cover
Contact Name
ILHAM SAFAR
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
ilhamsafar25@gmail.com
Editorial Address
JL PANNAMPU NO 38
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
POMA JURNAL
Published by Universitas Fajar
ISSN : -     EISSN : 30251699     DOI : https://doi.org/10.47354
POMA JURNAL: Publish of Management dikelola dan diterbitkan oleh lembaga jurnal yang ada pada Program Studi Manajemen S1 Universitas Fajar dengan durasi publikasi yakni periode satu Januari hingga Juni, periode kedua adalah Juli hingga Desember. Tujuan penerapan publikasi bersifat range atau jarak publis adalah dengan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menerbitkan tulisan yang mereka miliki, khususnya rumpun ilmu Manajemen (Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Bisnis) POMA JURNAL: Publish of Management dapat memberikan kepada seluruh penulis dan pembaca untuk mengakses naskah-naskah yang telah diterbitkan secara free. Sementara untuk calon penulis, akses submit jurnal kami memberikan dengan dua kebijakan, yakni melakukan submit secara langsung pada laman OJS dan juga melalui email yang telah kami sediakan.
Articles 17 Documents
PENGARUH DISIPLIN KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PADA BANK PAPUA CABANG MAKASSAR Simson Walianggen; Nasir Hamzah; Muliyadi Hamid
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja, Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Produktifitas Kerja Pada Bank Papua Cabang Sulawesi Selatan. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif regresi ganda yang didasarkan dengan proses penelitian yang bersifat deduktif. Penelitian dilakukan pada Bank Papua Cabang Makassar. Waktu penelitian di bulan Maret - april 2023 di Kota Makassar. Metode Penelitian ini digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda. populasi dalam penelitian ini pada Bank Papua Cabang Makassar yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 21 orang dan responden yang paling sedikit adalah yang berjenis kelamin Laki-laki dengan jumlah 9 orang. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan terhadap Produktivitas kerja. Budaya organisasi sebesar 0,018 < 0,05, yang artinya H2 diterima. Serta nilai t hitung sebesar 2,335 > t tabel 1,762 yang artinya dapat disimpulkan bahwa Budaya organisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja meningkat (Y). Gaya Kepemimpinan (X3) sebesar 0,039 < 0,05, yang artinya H3 diterima. Serta nilai t hitung sebesar 2,174 > t tabel 1,762 yang artinya dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan (X3) berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja meningkat (Y). Produktivitas kerja. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa nilai signifikansi statistik sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya, nilai Fhitung sebesar 12,045 > dari F tabel sebesar 2,67. Hal ini berarti bahwa variabel X1, X2 dan X3 secara bersama-sama berpengaruh terhadap Y.
ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. UTAMA KARYA MEMBANGUN Mutmainnah Nurdin; Regita Cantika; Syamsul Riyadi; Nasyirah Nurdin
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengukur sejauh mana Rasio profitabilitas mempengaruhi kinerja keuangan pada PT. Utama Karya Membangun. Model penelitian ini mengarah pada riset kuantitatif dengan proses olah data menggunakan data sekunder yang dimiliki perusahaan yang bermula pada tahun 2019 hingga 2021 yang merupakan laporan keuangan perusahaan yang berisi tentang laporan laba rugi dan juga tingkat penjualan setiap tahunnya. Penelitian ini mengukur kondisi kinerja keuangan melalui pendekatan Net profit margin, return on asset ratio, dan return on equity rtaio. Model olah data menggunakan persamaan yang telah dibuat dan digunakan untuk menghitung masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis dengan membandingkan rasio keuangan dari satu periode ke periode lainnya dimana menggunakan salah satu analisis rasio yaitu analisis rasio profitabilitas. Hasil penelitian dari rasio profitabilitas dilihat dari rasio margin laba bersih, rasio pengambilan asset, dan rasio pengambilan ekuitas perusahaan. Dimana hasilnya perusahaan dalam keadaan baik dan sehat dalam memperoleh keuntungan karena mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Pada akhirnya kemampuan kinerja keuangan dapat mempertahnakan eksistensi perusahaan dalam menjawab tantangan kompetitif kedepan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI TINGKAT KEPERCAYAAN PADA PT SICEPAT EKSPRESS CABANG WONOMULYO Ika Fitriana; Nurmadhani Fitri Suyuthi; Abdul Samad Arief
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keterkaitan variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Tingkat Kepercayaan pada PT Sicepat Ekspress Cabang Wonomulyo. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 132 responden yang terdiri dari PNS, Karyawan Swasta, Pengusaha.,Pelajar / Mahasiswa dan Lainnya. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan menggunakan data hasil penyebaran kuesioner pada pengguna jasa pengiriman PT Sicepat Ekspress Cabang Wonomulyo. Berdasarkan hasil penelitian (1) hasil uji pengaruh langsung (Direct Effect) bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. (2) hasil uji pengaruh langsung (Direct Effect) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. (3) hasil uji pengaruh langsung (Direct Effect) bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat kepercayaan. (4) hasil uji pengaruh tidak langsung (Indirect Effect) bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui tingkat kepercayaan.
ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN MELALUI JALUR NON LITIGASI DI KANTOR PERTANAHAN KOTA KENDARI Dian Indah Susanti; Abdul Razak; Ummy Kalsum
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia dalam penanganan sengketa pertanahan melalui jalur non litigasi di Kantor Pertanahan Kota Kendari. (2) Peran mediator dalam penanganan sengketa pertanahan melalui jalur non litigasi di Kantor Pertanahan Kota Kendari. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Kantor Pertanahan Kota Kendari yang menegetahui dan melakukan kegiatan mediasi penyelesaian sengketa pertanahan dan masyarakat yang pernah melakukan mediasi sengketa pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Kendari. Dalam penelitian ini menentukan informan dengan menggunakan teknik purposive. Analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan sumber daya manusia dalam penanganan sengketa pertanahan melalui jalur non litigasi di Kantor Pertanahan Kota Kendari dilakukan dengan dua acara yaitu pengembangan sumber daya manusia secara formal melalui metode education dan pengembangan sumber daya manusia secara informal dengan menggunakan metode latihan (training methods). 2) Peran mediator dalam menyelesaikan sengketa pertanahan melalui jalur non litigasi Di Kantor Pertanahan Kota Kendari adalah membangun hubungan interaksi dan komunikasi yang positif dengan para pihak; dan mengupayakan pemecahan masalah agar tercapai perdamaian, dan mediator telah menjalankan perannya dengan baik.
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA OJEK ONLINE (GO-RIDE) DI MAKASSAR Lulu Ainun Najiah; Novita Kumala Sari
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Jasa Ojek Online (Go-ride) Di Makassar. Pengumpulan data penelitian kualitatif ini dilakukan mengkaji dan mengumpulkan informasi sebagai data yang diperoleh melalui pertemuan, persepsi, dan dokumentasi. Dengan jumlah informan 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 informan yang memberikan informasi diantaranya tentang Reability Kahandalan pelayanan driver informan menyatakan bahwa driver go-ride mampu diandalkan untuk menguasai jalan dan daerah daerah yang dituju oleh pelanggan. Daya Tanggap driver terhadap pelanggan seperti komunikasi driver terhadap menyatakan bahwa pelanggan berkomunikasi baik dengan driver. Jaminan yang diberikan driver terhadap informan menyatakan bahwa transaksi yang ada pada aplikasi gojek ialah gopay sangat membantu disaat pandemi dan ada juga menjawab lebih bertransaksi dengan uang cash. empati seperti rasa aman dan nyaman serta perhatian yang diberikan driver terhadap informan menyatakan bahwa driver go-ride memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan karena itu sudah ada di SOP perusahaan dan ada beberapa juga driver ngebut saat pengantaran jadi pelanggan tersebut menegur untuk berhati hati saat membawa pelanggan. Bukti Fisik seperti sisi tampilan aplikasi gojek yang menurut informan telah menjadi menggunakan jasa aplikasi ojek online dan peneliti menemukan informasi mengenai kualitas aplikasi gojek dari masing-masing informan berdasarkan indikator bukti fisik.
PENGARUH TUNJANGAN KINERJA DAN BESARAN GAJI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Juliana Sartika Djafar; Nurul Astika
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tunjangan kerja dan beban gaji terhadap kinerja karyawan pada PT Beringin Gigantara Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan jumlah karyawan 100. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah sebagian karyawan yang terdaftar pada PT Beringin Gigantara Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Untuk mengumpulkan data lapangan, penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebaran kusioner terhadap objek penelitian. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software Statistical Program for Social Science SPSS. Berdasarkan analisis yang telah di lakukan bahwa hasil tunjangan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan beban gaji berpengaruh positif, signifikan terhadap kinerja karyawan dan tunjangan kerja dan beban gaji secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Beringin Gigantara Makassar.
ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGHADAPI DAMPAK KENAIKAN BBM (STUDI KASUS NELAYAN DI KAB. MERAUKE) Erwan; Mujahid; ST Rukaiyah
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh para nelayan di Kabupaten Merauke dalam menghadapi dampak kenaikan BBM dan menilai efektivitas strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan nelayan, pemangku kepentingan terkait, serta observasi langsung di lapangan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif, di mana data-data yang terkumpul dianalisis secara tematis untuk mengidentifikasi strategi-strategi yang telah diterapkan oleh para nelayan dalam menghadapi kenaikan harga BBM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi dalam menghadapi dampak kenaikan BBM berada pada total skor faktor internal (IFAS) 2,85 dan total skor faktor eksternal (EFAS) 2,78, sehingga kondisi manajemen strategi dalam menghadapi dampak kenaikan BBM saat ini termasuk kategori “cukup baik” dan masih bisa diupayakan untuk lebih baik lagi mengingat keadaan atau jumlah nelayan di Kabupaten Merauke yang cukup potensial untuk diberdayakan. Nelayan di Kabupaten Merauke telah mengadopsi berbagai strategi dalam menghadapi dampak kenaikan BBM. Beberapa strategi yang diidentifikasi termasuk efisiensi penggunaan bahan bakar, diversifikasi sumber pendapatan, kolaborasi dengan nelayan lain untuk berbagi biaya operasional, dan penggunaan teknologi dan alat tangkap yang lebih efisien. Selain itu, faktor-faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah dan akses terhadap pasar juga berperan penting dalam keberhasilan strategi yang diterapkan.
ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING KAIN TENUN SUTERA MANDAR (STUDI KASUS PADA PT. WASTRAMA TENUN INDONESIA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR) Sinta Baharuddin; Abdul Samad A; Abdul Majid
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam pemasaran kain sutera Mandar PT. Wastrama Tenun Indonesia di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Wastrama Tenun Indonesia di Kabupaten Polewali Mandar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif dengan metode analisis SWOT yang berisikan Matriks faktor strategi internal (IFAS), Matriks faktor strategi eksternal (EFAS), Matriks Tows atau SWOT. Matrik IFE dan EFE, Matriks Evaluasi Faktor Internal-Eksternal (IE), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil Penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa analisis SWOT dalam menentukan strategi keunggulan bersaing khususnya dalam pemasaran kain tenun sutera pada PT Wastraman Tenun Indonesia, Kabupaten polewali Mandar adalah strategi pertumbuhan alasannya karena dari hasil analisis matriks IFAS dan EFAS mengindikasikan bahwa kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan lebih besar dari kelemahan dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam pemasaran kain tenun sutera. Selanjutnya hasil analisis penentuan strategi pertumbuhan dengan menggunakan analisis QSPM yang didalamnya meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk maka setelah dilakukan analisis terlihat bahwa dalam menerapkan strategi pertumbuhan agar dapat lebih unggul dalam bersaing dalam pemasaran kain tenun sutera adalah dengan cara penetrasi pasar yang dapat dilakukan dengan menetapkan harga jual yang kompetitif, melakukan promosi dan memperluas jaringan pemasaran melalui pemanfaatan platform online seperti shoppee, tokopedia, lazada dan lainnya.
ANALISIS KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) DI KABUPATEN SOPPENG Rainfil; Nurmadhani Fitri Suyuti; St Rukaiyah
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng. (2) untuk mengetahui dan menganalisis disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng. (3) untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng. Penelitian dilaksanakan pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng dengan populasi seluruh badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng, dengan mengambil sampel 45 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriftif untuk menjelaskan karakteristik responden dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kompetensi berupa pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Soppeng. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variable disiplin kerja merupakan variabel yang tidak berpengaruh secara dominan terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.283. yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 16,4 % dan sisanya sebesar 83,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KONDISI KEUANGAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA MAKASSAR UTARA Muwaffiq Nurimansyah Mapparenta
POMA JURNAL: PUBLISH OF MANAGEMENT Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kondisi Keuangan, Sanksi Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hipotesis penelitian menggunakan basis teori/konsep, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, yang menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Maksasar Utara pada tahun 2021. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 227.817 orang Sampel penelitian ini yaitu Wajib Pajak Orang Pibadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara yang berjumlah 100 orang. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear Berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menemukan bahwa kondisi keuangan dan Sanksi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2023 2023