cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI" : 16 Documents clear
DAYA TARIK DAN STRATEGI KOMUNIKASI FORUM PENGEMBANGAN KAMPOENG BATIK LAWEYAN SOLO DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN WISATA LOKAL Elia Krisma; Dian Novita Kristiyani
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.7

Abstract

Kampoeng Batik Laweyan (KBL) merupakan salah satu wisata lokal di Kota Solo, keberadaanya berpadu dengan kenangan masa lampau dan modernitas, serta harmonisasi keunikan yang dimiliki membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui daya tarik apa yang dimiliki KBL dan bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Solo dalam upaya mempertahankan wisata lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui sumber pengumpulan data primer dan data sekunder, serta melakukan observasi. Hasil yang didapatkan bahwa dalam upaya mempertahankan wisata lokal di KBL, daya tarik wisata sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung seperti menjadikan KBL sebagai The Central Batik and Heritage of Java dan menawarkan modernitas secara bersamaan. Strategi komunikasi pariwisata sangat dibutuhkan dengan merancang pesan yang menarik oleh FPKBL didukung oleh pemerintah kota, masyarakat setempat, dan pengunjung. Memilih media promosi komunikasi dalam penyampaian pesan pariwisata yang menarik melalui media konvensional dan media online.
REPERTOAR PADA AKTIVISME DIGITAL DI TWITTER: SMNA TAGAR #PRAYFORKANJURUHAN SEBAGAI TRAGEDI PERSEPAKBOLAAN INDONESIA Bio Bhirawan
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.44

Abstract

Sejumlah peneltian menjelaskan bahwa aktivisme digital dapat terjadi di Twitter. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui jaringan dalam sebuah repertoar aktivisme digital pada tagar #PrayForKanjuruhan, dan mengetahui bagaimana repertoar aktivisme digital tersebut dapat terbentuk dan berkembang. Penelitian ini menggunakan metode Sosial Media Netwok Analytic, dengan melakukan crawling, analisis dan visualisasi  menggunakan aplikasi Netlytic dan Gephi untuk selanjutnya dimaknai dalam sebuah konsep repertoar dan aktivisme digital. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa repertoar aktivisme digital pada tagar #PrayForKanjuruhan terbentuk melalui jaringan yang luas, menyebar, satu arah, dan terbagi kedalam cluster besar. Kemudian aktor yang membentuk jaringan repertoar tersebut tidak hanya terdiri dari akun media klub bola saja. Dengan kondisi jaringan tersebut, menyebabkan repertoar pada tagar #PrayForKanjuruhan dapat tersebar luas karena dapat digunakan atau digerakan oleh siapapun. Penggunaan kata “Pray” menyebabkan repertoar ini menarik kepedulian banyak orang. Kemudian repertoar aktivisme digital pada tagar #PrayForKanjuruhan berkembang dengan menghasilkan repertoar baru yang dihasilkan melalui perkembangan opini repertoar sebelumnya, sehingga repertoar pada tagar #PrayForKanjuruhan dapat bertahan lama di Twitter
STRATEGI PROGRAM SIARAN ” GET IN THE MOZ ” 90,8 FM OZ RADIO JAKARTA PASCA PANDEMI COVID 19 Mulkan Habibi; Ahmad Nurhidayat
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri radio melakukan berbagai strategi penyiaran dimassa covid 19, pada awal pandemi pendengar radio mengalami peningkatan jumlah pendengar terutama di Jakarta. Peningkatan jumlah pendengar tersebut ditemui pada platform streaming atau radio melalui siaran online jumlah pendengar di beberapa stasiun radio di massa pandemi covid 19 menurut beberapa hasil penelitian tetap stabil karena kebijkan pemerintah yang mengharus orang untuk beraktifitas di rumah. Memasuki era normal atau pasca pandemi covid 19 dibutuhkan beberapa strategi agar era baru pasca covid ketertarikan pendengar radio terus meningkat. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi program siaran OZ radio pada masa pasca pandemic covid 19. Metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan sebuah metode yang digunakan peneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian pada waktu tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi OZ radio menerapkan beberapa strategi penyiaran untuk mempertahan pendengarnya dimasa pasca covid 19 antara lain dengan menerapkan strategi dayparting yakni dengan melakukan pengaturan penjadwalan program siaran. counterprogramming sebagai strategi untuk mencapai pasar yang di inginkan dengan melakukan pemilihan target audiensi yang di tuju. Strategi berikutnya adalah Bridging, OZ Radio Pasca pandemi Covid- 19 menetapkan beberapa kebijakan baru yang diterapkan bagi seluruh crew dan kebijakan tersebut disusun oleh manager station
STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAH DALAM PERSPEKTIF COMMUNICATIVE CONSTITUTION OF ORGANIZATION THEORY Dian Ariani
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semangat penyederhanaan birokrasi di instansi pemerintah dilakukan melalui perampingan struktur organisasi yang bertujuan untuk mentransformasikan proses bisnis pemerintahan menjadi lebih dinamis, lincah, dan profesional. Birokrasi yang ramping dapat mengoptimalkan pelayanan ASN. Namun penyederhanaan birokrasi ini dapat berpengaruh terhadap arus komunikasi dan memunculkan konsekuensi komunikasi di dalam struktur organisasi pemerintahan. Permasalahan komunikasi ini menjadi menarik untuk diteliti. Dengan penelitian, peneliti ingin menjelaskan kajian komunikasi dengan pendekatan CCO dapat berkontribusi untuk membentuk struktur organisasi pemerintah serta mengidentifikasi kelemahan dalam komunikasi pemerintahan yang pada gilirannya dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan struktur. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivis, pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan unit analisis dalam penelitian ini adalah enam pegawai Instansi Pemerintah. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penyederhanaan birokrasi menyebabkan beban kerja yang tinggi di level pimpinan sehingga memunculkan masalah komunikasi dalam koordinasi pekerjaan. Penugasan baru yang bersifat direktif dan strategis memerlukan penunjukkan penanggung jawab yang memiliki kemampuan manajerial setingkat eselon IV. Permasalahan ini dapat diatasi dengan meningkatkan interaksi pegawai dan perkuatan dalam struktur organisasi pemerintah.
STRATEGI PENANGANAN KOMPLAIN HUMAS MARKETING RS PANTI RAHAYU PURWODADI MELALUI EDUKASI DENGAN PENDEKATAN BUDAYA JAWA Damianus Sissigi; Rini Darmastuti
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.60

