cover
Contact Name
Iswandi
Contact Email
wandii291@gmail.com
Phone
+6281363828971
Journal Mail Official
wandii291@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bundo Kanduang No. 142 Simpang Empat Pasaman Barat
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al Kahfi : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27155730     EISSN : 26204312     DOI : -
Al-Kahfi adalah Jurnal Pendidikan Agama Islam dengan kajian pendidikan agama Islam, terbit dua kali dalam setahun (Edisi Januari-Juni dan Juli-Desember), yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI-YAPTIP Pasaman Barat.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021" : 10 Documents clear
Manajemen Pendidikan Akhlak Menurut Hadis Sriwardona
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan akhlak urgen ditanamkan terhadap anak sejak dini dalam rangka menghindari perilaku tidak baik menurut ajaran Islam dan norma yang berlaku seperti narkoba, pergaulan bebas, prostitusi dan krisis akhlak lainnya. Pendidikan akhlak menurut hadis adalah memberikan binaan agar anak berakhlak mulia seperti Rasulullah. Akhlak mulia menjadi pondasi dalam pembinaan kepribadian manusia. Pendidikan akhlak yang dilakukan sejak dini menghasilkan kepribadian mulia dalam diri anak hingga dewasa melalui manajemen.
Model Pembelajaran Problem Solving Putri Rohani; Salman; Yulda Dina Septiana
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Problem solving(pemecahan masalah) merupakan metode yang sangat penting dalam pembelajaran.Pelajaran akan jauh lebih dipahami dan tidak mudah untuk dilupakan jika guru dan siswa memahami pemecahan masalah dalam mata pelajaran yang bersangkutan. Hingga akhirnya masalah adalah hal sehari-hari yang akan ditemui oleh siswa. Namun, dibalik itu metode ini juga cukup dinamis untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan siswa atau sekolah. Sifatnya yang dinamis, para siswa sangat dituntutmemiliki kemampuan untuk menganalisis materi mulai dengan mencari data sampai dengan menarik kesimpulan. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan apa sebenarnya yang dimaksud dengan problem solving dan mendeskripsikan tahapannya dalam setiap pembelajaran? Model pembelajaran problem solving merupakan model pembelajaran yang berbentuk pemecahan masalah dalam kegiatan belajar dengan tujuan untuk memperkuat daya ingat dan kreativitas peserta didik agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendasar dari materi yang disampaikan. Adapun tahapan yang diterapkan dalam model pembelajaran ini yaitu guru menjelaskan tujuan dari point pembelajaran yang dibahas dan memberikan permasalahan yang perlu dicari solusinya; guru memberikan arahan tentang tata cara pemecahan masalah yang benar dan peserta didik mencari data atau bahan-bahan yang mendukung untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru; peserta didik mencatat solusi apa saja yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan; dan terakhir melaporkan tugas tersebut kepada guru yang bersangkutan.
Membumikan Prilaku Religi di Sekolah Lewat Mengoptimalkan Pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Nuril Huda
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi kasus yang kami teliti adalah dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dimana untuk mengetahui akan pola pada pengembangan budaya religi di SMK Unitomo, yang meliputi guru, karyawan serta dengan sesama siswa sendiri. Dalam upaya untuk membuat strategi pengembangan budaya religi maka dilakukan dengan cara melakukan pendekatan terhadap guru secara keseluruhan, menyemarakkan kegiatankeagamaan secara kontinu dalam sekolah bersama melibatkan semua komponen yang ada di sekolah. Disamping itu menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menjadikan ketat pada absen siswa secara mandiri, memperbanyak symbol-simbol keagamaan secara menyeluruh dilingkungan sekolah sebagai penguat.Sebagai salah satu factor penguat yang lain adalah orang tua siswa dan tokoh masyarakat. Adapun sebagai factor penghambat adalah kondisi lingkungan social yang tidak kondusif serta pengaruh negative dari penggunaan iptek. Sebagai salah satu barometer dampak positif akan budaya religious pada SMK Unitomo adalah memupuk sikap istiqomah dalam menjalankan ibadah, hal ini adalah upaya membentuk generasi yang memiliki jiwa integritas agama dan menjadi bagian dari wadah pengembangan bakat dan minat siswa serta meminimalkan berbagai bentuk kenakalan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Sebagai dampak positif bagi siswa SMK Unitomo adalah memiliki prilaku.akhlaq yang baik (mahmudah) dan memiliki sifat istiqomah dalam menjalankan ibadah, lebih jauh siswa merupakan asset bagi bangsa sehingga bisa dikatakan untuk membentuk generasi Islam yang memiliki jiwa kepemimpinan.
