cover
Contact Name
Rani Darmayanti
Contact Email
ranidarmayanti1990@gmail.com
Phone
+6282245549135
Journal Mail Official
editorjurnal@assyfa.com
Editorial Address
Jalan Jambangan II No. 60 Purworejo - Pasuruan - Jawa Timur 67117, Indonesia
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
ISSN : 29880017     EISSN : 29880017     DOI : https://doi.org/10.61650/jptk
Core Subject : Education, Social,
JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau institusinya. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau memasukkan ke dalam makalah teks lengkap, atau menggunakannya untuk tujuan lain yang sah tanpa meminta izin dari penerbit atau penulis. Redaksi mengundang seluruh akademisi, peneliti, praktisi, atau pihak lain yang terkait untuk menerbitkan artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Jurnal JPTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar Pembelajaran JPTK dikelola oleh Alumni Magister Pendidikan Matematika UMM, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sidoarjo, dan CV Bimbingan Belajar Assyfa.
Articles 20 Documents
Penerapan Video YouTube “Pak Rahmad” sebagai Sumber Belajar Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Rahmad Sugianto
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.47

Abstract

Video youtube menjadi peran penting sebagai sumber belajar matematika di era digitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan video youtube “Pak Rahmad” sebagai sumber belajar matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian terapan, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimental dengan desain quasi eksperimental model pretest postest non equivalent control group design. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman pada tahun ajaran 2021/2022 dengan 110 siswa kelas X IPS sebagai populasi pada penelitian ini. Data hasil belajar diperoleh melalui pretest dan posttest Data hasil belajar dianalisis dengan uji statistik parametrik menggunakan analisis kovarian (ANKOVA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan video youtube “pak rahmad” sebagai sumber belajar matematika peserta didik pada materi trigonometri. Adanya perbedaan signifikan terhadap kelas eksperimen yang diberi perlakuan daripada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan video youtube “pak rahmad” dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
Metode Inquiry: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Luas Bangun Datar Bayu Segara; Choirudin Choirudin; Agus Setiawan; Muhammad Saidun Anwar; Viky Risnanda Arif
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.48

Abstract

Model pembelajaran inqury mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mengembangkan keterampilan bertanya, bekerjasama dalam kelompok untuk mendapatkan hasil yang baik. Masalah utama adalah nilai ulangan harian peserta didik kelas VIII untuk pelajaran matematika dengan materi  luas bangun datar  rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang luas bangun datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bekri. Rancangan penelitian dilakukan dalam tiga siklus, mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bekri berjumlah 31 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara atau bertanya kepada siswa dan memberikan latihan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini penggunaan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sebesar 86% pada materi luas bangun datar.
Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Ahmad Mustakim; Wawan Wawan; Choirudin Choirudin; Jannatul Ngaliyah; Rani Darmayanti
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.54

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Roudlotut Tholibin dalam mata pelajaran matematika melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Roudlotut Tholibin pada tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran matematika dari siklus I ke siklus II, dan nilai rata-rata tes matematika meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah P= 61,84 dengan tingkat kelulusan siswa sebesar 31,57%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas adalah P= 84,87 dengan tingkat kelulusan siswa sebesar 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajar Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Penerapan Komik Matematika Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Inas Farida; Ani Afifah; Dewi Nurmalitasari; Muhammad Ainun Naim
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.118

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MAN Sidoarjo, proses pembelajaran biologi sudah dilaksanakan cukup baik, dengan memberikan kesempatan pada siswa belajar secara mandiri (student centered) namun siswa belum sepenuhnya belajar secara aktif, dan efektif. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa sebanyak 60% siswa memiliki masalah mengenai kesulitan belajar yang dialami. Masalah-masalah yang disampaikan selalu pada masalah kognitif tingkat tinggi yang ditemukan siswa dari membaca buku yang dimiliki. Siswa juga mengalami kesulitan ketika menghadapi soal cerita (naratif) yang panjang dengan penjelasan suatu fenomena. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tergolong belum memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model inkuiri dapat meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar pada siswa kelas X IPA 1 pada MAN Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa deskripsi, sedangkan data kuantitatif diubah menjadi data kua­li­tatif dengan cara dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase berpikir tingkat tinggi pada siklus I adalah 44,95% dan mengalami peningkatan menjadi 70,58% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 47,05% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa.      
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Musik Pada Materi Mengahafal Rumus Bangun Datar Sekolah Dasar Galih Cahya Pratama; Edi Waluyo; Deni Setiawan
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.121

