakan indikator harga diskrimisatif terlihat pada data penjualan bahwa harga diskriminatif terlihat paling efektif meningkatkan volume penjualan tiap tahunnya. Penjualan dengan harga mark up mengalami fluktuasi di setiap tahunnya sehingga dirasa harga tersebut belum cukup stabil untuk meningkatkan volume penjualan. Sedangkan penjualan dengan harga promosi adalah penjualan yang mengalami kenaikan dan tidak mengalami fluktuasi di setiap tahunnya namun harga promosi bukan menjadi harga yang mendominasi peningkatan volume penjualan pada data penjualan tahun 2018-2020 dikarenakan harga tersebut memiliki periode terbatas.
Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Dalam Pembangunan Anisa Binar Cahyani; Sulasi Imaniah; Puja Damaskha Rulita Sari; Ananda Hidayat; Dwi Taufiq Aziz; Heni Noviarita
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v2i1.1013

Abstract

The purpose of this journal is to find out the role of women in increasing entrepreneurship in development. The data used is secondary data, where this journal takes data from sources such as books, articles, and readings. The method used is qualitative. Based on the results or discussion, women are one of the great strengths. Women's entrepreneurship is considered capable of changing social and economic values. Women have many important roles for the welfare of the family and the welfare of society. In addition to the main role of women as housewives who take care of and educate children, women also have an important role in building welfare in society. The empowerment of women in supporting MSMEs in Indonesia has enormous potential and must be optimized by the central and regional governments.
Pengaruh Pengelolaan Pembiayaan Agunan Rumah terhadap Peningkatan Nasabah PT. Bank Syari’ah Mandiri (Persero) Kantor Cabang Pembantu Kedaton Bandar Lampung Apun Syaripudin; Miftahur Rohman
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v1i1.217

Abstract

In the concept of Shariah and conventional perbankkan is equally serves as a financial intermediary so many different products perbankkan sharia is not a product with conventional banks . The purpose of this study was to determine and analyze the effect of home mortgage financing management to increase customer at PT . Sharia Bank Mandiri ( Persero ) Branch Office Kedaton Bandar Lampung . While desaian research used in this paper is a qualitative analysis . Based on the results it can be seen that : ( 1 ) The management of home ownership through Musharaka financing at Bank Syariah Mandiri ( Persero ) Branch Office Kedaton Bandar Lampung is good enough is evident from the implementation of financing the management of home ownership that does not burden the bank's customers and always strive for improvement -Fixes lease quickly if the object is not in accordance with the wishes of the customer . ( 2 ) The management of home ownership through Ijara financing of Bank Syariah Mandiri ( Persero ) Branch Office Kedaton Bandar Lampung has done fairly well in accordance with the provisions of sharia perbankkan .
Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo Yuli Ratna Sari; Septi Harliyani; Vicky F Sanjaya
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v3i1.782

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek , dan celebrity endorser terhadap minat beli produk erigo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan link kuesioner yang ditanggapi oleh 55 responden. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) menggunakan software Smart PLS 3.0. PLS adalah metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varian. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap minat beli. Variabel citra merek berpengaruh negatif terhadap minat beli. Variabel celebrity endorser berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli.  Keywords: Price, Brand Image, Celebrity Endorser, Buying InterestAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, brand image , dan celebrity endorser terhadap minat beli produk erigo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan membagikan link kuesioner yang ditanggapi 55 responden. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS 3.0. PLS merupakan salah satu metode statistic Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varian. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel harga berpengruh positif terhadap minat beli. Variabel brand image berpengaruh negatif terhadap minat beli. Variabel celebrity endorser berpengaruh positif segnifikan terhadap minat beli.Kata Kunci : Harga, Brand Image , Celebrity Endorser , Minat Beli
Analisis Pengaruh Cita Rasa Produk, Lokasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Dijou Coffeebar Vonny Tiara Narundana; Eva Sari; Farida Efriyanti
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v3i2.883