Akulturasi Desa Wisata Osing Kemirendan Eksistensi Edukasi Pelestarian Budaya Iswandi
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman membuat masyarakat sebagai pelaku budaya harus melakukan upaya inovatif dan konstruktif dalam melestarikan kebudayaan tersebut. Dalam rangka merehabilitasi pola kebudayaan tersebut, perlu adanya pola pikir yang mampu mengubahnya menjadi sebuah kata kerja atau sebuah participle, pikiran adalah berpikir (minding), dan membebaskan dari permainan kata-kata dan harus ditabur dalam sebuah ladang dan menghasilkan buah. Penelitian in berupaya untuk mengkaji tentang akulturasi desa wisata Osing Kemiren dan Eksistensi Edukasi Pelestarian Budaya. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Penetapan Desa Wisata Osing merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Osing, agar budaya dapat dikenali dan dibudayakan oleh masyarakat dan sebagai upaya untuk mensosialisasikan budaya Osing kepada masyarakat.Penetapan Desa Wisata yang berupaya untuk menampilkan kepada wisatawan sangat erat kaitannya dengan upaya komersialisasi budaya yang merupakan efek dari perkembangan zaman.Sebagian masyarakat Kemiren ada mendapatkan keuntungan dengan penetapan Desa Wisata Osing, namun juga masyarakat yang menanggapi biasa-biasa saja, karena tidak menguntungkan dari segi ekonomi.
Penanaman Nilai Pendidikan Islam Multikultural melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Arif Muzayin Shofwan; Rina Insani Setyowati
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural bisa dilakukan dengan mengaplikasikan pada segala macam mata pelajaran.Beberapa madrasah ada yang mengaplikasikan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Akidah Akhlak, dan lainnya.Tulisan kualitatif dengan studi kepustakaan ini bertujuan mengkaji tentang penanaman nilai pendidikan Islam multikultural melalui mata Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Miftahul Huda Papungan 01, Sekardangan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural melalui mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) mampu menjadikan anak didiknya menjadi manusia berkarakter multikulturalis sebab memuat nilai-nilai pendidikan multikultural sebagaimana berikut, antara lain: Pertama, teladantidak membedakan status social, warna, kulit, suku bangsa, golongan, kasta, menerapkan kesetaraan, kesantunan, kedamaian dan beradab.Kedua, menerapkan sikap tolong menolong, saling menghormati perbedaan agama, saling menasehati dalam kebaikan, saling memaafkan, musyawarah, dan saling menyayangi.Keempat, memandang umat manusia sederajat, mengedepankan silaturahmi kepada yang berbeda keyakinan, siap merangkul siapapun, mengayomi rakyat, memperhatikan fakir miskin, moderat dan toleran kepada siapapun, dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan.
Desain Pendidikan Agama Islam di SMA Yadi Mulyadi; Lutfiyani
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain PAI di SMA merupakan sebuah kerangka, bentuk serta rancangan prosedur pengembangan serta usaha dalam keadaan sadar kemudian direncanakan dalam mempersiapkan siswa untuk kenal dan paham serta menghayati, beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah, menerapkan ajaran Islam berdasarkan pokoknya yaitu al-Qur’an dan Hadits melewati aktivitas pengajaran, pelatihan dan bimbingan serta penerapan apa yang sudah dilaksanakan (pengalaman). Metode penelitian yang digunakan yaituliterature research atau kajian kepustakaan dimana peneliti melakukan seluruh usahaguna mendapatkan serta mengumpulkan seluruhinformasi terkait permasalahan yangditeliti.Penelitian ini menyajikan berbagai teori yang berhubungandengan teori lainnya serta ditunjang juga denganData dari sumber-sumber pendukung di perpustakaan, terutama yang berkaitan denganDesain Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMA. Data-data yang dianalisis mengenai Desain Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMA mengacu pada sumber buku primer tersebut dan referensi-referensi lainnya yang mendunkung terhadap Desain Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA. Pembahasan mengenai data yang telah ditemukan selanjutnya dianalisisagar didapatkan kesimpulan kemudian penggunaan metode analisis dengan analisis kualitatif.Pembelajaran PAI di SMA bertujuan agar keimanan dan ketakwaan dapat meningkat, melalui penanaman pengetahuan sehingga bisa dihayati dan pengalaman maupun pengamalan siswa-siswi tentangajaran Agama Islam.Agar menjadi muslim yang terus meningkat dalam keimanan serta ketaqwaannya kepada Allah SWT, berakhlakul karimah baik secara pribadi, di masyarakat, maupun bangsa dan negara, sehingga bisa berlanjut pada tingkat pendidikan selanjutnya.
