cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli" : 5 Documents clear
Digital Parenting: Mendidik Anak Gen Alpha Bagi Orang Tua Milenial Putri Ramadani; Andi Ummul Khaerat; Nur Isnaeni Darwis
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.34768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali, memahami, sekaligus menganalisis bagaimana pemberian literasi digital pada orang tua dan memberikan gambaran dampak dari era digital terhadap kesehatan mental anak. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada studi kepustakaan atau literatur review. Adapun tahapan prosedur penelitian ini, yakni: melakukan studi literatur yang dapat mendukung penelitian terkait pemberian literasi digital pada orang tua dan dampak dari era digital terhadap kesehatan mental anak. Artikel ini menganalisis pola pengasuhan digital yang baik untuk orang tua milenial lakukan kepada anak-anak generasi alpha sehingga memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh dilakukan pada saat menggunakan perangkat digital agar tetap menjaga kesehatan mental anak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya pola asuh orang tua di dunia digital (digital parenting) yang sangat diperlukan oleh orang tua milenial dalam proses pengasuhan digital anak generasi Alpha, sehingga orang tua dapat tetap menjaga kesehatan mental anak di era perkembangan teknologi ini.Kata Kunci: literasi, digital, orang tua, kesehatan mental
Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMPN 1 Polut Terhadap Literasi Digital Pencegahan Cybercrime Nuramaliah Nuramaliah; Khusnul Hatimah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.33500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap literasi digital, sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya kejahatan dunia maya atau cybercrime. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat siswa kelas VIII SMPN 1 Polut yang belum menyadari berbagai bahaya yang dapat terjadi ketika menggunakan media digital. Hal tersebut berdampak pada peningkatan resiko atau bahaya terhadap penggunanya. Sehingga dibutuhkan peningkatan kesadaran siswa terhadap bahaya dan kejahatan yang dapat terjadi di dunia maya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai penerapan program literasi digital di lingkungan sekolah.Kata Kunci: literasi digital, kejahatan digital, media
Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Tidung Kota Makassar Nur Nurabidah Nurabidah; Saharullah Saharullah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.35647

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bertujuan (1) mengetahui gambaran motivasi membaca siswa kelas V SD Negeri Tidung (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung (3) bertujuan mengetahui hubungan motivasi membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi membaca, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI sebanyak 150 siswa. Sampelnya yaitu, kelas V dengan kuantitas 37 siswa dengan metode pengambilan sampel non probability sampling jenis purposive sampling. Adapun hasilnya menunjukkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri Tidung berada pada rentang sedang dengan persentase sebesar 41%. Adapun kemampuan membaca pemahamannya siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 43%. Serta diperoleh nilai sig antara kedua variabel tersebut yaitu 0,000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi membaca dengan kompetensi membaca pemahaman siswa kelas V SDN Tidung Makassar. Kata Kunci: motivasi membaca, kompetensi membaca pemahaman
Game Edukasi Online pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kakaktua Makassar Novita Sari
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.33367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis E-learning yang diharapkan mampu memberikan Siswa untuk tetap giat belajar serta memacu daya pikir siswa yang akan teransang untuk pengembangan sosial, emosi, dan juga perkembangan fisik melalui aktifitas bermain yang mengandung edukasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kakaktua Makassar kelas V SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dari penelitian ini berisi 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/materi dan ahli desain/media, Siswa-siswi yang berjumlah 25 orang dan 1 Guru pengampuh mata pelajaran Bahasa Indonesia, pemanfaatan Game edukasi online dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan game edukasi online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD telah memenuhi kriteria valid. Kriteria validasi memperoleh pengakuan/pengesahan produk sesuai kebutuhan sehingga produk tersebut dinyatakan layak dan cocok digunakan pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu model Alessi dan Trollip (planning, design, development).Kata kunci: game edukasi, kahoot, e-learning
Analisis Video Pembelajaran dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Anugrah Hidayah; Rahmat Al Qadri Basri; Muhammad Yusuf
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.34775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mencari tahu bagaimana video pembelajaran bisa menjadi media efektif yang dapat dipilih untuk peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran siswa saat di Sekolah. Metode penelitian yang kami gunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan metode library research yaitu dengan pencarian dan pengumpulan data dari internet, referensi ilmiah atau jurnal yang berhubungan dengan topik video pembelajaran dan peningkatan minat belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan teknik analsis deskriptif. Penelitian ini menganalisis sumber-sumber data yang telah didapatkan dari internet berupa artikel dengan penelitian serupa yang kemudian digabungkan dan dianalisis sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran dapat meningkatkan minat  belajar pada siswa.Kata Kunci: video pembelajaran, siswa, minat belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5