cover
Contact Name
M. Miftach Fakhr
Contact Email
fakhri@lontaradigitech.com
Phone
+6285280375755
Journal Mail Official
wahyudi@lontaradigitech.com
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering
ISSN : 30248698     EISSN : 30252091     DOI : https://doi.org/10.61220/micronic
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical & Electronics Engineering is a national Open Access journal devoted to publishing high quality, peer-reviewed original journals in the field of Electronics Engineering and Electrical Engineering. We publish research article types Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical & Electronics Engineering welcomes, but does not restrict, papers on all aspects of electronic, electrical and computer engineering applications, including: Artificial intelligence and machine learning Automation and control systems Communication systems and computer networks Drive control engineering Energy harvesting Fault detection and diagnosis Fuzzy logic Neural net implementation Instrumentation Measurement and testing Medical electronics Modeling, simulation, and computational techniques Motion control Nano technology Power electronics and power systems Quantum technology Robotics, sensors and actuators Signal processing Wireless energy transfer
Articles 10 Documents
Pengukuran Pengaruh Ketinggian Terhadap Tekanan Udara Menggunakan Sensor IMU-10-DOF Pada Muatan Roket Mudarris Mudarris; Munzir Munzir
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 1, Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i1.20231

Abstract

Sistem muatan roket untuk mengukur parameter atmosfer berbasis sensor Inertial Meansurement Unit (IMU) merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mengukut keadaan atmosfer termasuk mengukur tekanan udara berdasarkan ketinggian tempat Dari Permukaan Laut (DPL) atau biasa disebut altitude. Dunia penerbangan biasanya sangat terpengaruh terhadap tekanan udara terutama pada saat pesawat ingin lepas landas dan mendarat, karena akan mengurangi daya angkat pesawat. Selain itu tekanan udara juga mempunyai dampak terhadap kesehatan manusia. Maka dari itu pentingnya mengetahui tekanan udara di tempat-tempat tertentu. Pada penelitian ini menggunakan metode regresi linear untuk mengetahui bagaimana hubungan antara ketinngian DPL terhadap tekanan udara. Berdasarkan hasil pengamatan menggunakan muatan roket dan hasil uji dari penelitian ini terdapat pengaruh negatif (tidak searah) antara ketinggian DPL dan tekanan udara terbukti dari koefisien regresi bernilai negatif (-0,999), hasil uji ditemukan -t hitung < -t tabel (-213,175 < -1,987), dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0.00 < 0.05). Hal ini berarti semakin rendah suatu tempat dari permukaan laut (DPL) maka tekanan udara akan semakin meningkat.
Analisis Media Sistem Kerja Sensor Media Trainer BLDC Kendaraan Listrik Muhammad Yahya; Zulhaji Zulhaji; Darmawan Darmawan
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 1, Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i1.20232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran otomotif khususnya pada perkembangan motor bldc saat ini dan untuk mengetahui tahapan pengembangan media sistem kerja hall sensor sebagai media pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan menghasilkan media trainer robotika yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan Riset and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D adalah sebuah pendekatan penelitian yang mengacu pada empat dimensi, yaitu Define (Mendefinisikan) dimana peneliti menganalisis kebutuhan pentingnya dilakukannya pengembangan, Design (Merancang) peneliti melakukan perancangan media sistem kerja hall sensor beserta perangkat-perangkat yang berkaitan dengan media, Develop (Mengembangkan) peneliti memastikan produk yang dikembangkan layak untuk dipergunakan atau di uji cobakan di lapangan yang didasarkan oleh penilaian para ahli, dan Deploy (Menerapkan) peneliti mengimplementasikan produk yang telah dirancang dan telah layak ke peserta didik untuk depat memperoleh data kepraktisan dan keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sistem kerja hall sensor yang dikembangkan pada aspek media dan materi berada pada kategori sangat valid untuk dipergunakan. Implementasi media trainer mendapat respon peserta didik yang berada pada kategori sangat praktis dalam penggunaanya dan hasil nilai tes peserta didik setelah implementasi mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan data tersebut menyatakan bahwa media sistem kerja hall sensor yang telah dikembangkan dinyatakan valid/layak untuk digunakan serta praktis dan efektif dalam penggunaanya.
Rancang Bangun Timer Pencampuran Painting Pesawat Berbasis Mikrokontroler Promini Mulyadi Nur; Hendri Louis; Wahyudi Wahyudi
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 1, Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i1.20233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran aircraft maintenance procedure menggunakan timer sistem pencampuran cat pesawat berbasis mikrokontroler mega 2560 dimana sebuah perangkat yang digunakan dalam proses pencampuran cat untuk pesawat pada prodi Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara Politeknik Penerbangan Makassar dan menghasilkan timer pencampuran painting pesawat berbasis mikrokontroler Promini yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan Riset and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4D adalah sebuah pendekatan penelitian yang mengacu pada empat dimensi, yaitu Define (Mendefinisikan) dimana peneliti menganalisis kebutuhan pentingnya dilakukannya pengembangan, Design (Merancang) peneliti melakukan perancangan media beserta perangkat-perangkat yang berkaitan dengan media, Develop (Mengembangkan) peneliti memastikan produk yang dikembangkan layak untuk dipergunakan atau di uji cobakan di lapangan yang didasarkan oleh penilaian para ahli, dan Deploy (Menerapkan) peneliti mengimplementasikan produk yang telah dirancang dan telah layak ke taruna untuk dapat memperoleh data kepraktisan dan keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan pada aspek media dan materi berada pada kategori sangat valid untuk dipergunakan. Implementasi media trainer mendapat respon peserta didik yang berada pada kategori sangat praktis dalam penggunaanya dan hasil nilai tes taruna setelah implementasi mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan data tersebut menyatakan bahwa media yang telah dikembangkan dinyatakan valid/layak untuk digunakan serta praktis dan efektif dalam penggunaanya.
Development Of MAC-Based Smarthome Access Rights Authentication (Media Access Control) Address Sahraeni Maulida; Satria Gunawan Zain; Muhammad Yahya
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 1, Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i1.20234

