cover
Contact Name
Ana Billah
Contact Email
anabillah.rahman@gmail.com
Phone
+6281333900923
Journal Mail Official
alathfal.staimpro@gmail.com
Editorial Address
Jalan Mahakam No. 1, Kedopok, Kota Probolinggo
Location
Kota probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 2723245X     EISSN : 27230813     DOI : https://doi.org/10.46773/alathfal
Core Subject : Education,
AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak,(E-ISSN :2723-0813) |(P-ISSN:2723-245X) is an open access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. AL-ATHFAL receives articles in Indonesian, English, and Arabic. This journal publishes articles twice a year in July and December. Al-Athfal uses the quietest plagiarism checker. This journal is published by the Prodi PIAUD STAI Muhammadiyah Probolinggo.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Juli" : 5 Documents clear
HAKIKAT KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI ANAK Maulid Agustin; Titik Wijayanti; Delia Nuralita Fajri; Aryzana Maharanny; Safitri Dia Pramita
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No. 1 (2021): Juli
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/al-athfal.v2i1.160

Abstract

Keluarga terbentuk dari adanya perkawinan yang merupakan kebutuhan fitriah manusia sebagai makhluk fisik. Sebagai bagian dari makhluk hidup, manusia memerlukan pemenuhan kebutuhan fisik dan rohaninya, yaitu memerlukan kebutuhan biologis sehingga dapat mengembangkan keturunannya. Keluarga juga menjadi pendidikan pertama yang akan membawa dan menentukan perilaku dan cara berfikir bagi anak. Dalam hal inilah, keluarga termasuk yang paling penting dalam memberikan pendidikan, terutama orang tua, yang akan dituntut untuk memikirkan pendidikan seperti apa yang akan diberikan pada keluarganya.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAAN METODE QUR’ANI PADA TK IT ABATATSA Devy Habibi Muhammad
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No. 1 (2021): Juli
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/al-athfal.v2i1.166

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah minimnya penguasaan dalam kemampuan membaca al qur’an pada siswa kelompok B, yang mana pada jenjang ini merupakan jenjang awal pada fase kelas atas. Kemampuan membaca al qur’an pada peserta didik di TK IT Abatatsa kurang baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi awal, diperlukan adanya penelitian tindakan kelas   yang bertujuan untuk meningkatkan kmampuan membaca al-qur’an dengan metode qur’ani agar peserta didik bisa membaca dengan baik dan cepat. Kemampuan membaca al qur’an pada peserta didik sebelum adanya tindakan sangat minim dan tidak berkembang dengan baik. Siklus I masih menunjukkan presentase rendah, siswa sedikit kesulitan dalam membaca al qur’an. Terbukti presentase berhasil hanya mencapai 43% sedangkan presentase belum berhasil sebesar 57%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II mulai menunjukkan beberapa siswa tepat dalam membaca al qur’an, hal ini karena ada beberapa siswa yang belajar membaca al qur’an stiap hari. Hal ini dapat kita lihat presentasi berhasil mencapai 79%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus III berhasil mengalami peningkatan yang signifikan, pada siklus I   43%, siklus II 79% , dan siklus III mencapai 93%.
MEMAHAMI PERILAKU BULLYING PADA ANAK Agustiarini Eka Dheasari
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No. 1 (2021): Juli
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/al-athfal.v2i1.168

Abstract

Sejauh ini, apabila berbicara terkait bullying, topik yang seringkali muncul adalah kekerasan fisik pada remaja. Namun ternyata, anak-anak juga dapat melakukan bullying. Tetapi seringkali diabaikan oleh orang — orang yang mengetahuinya. Penyebab terjadinya penyimpangan pada anak di bawah umur tersebut, tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kurangnya penanaman nilai agama dan moral sejak dini dan lingkungan tempat tinggal anak. Dalam penelitian ini, penulis ingin membahas terkait faktor dan cara penanganan terhadap bullying pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan, yang merujuk pada penelitian terdahulu, jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan cara menelaah hasil dari penelitian terdahulu serta mengumpulkan informasi dan penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa cara untuk menangani kasus bullying pada anak, yaitu dengan melakukan pola asuh yang tepat dan menanamkan nilai agama dan moral sejak dini.
PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA KELAS IV DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH Ummul Karimah; Lukman Hakim; Ahmat Zaini; Ahmat Nizar; Benny Prasetiya
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No. 1 (2021): Juli
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/al-athfal.v2i1.376

