cover
Contact Name
Vicia Dwi Prakarti DB
Contact Email
viciadb21@gmail.com
Phone
+6281270105316
Journal Mail Official
journalvcode@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
VCode
ISSN : 29876400     EISSN : 29876400     DOI : http://dx.doi.org/10.26887/vcode
Core Subject : Education, Art,
VCoDe: Journal of Visual Communication Design is an academic journal published by Department of Visual Communication Design, Faculty of Fine Arts and Design, Institut Seni Indonesia Padangpanjang twice a year. This journal publishes original articles with focuses on the results of studies in the field of Visual Communication Design since 2021. VCoDe: Journal of Visual Communication Design with registered number ISSN : 2987-6400 (Online) is peer review frequency of publish is two issues in a year.
Articles 24 Documents
RUANG PAMER DIGITAL DALAM MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI UPAYA MENYEDIAKAN RUANG PAMERAN INTERAKTIF Genta Noverda Putra; Yoni Sudiani; Eva Yanti
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 1, Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i1.3243

Abstract

Perancangan ruang pamer digital dalam media virtual reality sebagai upaya menyediakan ruang pameran interaktif merupakan upaya perancangan sebuah wadah, inovasi, teknologi dan seni, yang di harapkan dapat menunjang proses keratifitas para pekerja keratif dalam berpameran didalam keterbatasan ruang berpameran, diharapkan dengan adanya ruang pamer digital ini dapat menghadirkan seniman seniman baru yang mana bisa terus berinovasi bagi bangsa dan negara. Metode yang digunakan dalam proses ruang pamer digital dalam media virtual reality sebagai upaya menyediakan ruang pameran interaktif adalah analisis SWOT, proses perancangan identitas visual ini dimulai dari mengumpulkan data, melakukan riset, brainstorming, stud, sketsa alternatif, dan studi warna hingga terpilih sebuah final desain. Desain terpilih kemudian diaplikasikan kepada berbagai media pengaplikasian seperti: aplikasi Virtual reality, social media, controller guide, poster, video trailer, website serta sticker.
KOMIK ADAT SUMBANG DUO BALEH SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI PEREMPUAN MINANGKABAU Gabrie Hannan Fadillah Khair; Harissman Harissman; Olvyandra Ariesta
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 1, Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i1.3236

Abstract

Penciptaan karya Tugas Akhir dengan judul “Komik Adat Sumbang Duo Baleh Sebagai Media Informasi bagi Perempuan Minangkabau”, didasarkan kepada ketertarikan pengkarya terhadap fenomena adat Sumbang Duo Baleh yang merupakan adat sopan santun dan tingkah laku di suku Minangkabau, Sumatera Barat. Pengkarya menghadirkan karya berupa komik sebagai bentuk penyampaian informasi bagi perempuan Minangkabau yang berada diwilayah Sumatera Barat maupun perempuan keturunan Minang tentang Sumbang itu sendiri dan aturan-aturan yang harus dipahami seorang perempuan di Minangkabau. Metode penciptaan yang dilakukan terdiri dari persiapan meliputi pengumpulan data, studi pustaka, wawancara, angket online, pembuatan karakter komik, sinopsis cerita, storyboard, dan mengunggah hasil karya pada laman komik online berbasis Webtoon. Komik berbasis online dipilih karena lebih mudah diakses sebagaimana saat ini anak remaja yang sudah lebih banyak memakai ponsel dan akses jaringan sehingga tidak sulit dalam mengakses komik ini. Karya dalam bentuk dua dimensi yang disusun secara memanjang dan diunggah pada laman Webtoon menggunakan aplikasi Ibis Pain-X dan Adobe Ilustrator. Cerita didalam komik meliputi Sumbang Duo Baleh itu sendiri yakni Sumbang Duduak, Sumbang Makan, Sumbang Kato, Sumbang Mancaliak, Sumbang Bapakaian, Sumbang Tanyo, Sumbang Jawek, Sumbang Bajalan, Sumbang Bagaua, Sumbang Karajo, Sumbang Kurenah, dan Sumbang Tagak.
PERANCANGAN GRAFIS LINGKUNGAN PASAR KAMIS KILANGAN SINGKIL Dayu Salihin; Rino Yuda; Nisa Putri Rachmadani
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 2, Juni 2023
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i2.3690