Abstract

This study seeks to understand the purpose of using the ESP32 module as a control center in the electronic equipment control system on Smarthome and to ascertain the outcomes of the application design by utilizing Mac Address as Authentication Access rights to control electronic equipment. A methods for gathering data utilized literary analysis. In this study, access rights authentication was conducted on the software, and two hardware test, manual mode testing and automatic mode testing, were applied. Software testing was done by registering the user and Mac address of the device by the admin, then the data is stored in the firebase. In software testing, three smartphones were used whose MAC addresses were registered by the administrator. Each registered device was tried to log in ten times, and the success rate was 100%. In contrast, three devices' MAC addresses were not registered, and they were unable to log in ten times, with a 100% failure rate. Hardware testing is carried out by manual testing mode, in manual model testing the input from the controller application is in accordance with the prototype output, while automatic mode testing is carried out based on conditions at room temperature, namely in room conditions > 30 then the fan turns on automatically, the temperature room <30 the lights turn on automatically, so the automatic mode test has been matched to the output of the prototype. Based on the results of the study, a control system was produced with a MAC Address as an id and a user to login to an application called “Controller” which can be used to control electronic equipment in the house.
Rancang Bangun Deteksi Warna Berbasis Machine Learning Arduino Mega Pro Mini Atmega2560-16AU Wahyudi Wahyudi
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 1, Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i1.20235

