cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No. A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JLEB: Journal of Law, Education and Business
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 2988604X     EISSN : 29881242     DOI : https://doi.org/10.57235
Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. Hukum 2. Pendidikan dan Pembelajaran 3. Akuntansi 4. Ekonomi 5. Bisnis 6. Manajemen
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2023): April 2023" : 5 Documents clear
Hubungan Pola Asuh Gaya Authoritative dengan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Nina Nurhasanah; Yetty Auliaty; Siti Nurul Hidayah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.800

Abstract

Di Indonesia masih terdapat beberapa orang tua yang tergolong belum layak dalam memberikan pola asuh yang tepat kepada anaknya. Hal tersebut akan berdampak pada baik buruknya perilaku anak. Faktanya gaya pengasuhan dapat membentuk atau mendorong perubahan pada perilaku anak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan tujuan untuk mengetahui dan membuktikan hubungan antara pola asuh orang tua gaya authoritative dengan disiplin belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan datanya dengan cara menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada orang tua dan siswa kelas IV SD di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua gaya authoritative dengan disiplin belajar siswa kelas IV sekolah dasar dengan dibuktikan dari perhitungan uji signifikansi (Uji-t) diperoleh 5,934 1,657.
Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Siswa Sri Hidayati; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas IX di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Metode yang digunakan adalah kuantitatif . Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Tes dan, Dokumentasi. Analisis data menggunakan program SPSS 20 dengan menggunakan rumus korelasi. Sampel penelitian adalah siswa/I kelas IX A-D SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Hasil peneitian uji korelasi yang dilakukan pada program SPSS 20 diperoleh nilai r= 0.780 dengan nilai t table 1.736 dengan koefisien sig 0.05 yang berarti literasi digital terhadap prestasi siswa berpengaruh sangat kuat. Hasil pengujian tes siswamenggunakan uji Levene dengan program SPSS 20 diperoleh nilai post tes = 0.867 sehingga hasil belajar siswa bersifat homogen. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian literasi digital terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas IX SMP Negeri 2 Sewon Bantul memiliki pengaruh sangat kuat dengan memperoleh hasil 0.780.
Efektivitas Keberadaan Kampung Cyber Terhadap Sikap Nasionalisme, Patriotisme, dan Bela Negara Choirunnisa Amalia; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Cyber Village untuk nasionalisme, patriotisme, dan untuk bela masyarakat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS 20 menggunakan analisis univariat dan rumus analisis linier sederhana. Sampel penelitian adalah masyarakat Cyber Village Yogyakarta. Hasil kajian analisis linier sederhana yang dilakukan pada program SPSS 20, dari hasil uji keefektifan Cyber Village terhadap nasionalisme diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,398 yaitu p0,05 dan nilai t sebesar -0,856 yaitu lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670. Selanjutnya untuk patriotisme diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,686 yaitu p0,05 dan nilai t hitung sebesar 0,407 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670. Kemudian diperoleh nilai signifikansi 0,202 yaitu p0,05 dan nilai t hitung sebesar -1,291 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,670 pada pertahanan komunitas. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian efektivitas Cyber Village tidak efektif pada masing-masing 3 sikap yaitu nasionalisme, cinta tanah air, dan bela negara dalam masyarakat.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran Multipel Representasi Cahya Nusantara; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui melalui model pembelajaran Multipel Representatif tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Satui berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif.
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Nailin Fauzia Qonita; T Heru Nurgiansah
JLEB: Journal of Law, Education and Business Vol 1, No 1 (2023): April 2023
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jleb.v1i1.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI IPA 3 SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan siklus model spiral Kemmis dan Taggart yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, test evaluasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas XI IPA 3 SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen-Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase hasil nilai belajar siswa dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil nilai belajar sebelum dilakukan tindakan yaitu 12,5%, setelah tindakan pada siklus I peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 40,623%, dan setelah dilakukan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 84,375% dan dapat dikategorikan sangat tinggi. Kemudian hasil observasi aktivitas guru sebelum tindakan yaitu 25%, setelah tindakan pada siklus 1 yaitu 67,5%, kemudian setelah tindakan pada siklus II yaitu 95 %. Hasil observasi aktifitas siswa sebelum tindakan yaitu 30,39%, setelah tindakan pada siklus I yaitu 60,39%, dan setelah tindakan pada siklus II yaitu 82,81% dengan kategori sangat tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5