cover
Contact Name
Iswandi
Contact Email
wandii291@gmail.com
Phone
+6281363828971
Journal Mail Official
wandii291@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bundo Kanduang No. 142 Simpang Empat Pasaman Barat
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al Kahfi : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27155730     EISSN : 26204312     DOI : -
Al-Kahfi adalah Jurnal Pendidikan Agama Islam dengan kajian pendidikan agama Islam, terbit dua kali dalam setahun (Edisi Januari-Juni dan Juli-Desember), yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI-YAPTIP Pasaman Barat.
Articles 49 Documents
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa Pecandu Game Online di SDN 21 Pasaman Novita Fajar; Sriwardona; Iswandi
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi pendidikan karakter di SDN 21 Pasaman dalam membina akhlakul karimah siswa pecandu game online. Pendidikan karakter merupakan bentuk pelaksanaan pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter terhadap tiap program yang dilaksanakan sekolah. Karakter mencakup didalamnya berbagai budi pekerti, moral dan juga akhlak seseorang. Pendidikan sebagai agen perubahan yang berupaya mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki seseorang termasuk juga akhlak, perlu diimplementasikan dan dimanajemen dengan baik. Implementasi pendidikan karakter terhadap pembinaan akhlakul karimah siswa dapat dilihat dari bentuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pmebelajaran,evaluasi yang dilakukan dan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaannya. Berdasarkan analisis penulis perencanaan pendidikan karakter telah dilakukan dengan baik, namun pada pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan masih perlu pengoptimalan.
Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Model Mind Mapping dan Jigsaw) Herina Yanti
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa yang meningkat. Adapun strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam adalah strategi mind mapping dan jigsaw. Strategi ini telah mampu memberikan solusi dalam membantu peserta didik untuk menguasai materi pelajaran serta membimbing peserta didik tidak hanya mampu memahami konsep materi pelajaran, tapi juga membimbing peserta didik untuk berfikir, melatih peserta didik memahami materi secara efektif dan efisien, mengajarkan cara berdebat yang baik, membimbing peserta didik agar menghargai teman, mendidik peserta didik agar saling berbagi dengan teman dalam mengajarkan materi pelajaran.
Kompetensi Kepala Sekolah dalam Persfektif Al-Qur’an Arfin Candra
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu syarat keberhasilan suatu kelompok baik organisasi pendidikan ataupun yang lain adalah adanya kemampuan seorang pemimpin. Begitu juga dengan organisasi yang ada disekolah sangat memerlukan seorang pemimpin sehingga segala kegiatan dan tindakan dapat terkoordinasi dengan baik dan dapat berjalan lancar. Bahkan tidak hanya dalam organisasi saja kepemimpinan ini ada tetapi juga dalam setiap individu ada jiwa kepemimpinan yang pada intinya dapat memfasilitasi seseorang untuk memimpin dirinya sendiri. Adapun hasil pembahasan yaitu: 1) Keterampilan konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya, perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya; 2) Teknik kepemimpinan merupakan suatu cara yang dipergunakan seorang pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya. Didalam teknik kepemimpinan terdapat 6 teknik antara lain teknik pematangan dan penyiapan pengikut, teknik human relation, teknik menjadi teladan, teknik persuasi dan pemberian perintah, teknik penggunaan sistem komunikasi yang cocok, dan teknik penyediaan fasilitas, 3) Keterampilan hubungan antarpribadi adalah pengetahuan tentang perilaku manusia dan proses hubungan antar pribadi dalam membangun kepercayaan (trust) sebagai ekspektasi atau pengharapan positif bahwa orang lain tidak akan melalui kata-kata, tindakan dan kebijakan serta bertindak secara oportunistik, dan 4) Keterampilan dalam memimpin sekolah yang diwujudkan dalam bentuk ketrampilan konseptual, ketrampilan hubungan manusia dan ketrampilan teknikal diisyaratkan dalam QS. Al-Maidah ayat 2.