Abstract

ABSTRAKPentingnya media informasi pada suatu lingkungan dalam bentuk identitas dan sign system, dapat digunakan sebagai salah satu sebagai alat bantu publik dalam berinteraksi dengan ruang. Kemajuan teknologi sekarang sangat memudahkan pengguna dalam berkegiatan, dengan adanya perkembangan zaman yang canggih sitem informasi dalam media digital yaitu Perancangan Grafis Lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil target audiens yaitu masyarakat singkil, khususnya pembeli atau pengunjung pasar kamis kilangan singkil. Dimulai dengan observasi langsung ke pasar kamis kilangan singkil dan wawancara online melalui  kuesioner kepada masyarakat yang tiap minggunya berbelanja di Pasar Kamis Kilangan Singkil. Kemudian dianalisa menggunakan metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Target Audience. Grafis Lingkungan berperan sebagai menginformasikan, mengarahkan, dan mengidentifikasi tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas estetika dan psikologis dari suatu lingkungan. Dan berfungsi sebagai penunjuk yang berbentuk landmark dan sign sytem. Aplikasi pembuatan grafis lingkungan menggunakan procreate dan Adobe Photoshop. Proses terlebih dahulu dilakukan membuat sketsa landmark dan sketsa sign system, kemudian diolah kedalam bentuk digitalisasi, pewarnaan, layouting. Dengan menyajian diambil dari bentuk-bentuk elemen yang berkaitan dengan lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil, yaitu bentuk bangunan dan jenis dari setiap pedagang sehingga membentuk suatu alur yang menyatu. Perancangan juga memperindah tampilan pasar dan memiliki nilai daya Tarik. Adapun karya-karya pendukung dari perancangan grafis lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil ini berupa karya digital, baju, pin, dan apron.ABSTRACKThe importance of media information in an environment in the form of identity and sign systems, can be used as one of the public tools in interacting with space. Advances in technology now make it very easy for users to carry out their activities, with the development of a sophisticated information system in digital media, namely Graphic Design for the Thursday Singkil Market Environment, the target audience is the Singkil community, especially buyers or visitors to the Singkil Thursday market. Starting with direct observations at the Thursday Kilangan Singkil market and online interviews via questionnaires to the public who shop at the Thursday Kilangan Singkil Market every week. Then analyzed using the method used in analyzing the data, namely by using the SWOT and Target Audience analysis methods. Environmental graphics serve to inform, direct, and identify but also serve to enhance the aesthetic and psychological qualities of an environment. And serves as a pointer in the form of landmarks and sign systems. Environmental graphic creation application using procreate and Adobe Photoshop. The first process is to make landmark sketches and sign system sketches, then process them in the form of digitization, coloring, layouting. By presenting it taken from the forms of elements related to the Thursday Kilangan Singkil Market environment, namely the shape of the building and the type of each trader so as to form a unified path. The design also beautifies the appearance of the market and has an attractive value. The supporting works of the environmental graphic design of the Singkil Kilangan Thursday Market are in the form of digital works, clothes, pins and aprons. 
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI AIA AKA AMAI DI KOTA PADANG SYIFA SARITA MUCHSIN; KENDALL MALIK; FERRY FERNANDO
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 1, Nomor 1, Desember 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v1i1.2214

Abstract

AbstrakMinuman tradisional aia aka yang merupakan minuman khas Sumatera Barat mengalami penurunan peminat akhir-akhir ini. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya penjual minuman tradisional aia aka di Sumatera Barat. Aia Aka Amai adalah salah satu pedagang minuman tradisional aia aka yang bertahan hingga sekarang. Namun keberadaan Aia Aka Amai tetap kalah jika dibandingkan dengan minuman lainnya seperti kopi, thai tea, boba dan minuman kekinian lainnya. Melihat masalah tersebut, perancang menemukan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang media promosi Aia Aka Amai di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam media promosi Aia Aka Amai ini adalah S.W.O.T dan A.I.D.A. Selanjutnya penulis melakukan brainstorming untuk menentukan konsep yang tepat untuk perancangan media promosi Aia Aka Amai. Konsep yang digunakan adalah muda, natural, dan tradisional. Pada perancangan ini, media yang dihasilkan adalah media utama berupa bauran media, dan media pendukung. Media utama terdiri dari logo, kemasan, video promosi, dan konten sosial media. ABSTRACTThe traditional drink, aia aka, which is a typical drink of West Sumatra, has decreased in demand lately. This is evidenced by the decrease in sales of traditional aia aka drinks in West Sumatra. Aia Aka Amai is one of the traditional aia aka beverage vendors, that have survived to this day. However, the existence of Aia Aka Amai is still inferior when compared to other drinks such as coffee, thai tea, boba, and other contemporary drinks. Seeing this problem, the designer found a solution, namely how to design Aia Aka Amai promotional media in Padang City. The methods used in Aia Aka Amai's promotional media are S.W.O.T and A.I.D.A. Next, the writer brainstormed to determine the right concept for designing Aia Aka Amai promotional media. The concept used is young, natural, and traditional. In this design, the resulting media is the main media in the form of a media mix and supporting media. The main media consists of logos, packaging, promotional videos, and social media content.
PERANCANGAN VISUAL BRANDING TAMAN RIMBA ZOO JAMBI Suci Aulia; Yoni Sudiani; Olvyandra Oriesta
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i2.3650