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempengaruhi semua aspek yang ada, seperti aspek ekonomi, budaya, politik, sosial, pertahanan keamanan, pekerjaan rumah tangga bahkan dunia pendidikan sekalipun. Perkembangan tersebut banyak berkembang di era industri 4.0 saat ini mulai dari Internet of Things (IoT), Big Data, Argumented Reality, Cyber Security, Artifical Intelegence, Addictive Manufacturing, Simulation, System Integeration dan Cloud Computing. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat berkembang saat ini yaitu machine learning atau pembelajaran mesin. Pada penelitian ini berfokus pada metode algoritma K-NN dan sensor warna TCS3200. Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis ini menggunaka sensor warna TCS3200 dan Arduino mega 2560 pro mini sebagai perangkat keras yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan machine learning pada mikrokontroler arduino mega pro mini ATmega2560. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau library research dengan berbagai teknik pengumpulan data, selanjutnya melakukan pengujian untuk mengetahui kinerja sistem. Setelah dilakukan pengujian dilakukan analisa untuk mendapatkan kesimpulan akhir dari proses penelitian. setelah dilakukan pengujian sebanyak 20 kali dengan menempelkan pada objek, sistem ini bisa menginisialisasi warna dengan tepat. Dari hasil pengujian algoritma KNN dihasilkan akurasi tertinggi terdapat pada K=5, dimana nilai akurasi yang didapatkan adalah 80%. Sedangkan akurasi terendah terdapat pada k=9, dimana nilai akurasi yang didapatkan hanya 10%.
Google Classroom: Media Pembelajaran E-Learning yang Efektif dan Efisien Edy Sabara; Tasri Ponta
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 2, Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i2.2024

Abstract

Google Classroom adalah sebuah platform pembelajaran online yang dikembangkan oleh Google. Platform ini dapat digunakan untuk mengelola pembelajaran jarak jauh, baik untuk tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Google Classroom menawarkan berbagai fitur yang dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, seperti pengelolaan kelas, pembagian tugas, umpan balik, dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efesiensi media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi google classroom. Hasil penelitian untuk desain media pembelajaran diperoleh yaitu, ahli media kesatu dengan persentase sebesar 91.25% kategori sangat layak. Ahli media kedua dengan persentase sebesar 81.25% kategori layak. Hasil uji coba satu-satu (one to one) diperoleh persentase sebesar 90.38% kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 91.61% kategori sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 89.87% kategori sangat layak. Kesimpulan penelitian media pembelajaran e-learning dengan classroom berada pada kategori sangat layak untuk digunakan atau di implementasikan dalam pembelajaran.
Desain Alat Penetas Telur Kapasitas 100 Butir dengan Sistem Kontrol Berbasis Internet of Things Akmal Hidayat; Wahyudi Wahyudi
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 2, Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i2.20237

Abstract

Penetas telur merupakan alat yang sangat penting dalam industri perunggasan untuk meningkatkan efisiensi produksi telur. Dalam rangka meningkatkan fungsionalitas dan kontrol pada penetas telur, penelitian ini bertujuan untuk merancang alat penetas telur dengan kapasitas 100 butir yang dilengkapi dengan sistem kontrol berbasis Internet of Things (IoT). Desain ini mengintegrasikan sensor suhu, kelembaban, dan putaran telur untuk memantau dan mengontrol kondisi lingkungan dalam penetasan telur. Sistem kontrol berbasis IoT memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola alat penetas melalui aplikasi seluler atau platform web dari jarak jauh. Sensor suhu dan kelembaban memberikan umpan balik secara real-time kepada sistem, memastikan bahwa kondisi lingkungan di dalam penetasan telur tetap optimal untuk perkembangan embrio. Pengguna dapat mengatur parameter suhu dan kelembaban sesuai dengan kebutuhan spesifik jenis telur yang ditetaskan. Dengan adanya konektivitas internet, pengguna dapat memantau dan mengendalikan proses penetasan telur di mana saja dan kapan saja, meningkatkan produktivitas dan meminimalkan risiko kegagalan penetasan.
Pemrograman robot berbasis Flowchart dengan media Fischertechnik Robopro Aulia Sabril
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 2, Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i2.2023