Keberagamaan Peserta Didik Melalui Budaya Agama di SMPN 10 Bandung Ulfah Azqia Mupidah; Opik Taupik Kurahman; Lutfiyani
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perkembangan agama mahasiswa yang mencari perkembangan budaya agama di SMP Negeri 10 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan keagamaan siswa melalui pengembangan budaya keagamaan di SMP Negeri 10 Bandung telah berjalan dengan baik dan terprogram, baik yang dilakukan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan yang utuh dengan hikmah yang berkaitan dengan perkembangan budaya keagamaan di sekolah dan kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh Rohis (Spiritual Islam) sebagai semacam kegiatan ekstrakurikuler sekolah khusus keteduhan. kegiatan keagamaan lainnya. Keberhasilan ini dapat dicapai karena upaya kepala sekolah dan dukungan dari seluruh komunitas sekolah dengan menunjukkan komitmen yang masing-masing terjadi bersama dan saling mendukung.
Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Tessa Jonneva; Salman
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adanya kegiatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Gunung Tuleh dengan metode pengelompokan siswa kedalam beberapa kelompok dan menggunakan pedoman atau disebut dengan metode cooperative script. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dari berbagai pihak yang peneliti rasa dapat memberikan data-data konkrit, dan studi dokumentasi. Teknik keabasahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data dengan menggunakan bahan referensi dan uji kredibilitas dengan Member Check. Hasil penelitian menentukan bahwa penerapan metode cooperative script pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Gunung Tuleh, Siswa dibagi menjadi enam kelompok dengan jumlah anggota kelompok dua siswa, pembentukan kelompok berdasarkan kemampuan akademik dan karakter pribadi siswa, menentukan peran anggota kelompok, pada langkah ini setiap anggota kelompok diberi peran sebagai siswa pembicara maupun pendengar secara bergantian, mengoordinasikan wacana/materi pelajaran. Pada kegiatan ini guru memberikan teks pelajaran sebagai bahan siswa untuk membuat ringkasan, guru juga menganjurkan siswa untuk membawa sumber referensi yang lain berupa RPUL maupun sumber yang lain, danmembuat ikhtisar dari wacana/materi pelajaran, pada tahap ini siswa pembicara membuat ikhtisar atau ringkasan dari teks pelajaran maupun sumber belajar yang lain, sedangkan siswa pendengar mencari informasi sebagai masukan dari hasil pembuatan ikhtisar tersebut.
Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia Yulda Dina Septiana
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan rangkaian proses pemberdayaan potensi dan kompetensi individu untuk menjadi manusia berkualitas yang berlangsung sepanjang hayat. Proses ini dilakukan tidak sekadar untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat menggali dan menemukan tentang yang baru. Tapi juga mengembangkannya dengan tanpa menghilangkan karakteristik masing-masing . untuk itu system pendidikan bangsa yang berpenduduk lebiah dari 200 juta manusia ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga berkualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya mampu bersaing dengan Negara –negara lain yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas pun tidak mudah, haruslah SDM ini diperoleh dari pendidikan yang bermutu lebih unggul. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profesionalisme guru sebagai pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan beserta upaya dalam meningkatkan professionalisme tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literature berbasis referensi yang relevan dengan topic permasalahan. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) indicator keberhasilan guru profesionaldapat dilihat dari kualitas proses maupun hasil belajar peserta didik yang merupakan tanggung jawab dari guru tersebut, (2) guru harus memiliki kompetensi keguruan, dan (3) terdapat berbagai upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia.
Upaya Guru Agama dalam Membentuk Karakter Akhlakul Karimah dengan Menerapkan Metode Role Playing di SMKN 1 Lembah Melintang Warhamni; Mita Fitria
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena awal di SMK N 1 Lembah Melintang yaitu dimana masih banyaknya peserta didik yang tidak fokus mengikuti proses belajar, ada siswa yang mengganggu temannya belajar, sikap dan prilaku siswa yang tidak baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Namun hal ini kurang diperhatikan oleh guru-guru disekolah SMK N 1 Lembah Melintang karena guru saya lihat lebih mengutamakan bagaimna materi yang disampaikan itu bisa dipahami oleh siswa dan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh setiap guru. Oleh karena itu dirumuskan masalah penelitian yaitu Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter akhlakul karimah dengan menerapkan metode role playing di SMK N 1 Lembah Melintang. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisanya, digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian dikemukakan bahwa upaya guru agama dalam membentuk akhlak dilakukan dengan metode role playing adalah dengan berperilaku jujur, bertanggung Jawab, dan amanah. Namun tidak semua siswa dapat melakukan metode tersebut. Adapun usaha lain yaitu dengan mencontohkan kepada anak mana yang baik dan buruk kemudian membentuk anak dengan bersikap baik, jujur, bertanggung jawab, disiplin, menghargai guru dan sesama teman. Adapun metode role playing yang diterapkan belum maksimal dilaksanakan, hal ini karena butuh proses dan pembentukan karakter itu juga seharusnya menggunakan metode tang bervariasi.
