cover
Contact Name
Waode Nurmuhaemin
Contact Email
jurnalkanwil@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkanwil@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani No. 6, Wua-Wua, Pondambea, Kec. Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93117
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29879000     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah hasil penelitian berkaitan Pendidikan Agama Islam. Lebih lanjut bahwa Darul Ilmi merupakan lembaga Ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil-hasil penelitian kontemporer, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Pendidikan, pendidikan agama islam, pembelajaran, model pembelajaran pendidikan agama islam. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1: April (2023)" : 5 Documents clear
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR Muhamad Sanusi Damau
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis merangkum dan menganalisis data secara sistematik hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar yang populasi dan sampelnya diambil dari jurnal sebelumnya pada basis data google scholar atau google cendekia. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 72.331 menjadi 83.635. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan hasil penelitian, yaitu seperti tingkat kefokusan siswa saat mengerjakan tes dan peneliti yang berbeda serta posisi atau letak sekolah yang berbeda.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP Subhan Atto
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis mengkaji secara teratur hasil penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan agama islam siswa SMP, dimana populasi dan sampelnya diperoleh dari jurnal dan artikel sebelumnya yang diakses dari google scholar. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata hasil pretest 74.7545 dan rata-rata hasil postest 83.45138. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar meski dengan hasil yang berbeda. Perbedaan hasil tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya peneliti yang berbeda.
META ANALISIS PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP Nursani
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam model inquiry learning dengan cara menganalisis kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Inquiry Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Model pembelajaran inquiry merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran PAI yang bertujuan untuk membantu siswa secara aktif mengontruksi pengtahuan berdasarkan berpikir kritis. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pendidik bahwa pendekatan model Inquiry Learning sesuai dengan karakteristik siswa di tingkat sekolah menengah atas. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Inquiry learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mampu memberikan distribusi hasil positif pada keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 59,65 menjadi 87,78. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning terhadap hasil belajar siswa SMP.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD Siti Hasrah
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa sekolah dasar melalui model problem based learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Problem Based Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kauntitatif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu strategi yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna relevan dan kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama islam mampu memberikan distribusi positif pada pemecahan masalah siswa. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 58,80 menjadi 79,06. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP Marwan
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Contextual teaching and learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengelola dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret dan mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini menggunakan meta analisis dengan perhitungan effect size. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan mengkaji serta menelusuri berbagai jurnal yang terkait dengan Contextual Teaching and Learning. Meta analisis yang digunakan bersifat kuantitatif karna menggunakan perhitungan angka. Dengan demikian, melalui pembelajaran CTL, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta peneapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal yang relevan dengan pembelajaran CTL sebanyak sepuluh jurnal. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 59,00 menjadi 79,00. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 5