cover
Contact Name
Muhtarudin
Contact Email
muhtar@lpkia.ac.id
Phone
+628122137034
Journal Mail Official
jurna_jaab@lpkia.ac.id
Editorial Address
Jalan Sukarno Hatta No. 345 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis
ISSN : 23031069     EISSN : 28087410     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Berikut ini adalah bidang minat yang disarankan: Administrasi Perkantoran Tata kelola perusahaan Kewiraswastaan Keuangan Sumber daya manusia Manajemen Pengetahuan Kepemimpinan Sistem manajemen informasi Digitalisasi Pemasaran Manajemen operasional Manajemen Strategis Perpajakan Bisnis pemula Inovasi dan kreativitas Topik lain di bidang administrasi bisnis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis" : 5 Documents clear
KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUKAAN REKENING NON PERORANGAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Bojongsoang )Kabupaten Bandung Tuti Sulastri
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan. Metode yang digunakan berbentuk deskriptif analisis dimana data yang dikumpulkan berbentuk uraian (deskriptif) mengenai kegiatan subyek yang diteliti. Hasil analisis di peroleh bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan diawali secara procedural yaitu Bagian Customer Service melayani Calon Nasabah yang akan melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan kemudian Calon Nasabah harus menyerahkan persyaratan seperti KTP, Legalitas Perusahaan (SIUP, TDP), Struktur Organisasi dan NPWP sebagai syarat untuk melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan, namun kendala yang terjadi bagi Calon Nasabah yang tidak mempunyai NPWP harus membuat NPWP terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak sehingga calon nasabah harus kembali pulang untuk mengurus pembuatan NPWP, hal ini membuat calon nasabah merasa tidak puas. Hal baru dari analisis tersebut diusulkan bahwa calon nasabah tetap di beri layanan dengan cara membuat Surat Pernyataan Tidak Mempunyai NPWP Sementara. Hal tersebut merupakan solusi agar lebih efektif dan efisien untuk calon nasabah yang belum mempunyai NPWP, walaupun setelah itu calon nasabah akan mengurus pembuatan NPWP ke pihak kantor pajak sesuai dengan peraturan dari pihak bank. Solusi ini merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan calon nasabah agar calon nasabah merasa puas atas pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Distinctive Competence sebagai Strategi Peningkatan Kinerja dan Pencapaian Kesuksesan Jangka Panjang Perusahaan Rahayu Sri Purnami
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas kompetensi khas yang termasuk dalam bidang studi manajemen strategis. Kompetensi khusus adalah apa yang organisasi lakukan lebih baik daripada pesaingnya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peran penting kompetensi khas dalam meningkatkan kinerja perusahaan yang mendukung tercapainya kesuksesan jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi khas dapat dicapai dengan memperhatikan beberapa hal seperti peran seorang pemimpin, Learning-based distinctive competence, Technological Distinctive Competencies, penggunaan analitik data besar, Distinctive Marketing Competencies and Total Quality Management.
MEKANISME PENYAJIAN PELAPORAN KINERJA KEUANGAN Muhtarudin Muhtarudin
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Standar Akuntansi Pemerintahan merupakan panduan bagi pemerintahan dalam menyajikan laporan keuangan. Standar Akuntansi diperlukan agar laporan keuangan yang dihasilkan oleh pembaca laporan. Laporan Keuangan merupakan pertanggung jawaban pemerintah yang telah diberikan dan digunakan dengan semestinya.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian laporan keuangan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis komparatif dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan, dan menganalisa data yang dikumpulkan serta gambaran yang jelas sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung telah berpedoman pada peraturan Pemerintahan Nomor 24 Tahun 2005 dalam menyajikan laporan keuangan. Sebaiknya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung bisa lebih transparansi atau lebih terbuka dalam memberi atau membagi informasi mengenai laporan keuangannya
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI WARGA DI KANTOR KECAMATAN IBUN KABUPATEN BANDUNG Tengku Ine Hendriana
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan memberikan informasi kepada warga dilakukan dari Bagian Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang diterima langsung dari kantor kabupaten, kemudian informasi dari kantor kabupaten tersebut diberikan kepada Bagian Pelayanan Umum. Bagian Pelayanan Umum menyebarkan informasi tersebut kepada warga melalui media sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan metode berbentuk deskriptif analisis, dimana data yang dikumpulkan dibahas dalam bentuk uraian mengenai kegiatan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Informasi Warga di Kantor Kecamatan Ibun. Pemanfaatan media sosial Whatsapp Group, Facebook dan Instagram sebagai media informasi bagi warga Kecamatan Ibun, belum digunakan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Whatsapp Group, Facebook dan Instagram sebagai media komunikasi warga. Bagian Admin dan Bagian Pelayanan Umum mengalami kesulitan, karena tenaga kerja di Bagian Pelayan Umum hanya ada satu tenaga kerja yang bekerja untuk melayani masyakarat secara langsung sehingga penyampaian informasi kepada masyarakat secara digital masih kurang maksimal. Hal baru dari analisis yang diusulkan bahwa untuk pemanfaatan media sosial agar dipergunakan dengan maksimal, maka perlu pengawasan penyampaian informasi kepada masyarakat Kecamatan Ibun. Dalam pengawasan penyampaian informasi yang menggunakan media sosial, maka pihak Kantor Kecamatan Ibun perlu melakukan sosialisasi secara terus-menerus dan memfasilitasi pada saat transisi dari manual menjadi digital.
PEMBERIAN KODE KLASIFIKASI ARSIP MENGGUNAKAN APLIKASI E-OFFICE DI KABUPATEN BANDUNG Rini Ratnaningsih
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Pemberian Kode Klasifikasi Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Secara Digital Menggunakan Aplikasi E-Office Pada Bagian Tata Usaha Pimpinan Di Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung. Mengikuti era globalisasi untuk memproses surat menyurat pada lingkungan pemerintahan diperlukan sistem digital, sehingga aplikasi E-Office merupakan solusi untuk mempercepat proses pengelolaan surat menyurat. Terutama dalam mencantumkan kode klasifikasi arsip yang awalnya manual harus mencari pada buku panduan, sekarang beralih ke sistem kode klasifikasi arsip secara digital, dengan mencantumkan kode klasifikasi arsip secara cepat. Namun hasil penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif ditemukan kendala pada kode klasifikasi arsip yang telah di input pada aplikasi E-Office tidak spesifik atau tidak rinci. Sehingga proses mencatat pada buku agenda surat masuk dan keluar masih diperlukan untuk mempermudah pengarah surat atau petugas surat dalam menyusun dan mencari arsip kembali. Dari kendala tersebut penulis memberikan saran agar adanya titik temu antara pimpinan, petugas arsip, dinas terkait dan petugas Information and Technology (IT) agar ada rapat koordinasi dan konsultasi kembali dalam menyusun dan menyepakati kode klasifikasi arsip yang digunakan, untuk menghindari ketidak teraturan dalam pengarsipan surat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5