Media Pembelajaran PAI pada Era Covid-19: Studi Kreativitas Guru dan Motivasi Peserta Didik Abd Malik
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran PAI di Madrasah Swasta, dengan fokus persiapan guru, kegiatan guru, hasil evaluasi dalam mengimplementasikan pengembangan penggunanaan media pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era covid-19 pada MTs Swasta Al Mukarram Sungai Sarik Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman.Dari hasil penelitian tentang implementasi penggunaan media dalam pembelajaran PAI di era covid-19 pada MTs.S Al Mukarram Sungai Sarik Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, pembelajaran dengan menggunakan media menjadikan perhatian peserta didik cukup aktif dan memperhatikan guru dalam menyajikan materi ajar di era covid-19 dalam hal materi yang disenangi, dan terdapat tidak seriusnya perhatian peserta didik ketika materi ajar yang disampaikan kurang disenangi. Kedua, sebagian Guru sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk menggunakan media pembelajaran terutama meda LCD proyektor, dan sebagian lainnya belum memahami secara mendalam cara menggunakan media LCD proyektor. Ketiga secara umum guru memiliki kekmampuan mengelola proses pembelajaran Pendidikam Agama Islam (PAI) dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di era covid-19, namun kelihatannya kondisi seperti tidak berjalan secara terus menerus. Keempat, dalam interaksi guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era covid-19 ini sudah terlihat baik, namun disi lain masih terlihat keterbatasan interaksi yang disebabkan oleh kurang cukupnya ketersediaan waktu
Peran Orang Tua terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Anak Rahimi
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga akan memberikan pengaruh yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa yang akan datang. Keluarga yang akan memberikan wacana kehidupan seorang anak, baik prilaku,budi pekerti, maupun adat kebiasaan sehari-hari.Orang tua dituntut untuk memiliki ilmu dan pendidikan yang memadai, sehingga anak-anaknya akan mendapatkan kesempatan belajar dari orang tuanya, dan pendidikan orang tua akan berdampak positif terhadap perkembangan prestasi belajar anak. Dari uraian di atas penulis merasa tertarik untuk melakukan suatu kajian ilmiah tentang Peran Orang Tua terhadap prestasi pendidikan Agama Islam Anak.
Pengembangan Hard Skill melalui Media "Kelas Kita" Ditengah Pandemi Covid-19 Zuftian Aris Achmadi; Faizatul Mufidah; Mahfhudz Idham Kholiq; Mualamatul Musawamah; Muhamad Nailu Syifa’; Noor Azizah
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Covid-19 pandemic has caused major changes in almost all aspects of life, one of which is the education system. Changes in the education system make it difficult for students to receive material, especially students at the elementary school and kindergarten levels, because learning that is usually done conventionally has turned into distance learning or is done online, whose implementation cannot be implemented. regardless of the use of information technology. This study aims to "study how to develop skills through one of the learning media "kelas kita" which is a digital-based educational platform. The results and conclusions in this paper show that the media has an important role in the implementation of learning especially during the current Covid-19 pandemic. The media has a role in conducting interactions between educators and students in the implementation of online learning. In addition, the media also plays a role in facilitating educators to deliver learning materials so that learning continues even though it is not done face-to-face. In the implementation of online learning, of course, there are obstacles that become separate challenges for education actors, which are related to academic culture, including values, attitudes, knowledge, skills, as well as the readiness of facilities and infrastructure related to technology. Organizing literacy and training related to the use of technology can be one of the solutions in dealing with some of the challenges of online learning during the current Covid-19 pandemic.
Studi iAplikasi IMy IQuran Ipada IEra IDigital IDiscruption IdiIThe IWali IStudio Alfina Damar Yanti; Ahmad Kholid Mawardi; Ana Wahdatus Sholikhah; Dewi Safitri; Mualamatul Musawamah; Muhammad Shidqi
Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 6 No. 2 (2021): Alkahfi: Juli-Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Disruption iis ia ivariety iof ithings ithat irefer ito itechnology iand iis iable ito ihave ia ivery ilarge iinfluence ion ithe iindustry ior imarket. iIn ithe ipast, iwhen iAndroid ihad ia ismall iscreen, ithe iresolution iwas ilow, ithere iwas ian iAl-Quran iapplication, ibut ithe iapplication iwas ionly iin ithe iform iof icapturing iimages ifrom ithe ioriginal iAl-Quran, ithus imaking iThe iWali iStudio ithink iwith ithe iQur'an ithat iit iwas iuncomfortable. iThe iWali iStudio ias ione iof ithe idigital itechnology istartups iin ithis idisruption iera iwants ito iprovide ia isolution, inamely iby imaking ithe iMy iQuran iapplication, iwith ithe ihope ithat iThe iWali iStudio ican iprovide ia idigital iapplication imedia ithat imakes ithe ieyes icomfortable, iwhere ithe iletters ican ibe izoomed iin, ithere iis itajwid. iThere iare ivarious icolors ithat ican ibe ichosen ias idesired, ithere iare itranslations ithat ican ibe iraised iand iremoved iaccording ito ithe iwishes iof ithe iuser, iwith ia icellphone ior ilaptop, ithat's ihow ibig ithe iinfluence iof idigital idisruption iis. iThe imethod iused iin ithis istudy iis ia idescriptive iqualitative iresearch imethod iwith ia icase istudy iapproach imodel. iThis istudy iexamines icases iand iexplores ithe iMy iQuran iapplication istarting ifrom ithe idevelopment ibackground, iapplication ifeatures, ipresentation imodel, ito ithe iadvantages iand idisadvantages iof ithe iMy iQuran iapplication. iThis iresearch ialso ireveals ithat ithe ipresence iof ithe iMy iQuran iapplication ican iprovide isignificant ibenefits ifor ithe iMuslim icommunity iin iIndonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 10