Abstract

Adapun dalam suatu tujuan riset ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat Bahasa arab supaya lebih cepat di mengerti oleh pada siswa kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yaitu dengan menggunakan 4 suatu tahapan penelitian yaitu: perencanaan, penelitaina, observasi dan juga refleksi.   Dan dengan menggunakan metode pengumpulan data adalah menggunakan suatu pengamatan, tanya jawab dan juga tes tulis. Adapun   pengemabilan data penelitian ini penulis mengambil subjek dari siswa- siswi kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah yang berjumlah 18 pesertadidik, yaitu siswi perempuan yang berjumlah 9 dan juga siswa laki- laki yang berjumlah 11 anak. Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Penerapan Metode Bernyanyi Dalam suatu Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IV Di MI MI Tarbiyatul Islamiyah ini berjalan sangat efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini bias dilihat di Pra Siklus yaitu 27,7%, dan ketika dilanjutkan di Siklus I yaitu meningkat menjadi 66,6%, yang terakhir pada siklus II yaitu meningkat hingga menjadi 88,8%.
IMPLEMENTASI METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA ZUYUDUL FAROH KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO Jalaluddin Suyuthi Winulyo; Ummi Astutik; Farhana MS; Benny Prasetiya
Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No. 1 (2021): Juli
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/al-athfal.v2i1.377

Abstract

AbstractSeveral components that affect a process of learning activities are teachers/educators, students/students, teaching materials or materials, methods, infrastructure and an adequate environment. In achieving a learning goal, of course, educators have prepared some tricks or learning methods because without any tricks or methods, learning is less effective, so the method plays an important role in the world of education. The story method is one of the appropriate methods to be used in the subject of moral aqidah. This method is said to be appropriate because in this method it reveals several historical events contained in the Qur'an which contain moral, spiritual, and social educational values, both about stories that are both good and bad. This research is a qualitativeresearch whose main source is data related to Akidah Akhlak Learning at MA Zuyudul Faroh Kec.Leces Kab.Probolinggo. The application of this method can later help educators in the learning process to make it easier when giving lessons to their students. Thus students will be more enthusiastic in following these subjects and students are also responsive in responding to the lessons they receive.Keywords: implementation, story method, learning moralsAbstrakBeberapa komponen yang mempengaruhi suatu proses kegiatan belajar yaitu guru/pendidik, siswa/peserta didik, materi atau bahan ajar, metode, sarana prasarana serta lingkungan yang memadai. Dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran tentunya pendidik sudah menyiapkan beberapa trik atau metoda pembelajaran karena tanpa adanya trik atau metode maka pembelajaran kurang efektif, sehingga metode berperan penting dalam dunia Pendidikan. Metode kisah merupakan salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam mata pelajaran akidah akhlak. Metode ini dibilang tepat karena dalam metode ini mengungkap beberapa peristiwa/sejarah yang terdapat dalam Al-qur’an yang mengandung nilai pendidikan moral, rohani, dan sosial, baik mengenai kisah yang bersifat kebaikan maupun keburukan. P enelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sumber utamanya adalah data-data yang terkait dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Di MA Zuyudul Faroh kec.leces Kab.Probolinggo. Penerapan metode ini nantinya dapat membantu pendidik dalam proses pembelajaran agar lebih mudah pada saat memberikan pelajaran kepada peserta didiknya. Dengan demikian siswa akan lebih antusias dalam mengikuti mata pelajaran tersebut serta peserta didik juga cepat tanggap dalam merespon pelajaran yang diterimanya.Kata Kunci: implementasi, metode kisah, pembelajaran akidah akhlak

Page 1 of 1 | Total Record : 5