cover
Contact Name
Rangga Prayitno
Contact Email
ranggaprayitno0@gmail.com
Phone
+6281247981607
Journal Mail Official
ranggaprayitno0@gmail.com
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : -     EISSN : 29887321     DOI : https://doi.org/10.60034/10.60034
Core Subject : Education,
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (EESJ) is published by the Teaching Faculty of Education, Ekasakti University, Padang, Indonesia. (EESJ) publishes research articles in education that report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topics can be in curriculum, teaching and learning, evaluation, quality education, management, and educational technology. Papers, which contain reviews of research-critical literature on special education topics are also welcomed.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)" : 10 Documents clear
KEMAMPUAN MENULISKAN KEMBALI ISI HIKAYAT DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PADANG Deswita Eka Putri Putri; Zuraida Khairani; Eva Fitrianti
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa menuliskan kembali karakteristik hikayat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi kemampuan menuliskan kembali karakteristik hikayat dengan bantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% dari 288 siswa yaitu 72 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui tes unjuk kerja berupa menuliskan kembali karakteristik hikayat berbantuan media audiovisual. Data dianalisis berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian adalah siswa yang mampu menuliskan kemustahilan berada pada kualifikasi sempurna 44 orang (61%), nilai lebih dari cukup sebanyak 11 orang (15%), nilai kurang sekali 17 orang (24%). Siswa yang mampu menuliskan kembali kesaktian dengan kualifikasi nilai tertinggi sebanyak 21 orang (29%), nilai lebih dari cukup. sebanyak 16 orang (22%), nilai kurang sekali sebanyak 35 orang (49%). Kemampuan siswa menuliskan kembali istana sentris dengan kualifikasi nilai tertinggi sebanyak 66 orang (92%) dan nilai lebih dari cukup sebanyak 6 orang (8%).Kemampuan siswa menuliskan kembali kata arkais dengan kualifikasi nilai tertinggi sebanyak 41 orang (57%), nilai lebih dari cukup sebanyak 13 orang (18%), nilai kurang sekali sebanyak 18 orang (25%). Dengan demikian, secara keseluruhan kemampuan siswa menuliskan kembali karakteristik hikayat ada pada kualifikasi baik.
PROSES KREATIF DALAM KUMPULAN PUISI ONE BY ONE, LINE BY LINE KARYA RUSLI MARZUKI SARIA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Soni Hurianto; Eva Fitrianti; Susanti Marisya
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, bahwa kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini mendapat penghargaan SEA Write Award dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017. Kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini memudahkan pembaca asing dalam memahaminya, karena dalam kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini mempunyai dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, tahap-tahap dan kondisi kejiwaan penyair perlu diketahui oleh penikmat sastra maupun masyarakat umum, agar penikmat sastra maupun masyarakat umum lebih mudah dalam memahami puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap dan kondisi kejiwaan penyair dalam penciptaan kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, teknik catat, teknik rekam, dan teknik pustaka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini, diperoleh bahwa kumpulan puisi One by One, Line by Line merupakan pengalaman pribadi dari penyair Rusli Marzuki Saria. Kumpulan puisi One by One, Line by Line memiliki struktur batin. Bagian dari struktur batin puisi ada tiga, yaitu tema, nada, dan amanat. Dalam kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini ada bermacam-macam tema dan dalam kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini mempunyai berbagai nada, serta dalam kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria ini banyak mengandung amanat. Selain itu, Rusli Marzuki Saria memiliki kepribadian kreatif seperti: (a) imajinatif, (b) berprakarsa, berinisiatif (dapat memulai sesuatu sendiri), (c) mempunyai minat yang luas, keterbukaan terhadap rangsangan yang baru, (d) mandiri, berpikiran luas (bebas) dalam berpikir, (e) rasa ingin tahu yang kuat, (f) jiwa kepetualangan, (g) penuh (gairah) semangat, energik, (h) percaya diri, (i) bersedia mengambil resiko, dan (j) berani dalam berkeyakinan. Selain itu, proses kreatif dalam penciptaan kumpulan puisi One by One, Line by Line karya Rusli Marzuki Saria mengalami empat tahap psikologis dalam proses kreatif penciptaan puisi, yaitu; preparasi, inkubasi, iluminasi, dan evaluasi/verifikasi.