Abstract

Permasalahan yang terdapat di SDN Bacem 02 Blora yaitu kurangnya kemampuan hasil belajar matematika dalam penghafalan rumus matematika. Dengan hal tersebut tujuan dalam peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model discovery berbantu media musik, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini menggunakan model Discovery berbantu media music, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, dengan 3 siklus, yaitu siklus I, Siklus II, Siklus III, sebagai perbandingan kemajuan dalam penelitian, Hasil menunjukkan bahwa Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa terlihat dari hasil refleksi awal sebesar 43,66 pada siklus pertama naik menjadi 71,43, siklus kedua naik menjadi 76,84 dan pada siklus ketiga naik menjadi 81,72. Pada refleksi awal dari persentase ketuntasan sebesar 21,43% atau 6 dari 28 siswa, pada siklus pertama meningkat menjadi 50% atau 14 dari 28 siswa, kemudian pada siklus kedua meningkat 60,71% atau 17 dari 28 siswa dan pada siklus ketiga meningkat 85, 71%. Maka dapat disimpulkan bahwa media music berbantu model pembelajaran discovery mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bacem 02 Blora.
Tarian Kreasi Tradisional Dolanan Meningkatkan Kemampuan Seni Anak SD Negeri 1 Bendoharjo Minarti; Deni Setiawan; Edi Waluyo
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i1.122

