cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli" : 4 Documents clear
Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid Di SMAN 2 Salatiga Irna Eltri Samoling; Bambang Ismanto; Lelahester Rina
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i3.21618

Abstract

Mengingat kondisi saat ini yang tidak mendukung untuk pembelajaran secara langsung, maka kegiatan tersebut harus dilakukan, maka dari itu sekolah mendefinisikan pembelajaran online (dalam jaringan). E-learning merupakan sarana teknologi dengan menggunakan internet yang tidak langsung tetapi menggunakan media elektronik yang memudahkan peserta didik untuk belajar kapan saja atau di mana saja. E-learning merupakan pengalaman baru bagi pendidik dan peserta didik khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran online yang dilakukan dengan menggunakan model konteks, masukan, proses, dan produk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah model analisis deskriptif yang menggambarkan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, Jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipasi pasif. Observasi partisipatif pasif dilakukan dengan observasi tetapi tidak berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Wawancara, jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Dokumentasi yang digunakan untuk mempelajari data yang telah dikumpulkan. 
Pelaksanaan Pembelajaran Daring di masa COVID-19 di SMP Negeri 3 Marioriwawo Alvina Nurulita; Abdul Hakim; Nurhikmah H
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i3.22411

Abstract

This study aims to describe 1) How is the process of implementing online learning 2) the advantages and disadvantages of online learning during the implementation of online learning 3) Obstacles to the implementation of online learning during the COVID-19 period in Indonesian language subjects. The data analysis technique used was descriptive-analytical technique. The results of the study indicate that the implementation of online learning is a process of implementing learning that students are required to study alone in their respective homes. The disadvantages and advantages of online learning are that it is easy because teachers can give assignments and students send assignments more easily because they are sent via WhatsApp, the drawback is the lack of student activity in participating in teaching and learning activities. The obstacle is the ineffectiveness of learning due to lack of supervision from parents and students experiencing boredom during the online learning process. 
Ketakberdayaan Mempertahankan Persediaan dan Modal Akibat Covid_19: Studi Kasus Gadde-gadde Mama Robi Andi Sri Wahyuni; Rezky Salsabila Sitanggang
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i3.21216

Abstract

The outbreak of the Covid_19 pandemic in Indonesia, which reached its climax in May 2021, caused the government to issue a restriction policy which resulted in the closure of Mama Robi's business. This study aims to understand the process that occurred in Mama Robi's gadde-gadde, from being able to last for fourteen years to being collapsed during a pandemic. By using a qualitative approach, this study was designed with a case study method. Triangulation techniques were carried out during data collection and analysis to test and strengthen the validity of existing data. The results of the analyzed data showed that the restriction caused Mama Robi to lose her customers. In addition, the restriction caused Mama Robi and her family to take their own supplies at her gadde-gadde stall, which drained Mama Robi's sales of gadgets. Mama Robi's initial capital ran out and the gadde-gadde was closed. The results of this study can be used as a basis for the government to make policies that are friendly to paggadde-gadde. This policy is important to ensure the sustainability of the business that supports some of the people with a lowermiddle class economy in Makassar. Keywords: gadde-gadde; restriction; Covid_19; SMEs 
Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring Berbasis Budaya Siri’ Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smp Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar Asrul Burhan; Abdul Haling; Farida Febriati
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i3.21891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami gambaran Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Daring Berbasis Budaya Siri' Pada Mata Pelajaran Pkn Di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan metode studi kasus model Miles and Hubermann. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan pengungkit data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter budaya siri tersebut telah diintegrasikan dengan baik karena jika siswa melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai pendidikan karakter budaya Siri maka pimpinan Sekolah,

Page 1 of 1 | Total Record : 4