cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
HUBUNGAN INTELIGENSI DENGAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA SISWA SD DI DIY Lailul Hidayah Nursarah; Slamet Suyanto; Bamabang Subali
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i2.4492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB), hubungan inteligensi dengan KKPSAB, serta hubungan inteligensi dan KKPSAB dengan prestasi akademik IPA siswa sekolah dasar di DIY. Inteligensi dan KKPSAB perlu dilihat kesesuaiannya di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian ditentukan secara convenience sampling. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian yang mengukur kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD di DIY oleh Bambang Subali tahun 2015. Data diperoleh melalui tes dengan instrumen tes KKPSAK. Data skor IQ, kefavoritan sekolah, dan prestasi akademik IPA diperoleh dari hasil dokumentasi data sekolah. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji korelasi. Hasil menunjukkan tingkat KKPSAB siswa SD bervariasi antara rendah, sedang, hingga tinggi dengan rerata skor tergolong rendah. Inteligensi dengan KKPSAB memiliki hubungan korelasi positif signifikan dengan kekuatan lemah (r=0,382). Hubungan kedua variabel berdasarkan jenjang kelas dan kefavoritan sekolah tidak selalu signifikan dan tidak berpola. Inteligensi dan KKPSAB dengan prestasi akademik IPA memiliki hubungan korelasi positif signifikan dengan kekuatan lemah (r=0,306). Kata kunci: Inteligensi, Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Biologi, Prestasi Akademik IPA
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN JENJANG KELAS Yulya Surnita Lestari; Bambang Subali; yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i2.4486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) peserta didik,  (2) KBDKPS peserta didik berdasarkan jenjang kelas, dan (3) pengaruh lokasi sekolah dan gender terhadap KBDKPS peserta didik SMA N di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan jenjang kelas.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif metode survei. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik jenjang kelas X, XI, dan XII SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian sebanyak 1.304 peserta didik dari 16 SMA dengan teknik accidental sampling. Instrumen berupa tes dengan pola divergen dengan pertanyaan terbuka (politomous). Pengumpulan data menggunakan tes KBDKPS, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif dengan menghitung skor tes KBDKPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat KBDKPS peserta didik memperoleh tingkat KBDKPS rendah, (2) KBDKPS peserta didik ditinjau berdasarkan jenjang kelas jika diurutkan dari tertinggi ke terendah adalah XII IPA, XI IPA, dan X, (3) KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam mata pelajaran biologi ditinjau berdasarkan jenjang kelas tidak dipengaruhi oleh faktor gender dan lokasi sekolah Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, jenjang kelas
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI FAKTOR PERBEDAAN GENDER Arini Rahmawati Suryaningsih; Bambang Subali; yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i2.4487

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat Kemampuan Berpikir Divergen dalam Keterampilan Proses Sains (KBDKPS), (2) tingkat KBDKPS ditinjau dari faktor perbedaan gender, (3) pengaruh faktor jenjang kelas terhadap KBDKPS peserta didik ditinjau dari faktor perbedaan gender, (4) pengaruh faktor lokasi sekolah terhadap KBDKPS ditinjau dari faktor perbedaan gender peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian adalah 1.304 peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman yang diambil dengan teknik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa perangkat soal tes KBDKPS dengan pertanyaan terbuka (politomous). Teknik pengumpulan data berupa tes KBDKPS, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong rendah, (2) KBDKPS peserta didik perempuan lebih tinggi daripada KBDKPS peserta didik laki-laki, (3) perbedaan KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi dilihat dari perbedaan gender tidak dipengaruhi oleh faktor jenjang kelas, (4) perbedaan KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi dilihat dari perbedaan gender tidak dipengaruhi oleh faktor lokasi sekolah. Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, perbedaan gender
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SENSOR DIGITAL WARNA DAUN PADA PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY FOTOSINTESIS Tini Adiatma; Ciptono .; Drajad pramiadi
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i2.4488

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas dari alat pembelajaran dengan sensor digital warna daun pada pembelajaran guided discovery fotosintesis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XII  SMA N 1 Sewon. Objek penelitian  ini adalah  alat pembelajaran instrumen sensor digital warna daun. Instrumen  dalam penelitian ini berupa angket review ahli materi, ahli media, dan guru biologi, angket respon siswa, dan soal pretest serta posttest.Teknik analisis data untuk data penilaian kualitas  media  pembelajaran  menggunakan  analisis deskriptif dengan mencari modus dan uji gain score untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat pembelajaran ini ditinjau dari aspek keterkaitan dengan bahan ajar, nilai pendidikan, ketahanan alat, keakuratan alat, efisiensi alat, keamanan bagi peserta didik, dan estetika mendapatkan penilaian baik. Respon dari siswa menunjukkan respon positif. Hasil perhitungan gain score 0,412 dan tergolong sedang. Kata kunci :alat, pembelajaran, pigmen, fotosintesis, guided discovery
PENYUSUNAN POCKET BOOK PENYAKIT MENULAR SEKSUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN Anggrek sinta sari; Asri Widowati; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i2.4490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas pocket book Penyakit Menular Seksual (PMS) sebagai bahan ajar pengayaan ditinjau dari kelayakan materi, kegrafisan, kebahasaan, tampilan, pemahaman konsep serta sikap peduli lingkungan pocket book; (2) potensi bahan ajar pocket book PMS  dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI di SMA N 3 Klaten; (3) potensi pocket book PMS untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan  tahap, yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (design),  (3) Pengembangan (Development), dan (4) Uji coba (Implementation). Bahan ajar pengayaan ini berupa pocket book pengayaan penyakit menular seksual yang akan direview oleh 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, dan 2 guru biologi SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Klaten. Tahap uji coba terbatas melibatkan 15 siswa kelas XI di SMA N 3 Klaten. Instrumen penilaian berupa angket penilaian dianalisis secara dekriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas pocket book penyakit menular seksual sebagai bahan ajar pengayaan menurut ahli media, ahli materi dan guru biologi berkategori baik, berpotensi dalam meningkatkan pemahaman konsep termasuk dalam kriteria sangat baik, dan layak digunakan dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan.  Kata kunci: pocket book, penyakit menular seksual. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016