cover
Contact Name
Rena Fadilah Malik
Contact Email
renafadilahm@gmail.com
Phone
+6285722622334
Journal Mail Official
renafadilahm@gmail.com
Editorial Address
Kampung Tengah RT/RW 06/03 Desa Cipeucang Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor 16820
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadrusuun : Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STIT Fatahillah Bogor
ISSN : 28288750     EISSN : 28290933     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR is a scientific journal published by STIT Fatahillah. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on Elementary School. TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR will publish 2 editions each year, in March and September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022" : 5 Documents clear
Quizzz Application As A Learning Media Children Aged 5-6 Years at TK Islam Alazhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan Babay Nurbani; Ana Mariana; Hulailah Istiqlaliyah
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : STIT Fatahillah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62274/tadrusuun.v1i2.14

Abstract

This research is based on the use of Quizizz learning media in online learning. This study aims to find out how to analyze Quizizz learning media in online learning for Al Azhar Islamic Kindergarten 1 students, especially in group B3 with a total of 17 people. Data collection techniques using observation and documentation techniques. The results of the study on analyzing the Quizizz learning media in online learning at Al Azhar Islamic Kindergarten 1 showed that using the Quizizz application could foster students' motivation and interest in learning. This is because learning activities become fun
Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Rokimin; Duna Izfanna; Dace
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : STIT Fatahillah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62274/tadrusuun.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru, Pencapaian hasil yang berkualitas memerlukan kompetensi guru yang profesional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dalam mendukung pembangunan nasional ke depan dan mengembangkan potensi siswa dalam persaingan internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari guru, pendataan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional guru dilakukan melalui; (1) merumuskan perencanaan dan pengembangan sekolah (2) meningkatkan disiplin kerja guru, baik dari segi pembelajaran, administrasi, maupun perilaku; (3) melakukan pengawasan akademik secara berkala; dan (4) bekerja sama dengan pengawas, komite, orang tua, dan instansi pemerintah.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Eka Seftian Nurmayan; Rena Fadilah Malik; Setiana Soleah
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : STIT Fatahillah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62274/tadrusuun.v1i2.16

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika merupakan langkah awal untuk menguasi matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat memperdalam kemampuan pemahaman matematika adalah model pembelajaran Concept Mapping. Model ini siswa ditekankan untuk interaksi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan materi/objek belajar sehingga siswa lebih aktif dan kreatif pada kegiatan pembelajaran untuk mencari serta menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk: 1. mengetahui apakah kemampuan pemahaman siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Mapping lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2. mengetahui sikap terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Mapping. Metode ekperiemen yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian merupakan siswa SMP PGRI Tanjungsari Bogor. Siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak merupakan sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematik dan skala sikap. Berdasarkan analisis data survei, diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. kemampuan pemahaman matematika pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Concept Mapping lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2. sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Mapping.
Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Salatuhur Kecamatan Anyar Setiana Soleah; Rena Fadilah Malik; Anggi Riafadilah
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : STIT Fatahillah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62274/tadrusuun.v1i2.17

Abstract

This research aims to find out the implementation of the School Literacy Movement (GLS) program at Salatuhur State Elementary School in Anyar District 2020 by using CIPP evaluation model. This research is evaluative research using a qualitative descriptive approach. Data collection techniques are carried out by observation, interview, and documentation methods. Analyze data using the Miles and Huberman Models with data reduction steps, data presentation, and conclusion drawing.The triangulation used is the source and method. The results showed that: (1) context evaluation (context) is in accordance with that put forward by Stufflebeam due to the legal basis of gls program implementation, gls program background, curriculum relevance and gls program objectives are in accordance with the expected competencies. (2) The evaluation of input (input) is in accordance with the submitted by Stufflebeam, due to the absence of students, program organizers, teachers, materials/teaching materials.But on indicators of the source of funds, and infrastructure facilities are still not appropriate.(3) Evaluation of process (process) there are some that have not been in accordance with the stated by Stufflebeam, namely on indicators of the use of learning media still with package books, notebooks, not yet using internet and computer facilities. In the indicator of library utilization is also not appropriate. Due to the lack of variatif collection of reading books, the number of visitors and interest in reading the library in 2020 decreased compared to the previous year.(4) Product evaluation there are some that are not in accordance with that put forward by Stufflebeam, especially on indicators of mastery of student material as well as student achievement in the field of literacy that is still few.
Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ana Mariana; Babay Nurbani; Hulailah Istiqlaliyah
TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : STIT Fatahillah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62274/tadrusuun.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pembelajaran STEAM melalui media Loose part di TK Islam Al Azhar 1 terhadap kreativitas anak. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik yaitu menggambarkan realitas pembelajaran yang terjadi dan bagaimana respon subjek yang diteliti. Sumber data primer yaitu peserta didik 18 orang dari kelompok B2 di TK Al Azhar. Sumber data sekunder adalah artikel jurnal dan buku yang sesuai dengan pembahasan penelitian. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM dalam hal ini adalah revolusioner bagi guru menggunakan berbagai media yang dapat mendukung pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan bagian Loose Parts pada anak usia dini. Contoh dari Loose Parts untuk STEAM antara lain membuat pigora dari kertas undangan yang sudah tidak digunakan dan diberi hiasan tali atau pita seadanya yang ada di sekitar, membuat mainan pesawat dari botol plastik bekas, membuat pohon dari kardus yang sudah tidak dipakai, membuat kolase dari daun kering, membuat kolase dari biji-bijian sepertikacang kedelai, biji jagung dan lain-lain. Model pembelajaran STEAM berbasis Loose Parts ini penting untuk melatih anak berfikir secara kritis dan membangun cara berfikir logis dan sistematis. Selain itu, STEAM memungkinkan anak-anak untuk mengamati, mengajukan pertanyaan, juga mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekeliling mereka melalui mengamati, bertanya, menyelidiki dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan begitu anak akan mudah untuk meningkatkan daya kreativitasnya ketika bermain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5