cover
Contact Name
Wufron
Contact Email
wufron@uniga.ac.id
Phone
+6282240045491
Journal Mail Official
jwa@fekon.uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A Telp. (0262) 234857 Fax. (0262) 239126
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Knowledge Management
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 29645522     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v17i1
Core Subject : Economy, Science,
Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and conceptual frameworks in the development of accounting science as an analytical tool in decision making.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management" : 5 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen Produk Edukasi PT. Tigaraksa Satria di Garut Rahma Anisatul Masriyah; Rohimat Nurhasan; Deri Alan Kurniawan
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2129

Abstract

Penelitian ini membahas hal faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusan pembelian terhadp produk edukasi PT. Tigaraksa pada populasi semua konsumen ataupun reseller produk Al-Qolam PT. Tigaraksa dengan sempel sebanyak 96 responden dengan memakai metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan memakai teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data diuji memakai validitas, reliabilitas, serta analisis faktor dengan bantuan aplikasi Software Microsoft Excel serta IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian keputusan pembelian pada produk edukasi Al-Qolam diakatakan baik. Dan untuk hasil analisa faktor didapat faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian konsumen menggunakan tiga faktor baru yaitu (1) faktor pilihan produk yang terdiri dari harga sesuai manfaat, merupakan produk terkenal, penawaran harga promo, dan memberikan garansi produk. (2) Faktor pilihan penyalur yang terdiri dari rekomendasi teman, memiliki variasi/jenis yang beragam, memiliki fitur-fitur yang menarik, pelayan EPC yang baik,serta kebutuhan akan pendidikan anak. (3) faktor pilihan merek yang terdiri dari teknologi modern, memberikan service gratis bagi setiap garansi, dan membutuhkan akan produk edukasi.
Analisis Tata Kelola pada Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut Desi Qoriah; Neng Devi Widia; Imas Purnamasari
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami tata kelola yang diterapkan di desa Mekarsari kecamatan Cilawu kabupaten Garut. Metode Penelitian yang digunakan analisis Kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara serta observasi. Sedangkan teknik pengelolaan data menggunakan teknik purposes sampling. Hasil yang diperoleh pada penelitia ini menunjukan bahwa Tata Kelola cukup baik, ditunjukkan dengan diterapkannya transparans, akuntabilitas, responsivitas, orientasi consensus, efektivitas, meskipun masih ditemukan kurangnya partisipasi masyarakat terhadap keterlibatan kebijakan pemerintahan desa.
Analisis Wilayah Manajemen Operasional pada UMKM Bintang Langit Fitrin Rawati Suganda; Imas Purnamasari
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2123

Abstract

Salah satu UMKM di Kabupaten Garut adalah UMKM Bintang Langit yang memproduksi benang gelasan. Produk ini terbilang produk yang unik, karena digunakan secara musiman yaitu pada saat main layangan, yang biasanya pada musim  kemarau. Produk benang gelasan merupakan salah satu produk UMKM Kabupaten Garut yang sudah tembus pasar Ekspor. Salah satu fenomena yang terjadi, disaat pesaing-pesaingnya sudah dapat mengekspor produknya, berbeda dengan UMKM Bintang Langit yang baru bisa memenuhi kebutuhan pasar domestik namun pada wilayah manajemen rantai pasokan sudah mampu melakukan distribusi secara digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode deskriftif. Dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Manajemen operasional UMKM Bintang Langit, dan 2) Lima keputusan pada Wilayah Manejemen Operasional, yaitu Desain Produk, Manajemen Kualitas, Desain Proses dan Kapasitas, Lokasi, dan Tata letak pada UMKM Bintang Langit. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan manajemen operasional UMKM Bintang Langit dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan kontroling pada wilayah manajemen operasional perusahaan dilakukan oleh pemilik seorang diri, sehingga belum sepenuh nya optimal terutama pada wilayah Desain proses dan Kapasitas. Namun demikian secara keseluruhan keputusan pada wilayah manajemen operasional yaitu pada wilayah Desain Produk, Manajemen Kualitas, Desain proses dan Kapasitas, Lokasi, dan tata letak, pada kelima wilayah tersebut telah memiliki indikator yang mendukung pada kegiatan yang efektif dan efisien.  Kata kunci: Desain Produk, Desain Proses dan Kapasitas, Lokasi, Manajemen Operasional, Manajemen Kualitas, Tata Letak, UMKM.
Analisis Strategi Pemasaran Kedai Chicken Monster Dimasa Pandemi Covid-19 Eri Adia Sandra; Andri Muhamad Nuroni; Soviyan Munawar
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2130

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengenali aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pemasaran di kedai chicken monster untuk menentukan strategi pemasaran berdasarkan marketing mix (product, price, place, promotion) untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran yang pas untuk perusahaan kedai chicken monster. penelitian ini memakai metode interview (wawancara) dan observasi untuk mengumpukan data primer, dan kemudian dianalisis sesuai dengan faktor lingkungan internal (SW) dan faktor eksternal (OT) kemudian dari skor nilai aspek area internal serta eksternal masing-masing dianalisis dengan memakai peralatan analisis SWOT. Hasil penelitian yang digambarkan pada diagram menunjukan bahwa perusahaan kedai chicken monster berada pada kuadran 1, yaitu kuadran expansion, yang mendukung strategi offensive yaitu memiliki kekuatan (strength) dan kekuatan (opportunities), maka dapat dimanfaatkan SO yaitu dengan memakai kekuatan serta menggunakan kesempatan.
Persepsi Kemudahan terhadap Penggunaan E-Wallet serta Dampaknya pada Kepuasan Dandi Hamdani; Rahyuniati Setiawan; Asep Saepuloh
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2128

Abstract

Metode yang dilakukan yaitu melalui menggambarkan hasil dari penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasinya yaitu masyarakat Garut. Teknik yang dilakukan adalah dengan menentukan ciri-ciri khusus dari responden, yang dimana ciri-cirinya yaitu konsumen yang pernah menggunakan E-Wallet. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan Path Analysis. Selain menyebarkan pertanyaan juga, penulis menggunakan teknik mencari informasi secara langsung kepada objek, selain itu penulis juga melakukan dokumentasi. Persepsi kemudahan e-wallet OVO berdasarkan hasil skor mendapatkan kriteria penilaian yang baik. Hal ini menunjukan bahwa pengguna memiliki persepsi bahwa e-wallet OVO mudah untuk digunakan dalam bertransaksi. Penggunaan e-wallet OVO mendapatkan tanggapan baik dari responden. Responden menyebutkan bahwa akan selalu menggunakan e-wallet OVO untuk bertransaksi. Kepuasan pengguna e-wallet OVO menunjukan penilaian yang baik dari responden secara keseluruhan. Artinya, setelah menggunakan e-wallet OVO pengguna merasa puas ketika bertransaksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5