Abstract

Setiap lokasi dapat memiliki sebuah brand dengan menciptakan dan mengkomunikasikan identitas bagi suatu lokasi yang bersangkutan. Proses ini ditujukan untuk merubah presepsi seorang terhadap lokasi tersebut termasuk melihat perbedaan sebuah tempat lainnya untuk dipilih sebagai tujuan. Keseluruhan proses ini dikenal sebagai branding untuk memberikan citra kepada publik tentang suatu brand. Adapun permasalahan yang dikaji adalah visual branding terhadap Taman Rimba Zoo Jambi belum memiliki komunikasi visual yang mampu menjangkau publik secara efektif. Dalam hal ini, Taman Rimba membutuhkan ide dan inovasi untuk membangun identitas, serta media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif sehingga memiliki brand awareness untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Oleh karena itu, dalam menyelesaikan kendala tersebut terciptanya desain logo, maskot serta bauran media yang mempersentasikan citra Taman Rimba Zoo Jambi. Penelitian ini mneggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kusioner. Analisis data menggunakan SWOT dan 5w+1H. Konsep perancangan menonjolkan identitas Taman Rimba sebagai tempat wisata hiburan dan alam.
ANALISIS PESAN IKLAN TOKOPEDIA DALAM FILM PENDEK “BERBEDA BERSAMA” (ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE) Srinina Srinina; Fentisari Desti Sucipto; Asrinaldi Asrinaldi
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i2.3645

Abstract

Penelitian ini membahas pesan yang terdapat pada iklan Tokopedia dalam film pendek “Berbeda bersama” serta ide kreatif yang mendasarinya. Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online terbesar di Indonesia. Peneliti memilih judul ini dikarenakan iklan ini bertema “Ramadhan”, namun atribut yang digunakan oleh pemeran perempuan tidak susuai dengan anjuran agama islam, penulis menilai iklan ini kontradiktif (bertentangan) dengan anjuran yang seharusnya. Akan tetapi, setiap iklan termasuk iklan ini terdapat ide kreatif yang mendasari konsep iklan tersebut. Selain itu, dalam iklan tersebut kemungkinan mengandung pesan positif yang perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Pierce dalam mencari makna serta ide kreatif yang terdapat pada iklan Tokopedia dalam film pendek “Berbeda bersama” yang bertema “Ramadhan”. Teori yang digunakan adalah teori segitiga makna Pierce yang dibagi menjadi tanda, objek dan interpretasi, penulis memfokuskan analisis tanda berdasarkan objek, yang membagi tanda menjadi ikon, indeks dan simbol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif dan lebih menekankan pada proses dan makna untuk menjelaskan fenomena secara lebih mendalam. Makna pesan yang terdapat dalam iklan adalah menjalin silaturahmi dengan mengunjungi tetangga, berbagi dengan sesama yaitu dengan memberikan kue ke tetangga, dan mengajak berbuka bersama para tetangganya.
PERANCANGAN MOTION COMIC SULTAN THAHA SYAIFUDDIN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KARAKTER PADA ANAK Fani Arjunanda; Yoni Sudiani; Olvyanda Ariesta
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 1, Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i1.3242

