cover
Contact Name
Anindya Rachma Dwicahyani
Contact Email
anindya.dwicahyani@itats.ac.id
Phone
+6282134163782
Journal Mail Official
adipati.journal@itats.ac.id
Editorial Address
Kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Jl. Arif Rachman Hakim No. 100, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi
ISSN : -     EISSN : 28285980     DOI : -
Jurnal ADIPATI (Pengabdian kepada Masyarakat dan Aplikasi Teknologi) adalah jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ADIPATI berfokus pada bidang pengabdian kepada masyarakat, difusi teknologi, serta penerapan hasil penelitian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat produktif serta pengembangan industri di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022)" : 5 Documents clear
Peningkatan Pengelolaan Bank Sampah melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat di Bank Sampah Wilayah Simojawar Anindya Rachma Dwicahyani; Arlini Dyah Radityaningrum; Eky Novianarenti; Erlinda Ningsih
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengelolaan Bank Sampah Simojawar, Surabaya. Bank sampah merupakan salah satu bentuk pengelolaan sampah di masyarakat di mana sampah rumah tangga dikumpulkan, dipilah, dan dijual kembali kepada pihak ketiga. Melalui bank sampah, sampah dapat dikelola menjadi suatu hal yang bernilai ekonomis. Pengelolaan bank sampah mengadopsi sistem yang ada di perbankan, namun dalam bentuk yang lebih sederhana. Nasabah bank sampah, yang merupakan warga sekitar, menyetorkan sampah yang selanjutnya dicatat sebagai saldo sesuai nilai ekonomisnya. Dalam pelaksanaannya, pengelolaan bank sampah di Simojawar masih menemui berbagai kendala. Program pengabdian ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengelolaan bank sampah melalui berbagai kegiatan yang bernilai ekonomis bagi warga. Peningkatan pengelolaan bank sampah dilakukan dengan penerapan Sistem Digital Manajemen Bank Sampah (smash.id). Selain itu, juga dilakukan berbagai pendampingan dan pelatihan produk kreatif dari sampah plastik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan operasional bank sampah di Simojawar.
Peran Merek dan Packing dalam Penjualan Keripik Pisang Kekinian di Surabaya Dina Novita; Fauzie Senoaji
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaku usaha mikro kecil menengah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah sampai dengan akademisi untuk memberikan jalan keluar bagi pengusaha atas keterbatasan pengetahuan. Penurunan penjualan menjadi penyebab utama dalam produknya, yang menyebabkan pelaku usaha kurang bergairah mengembangkan usaha. Tujuan kegiatan yang dilakukan oleh peneliti, untuk membantu pengusaha dalam mengembangkan usaha melalui pengemasan produknya. Dengan pemeberian identitas yang mudah dibaca oleh pihak luar akan memudahkan untuk mengetahui produknya. Beberapa hal yang dilakukan adalah dengan pengemasan, pemberian nama produk, dan promosi penjualan melalui media online.Beberapa tahapan yang telah dilakukan memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan produknya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penjualan, yang semula hanya dapat menjual 40 bungkus tiap harinya dalam bentuk plastik biasa sedangkan sekarang dapat menjual dalam 150 bungkus dalam bentuk mika tiap harinya untuk dikirim kedalam maupun luar kota. Pemberian identitas yang menarik, seperti: pengemasan produk, memberian label untuk memberikan citra merk, dan promosi penjualan melalui media sosial menjadi konsumen tertarik untuk membeli produk keripik pisang.
Upaya Peningkatan Volume Penjualan UKM Kampung Lumpia Ngaglik Gang Kuburan Surabaya di Masa Pandemi COVID-19 Zainal Arief; Herlina Herlina
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kampung lumpia, located on Jalan Ngaglik, Surabaya graveyard, is a home industry (IRT) managed by Mr. Kasmono as the owner. This business was initiated in 2009. The number of employees employed on the production floor is 4 people, and 3 employees to sell spring rolls in groups. The problem for SMEs is that minimal capital makes the owner not replace the pans and stoves for making spring roll skins and frying spring rolls. The frying pan and stove have been used for 10 years since this business was founded so that it is black and charred and the addition of 1 new rombong unit to increase market share in other sales locations. In terms of marketing, it is still done offline using a group, the owner wants to try marketing online, for example advertising to receive orders on online social media. In terms of selling price, the spring rolls and risoles that are produced are sold at a price of Rp. 1,500.00 per seed. The owner does not know the bookkeeping and calculation of the cost of production for the spring rolls and risoles that he sells, so training on the calculation of the cost of production is necessary.
Pendampingan Usaha UMKM Fajar dalam Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19 Adiati Trihastuti; Erma Yuliaty; Siti Mundari
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap penurunan pendapatan masyarakat. Dampak ini terlihat dari banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah yang terpaksa  menutup usahanya, salah satunya adalah UMKM Fajar yang memiliki usaha memproduksi gantungan baju. UMKM ini terpaksa menutup usahanya       dikarenakan toko maupun usaha laundry yang biasa membeli produknya sudah tidak membeli lagi, sehingga penjualan gantungan baju menurun drastis. UMKM Fajar beralih memproduksi sabun cuci piring dikarenakan produk sabun cuci piring dibutuhkan oleh masyarakat. Permasalahan yang dialami UMKM Fajar adalah kurangnya kualitas sabun cuci piring yang diproduksi, belum dapat melakukan perhitungan Harga Pokok Produksi serta harga jual, tidak dapat membuat pembukuan dan laporan laba rugi, serta belum mengerti cara memasarkan ditengah situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dilakukan pendampingan manajemen usaha dan pemasaran yang meliputi pelatihan meningkatkan kualitas sabun yang layak jual, menghitung harga pokok produksi dan harga jual, membuat pembukuan sederhana dan laporan laba rugi, serta pelatihan pemasaran dengan prinsip 4P. Pendampingan yang telah dilakukan memberikan dampak berupa peningkatan penjualan, UMKM Fajar semakin berkembang, dan kesejahteraan pemilik UMKM meningkat
Pembinaan Manajemen Keuangan Berbasis Mobile Application Akuntansi pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Al-Halwa” Muchammad Riza Fauzy; Marliana Eka Fauzia
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diusung oleh tim pelaksana berkaitan dengan manajemen keuangan berbasis mobile application akuntansi di industri rumah tangga kacang telur AL-Halwa. Untuk mobile application yang digunakan pada pengabdian masyarakat kali ini adalah aplikasi “Catatan Harian Keuangan”. Diharapakan dengan pengenalan aplikasi keuangan ini dapat mewujudkan kesadaran bagi pelaku industri rumah tangga atau UKM dalam penggunaan teknologi manajamen keuangan usaha. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang standart untuk membantu mitra ketika melakukan pencatatan keuangan hasil usaha. Fitur yang ada dalam aplikasi ini seperti pencatatan pemasukan, pencatatan pengeluaran, laporan periodik, fitur yang menampilkan selisih keuangan, menampilkan historis data yang user input ke dalam aplikasi, fitur kemanan seperti pin dan password, hingga fitur yang dapat melakukan export laporan dalam bentuk word, exel dan pdf. Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Industri Rumah Tanggan Kacang Telur “Al-Halwa Mobile Application Catatan Keuangan Harian

Page 1 of 1 | Total Record : 5