cover
Contact Name
Dadi Mulyadi Nugraha
Contact Email
sosioreligi@upi.edu
Phone
+6285795665290
Journal Mail Official
sosioreligi@upi.edu
Editorial Address
Gedung Numan Soemantri, FPIPS UPI, Departemen Pendidikan Umum, Lantai 2, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung, 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pendidikan Umum
ISSN : 16931793     EISSN : 26563622     DOI : -
Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, reviews of articles from contributors, and news on new technologies related to general education. This journal includes original research articles, review articles, and brief communication, including: General Education Character building Value Education Pancasila Education Civic education Religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM" : 5 Documents clear
Konstruksi Visi dan Misi Ekstarkurikuler Pramuka dalam Pengembangan Karakter Kepemimpinan di Era Pandemi Covid-19 Asep Mauludin Syahdani; Dadi Mulyadi Nugraha; Febriana Ruspendi
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis keteladanan dimana solusi terbaiknya melalui peserta didik dengan pengembangan karakater kepemimpinan melalui ekstrakurikuler Pramuka. Di era pandemi Covid-19, penelitian akan berfokus pada kontstruksi visi dan misi ekstrakurikuler Pramuka dalam pengembangan karakter kepemimpinan di MTs Negeri 5 Cirebon. Hal tersebut berkaitan dengan moto madrasah, program kerja Pramuka, kegiatan kepramukaan, dan peran pembina sebagai pembimbing dan pelatih disaat pademi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, ketua Pramuka dan pembina Pramuka MTs Negeri 5 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu teknik pengumpulan data secara deskriptif.
Implementasi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Digital dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Pasundan Banjaran Iman Ahmad Gymnastiar
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di dalam suatu dunia pendidikan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan daya pengetahuan serta daya serap siswa terhadap suatu isi materi dari pembelajaran tertentu agar proses pembelajaran lebih menarik dan dapat berjalan secara maksimal diperlukanlah sebuah media pembelajaran. Yang mana media pembelajaran ini merupakan salah satu elemen yang penting dalam proses pembelajaran agar para siswa lebih mudah memahami isi materi yang disampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dengan menrapkan media pembelajaran gamifikasi digital yang dikemas dengan game online berbasis edukasi, yang salah satunya dengan mengimplemantasikan aplikasi kahoot yang merupakan salah satu media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengimplementasian aplikasi kahoot dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan ialah dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan studi lapangan, dengan subjek dan objek penelitian di sma pasundan banjaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan mengimplementasikan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran menciptakan minat dan juga motivasi belajar siswa sma pasundan banjaran ini meningkat secara drastis sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan tercapai.
Proses Pembelajaran Pendidikan Islam dan Multikultural (Suatu Telaah Literatur dan Studi Kasus Implementasi) Saparudin Saparudin
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini merupakan karya tulis yang menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih mengarah ke jenis penelitian Pustaka. Dalam tulisan ini mengkaji beberapa pandangan para ahli tentang Pendidikan Islam Multikultural. Karena tulisan ini merupakan kajian Pustaka sehingga dalam bahasannya lebih terfocus pada uraian beberapa pendapat para ahali dalam tulisan atau bukunya yang mengemukakan tentang alasan dasar perlunya Pendidikan Islam Multikultural dan konsep pengembangannya dalam proses kegiatan pembelajaran. Dalam tulisan ini juga menncoba mendeskripsikan suatu hasil penelitian studi kasus tentang implementasi dari pendidikan Islam Multikultural dalam realita di sekolah. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh suatu imformasi yang menggambarkan tentang implementasi pendidkan Islam Multikultural di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Cilegon. Di mana hasil penelitian memberikan jawaban permasalahn tentang bagaimana pelaksanaan atau impementasi dari Pendidikan Islam Multikultural, Pendidikan Islam Multikulturan secara umum telah terlaksana akan tetapi ada bebarapa aspek yang dianggap belum dapat mewujudkan pelaksanaan dari pendidikan Islam Multikultural.
Analisis Program Gerakan Literasi Melalui Dongeng Keagamaan Berbasis Boneka Wayang Di Sekolah Dasar Rama Wijaya Abdul Rozak; Syifa Nur Fadhiilah; Nabila Qothrunnada; Nadila Azzahra; Putri Alifa Dhitareka; Windi Harwiyati
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi dinilai mampu membentengi perilaku tidak bermoral, tindak asusila dan sebagai payung dalam menumbuhkan karakter yang berdaya guna, jujur serta terpuji. Kemampuan anak di sekolah dasar lebih cepat dari orang dewasa, sehingga pengasahan kemampuan visual dinilai dapat meningkatkan kognitif anak bukan hanya dengan membaca secara biasa dan hanya berpaku pada buku-buku yang penuh tulisan. Kajian ini ditujukan agar menghadirkan variasi dalam literasi dan mempermudah siswa dalam memahami literasi dengan media dongeng keagamaan menggunakan wayang. Metode penelitian yang dipilih berupa literatur review yang bersumber dari penelitian dan kajian peneliti terdahulu. Literatur review yang ada dihasilkan dari analisis Critical Appraisal yang membandingkan kajian untuk menilai secara transparan perbedaan yang tertera dalam data suatu kajian. Hasil penelitian memfokuskan cara agar literasi dapat mempengaruhi karakter siswa, meningkatkan pengetahuan dan informasi secara langsung dan tidak langsung dengan dongeng kedaerahan yang memiliki amanat dan unsur penokohan dengan media wayang yang mengajarkan perilaku baik bagi kehidupan siswa sehari-hari dan membentuk anak didik yang berwawasan, berimajinasi tinggi, dan meningkatkan kemampuan visual dalam memahami informasi yang disajikan.
Studi Literatur: Analisis Pengaruh dan Upaya Pengembangan Nilai Perilaku Prososial Pada Siswa Sekolah Dasar Arlinta Ulfa Auvisena; Aiman Faiz; Kurotul Aeni
Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum Vol 20, No 1 (2022): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus artikel ini membahas tentang pengaruh dan upaya untuk mengembangkan perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Anak-anak di sekolah dasar harus bisa bersosialisasi dengan baik. Salah satu perilaku yang ditunjukkan adalah perilaku prososial, dimana seseorang memiliki keinginan untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan upaya dalam mengembangkan perilaku prososial pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru meupakan salah satu pengaruh yang menentukan munculnya perilaku prososial, sehingga guru harus melakukan upaya peningkatan perilaku prososial sedini mungkin. Pengaruh lain yang mempengaruhi perilaku prososial ialah lingkungan keluarga dan teman sebaya. Faktor situasional dan faktor dalam diri juga berpengaruh pada munculnya sikap prososial. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku prososial adalah memberikan teladan atau contoh, memberikan motivasi dan stimulus secara konsisten, serta selalu menekankan perhatian terhadap norma-norma prososial.

Page 1 of 1 | Total Record : 5