PRAANGGAPAN DALAM NOVEL JEJAK SANG PENCERAH KARYA DIDIK L. HARIRI Andri; Zuraida Khairani; Susanti Marisya
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembaca tidak dapat menerima pesan-pesan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya pembaca terhadap praanggapan yang bisa membuat kesalahpahaman makna. Kesalahpahaman makna dapat menyebabkan bertujuan umtuk mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan dalam novel Jejak Sang Pencerah karya Didik L. Hariri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan tokoh dalam bentuk kalimat, kata, frasa, klausa yang mengandung praanggapan dalam novel ” Jejak Sang Pencerah” karya Didik L. Hariri. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, data yang terdapat praanggapan dalam novel Jejak Sang Pencerah karya Didik L. Hariri sebanyak 86 data yaitu: (1) Praanggapan eksistensial terdiri dari 21 data, (2) praanggapan faktif terdiri dari 4 data, (3) praanggapan leksikal terdiri dari 19 data, (4) praanggapan struktural terdiri dari 39 data,(5) praanggapan nonfaktif terdiri dari 2 data dan (6) praanggapan kontrafaktual terdiri dari 1 data.
PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL GERHANA KARYA AA NAVIS Eron Musei Saroro; Eva Fitrianti; Yefrizon
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Novel Gerhana karya AA Navis mempunyai gaya bahasa yang lugas, serta pencitraan yang terdapat dalam novel Gerhana yang mudah diekspresikan dan diinterpretasikan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis gaya bahasa yang digunakan dalam novel Gerhana karya AA Navis serta mendeskripsikan fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam novel Gerhana karya AA Navis. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa gaya bahasa dalam novel AA Navis. Gaya bahasa tersebut yaitu, gaya bahasa perbandingan meliputi: perumpamaan, personifikasi, pleonasme dan tautologi, metafora, dan koreksi atau epanortosis. Gaya bahasa pertentangan meliputi: ironi, hiperbola, dan paronomasia, klimaks. Gaya bahasa pertautan meliputi: eponim, dan gradasi. Gaya bahasa perulangan meliputi: kiasmus, dan simploke. Fungsi gaya bahasa dalam novel Gerhana adalah untuk menggambarkan suatu peristiwa dan perasaan manusia, menggambarkan penderitaan, menggambarkan keadaan, menggambarkan sifat manusia, menyindir suatu hal, memuji suatu hal, memberikan pesan moral, dan menekankan suatu hal.
KATA SAPAAN BAHASA MENTAWAI DIALEK SIMATALU KECAMATAN SIBERUT BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI Leni Susanti Siribere; Zuraida Khairani; Eva Fitrianti
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering terjadi kesalahan dalam memilih kata sapaan bagi . Hal ini disebabkan oleh pemahaman yang rendah terhadap jenis kata sapaan dan tujuan penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kata sapaan kekerabatan dan nonkekerabatan dalam bahasa Mentawai dialek Simatalu yang digunakan oleh Masyarakat Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik catat, teknik pustaka. Teknik analasisi data yang digunakan adalah menerjemahkan transkripsi, memilah-milah, mengklarifikasikan, menginterpretasi, menganalisis. Hasil penelitian, Sistem Sapaan kekerbatan adalah kata sapaan yang digunakan untuk menyapa seseorang yang termasuk dalam hubungan keluarga, sedangkan nonkekrabatan, kata sapaan umun merupakan kata sapaan yang sifatnya tidak resmi dalam hubungan kekerabatan maupun di luar kekerabatan yang dikaitkan dengan kedudukan seseorang baik dalam adat, agama, maupun jabatan yang tidak resmi. Penggunaan kata sapaan kekerabatan dan nonkekerabatan sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat di Desa Simatalu, Masyarakat Simatalu menganut sistem kekerabatan patrilineal, yaitu sistem kekerabatan berdasarkan garis keturunan ayah. Sistem patrilineal ini menunjukkan bahwa setiap anak mewarisi garis keturunan ayah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kata sapaan kekerabatan dan nonkekerabatan di Desa Simatalu Kecanmatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai sampai sekarang masih digunakan dalam komunikasi sehari-hari.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT LUBUK KILANGAN Rintia Saputri; Caterina Lo; Irman
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is; 1) to analyze the effect of the physical work environment on performance in the Lubuk refinery sub-district office; 2) to analyze the effect of communication on performance in the Lubuk refinery sub-district office; 3) to analyze the effect of the physical work environment and communication on performance at the Lubuk refinery sub-district office. This type of research is quantitative. The population of this study is the employees of the refinery's bottom camat office which amounted to 28 people taken in a sampling saturated manner. The data is processed using multiple linear regressions using questionnaires. The results showed that 1) the physical work environment (X1) had a positive and significant effect on the performance of employees of the Lubuk Kilangan Camat Office. This is known from the regression coefficient value of 0.680 with a thitung of 3,458 > a ttabel of 1,987 and a value (sig 0.002<0.05), 2) communication (X2) positively and significantly affects the performance of employees of the Lubuk Kilangan Camat Office. This is known from the regression coefficient value of 0.367 with a count of 2,393 > 1,987 and the value (sig 0.025<0.05), 3) the physical work and communication environment has a positive and significant effect on the performance of employees of the Lubuk Kilangan Camat Office with a > ftabel fhitung value of 17,925>3.95 and a sig value of 0.000<0.05.