Abstract

Perekonomian di segala bidang terus melaju serta berkembang dengan pesat, seperti bisnis industri kuliner, bisnis industri kuliner sekarang semakin meningkat serta berkembang. Semua kalangan, mulai dari remaja hingga manula saat  ini gemar mengunjungi coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita  rasa produk, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Dijou Coffeebar. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan ialah konsumen yang sedang mengonsumsi Dijou Coffeebar. Sampel penelitian berjumlah 97 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data untuk menguji hipotesis meliputi uji t (parsial) dan uji f (simultan) uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Pengujian ini menunjukkan bahwa variabel cita rasa produk, lokasi, dan harga memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap keputusan konsumen pada bisnis Dijou Coffeebar. Perusahaan perlu lebih meningkatkan layanan, memantau dan memperbarui menu atau menambahkan lagi lebih banyak menu, sebagai akibatnya konsumen dapat benar-benar tertarik untuk tetap mengkonsumsi serta mengunjungi bisnis Dijou Coffeebar, selain itu memberikan promo-promo menarik lainnya, maka konsumen akan merasakan manfaat dari apa yang dikonsumsinya sehingga nantinya mempengaruhi kecenderungan konsumen untuk mengkonsumsi lebih.Kata Kunci: Cita Rasa Produk; Lokasi; Harga; Dan Keputusan Pembelian.
Pengaruh Fasilitas Infrastruktur Jalan Raya Di Desa Sumber Rejeki Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat Ananda Hidayat; Tri Amar Prasetyo
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v4i1.1040

Abstract

Infrastructure development is a government program in an effort to improve facilities and infrastructure. Where infrastructure development often raises pros and cons, as is the case with infrastructure development that occurs in villages of sources of fortune which give rise to many positive and negative sides. This study aims to determine the effect of infrastructure development on the people's economy in the Islamic economy. The research method used in this research is descriptive quantitative. The object of this research is the community around the construction project or the highway in Sumber Fortune village. The data sources used are primary data in the form of questionnaire results, observations and secondary data including documents from the village of the source of fortune which can be obtained through the official website belonging to the source of fortune. The analytical method used is simple linear regression analysis in the form of validity test, reliability test, t test, and coefficient of determination test. The results of the study show that infrastructure development has a significant impact on the community's economy. The development of new infrastructure is only limited to the form of government programs for the community, while the values of justice and responsibility in its implementation still need to be increased so that the infrastructure development program can be carried out effectively. Keywords: Infrastructure Development, Community Economic Condition
Pengaruh Tingkat Bunga dan Resiko Kredit terhadap Pendapatan pada PT. Bank Danamon Indonesia Tbk Hairudin Hairudin; Hasbullah Hasbullah; Agung Rachmadi
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v1i2.591

Abstract

AbstractThe influence interest rate and credit risk to income at PT Bank Danamon Indonesia Tbk. The purpose of this research is to know  influence that happened between interest rate and credit risk to income that be measured with use  variable interest rate and credit risk to income to company PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Sample that used is report finance PT Bank Danamon Indonesia Tbk 2009-2016 years. Technique data analysis research use analysis regression linear multiple. Based on the test simultaneous results of the research showed variable independent interest rate and credit risk on the together influential positive significant cantly to income at PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Results partial test showed interest rate influential negative significant to income at PT Bank Danamon Indonesia Tbk, results partial test showed credit risk influential positive significant  to income at pada PT Bank Danamon Indonesia Tbk.Keywords: Interest Rate, Credit Risk, and Income.
Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Anggota Pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung ardansyah ardansyah
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v3i2.878

Abstract

Adanya kompetensi dan motivasi kerja yang maksimal maka akan mempermudah anggota dalam meningkatkan kinerjanya, begitu juga sebaliknya, tanpa adanya dukungan kompetensi dan motivasi kerja maka pencapaian kinerja akan sangat sulit. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah kompetensi dan motivasi kerja secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan inferensial, dengan desain penelitian kausal. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, korelasi product moment, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung, ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung dan ada pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung. Implikasi yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung melakukan pengawasan secara intensif baik melalui inspeksi mendadak (sidak) dan pemberian sanksi disiplin.Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Anggota
Analisis Rasio Keuangan terhadap profitabilitas pada perusahaan Transportasi Umum Yang Terdaftar di BEI 2014-2015 Siti Khoirina; Ade Frisilia Febriyani
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/bej.v2i2.1032

Abstract

This research aims to analyze the influence of  financialratio to measurethelevelof profitability with well partiallyor simultan. Financial ratioinclude Current Ratio This research is using purposive sampling techniqueto collect data population from financial reports 2014-2017 The analysis of data used descriptive statistics,classic assumptiontest, multiple regressionanalysis, hypothesis testing mand  analysis of the coefficient of determination (R2). The results of this research showed that aspartially variable Current ratio has significant influence to the Profitability,and variable Debt to equity ratio, and Total asset turn over.doesn’t have influence to Profitability, and variable NIM have dominant influence to the Profitability. While simultane ously variable Current ratio has significant influence on Profitability. Based on the results of value 47,3% of coefficient of determination(R2),all independent variables have strong influence in Explaining the dependent variable. Keywords: Current ratio, Debt to equity ratio, Total asset turn over dan Profitability