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengenalkan karakter tokoh pahlawan nasional sultan Thaha Syaifuddin pada anak yang saat ini sudah mulai lupa tentang perjuangan para pahlawan nasional. Tokoh sultan Thaha Syaifuddin memiliki kisah yang berisikan nilai-nilai kepemimpinan dan jiwa nasionalisme sehingga dapat memotivasi anak menjadi generasi berkarakter berjiwa nasionalisme. perkembangan dan keterbukaan media merupakan salah satu hal yang mempengaruhi karakter generasi muda yang merupakan tulang punggung suatu bangsa. Minimnya rasa nasionalisme pada generasi muda dapat mengarah pada fenomena krisis karakter pada anak terutama anak dalam masa sekolah yakni11-14 tahun. Dalam mencari data ini diperlukan wawancara pada target audiens dan dalam memenuhi target audiens dibuat kuisioner online serta analisa dengan metode AIDA untuk mengetahui rancanagn seperti apa yang akan dibuat. Dari hasil Analisa yang telah di lakukan mendapatkan kesimpulan yakni perlunya sebuah media yang menarik minat anak-anak tersebut dengan media motion komik dimana tokoh utama Sultan Thaha yang merupakan pahlawan Nasional Jambi.konsep visual yang akan disajikan adalah komik flat dan sederhana dimana ceritanya berdasarkan sudut pandang orang ketiga. Dalam proses perancangan ini menggunakan Clip Studio Paint, Adobe Ilustrator dan Adobe Premier. Setelah semua proses sketsa, penyusunan komik, dan pembuatan motion hasil rancangan yang berupa motion comic ini di publikasikan melalui laman Youtube yang dapat diakses anak.
Eksistensi Silek Tuo Nagari Sungai Pua Dalam Fotografi Dokumenter Dira Herawati; Melisa Fitri Rahmadinata; Taufik Akbar
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 2, Juni 2023
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i2.3691

Abstract

ABSTRAKSilek Tuo merupakan salah satu seni bela diri Minangkabau yang tumbuh dan berkembang di nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Di Nagari Sungai Pua, Silek Tuo  masih dihadirkan sebagai salah satu seni tradisi daerah yang dilestarikan. Meski demikian,  peminat akan seni bela diri mulai berkurang dari waktu ke waktu. Hal ini juga dipengaruhi oleh tidak adanya wadah serta media yang bisa meningkatkan gairah generasi millennial untuk mengembangkan silek tuo. Melalui dokumentasi dokumenter, harapannya seni bela diri silek tuo kembali dapat meningkatkan eksistensinya sebagai seni tradisi yang harus dijaga dan dilestarikan.Tujuan penelitian ini ialah sebagai upaya pelestarian dalam menjaga eksistensi  seni bela diri silek tuo dalam bentuk pendokumentasian seni bela diri silek tuo di Nagari Sungai Pua. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengenalkan, mengembangkan seni bela diri silek tuo kepada kaum milenial dengan mendokumentasikan seni silek tuo dalam fotograi dokumenter. Melalui unsur-unsur metode EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time), objek silek tuo dinarasikan dengan gaya bertutur naratif sehingga foto dokumenter ini dapat menyampaikan informasi, dan meyakinkan pemandang foto tentang eksistensi silek tuo.ABSTRACTSilek Tuo is a Minangkabau martial art that grows and develops in the Sungai Pua village, Agam Regency, West Sumatra Province. In Nagari Sungai Pua, Silek Tuo is still presented as one of the local traditional arts that is preserved. However, the interest in martial arts began to decrease from time to time. This is also influenced by the absence of forums and media that can increase the enthusiasm of the millennial generation to develop silek tuo. Through documentary documentation, it is hoped that the martial art of silek tuo can again increase its existence as a traditional art that must be preserved and preserved. The purpose of this study is as a preservation effort in maintaining the existence of the martial art of silek tuo in the form of documenting the martial art of silek tuo in Nagari Sungai Pua. This research also aims to introduce and develop the martial art of silek tuo to millennials by documenting the art of silek tuo in documentary photography. Through the elements of the EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time) method, the silek tuo object is narrated in a narrative style so that this documentary photo can convey information, and convince photo viewers about the existence of silek tuo.
KONTEN IINSTAGRAM ISEBAGAI IMEDIA IPROMOSI IATMOSTECH ICCTV IDKI IJAKARTA FEBRI HANAKHI; SAN AHDI
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 1, Nomor 1, Desember 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v1i1.2215

