cover
Contact Name
Alfina Wildatul Fitriyah
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
stisnq.jember17@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Sukarto No.60, Krajan, Balet Baru, Kec. Sukowono, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68194
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan
ISSN : 29646294     EISSN : 29646286     DOI : 10.59246
1. Ilmu Sosial 2. Ilmu Ekonomi 3. Akuntansi 4. Manajemen 5. Kebudayaan 6. Pendidikan 7. Sejarah 8. Pariwisata 9. Gender 10. Humaniora 11. Seni Budaya 12. Linguistik 13. Sastra 14. Filsafat 15. Studi Agama 16. Studi Media dan Komunikasi 17. Berbagai bidang penelitian yang relevan
Articles 88 Documents
Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Power Point Yostia Fatma; Rois Junaed; Agus Wahono; Herlina Rasyid; Zulfani Sesmiarni
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.94

Abstract

Proses pembelajaran PAI yang berlangsung di SMAN 1 Kinali selama ini masih bersifat monoton. Pembelajaran terpusat pada guru, siswa hanya pasif menerima materi dan informasi yang disampaikan guru. Hasil belajar siswa masih rendah. Rata-rata nilai ulangan harian siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi keadaan tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan rumusan masalah “Bagaimana hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 yang di ajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint?”. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Hasil penelitian adalah hasil belajar PAI siswa SMAN 1 Kinali kelas XII IPA 4 meningkat sangat signifikan dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dibandingkan dari hasil belajar sebelum diberi tindakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) proses pelaksanaan PTK mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Kinali yang berjumlah 20 siswa dilaksanakan pada 3 siklus. Metode pengumpulan data adalah hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh persentase hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI menggunakan media PowerPoint sebesar 50% pada siklus pertama. Proses penerapan media PowerPoint dalam pembelajaran PAI meningkat pada siklus II sebesar 70% dan 95% pada siklus III. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan media PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota Isyah Radhiyah; Fenny Ayu Monia; Ruwaida Ruwaida
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.100

Abstract

Pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika di tanamkan atau di mulai sejakdini,oleh sebab itu materi pendidikan agama islam islam di sekolah menjadi salah satu penunjang membentuk karakter anak. Melalui pembelajaran Pendidikan agama islam ini siswa di ajarkan aqidah sebagai dasar keagamaan, di ajarkan quran dan hadis sebagai pedoman hidup, di ajarkan fiqih sebagai hukum dalam beribadah dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik atau buruk. Oleh sebab itu pembelajaran pendidikan agama islam adalah membentuk karakter siswa yang mencerminkan tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari hari. Disamping itu guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini. Guru yang berkarakter baik memiliki peluang melahirkan siswa yang berkarakter lebih baik. Menjadi guru yang memiliki kasih sayang kepada siswanya serta menjadi mentor yang beretika, merupakan langkah penting yang harus di miliki guru untuk melahirkan siswa yang berkarakter.
PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS 2 SDIT BAITURRAHIM PARIK PUTUIH KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM Ratna Leni; Junaidi Junaidi; Charles Charles; Pendi Hasibuan
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.101

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari hasil observasi penulis tentang kegiatan pembelajaran PAI yang menggunakan metode outdoor study. Metode outdoor study diterapkan karena siswa merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran PAI yang hanya dilakukan di dalam kelas. Akan tetapi penulis melihat, dalam menerapkan metode tersebut guru PAI belum memenuhi langkah-langkah yang harus dipenuhi dalam menggunakan metode tersebut. Seperti, pada kegiatan pembelajaran di luar kelas guru PAI kurang mempersiapkannya, yang menyebabkan pada waktu siswa belajar di luar kelas ada kesan main-main. Dan guru PAI hanya menyuruh siswa untuk mengamati alam sekitar saja tetapi tidak menyuruh mereka mencatat apa yang mereka temui. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI siswa kelas 2 pada materi Allah maha pencipta di SDIT Baiturrahim Parik Putuih dan faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI siswa kelas 2 pada materi Allah maha pencipta di SDIT Baiturrahim Parik Putuih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDIT Baiturrahim Parik Putuih, informan penelitian ini adalah guru PAI kelas 2, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Penelitian ini dilakukan di bulan Agustus 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa di SDIT Baiturrahim Parik Putuih telah menerapkan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI. Penerapan metode outdoor study dalam pembelajaran PAI pada materi Allah maha pencipta sudah efektif, hal ini terlihat dari langkah-langkah guru dalam menggunakan metode outdoor study, yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dari penerapan metode outdoor study ini yaitu adanya semangat pada diri siswa, lokasi sekitar sekolah yang nyaman dan kondusif dan minat belajar siswa ketika belajar di luar kelas lebih tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan guru dalam mengatur siswa, kondisi siswa, dan cuaca.
PEMANFATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DORATOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 2 BUKITTINGGI Ida Yanti; Isra Febriyanti; Khairuddin Khairuddin
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.102