Abstract

Layanan kesehatan memiliki divisi hubungan masyarakat yang bisa dianggap penting dalam menjalan tugasnya. Tugas humas sendiri salah satunya adalah menangani komplain konsumen terhadap instansinya. RS Panti Rahayu merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar di Purwodadi Grobogan yang memiliki bagian Humas Marketing dengan salah satu perannya menangani komplain pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi penanganan complain, strategi edukasi seperti apa yang sudah dilakukan, dan strategi edukasi dalam penanganan complain dengan menggunakan pendekatan budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian dan bagian Humas Marketing RS Panti Rahayu sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Penanganan komplain selama ini berdasarkan adanya keluhan pasien yaitu lamanya antrian pendaftaran dan pengambilan obat, ketepatan jam dokter, serta beberapa keluhan lainnya. Strategi edukasi dalam proses penanganan komplain yang dilakukan dengan memberikan penjelasan, pengklarifikasian, permintaan maaf, dan solusi terhadap masalah yang dikeluhkan oleh pasien. Dalam upaya pendekatan dengan budaya Jawa, edukasi yang dilakukan kepada pasien juga memperhatikan karakteristiknya, status Pendidikan dan tingkat ekonomi, jenjang usia, serta asal daerah.
PENGARUH ADVERTORIAL DEKORUMA EXPERIENCE CENTER TERHADAP BRAND AWARENESS DEKORUMA Syelfa Maharani; Rah Utami Nugrahani; Nisa Abdullah
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Advertorial merupakan fitur artikel yang menyediakan sebagian besar informasi mengenai berbagai aspek produk atau layanan. Dekoruma memanfaatkan hal tersebut untuk mengarah langsung kepada bisnis Dekoruma, memberikan penjelasan mengenai informasi–informasi produk yang ada di perusahaan dan persuasi secara langsung terkait showroom milik Dekoruma yaitu Dekoruma Experience Center. Namun, adanya perkembangan teknologi yang menggeser gaya hidup masyarakat di Indonesia dalam mendapatkan informasi terkait suatu produk maupun jasa yang dapat diangkat menjadi menjadi latar belakang permasalahan pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif (hubungan kausal) dan teknik analisis data pada penelitian ini memakai analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara variabel advertorial (X) terhadap variabel brand awareness (Y), karena menghasilkan thitung 16.675 > ttabel 1,967 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Penelitian ini juga memiliki pengaruh yang memiliki besaran persentase cukup besar yaitu 42,1%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi Dekoruma untuk mempertahankan bahkan meningkatkan advertorial yang disebarkan untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkait adanya Dekoruma.
KOMUNIKASI PEMASARAN ERA DIGITAL: LITERATURE REVIEW TERHADAP STRATEGI ADVERTISING MULTIKANAL MCDONALD’S Shintia Ariska
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i2.72

Abstract

Saat ini, komunikasi pemasaran ditandai dengan konsep percakapan multidimensi, dimana produk dapat menemukan suara mereka sendiri di ceruk pasar, bagi konsumen untuk merespons dari alam bawah sadar mereka. Digitalisasi telah secara drastis mengubah skema iklan yang mengarah pada investasi perusahaan yang lebih besar dalam iklan digital. Platform iklan digital menawarkan strategi pemasaran yang dapat menjangkau konsumen dari berbagai tempat sekaligus. Penelitian ini dilakukan untuk memahami pengembangan industri periklanan sebagai bagian dari komunikasi pemasaran di era digital dengan mengeksplorasi strategi periklanan McDonald yang menggunakan teknologi baru untuk mengoptimalkan upaya pemasaran baik secara global maupun dalam konteks lokal Indonesia. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tinjauan literatur artikel ilmiah dan sumber kredibel lainnya yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa McDonald's menggunakan teknologi iklan digital terbaru seperti iklan online, AdWords/Adsense, signage digital, endorsement, crowdsourcing dan data mining untuk bertahan di pasar dan memenuhi preferensi konsumen. Praktik iklan multikanal McDonald’s telah terbukti efektif dan sukses. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan pendapatan dari outlet makanan cepat saji nomor satu dunia tersebut. Selain itu, praktik periklanan ini membuat McDonald’s tetap relevan dengan segmentasi konsumen lintas generasi serta meraih peningkatan popularitas.    
PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN Shalimar Mediana; Indra Novianto Adibayu Pamungkas
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.73