Abstract

Dalam suatu proyek rancang bangun robot, dibutuhkan beberapa keahlian yang pada umumnya terdiri dari bidang ilmu desain, mekanik, elektronik dan pemrograman. Kolaborasi antar bidang ilmu ini dituntut seefisien mungkin meminimalisir miskomunikasi dan memaksimalkan waktu rancang bangun. Untuk meminimalisir miskomunikasi maka kita menggunakan flowchart kerja sebagai acuan, mengingat flowchart adalah alat komunikasi yang baik selain bahasa. Saat ini flowchart tidak hanya menjelaskan hal hal yang bersifat umum, tapi juga dapat membantu dalam pemrograman. Pemrograman robot biasanya menggunakan bahasa program C, Ruby atau sejenisnya, namun kekurangannya pemrograman seperti ini sangat membutuhkan waktu untuk dipelajari penggunaanya. Sehingga waktu pembuatan robot pun menjadi lebih lama. Sehingga munculnya pemikiran untuk mencari alternatif dari permasalahan ini salah satunya dengan mengembangkan flowchart  dalam pemrograman. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan flowchart sebagai alat pemrograman Robot mulai dari beberapa simbol dasar, pemanggilan sub program, percabangan tanpa syarat maupun bersyarat, variable inputan dengan nilai, hingga beberapa simbol yang dibuat khusus untuk fungsi tertentu. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak Fischertechnik Robopro dan perangkat keras dengan permainan edukatif bongkar pasang merek Fischertechnik yang dirangkai menjadi beberapa rangkaian input, output, dan kendalian. Hasil dari penelitian ini kita peroleh penggunaan flowchart yang sesuai dengan simbolnya dalam mengeksekusi pemrograman seperti halnya menggunakan pemrograman dengan bahasa program. Untuk penelitian selanjutnya perlu diperbandingan antara flowchart yang dibuat berdasarkan program dari simulator dengan flowchart program robot untuk tugas yang sama.
Pengembangan Media Trainer Tester CRC ECU Digital Diesel Injector Common Rail Berbasis Mikrokontroler Muhammad Yahya; Saharuna; Wahyudi Wahyudi
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 2, Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i2.2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelatihan dan alat tester yang dapat digunakan dalam jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Fokus utamanya adalah pada sistem CRC ECU Digital Diesel Injector Common Rail, yang merupakan komponen penting dalam mesin diesel modern. Metodologi penelitian ini melibatkan tahapan pengembangan teknis, yang melibatkan perancangan dan pembuatan alat pelatihan serta tester yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan otomotif. Media ini dapat mencakup perangkat lunak simulasi, demonstrasi fisik, atau kombinasi keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa di bidang teknik otomotif, khususnya dalam mengoperasikan dan memahami sistem CRC ECU Digital Diesel Injector Common Rail. Dengan adanya media pelatihan dan alat tester yang dikembangkan, Selain itu, alat pelatihan dan tester yang dikembangkan juga dapat digunakan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan industri otomotif. Media pembelajaran yang dihasilkan efektif dan efisien.
Rancang bangun perangkat lunak antarmuka kendali mikrokontroler ESP826 dengan jaringan internet menggunakan flutter 3.0: Indonesia Aulia Sabril
Micronic: Journal of Multidisciplinary Electrical and Electronics Engineering Volume 1, Issue 2, Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/micronic.v1i2.2021

Abstract

Perangkat lunak kendali jarak jauh berbasis open source sangat jarang diteliti bagi penggiat mikrokontroler, hobbies ataupun peneliti robotika, karena banyak bertebaran gratis dan mudah kita unduh. Hal ini tentu ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya dimana kita dapat menghemat waktu, biaya dan pikiran dalam pengerjaan proyek. Disisi lainnya kita mesti menggunakan perangkat antarmuka yang seragam dan serba terbatas fitur nya. Pada penelitian ini dibuat suatu sistem berbasis IoT untuk mengendalikan Light Emitting Diode (LED) pada mikrokontroler ESP826. Cloud database dengan Firebase, bahasa pemrograman Dart, Software Development Kit (SDK) dengan Flutter dan penulisan program dengan Visual Code Studio. Dengan sistem ini, maka pengguna dapat melakukan kendalian dengan multi platform baik smartphone atau komputer.

Page 1 of 1 | Total Record : 10