Penerapan Pembelajaran 4.0 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Darul Yamani Panki Susandi
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan pembelajaran 4.0 dengan konsep 4 C yaitu berfikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi pada mata pelajaran PAI serta dalam penerapan strategi, metode dan langkah-langkah guru PAI di SMK Darul Yamani. Oleh karena itu untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran 4.0 tersebut, maka peneliti melakukan suatu penlitian dengan judul Penerapan Pembelajaran 4.0 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Darul Yamani. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan yang diharapkan maka peneliti membatasi permasalah penelitian sebagai berikut, critical thingking, creativity, comunitation dan collaboration peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), metode kualitatif pendekatan deskriptif. Sumberi data dalam penelitian ini data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, analisis data dan menarik kesimpulan. Adapun teknik keabsahan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian bahwa konsep pembelajaran 4.0 yang diterapkan di SMK Darul Yamani telah sesuai dengan tuntutan yaitu mengedepankan 4 C yang berupa critical thingking, creativity, comunitation dan collaboration. Konsep critical thingking siswa-siswi SMK Darul Yamani mampu berdiskusi. Konsep Creativity bahwa peserta didik tidak serta merta hanya menerima pendidikan dari guru saja melainkan bisa menggali melalui sumber-sumber termutakhir saat ini. Konsep comunitation yang menumbuhkan percaya diri dan berani dalam menyuarakan hal baru yang telah mereka pelajari. Sedangkan collaboration, dengan berbagai model dan metode pembelajaran oleh guru terbukti meningkatkan sikap kerjasama sama peseta didik.
Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Karakter Siswa Ratna Musnida Sari; Sar'an
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring perubahan zaman yang semakin maju, berubah pula tatanan kehidupan masyarakat. Dari hal yang paling kecil misalnya tegur sapa dengan guru. Dahulu setiap kali bertemu dengan orang, yang muda menyapa yang tua, akan tetapi sekarang adat yang seperti itu telah menurun. Fenomena kemerosotan akhlak anak seperti melawan kepada guru, bolos pada jam mata pelajaran, tidak shalat dan terlambat datang ke sekolah. Peningkatan kualitas akhlak penting ditanamkan kepada peserta didik MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH TAMIANG UJUNG GADING, agar akhlak yang kurang baik dapat ditanggulangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Bimbingan Konseling dalam membina karakter siswa dan kendala yang di hadapi dalam membina karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Upaya guru Bimbingan Konseling dalam membina karakter siswa sudah maksimal dan terlaksana dengan baik. Karena dapat kita lihat guru bimbingan konseling dapat menerapkan kedisiplinan terhadap diri sendiri maupun peserta didik. 2) Guru Bimbingan Konseling bisa memotivasi, menasehati dan memberi contoh kepada peserta didik agar memiliki akhlak yang baik dan mampu menerapkannya dilingkungan masyarakat.3) Faktor Penghambat guru Bimbingan Konseling Dalam Membina karakter Siswa adalah dari didikan orang tua dan lingkungan yang ia tinggali.
Ketahanan Surau sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Sumatera Barat Sriwardona
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 1 (2022): Al-Kahfi, Januari - Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Surau lembaga primadona di Minangkabau yang eksistensinya dipercaya sebagai lembaga pendidikan Islam. Surau yang awalnya lembaga pendidikan nonformal terjadi pembaharuan menjadi lembaga formal yang modern disebut pesantren dan madrasah di Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang alasan surau masih eksis sampai sekarang melalui penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan melalui tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, terakhir pengujian keabsahan data melalui triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa surau masih eksis sekarang karena 1) madrasah dan pesantren memiliki sistem surau dalam pelaksanaan pendidikan, 2) surau wadah pendidikan Islam dan budaya Minangkabau, 3) pendidikannya terfokus pada tafaqquh fiddin, 4) pengkaderan yang tersistem dan berkesinambungan.