Abstract

Pemanfaatan media berbasis multimedia memiliki pengaruh besar terhadap hasil pengetahuan siswa. Media Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara efektif dan efisien serta mudah dipahami oleh siswa, sebab dunia pendidikan dituntut untuk selalu berkembang secara cepat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Permasalahan yang muncul adalah apakah pemanfatan media pembelajaran Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfatan media pembelajaran Audio Visual (Video) Animasi berbasis Doratoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa berdasarkan angket penelitian yang telah diisi oleh siswa.
ANALISIS FAKTOR NON-LINGUISTIK PENGHAMBAT SISWA DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA SISWA MTSS RAUDHATUL AKMAL BATANG KUIS Mayadrie Aidhi Aridzki; Foury Widya Anjani; Syarifah Widya Ulfa
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.105

Abstract

This study aims to determine the inhibiting factors of students in speaking English and to determine the teacher's perception of the inhibiting factors of students in speaking English as a foreign language. This was done to overcome students' problems in learning the target language and solve students' problems in learning to speak. Descriptive qualitative research was chosen as the research design in conducting this research. Besides that, it also involves students as the subject of this research. The results of the study show that two main factors, affective and cognitive factors, seem to hinder students in learning to speak English as a foreign language. In addition, students also get more influence from affective factors as the first main factor that hinders students in learning to speak English. The results of the study also show that teachers positively agree that the inhibiting factors as mentioned previously also hinder students in learning to speak English as a foreign language. In the end, the teacher must also consider the results of the research as a material consideration in designing activities in the learning process of speaking English as a foreign language that will help students to overcome their speaking problems.
HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DI MTs RAUDHATUL AKMAL Feby Pratiwi; Mahyu Lida; Syarifah Widya Ulfa
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.107

Abstract

This research examines the Mathematical Problem Solving Ability of Students Against Mathematics Learning in the Subject of the Association. The research was conducted at Mts Raudhatul Akmal in the odd semester, namely in 2022/2023. The population used for this research was MTs students who were in class VII as many as 80 students. The research was carried out in the form of giving questions that were distributed by the teacher to each student in the form of a test of students' mathematical problem solving abilities. Data analysis used prerequisite test of linear regression model, correlation coefficient test of Pearson/Product Moment formula, correlation coefficient t test, and coefficient of determination. The results of this study indicate that there is a significant relationship between mathematical problem solving abilities and students' mathematical communication abilities as a whole. That is, the higher the mathematical problem solving ability, the higher the student's mathematical communication ability. On the contrary, at the high, medium, and low ability levels, the relationship that occurs is a negative relationship. meaning that the higher the mathematical problem solving ability, the lower the mathematical communication ability.
PERDEBATAN DAERAH PERTAMA MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA Abdul Gani Jamora Nasution; Novita Sari Nasution; Rizka Rahman Tanjung; Yunita Azhari
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.108

Abstract

The process of the entry of Islam into Indonesia through different processes, namely through trade, marriage, education, and politics. Islam first appeared in Indonesia in the 7th century AD, the arrival of Islam in Indonesia in various regions was not carried out simultaneously. There are four theories about the entry of Islam into Indonesia which have generated debate, including (1) Indian theory, (2) Arab theory, (3) Persian theory, and (4) Chinese theory. Through this theory, each area explains the differences in the first arrival of Islam in Indonesia. The history of the spread of religions, especially Islam, Christianity, Hinduism and Buddhism in Indonesia, begins with Barus. Especially for Muslims, it is evident from the Mahligai site and the Papan Tinggi site which spread Islam around the 5th century AD. Further developments followed which reached across the archipelago via the Middle East via Central Tapanul. Explanation as well as debate to improve the zero point of Islam in Barus. The process of the arrival of Islam in Indonesia, especially to Barus, Sumatra and the Archipelago in general, is very closely related and begins with the journey of Arab merchants who stop at Barus.
DAMPAK KELAPA SAWIT TERHADAP PEREKONOMIAN DIMASYARAKAT DI KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU Meri Syafitri
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.117