PENGEMBANGAN HANDOUT DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 PADANG Rusmayeni; Nela Sari Yolanda
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan handout dengan metode penemuan terbimbing yang valid dan praktis. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan) dan 4) Desseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan),dan Development (pengembangan). Handout yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji validasi oleh validator dan uji praktikalitas oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Handout sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Hasil observasi aktivitas siswa adalah 75,4% dengan kategori aktif. Persentase tes hasil belajar siswa adalah 82,4% dengan kriteria berhasil. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segi empat untuk pembelajaran matematika di kelas VII.4 yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI WALI NAGARI KECAMATAN LINGGO SARIBAGANTI Nia Rahmadani; Reni Respita; Detman
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of work motivation and job satisfaction on the performance of Wali Nagari employees of Linggo Saribaganti Subdistrict. This type of research is quantitative. The population of this study is an employee of Wali Nagari Linggo Saribaganti Subdistrict which amounted to 44 people taken in total sampling. Data is processed using multiple linear regression using questionnaires and hypotheses using the T test and Test F. The results showed that there is an influence between work motivation (X1) on employee performance and there is an influence between job satisfaction (X2) on employee performance in Wali Nagari Linggo Saribaganti Subdistrict. For Employees and Leaders in Wali Nagari District Linggo Sari Baganti must further improve its performance and motivate themselves more eager to work.
AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN IDENTIFYING GENERIC STRUCTURE OF NARRATIVE TEXT AT SECOND GRADE OF SMA EKASAKTI PADANG Elda Martha Suri; Yessy Marzona; Risa Pertiwi Ningsih
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the difficulties of students ability in identifying generic structure of narrative. The purpose of this research was to find out to describe the students ability in understanding generic structure of narrative text and to describe the students ability in determining main idea in paragraph of narrative text. Many student were not to able to identifying generic structure of narrative text and difficulty in finding main idea in paragraph of narrative text. This research was conducted at SMA Ekasakti Padang, in academic year 2021/2022. The researcher conducted this research based on the researcher experienced of teaching practice. This researcher used descriptive research. The population of this research is all of students at second grade of social science of SMA Ekasakti Padang, namely 10 students. In taking the sample, the researcher used total sampling technique and all of population are sample. The instrument of this research was a reading test. Kind of the test is multiple choice test, with a total were questions 25 questions. In collecting data, the researcher gives a test to students with a time of 60 minutes. In analyzing data, researcher used some steps in scoring rubric by Arikunto (2007). The data analysis results showed that the students ability in identifying generic structure of narrative text were good. With the following description, (1) The ability of students in identifying generic structure of narrative text were good (the students' average score were 72.4). Specifically, there were 5 students in the very good category, 2 students in the good category, 1 student in the fair category, 2 students in the weak category, and 0 students in the poor category. (2) The ability of students determining main idea of narrative text were good (the students' average score were 70). Specifically, there were 6 students in the very good category, 0 students in the good category, 1 student in the fair category, 0 students in the weak category, and 3 students in the poor category. From the results, the researcher concluded that students in identifying generic structure were good.
AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN GRAMMAR MASTERY OF THREE ENGLISH TENSES AT THE TENTH GRADE STUDENTS’ OF SMKN 5 PADANG Lailatul Husna; Yessy Marzona; Muharti Rosa Putri
EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research as to find out students' mistakes and difficulties in English tenses. This research was carried out at SMKN 5 Padang in the 2021/2022 academic year. The researcher conducted this research based on the findings in class. Many students were not able to make correct tenses well in learning and teaching activities.This researcher used descriptive method. The population in this research was 35 students at the tenth grade of SMKN 5 Padang, namely X TKJ (teknik komputer jaringan). In taking the sample the researcher used total sampling, so all population were samples, with the number of sample 35 students. The instrument of this research was a grammar test. In tecnique of collecting data the researcher asked students to use three tenses. In the data analysis, researcher used an assessment rubricThe results showed that the students' ability in grammar mastery, showed the total score of the students’ in using English tenses either in percentage score and mean score. The score showed that the students‟ ability in using English tenses was good. it is found that were sixteen students got good percentage (61.53%), and there were no one students got very poor percentage. The data also showed the total score of each tenses with mean score (62.88%). The researcher concluded that students grammatical errors in constructing three tenses English was good.

Page 1 of 1 | Total Record : 10