Abstract

ABSTRAKTujuan imedia ipromosi iinstagram ipada iAtmostech iCCTV iadalah isebagai imedia ipromosi, iagar ikedepannya imedia isosial iInstagram iAtmostech iCCTVidapat idi ikembangkan ilebih ilanjut idan iberguna ibagi iperusahaan isebagai imedia imarketing iyang idapat imeningkatkan ipenjualan idan imengangkat ibrand iawareness i(kesadaran imerek) iAtmostech iCCTV. iHal iini imerujuk ipada iisu imasalah ibagaimana imerancang ikonten iinstagram isebagai imedia ipromosi iyang imampu imenarik ikonsumen iyang iberada idi isosial imedia iInstagram iuntuk iaware i(sadar) iterhadap iAtmostech iCCTV ilalu itertarik iuntuk imelihat ilebih ibanyak itentang iAtmostech iCCTV idan imenimbulkan irasa ikeinginan iuntuk imembeli iproduk idari iAtmostech iCCTV. iMetode iyang idigunakan idalam imedia ipromosi iini imenggunkan imetode ianalisis iSWOT. iMetode iini idimulai idengan itahap imengevaluasi ikekuatan i(strenghts), iKelemahan i(weaknesess), ipeluang i i(opportunities), idan iancaman i(threat) idalam isuatu iproyek iatau isuatu ispekulasi ibisnis.Hasil imedia ipromosi iAtmostech iCCTV iyang idikembangkan iadalah ikonten imedia isocial iInstagram isebagai imedia iutama iserta ididukung imedia ilain, iseperti iKartu iNama, iPaper iBag, iLanyard, iX-Banner, iSticker, iPoster, idan iT-Shirt.ABSTRACTThe purpose of Instagram promotion media at Atmostech CCTV is as a promotional medium so that, in the future, Atmostech CCTV's Instagram social media can be further developed and useful for companies as a marketing medium that can increase sales and raise Atmostech CCTV ibrand awareness. This refers to the issue of how to design Instagram content as a promotional media that is able to attract consumers who are on Instagram social media to be aware of Atmostech CCTV, then be interested in seeing more about Atmostech CCTV, and create a sense of desire to buy products from Atmostech CCTV. The method used in this promotional media uses the SWOT analysis method. This method begins with the stage of evaluating the strengths, weaknesses, and opportunities, threats in a project or a business speculation. The results of Atmostech CCTV's promotional media developed by social media content expert Instagram as the main medium and supported by other media such as business cards, paper bags, lanyards, X-Banners, stickers, posters, and T-Shirts.
Analisis Desain Interior Eksterior Terhadap Kenyamanan Pengunjung Masjid Raya Al-Azhar Universitas Negeri Padang Defni Septia
VCoDe : Visual Communication Design Journal Volume 2, Nomor 2, Juni 2023
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/vcode.v2i2.3675

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tanggapan pengnjung  terhadap Masjid Raya Al-Azhar Universitas Negeri Padang, dengan menganalisis desain interior eksterior terhadap kenyamanan pengunjung saat beribadah. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data peneltian ini yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Responden meliputi pengurus masjid, petugas kebersihan dan pengunjung masjid  sebagai informan wawancara, kemuadian 100 responden pengisian angket pengunjung. Berdasarkan hasil analisis penelitian dari hasil wawancara  dengan pengurus  masjid dan petugas kebersihan, interior dan eksterior mas jid didesain dengan bangunan yang tinggi memiliki empat kubah pada tiap-tiap sisi masjid, masjid dapat memberikan pencahayaan alami dan dilengkapi dengan fasilitas peralatan sholat yang lengkap, masjid belum memiliki kanopi pada ruang terbuka area sepatu. Dari hasil angket yang disebarkan ke Pengunjung masjid pengunjung merasa ruangan yang ada didalam masjid luas dan mampu menampung banyak pengunjung masjid. Pengunjung merasa sejuk dengan ruangan didalam masjid, pengguna merasa nyaman ketika sedang beribadah,   pengunjung merasa kurang nyaman Pada area tempat wudhu, pengunjung merasakan kurang nyaman dengan pintu masuk pengunjung melewati shaf lawan jenis, pengunjung tidak nyaman dengan area tempat sepatu tanpa kanopi.ABSTRACTThe purpose of this study was to find out how visitors respond to the Al-Azhar Grand Mosque, Padang State University, by analyzing the exterior interior design for the comfort of visitors while praying. Researchers use a type of descriptive research with a qualitative approach. The collection of this research data are interviews, questionnaires, and documentation. Respondents included mosque administrators, cleaners and mosque visitors as interview informants, then 100 respondents filled out a visitor questionnaire. Based on the results of research analysis from the results of interviews with mosque administrators and cleaners, the interior and exterior of the mosque is designed with a tall building having four domes on each side of the mosque, the mosque can provide natural lighting and is equipped with complete prayer equipment facilities, the mosque does not yet have canopy on the open space of the shoe area. From the results of the questionnaire that was distributed to visitors to the mosque, visitors felt that the room in the mosque was spacious and able to accommodate many mosque visitors. Visitors feel cool with the room in the mosque, users feel comfortable while praying, visitors feel uncomfortable In the ablution area, visitors feel uncomfortable with the entrance of visitors through the shaf of the opposite sex, visitors are uncomfortable with the area where shoes are without a canopy.

Page 1 of 3 | Total Record : 24