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana tenaga kerja pabrik kelapa sawit dan bagaimana produtivitas petani sawit kontribusi perkebunana pabrik kelapa sawit terhadap pendapatan karyawan yang bekerja diperkebuan kelapa sawit.penelitian dilaksankan pada bulan oktober 2022 sampai desember 2022 lokasi penelitian ini di PT IVOMAS pratama di kab. Rokan Hilir metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Produktivitas pabrik kelapa sawit sangat memuncak karena petani kelapa sawit selalu di tekan atasan agar mencapai target yang mereka capai. Walaupun petani kelapa sawit yang di haruskan mencapai target pegawai pabrik sampai tidak sanggup untuk menghitung berapa % pendapatan sangking banyaknya, sehingga bekas buah kelapa sawit menumpuk di pabrik nya sampai mereka harus membuah bekas buah sawit tersebut yang biasa dibilang masyarkat sekitar janjangan. Janjangan tersebut dibuang ke hutan atau ke sawit yang belum di penen petani sawit kenapa dibuang ke sawit kembali karena janjangan terbut bisa menyuburkan sawit yang lain.penelitian sudah 3 kali untuk mewawancari pegawai pabrik kelapa sawit hasil yang didapat pendapat kelapa sawit semangkin membaik dan atasan tidak lagi menekankan peani kelapa sawit untuk mencapai target karna sudah optimal pendapatnnya.
SINERGITAS BIMBINGAN KONSELING DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 1 AMPEK ANGKEK Fina Diningsih Lestari
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.118

Abstract

Bimbingan dan Konseling dan guru pendidikan Agama Islam disekolah sangat berpengaruh terhadap karakter siswa, keduanya memiliki tanggungjawab yang sama terhadap pendidikan karakter siswa yang baik serta mempunyai keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Dalam artikel ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, di mana proses atau upaya yang dilakukan oleh bimbingan dan konseling serta guru Pendidikan Agama Islam. Teknik yang digunakan penulis yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif mengenai kerja sama atau sinergi yang dilakukan oleh bimbingan dan konseling serta guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan karakter melalui interaksi,dan program-program bimbingan konseling, serta program sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter.
Pembinaan Anak-Anak Marind-Papua Putus Sekolah Belajar Bahasa Inggris Melalui Kursus Intensif Guna Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Kampung Matara, Distrik Semangga Merauke-Papua Marnina; Zem Santo; Arin Mantara Anggawirya
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Inspirasi Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59246/alfihris.v1i1.119

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pengembangan desa mitra ini bertujuan memberikan motivasi tentang manfaat pendidikan sesungguhnya dan memberikan pemahaman kepada anak-anak Marind-Papua tentang pentingnya belajar bahasa Inggris sejak dini yang merupakan modal awal menatap era pasar global dan dapat digunakan bila kelak melamar pekerjaan seperti di perusahaan asing, hotel, kantor Pemda, dan RRI. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah kampung (School of Eco-Involvement) yang berada di Kampung Matara, Distrik Semangga Merauke. Lamanya adalah 2 kali seminggu, yaitu sabtu dan minggu selama 3 bulan melalui penerapan teori dan praktik dengan total jumlah peserta 30 orang. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop, pelatihan dan pendampingan, sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; (1) memberikan buku pegangan yang di gunakan pada saat kegiatan yang berisi materi materi yang akan dipelajari; (2) pemberian materi yaitu memberikan materi dasar yang sesuai dengan kemampuan mereka sehingga dapat membantu anak-anak dalam menumbuhkan kemampuan belajar bahasa Inggris hingga mereka paham; (3) memberikan latihan dengan cara menjelaskan dan menerangkan materi setelah itu membuat pertanyaan mengenai vocabulary yang sudah di jelaskan. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah;1) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman anak-anak asli Papua putus sekolah tentang pentingnya belajar bahasa Inggris, dan dapat digunakan di dunia kerja; 2) Meningkatnya keterampilan menulis dan membaca bahasa Inggris anak-anak asli Papua putus sekolah. 3) berfungsinya sekolah kampung (School of Eco-Involvement) bagi anak-anak Marind Papua putus sekolah secara berkelanjutan dan terstruktur.