Abstract

Digitalisasi merambah ke semua sektor bisnis termasuk pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan perubahan kebutuhan masyarakat agar dapat bersinergi dengan digitalisasi. Selain itu, digitalisasi juga mempengaruhi kegiatan konsumsi masyarakat yang kemudian mendorong bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut serta mengandalkan teknologi digital, terutama usaha mikro. Pelaku usaha mikro Batik Hasan merupakan salah satu UMKM mitra Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bandung yang mulai menggunakan pemasaran digital di e-commerce. Pemasaran menggunakan e-commerce terutama bagi produk fesyen merupakan hal yang cukup potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan komunikasi dan bagaimana penyampaian Batik Hasan dalam melaksanakan pemasaran digital di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Hasan menyampaikan pesan komunikasi pemasaran digital di e-commerce dengan mempublikasikan informasi mengenai deskripsi produk dan konten edukasi. Selain itu, Batik Hasan juga menggunakan fitur untuk melakukan promotion campaign. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya dalam melakukan penetapan STP dan pemilihan promotion campaign dengan tepat.
KOMUNIKASI MITIGASI BAWASLU PROVINSI SULTRA PERIODE 2018-2023 TERHADAP PELANGGARAN NETRALITAS ASN PADA PEMILU 2024 Irmawanti; La Ode Muhammad Umran; Abdul Jalil
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.78

Abstract

Pelanggaran netralitas ASN memberikan kontribusi besar dalam nilai Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Provinsi Sultra. Namun, Pemilu 2024 pelanggaran netralitas ASN tidak lagi berkontribusi dalam IKP Bawaslu Provinsi Sultra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi mitigasi yang dilakukan Bawaslu Provinsi Sultra periode 2018-2023. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Sultra Periode 2018-2023. Selain itu, mengumpulkan dokumen yang relevan dan literatur lainnya yang mendukung penelitian.  Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian, komunikasi mitigasi Bawaslu Provinsi Sultra periode 2018-2023 efektif karena pertama, dapat menentukan customer focus baik eksternal maupun internal dengan tepat. Kedua, commitment leader dari pimpinan Bawaslu Provinsi Sultra periode 2018-2023 sehingga dapat mendorong kepercayaan lembaga yang menangui ASN untuk turut aktif dalam mencegah pelanggaran netralitas ASN. Ketiga, Bawaslu Provinsi Sultra periode 2018-2023 telah memasukkan ahli komunikasi dalam perencanaan dan pelaksanaan mitigasi pelanggaran netralitas ASN. Keempat, pengalaman dan data pemilu sebelumnya berfungsi efektif dalam memetakan daerah yang rawan terhadap pelanggaran netralitas ASN. Kelima, Bawaslu Provinsi Sultra periode 2018-2023 memanfaatkan berbagai media baik yang dimiliki lembaga sendiri maupun media pemberitaan untuk melakukan mitigasi terhadap pelanggaran netralitas ASN
HIPEREALITAS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEREPRESENTASIKAN RELASI SOSIAL PERTEMANAN GENERASI Z Adinda Tri Puji Maheswari; Bagas Narendra Parahita; Danang Purwanto
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya media sosial Instagram membuat masyarakat merasakan kebebasan, yang artinya individu mampu menciptakan identitas diri tanpa kejelasan, status, hubungan sosial, yang bukan merupakan bagian dari keadaan yang sebenarnya dengan tujuan membangun komunikasi dan menciptakan relasi pertemanan di dunia maya. Penelitian ini menggunakan teori hiperealitas dari Jean Baudrillard. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali lebih dalam pengalaman subjek dalam menggambarkan suatu representasi hiperealitas di media Instagram. Teknik pengambilan informan yakni dengan purposive dengan kategorisasi pengguna Instagram. Informan penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret dengan rentang usia 18 – 24 tahun, aktif menggunakan sosial media Instagram, memiliki jumlah pengikut <1000 untuk kategori informan pengguna biasa, dan >1000 untuk kategori micro influencer, nano influencer, mahasiswa aktif organisasi, dan mahasiswa pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk hiperealitas media sosial Instagram dalam merepresentasikan dan memaknai relasi sosial pertemanan generasi Z. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, representasi simbol dan konten Instagram yang bersifat hiperealitas mendatangkan dampak positif untuk memperluas relasi pertemanan, membangun personal branding maupun aktualisasi diri, namun juga dampak negatif yang muncul berupa fomo, flexing, maupun kaitannya dengan validasi antar teman yang direpresentasikan melalui Instagram.

Page 1 of 2 | Total Record : 16