Abstract

Tarian kreasi tradisional dolanan merupakan tarian kreasi tradisional asli jawa tengah yang biasanya di kenal juga sebagai tari permaianan. Tarian ini semakin tersingkir akibat tarian modern yang lebih disukai anak-anak. Hal tersebut mengakibatkan tarian dolanan punah. Tujuan penelitian yaitu menginformasikan kepada pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan SD untuk melestarikan kembali budaya tarian kreasi tradisional dolanan karena melalui pembelajaran seni tari-tarian dolanan dapat meningkatkan kemampuan seni tari anak usia dini 6-12 tahun di SD Negeri 1 Bendoharjo Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian tindakan kelas (action research). Setelah di laksanakan penelitian tindakan dengan melalui dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Pada siklus I tindakan 1 memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai kemampuan seni anak ratarata 63%, Pada siklus I tindakan 2 dengan nilai kemampuan seni anak rata - rata 72%, pada siklus I tindakan 3 dengan nilai kemampuan seni anak rata - rata mencapai 75%, Pada siklus II tindakan 1 nilai kemampuan seni anak rata- rata mencapai 76%, pada siklus II tindakan 2 nilai kemampuan seni anak rata - rata mencapai 77% dan pada siklus II tindakan 3 nilai kemampuan seni anak mencapai 80%.Upaya pemerintah dalam melestarikan tarian dolanan melalui surat edaran sesungguhnya telah dilakukan melalui provinsi dan kabupaten/kota dan lembaga pendidikan bahwa setiap pagi sebelum pembelajaran berproses perlu senam bersama yaitu senam kesehatan jasmani (SKJ). Dilembaga pemerintah biasanya dilakukan pada hari jumat. Dilingkungan masyarakat biasanya pada hari proklamasi kemerdekaan 17 Agustus dilakukan perlombaan tarian-tarian dolanan. Dan pada beberapa tahun terakhir volume tarian dolanan kian meredup.
Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan "project based-learning" Nurul Farhin; Deni Setiawan; Edi Waluyo
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA ditemukan masih menggunakan pembelajaran virtual dengan memberikan materi berupa video pembelajaran dan menjawab soal saja. Pembelajaran seperti ini belum bisa membawa siswa untuk lebih memaksimalkan kemampuannya dalam memahami suatu konsep dari materi yang telah disampaikanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model PjBL dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas III SD Negeri Sukosari Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses siklus evaluasi (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data, kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Sukosari Yogyakarta. Meningkatnya pemahaman konsep ini akan berdampak positif terhadap tingkat ketuntasan belajar. Kelengkapan dapat memenuhi atau melampaui kriteria yang ditentukan. Penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan tingkat optimalnya.
Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar? Hairunisa Nisa; Deni Setiawan; Edi Waluyo
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru harus adaptif dan mampu meningkatkan prestasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima sebanyak tiga puluh dua anak dengan mempelajari materi berharga tentang pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini berpedoman pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan bertahap baik dalam aktivitas belajar yang ditunjukkan melalui kerja sama siswa dalam kelompok maupun hasil belajar yang dicapai siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima pada pecahan bernilai.
Model NHT Berbantu DAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Martini Asmoro; Deni Setiawan; Edi Waluyo
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan adalah ketika guru mampu mendesain pembelajaran dengan melibatkan secara aktif untuk ikut serta selama dalam proses pembelajaran. Selain itu banyaknya siswa yang kemampuan berhitungnya masih kurang khususnya kelas IV yang belum bisa perpikir secara mandiri dan pola pikir siswa yang masih konkrit. Dari latar belakang masalah, rumusan masalah penelitian adalah apakah melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Visual (DAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Banyumanik 04 pada pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SD Negeri Banyumanik 04 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh 30 skor rata-rata (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 41 skor rata-rata (sangat baik); Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 26,15 (baik) dan siklus II mengalami kenaikan menjadi 30,37 skor rata-rata (sangat baik); Kompetensi pengetahuan siklus I mencapai ketuntasan klasikal 63% dan siklus II mengalami peningkatan mencapai ketuntasan klasikal 85%; Kompetensi keterampilan siswa siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 74% dan siklus II mengalami peningkatan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 88%. Simpulan dari penelitian yaitu melalui model NHT dapat meningkatkan hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri Banyumanik 04 Semarang tahun 2022
Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar Eva Safitri; Wawan; Agus Setiawan; Rani Darmayanti
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v1i2.154

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar matematika acap kali peserta didik mengalami sifat kurang percaya diri ketika pembelajaran berlangsung. Padahal kepercayaan diri peserta didik sangatlah penting pada proses belajar karena peserta didik wajib mampu serta yakin akan kemampuan yang dimilikinya mengenai pemecahan permasalahan dalam belajar. Maka dari itu penelitian ini mempunyai tujuan guna melihat (1) apakah ada pengaruh diantara model PBL berbantuan kahoot dengan pembelajaran langsung pada kepercayaan diri serta prestasi belajar; (2) manakah yang memberi kepercayaan diri lebih baik diantara model PBL berbantuan kahoot ataupun pembelajaran langsung; (3) mana yang memberi prestasi belajar lebih bagus diantara model PBL berbantuan kahoot ataupun pembelajaran langsung. Kajian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental semu ataupun quasi eskperimental, data kuantitatif dianalisa oleh penulis dengan memakai statistik. Rumus yang dipergunakan ialah rumus MANOVA ataupun uji MANOVA serta memakai program IBM SPSS Statistics 21. Hasil kajian menunjukan jika (1) ada dampak yang signifikan diantara model PBL berbantuan kahoot dengan pembelajaran langsung pada kepercayaan diri serta prestasi belajar; (2) model PBL berbantuan kahoot memberi kepercayaan diri yang lebih bagus dibanding pelajaran langsung; (3) model PBL berbantuan kahoot memberi prestasi belajar yang bagus dibanding pembelajaran langsung.

Page 1 of 2 | Total Record : 20